Pinjaman Online

14 Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Pinjaman

Tips memilih pinjaman online

Menemukan platform untuk meminjam uang untuk membantu finansialmu harus dilakukan secara hati-hati. Meski kamu bisa menemukan dengan mudah, kamu harus mengetahui tips memilih pinjaman online sehingga kamu tidak merugi di masa depan.

Mengapa hal ini sangat penting? Potensi banyaknya biaya tersembunyi sering terjadi di platform pinjaman online. Kamu akan diwajibkan membayar besaran biaya yang kamu tak ketahui saat persetujuan di awal. Berikut ini adalah hal-hal yang kamu perlu perhatikan saat memilih pinjol.

Cara dan Tips Memilih Pinjaman Online

Terdaftar di OJK

Tips memilih pinjaman online - OJK

OJK merupakan sebuah singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan. OJK berbentuk sebuah lembaga yang fungsinya untuk mengawasi semua aktivitas jasa keuangan yang ada di Indonesia. Tentunya, jasa keuangan harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa mendapat pengakuan dari OJK.

Setelah mendaftar dari OJK, aktivitas platform keuangan akan selalu diawasi sesuai dengan prosedur. Tak hanya bank, pinjaman online juga harus terdaftar di OJK. Jika tidak, maka aktivitasnya akan dianggap ilegal dan pemerintah tidak bisa membantu manakala ditemukan adanya masalah.

Untuk itu, pastikan kamu memilih platform pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Semua sistemnya diawasi, uang yang kamu gunakan bukanlah hasil cuci uang dan juga ada jaminan transparansi. Cek platform pilihan kamu dengan menghubungi OJK melalui Whatsapp atau telepon.

(Baca Juga: 15 Resiko Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Pinjaman)

 

Proses registrasi

Tips memilih pinjaman online - Registrasi

Semakin sulit proses registrasinya, tentunya kamu akan semakin malas untuk mengisi bukan? Tapi bukan berarti hal ini akan merugikan kamu. Proses registrasi merupakan langkah awal agar kamu bisa mendapatkan limit yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Secara umum, data yang kamu perlu masukkan adalah data pribadi seperti nama, nomor KTP, foto, nomor telepon, dan alamat. Pastikan platform yang kamu gunakan tidak menyalahgunakan seperti mencuri kontakmu ya. Hal tersebut melanggar aturan yang ditetapkan oleh OJK.

Keamanan data peminjam

Tips memilih pinjaman online - Keamanan data

 Data yang kamu berikan kepada pihak P2P lending pastilah sangat detil yang umumnya sesuai dengan KTP. Hal itu membuatnya rentan untuk disalahgunakan. Tips memilih pinjaman online adalah pilihlah dengan track record baik dan di bawah OJK sehingga tak bisa disalahgunakan.

Pasalnya, data ini bisa digunakan untuk hal-hal yang buruk oleh tangan ketiga. Datamu bisa saja dijadikan untuk jaminan peminjaman uang, kredit, atau membuat akun atas namamu. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang platform peminjaman tersebut.

Pilihan produk pinjaman

Tips memilih pinjaman online - Produk Pinjaman

Kamu perlu memilih platform pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu seorang peminjam multiguna, kam tidak akan bisa meminjam di platform khusus petani atau UMKM. Persyaratan mereka hanya berlaku untuk usaha produktif.

Ada juga platform yang memiliki berbagai jenis pinjaman. Bahkan masing-masing UMKM memiliki sektornya masing-masing. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu. Mereka biasanya memiliki limit dan tenor yang bisa disesuaikan dengan skala usaha atau pendapatan kamu.

Track record peminjaman

Tips memilih pinjaman online - Track Record

Jangan hanya mendownload aplikasinya di ponsel. Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu website resminya di internet. Biasanya mereka akan memajang track record peminjaman. Info di antaranya adalah tentang seberapa banyak uang yang sudah dipinjamkan sejak berdiri.

Ada juga P2P lending yang menyediakan info apakah selama ini ada macet bayar dan berapa banyak orang yang sedang meminjam. Semakin banyak peminjam, maka semakin baik platform tersebut. Jika kamu tak menemukan infonya di internet, urungkan untuk memilih pinjol tersebut.

Bunga pinjaman

Tips memilih pinjaman online - Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman tentu saja adalah hal yang harus kamu perhatikan. Ada platform yang menawarkan bunga rendah mulai dari nol koma, namun ada juga yang mewajibkan peminjam membayar bunga dengan nilai lebih dari 5% dan hal itu bisa saja terasa mencekik.

Pilih platform yang menerapkan bunga secara transparan. Tips memilih pinjaman online satu ini tentunya sangat penting agar kamu tidak terkejut dengan bunga saat penagihan. Pastikan juga kamu membaca dengan baik saat memilih jenis pinjaman, bukan hanya memperhatikan limitnya.

Transparansi

Tips memilih pinjaman online - Transparansi

Hal yang terpenting dalam memilih pinjaman online adalah mereka yang menerapkan transparansi. Transparansi berarti mereka tidak bertindak di luar perjanjian. Tidak ada pula biaya berlebih yang dibebankan ke peminjam tanpa adanya pemberitahuan sejak awal.

Transparansi biasanya terkait dengan biaya administrasi bulanan, biaya denda keterlambatan membayar, dan biaya lainnya sesuai dengan kebijakan platform. Jika kamu tak menemukan hal ini di awal perjanjian, curigai platformnya. Tanyakan ke costumer service agar tidak terjebak.

(Baca Juga: Cara Menggunakan Pinjaman Online Bagaimanakah Cara yang Tepat?)

Kecepatan pencairan dana

Tips memilih pinjaman online - Pencairan Dana

Tidak semua pinjaman online mengeluarkan dana dalam waktu yang singkat untuk peminjamnya. Tips memilih pinjaman online tentu saja dengan mempertimbangkan hal ini. Ketahui seberapa lama mereka bisa mencairkan dana, biasanya ada yang hingga memakan waktu hingga 2 hari.

Kamu yang butuh uang dalam jumlah cepat akan makin kesulitan jika ternyata mereka lama mencairkan dana. Sementara jika sudah diverifikasi, peminjaman tak bisa dibatalkan. Kini banyak platform yang bisa mencairkan dana hanya dalam waktu kurang dari 1 jam setelah persetujuan.

Pilihan tenor

Tips memilih pinjaman online - Tenor

Tenor adalah jangka pembayaran oleh peminjam. Ada tenor yang sangat singkat, ada juga yang panjang. Tenor masing-masing platform biasanya memiliki perbedaan. Ada yang memang sudah ditentukan oleh perusahaan, ada juga yang bisa ditentukan sendiri oleh nasabah.

Semakin besar jumlah pinjaman, maka semakin lama pula tenornya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peminjam dalam melakukan cicilan. Namun kamu juga harus siap dengan bunganya. Sementara jumlah pinjaman sedikit biasanya tenornya sangat singkat.

Manfaat untuk peminjam

Tak semua platform memberikan benefit untuk para peminjamnya. Mereka hanya cenderung meringankan dengan memberikan tenor yang panjang atau bunga yang sedikit. Apalagi untuk aplikasi pinjaman online yang memang sudah populer di kelas P2P lending.

Namun, ada juga platform yang menawarkan manfaat menarik. Mereka menerapkan sistem poin untuk peminjam yang rajin membayar tepat waktu dan meminjam berulang. Poinnya bisa ditukarkan dengan tawaran hadiah seperti pemotongan pinjaman, pulsa telepon, hingga diskon bunga.

Background platform

Dunia internet memungkinkan kamu untuk mencari apa saja, termasuk informasi soal pinjaman online. Tips memilih pinjaman online tentu saja dengan memperhatikan backgroundnya. Lakukan riset terlebih dahulu terhadap platform peminjaman yang akan kamu pilih.

Background mereka akan memudahkan kamu untuk mengambil keputusan. Banyak platform yang nyatanya tidak trasnaparan, tanggal penagihan yang tidak sesuai, hingga klaim OJK yang palsu, pastikan kamu mengecek siapa mereka dengan menghubungi pihak OJK untuk memastikan.

Ketersediaan customer service

Pada nyatanya, peminjaman uang secara online tidaklah selalu mulus. Kamu mungkin menemui kendala seperti aplikasi yang tidak bekerja dengan baik, pembayaran yang tidak terverifikasi, atau totalan yang tak sesuai. Untuk itu, kamu membutuhkan customer service untuk pengaduan.

Pihak customer service akan membantu kamu dalam menyelesaikan masalah. Pasalnya, tak semua platform memiliki hal ini. Mereka hanya mengandalkan chat bot yang tak selalu membantu masalah kamu. Pastikan platform pinjaman online pilihanmu memiliki ini agar pengaduan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cara penagihan

Tak jarang kita mendengar bahwa pinjol adalah hal yang menakutkan. Banyak platform yang memiliki tim penagih atau debt collector yang kasar. Mereka tak segan-segan memaki, bahkan menghubungi kontak yang ada di ponselmu. Hal ini merugikan kamu sekaligus bisa memalukan.

Cek cara penagihan mereka dengan melihat review dari nasabah lain. Apakah mereka mengejar peminjam, meneror keluarga, atau mengancam bahaya. Biasanya pinjol semacam ini memang tak pernah mendaftarkan diri di OJK. Jadi pastikan kamu hanya mendaftarkan diri di pinjol yang resmi dan aman.

Area untuk peminjam

Meskipun aplikasi bisa didownload bagi siapa saja, sayangnya tak semua platform akan melayani kamu. Terlebih platform yang mengutamakan nasabah yang bergerak di UMKM atau usaha produktif. Mereka mengadakan event tersendiri seperti mengadakan pelatihan untuk nasabahnya.

Tentu saja hal ini terhalang untuk peminjam di area yang tak tercover. Hanya peminjam dari kota besar saja yang cenderung dilayani mereka. Tapi ada juga platform yang menjangkau semua area. Biasanya mereka melayani nasabah multiguna yang tak ada benefit pelatihan dan sistem transfer biasa.

Tips memilih pinjaman online di atas bisa menjadi acuan kamu dalam memilih platform. Jangan sampai kamu terbebani dengan biaya yang tak terduga dan di luar perjanjian. Pastikan juga mereka berasal dari pihak di bawah OJK sehingga kamu tak dikejar debt collector kasar dan bunga tinggi.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *