BisnisKredit

Simak Yuk, Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank

Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank

Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank merupakan kelompok lembaga yang memiliki peran penting dalam perekonomian indonesia. Lembaga ini memiliki peran sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga untuk disalurkan kepada  masyarakat. Saluran dana tersebut bisa digunakan untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan sehingga nantinya taraf hidup masyarakat bisa lebih sedikit meningkat. Lembaga ini sudah berkembang sejak tahun 1972 lalu. Saat itu lembaga keuangan ini diharapkan bisa mendorong perkembangan pasar modal di tanah air. 

Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank

Berikut Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Sebenarnya ada beberapa fungsi yang dimiliki Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank antara lain sebagai berikut.

 1. Menghimpun Dana

Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank memiliki fungsi  untuk menghimpun dana. Dana tersebut disalurkan kembali untuk pembiayaan investasi bagi perusahaan atau perseorangan. 

 

2. Menjadi Perantara

Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank juga berfungsi menjadi perantara bagi perusahaan yang membutuhkan modal dengan pemilik modal. Peran yang satu ini tentu akan memudahkan perusahaan yang ada di indonesia untuk mendapatkan sumber permodalan berupa pinjaman dari dalam maupun luar negeri

(Baca Juga:

3. Memberikan Kredit

Fungsi kedua dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank yang satu ini adalah dengan memberikan kredit kepada peminjam untuk pembelian barang seperti kendaraan atau elektronik.  Sebelum memberikan kredit, tentunya lembaga ini dapat membuat kontak kredit yang detail dan jelas. Hal itu dimaksud agar peminjam bisa tahu beberapa biaya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Dalam mengajukan kredit, para konsumen harus menyiapkan beberapa data yang diperlukan misalnya riwayat kredit dan sebagainya. 

 

4. Melakukan Usaha Di Bidang Keuangan

Lembaga yang satu ini memiliki fungsi lain yaitu untuk melakukan usaha di bidang keuangan. Misalkan saja dengan pendirian perusahaan penjamin kredit, lembaga penyedia ekspor, sampai badan penyelenggara jaminan sosial. Tetapi, sebelum membentuk suatu usaha di bidang keuangan, harus tetap mendapatkan persetujuan dari menteri keuangan terlebih dahulu. 

 

5. Mencari Tenaga Ahli

Fungsi berikutnya dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank adalah untuk mencari tenaga ahli. Keuangan bukan bank rupanya akan bertindak sebagai perantara untuk mendapatkan tenaga ahli. Para tenaga ahli diharapkan bisa memberikan wawasan baru di bidang finansial.

 

Jenis-jenis Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank Yang Ada Di Indonesia

Setelah mengetahui tentang fungsi dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank, berikut adalah jenis- jenis dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank yang ada di indonesia.

 

 1. Perusahaan Asuransi

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan perusahaan asuransi. Memang di indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi yang sangat populer. Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, hingga properti.

(Baca Juga: Jenis-jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia)

2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam rupanya menjadi salah satu jenis LKBB yang ada di indonesia dan cukup populer. Mempunyai peran untuk menghimpun dana dari para anggotanya dan menyalurkannya kembali kepada para anggota lain serta masyarakat umum. Sampai saat ini koperasi simpan pinjam masih menjadi tujuan bagi banyak masyarakat yang ingin meminjam dana.

 

3. Perusahaan Pegadaian

Jenis Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank berikutnya adalah perusahaan pegadaian. Tentunya lembaga yang satu ini juga sudah sangat familiar. Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu. Sampai saat ini masih banyak orang yang memilih pegadaian sebagai tempat untuk memperoleh pinjaman dana meskipun harus ada yang mereka jaminkan. 

 

4. Pasar Modal

Pasar modal merupakan wadah untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan. Instrumen keuangan tersebut meliputi surat utang, obligasi, saham, reksadana dan masih banyak lagi. Pasar modal menjadi sarana pendanaan bagi perusahaan atau institusi pemerintahan untuk kegiatan investasi. Jadi, pasar modal sangat berperan untuk perkembangan perekonomian negara. 

 

5. Leasing

Perusahaan sewa guna atau yang biasa disebut leasing juga menjadi salah satu jenis dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank. Leasing sendiri menawarkan dua cara pembayaran yaitu dengan cash/ kredit khusus untuk barang-barang tertentu. Mereka juga akan menggunakan sistem kontrak dengan pembelian cicilan. Leasing juga cukup populer di tanah air. Masih banyak orang yang memilih kredit misalnya untuk membeli kendaraan lewat perusahaan-perusahaan leasing. 

(Baca Juga: 10 Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia)

6. Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan sebuah perusahaan yang kegiatannya mengelola dana pensiun dari suatu perusahaan atau instansi pemberi kerja. Perusahaan dana pensiun bekerja sama dengan perusahaan atau instansi lainnya untuk menyimpan sebagian dari gaji karyawan setiap bulannya. Kemudian, saat sudah pensiun uang yang disimpan akan dikembalikan setiap bulan kepada karyawan dan keluarganya. 

 

7. Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura merupakan badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan dalam perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan. Beberapa kegiatan dari perusahaan ini antara lain penyertaan saham, penyertaan pembeli obligasi, serta pembiayaan atas dasar bagi hasil usaha.

 

Itulah penjelasan mengenai apa saja fungsi dan jenis dari Lembaga Keuangan Yang Bukan Bank yang ada di indonesia. Pasti kamu sudah tahu bahwa lembaga yang satu ini memiliki peran vital bagi perkembangan perekonomian di tanah air.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis