BisnisAsuransiInvestasiKartu KreditKreditPinjaman Online

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Mengelola keuangan dimasa pandemi perlu lebih jeli dibandingkan saat kondisi normal seperti biasanya. Sudah banyak perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan sehingga memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya. Sehingga tidak jarang yang kehilangan pekerjaannya di masa pandemi seperti ini. Selain itu , meskipun memiliki pekerjaan pun tidak jarang yang penghasilannya berkurang.

Jika kamu sering merasakan boros di setiap bulan, maka ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengatur keuangan. Sudah hampir satu keluarga terkena dampak keuangan akibat wabah ini. Tetapi seberapa besar pengaruhnya untuk setiap keluarga tergantung dari beberapa hal. Ini sebabnya penting untuk mengetahui cara mengatur keuangan di masa sulit terutama saat keuangan sedang tidak menentu sebagaimana saat ini.

(Baca Juga: Bisnis Kreatif Dengan Profit Menjanjikan Ditahun Ini)

Pengeluaran selama di rumah menjadi semakin boros di masa karantina, karena untuk menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan di rumah. Selain itu ada beberapa faktor eksternal seperti panic buying dan ulah para spekulan beberapa bulan lalu juga turut membuat harga meningkat drastis. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur keuangan di masa pandemi.

 

Beberapa Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi :

 1. Mengevaluasi Sumber Penghasilan Dan Anggaran

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Darimanapun sumber penghasilan kamu, baik karyawan, freelancer, atau pengusaha, beresiko mengalami penurunan penghasilan di masa pandemi ini. Ini menjadi alasan kenapa kamu perlu memodifikasi pos-pos anggaran pada perencanaan keuangan untuk mengantisipasi resiko paling buruk. 

Jika biasanya pengeluaran kamu meliputi 4 pos, yaitu biaya hidup, jatah bulanan orang tua, tabungan, untuk hiburan, sekarang kamu perlu merubahnya. pada keadaan seperti ini, pos pengeluaran untuk hiburan sebaiknya kamu ganti menjadi simpanan darurat. Buat skala prioritas dan kesampingkan dulu untuk sementara berbagai pembelian yang bukan menjadi kebutuhan penting kamu. Rumus ini sangat penting sebagai cara mengatur keuangan pribadi , dan semakin dibutuhkan oleh mereka yang sudah berumah tangga.

 

2. Mencari Pemasukan Tambahan

Mencari Pemasukan Tambahan

Jika penghasilan utama kamu mengalami penurunan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari tambahan penghasilan. Dengan begitu kamu tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan yang minim. 

Kamu bisa memulai dari hobi yang kamu rasa punya nilai jual, misalnya menjual tulisan untuk website, desain, atau menjual foto di situs stok foto. Selain itu kamu juga bisa mencoba bisnis online dengan menjual produk-produk yang sedang ramai dicari. Manfaatkan akun media sosial untuk mempromosikan bisnis dan menawarkan produk kamu. 

 

3. Bijaksana Dalam Belanja

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini kamu tidak bisa membeli barang dengan cara diangsur. Akan lebih baik jika kamu menyimpan uang dan berhemat, dibanding membeli barang yang mempunyai fungsi yang kurang. misalnya smartphone terbaru walaupun kamu telah mempersiapkan dana untuk keinginan ini. Kamu juga perlu mengajak anggota keluarga untuk membedakan benar-benar pengeluaran yang memang dibutuhkan atau untuk memenuhi keinginan semata. Cara paling mudah untuk melakukan itu adalah membagi aktivitas belanja dalam 3 kriteria yaitu wajib, perlu, dan ingin. 

 

4. Lunasi Utang Konsumtif Berbunga Besar, Dan Jangan Tambah Lagi

Lunasi utang konsumtif berbunga besar, dan jangan tambah lagi

Jika kamu memiliki cadangan kas yang cukup maka lunasi utang jangka pendek yang bersifat konsumtif dan berbunga besar, baik yang ada di kartu kredit , cicilan tanpa kartu kredit, atau pinjaman online. Membiarkan utang tersebut ada, justru bisa mengganggu arus kas kamu di bulan-bulan berikutnya. Jika harus berhutang, pastikan utang tersebut adalah utang yang produktif. Dengan catatan, total utang kamu tidak melebihi nilai aset dan cicilan dari seluruh utang kamu perbulannya masih dibawah 35% dari penghasilan .

(Baca Juga: Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi)

5. Simpan Dana Darurat Di Tempat Yang Semestinya

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Dana darurat tentunya harus ada dan tersedia di masa yang penuh dengan ketidakpastian ini. Tujuannya utamanya  untuk menalangi biaya hidup di saat kita kehilangan pekerjaan. Lifepal memberi saran, seorang lajang mungkin sudah cukup dengan dana darurat sebesar 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan. Namun bagi mereka yang sudah berumah tangga , lebih baik di atas 6 kali pengeluaran perbulan. Menabung dana darurat sebenarnya cukup sederhana, Kamu hanya perlu menyisihkan uang sebesar 10% dari penghasilan perbulan saja secara rutin. 

 

6. Cukup Sisihkan 10% Dari Pemasukan Untuk Hal Bersifat Keinginan 

Cukup sisihkan 10% dari pemasukan untuk hal bersifat keinginan

Memanjakan diri sendiri atau yang biasa disebut self reward yang dimana dengan membeli barang yang sifatnya keinginan memang bukan hal yang dilarang dalam perencanaan keuangan. Hal ini merupakan sebuah cara yang dilarang dalam perencanaan keuangan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengapresiasi diri setelah kita bekerja keras , agar kita lebih bahagia dan terlepas dari stres. Tidak ada salahnya untuk menyisihkan setidaknya 10% dari penghasilan bulanan untuk keperluan ini. 

 

7. Pikir Dua Kali Untuk Cari Untung Dari Asuransi

Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi

Manfaatkan asuransi untuk kebutuhan proteksi atau perlindungan atas risiko saja. Dan belilah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa dengan manfaat murni untuk perlindungan kesehatan dan jiwa. Usahakan sebisa mungkin kamu untuk mengalokasikan dana maksimal 10% dari pemasukan bulanan dan tidak lebih untuk kebutuhan proteksi.

Kamu juga bisa untuk menemukan inovasi mengatur keuangan yang dimana nyaman untuk kamu lakukan dan jangan lupa untuk selalu menabung karena itu merupakan hal yang sangat penting jika nanti kamu sudah tidak memiliki penghasil. Dan untuk kamu yang sudah suntuk dirumah dan ingin liburan kamu bisa mengunjungi situs http://chiganoura.net/ yang dimana kamu bisa menemukan banyak refensi liburan di seluruh indonesia

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis