Pinjaman Online

8 Syarat Pinjaman Online Langsung Cair dengan Mudah, Ingin Mencoba?

Pinjaman Online Langsung Cair

Pinjaman Online Langsung Cair – Kemajuan teknologi pada hari ini sangat berpengaruh di hampir setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek perbankan dan keuangan. Salah satu fungsi teknologi digital yang banyak dimanfaatkan orang hari ini adalah menjembatani nasabah dengan perusahaan pemberi pinjaman online langsung cair.

Meski terdengar cukup menggiurkan bagi sebagian besar orang, bukan berarti proses peminjaman uang melalui online akan langsung disetujui begitu saja. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah agar perusahaan financial technologi atau fintech bersedia memberikan pinjaman online.

Pinjaman Online Langsung Cair

Berikut Syarat Pinjaman Online Langsung Cair :

 1. Dokumen dan Data yang Diserahkan Harus Asli dan Lengkap

Syarat utama dan paling pertama yang harus diperhatikan agar pengajuan pinjaman online langsung cair adalah dokumen dan data-data yang diminta lengkap serta asli. Ketika kita mengajukan pinjaman online, maka perusahaan fintech akan meminta kita untuk mengunggah sejumlah dokumen dan data.

Dokumen yang biasa diminta adalah KTP, slip gaji serta Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Pengajuan pinjaman online akan otomatis gagal apabila data dan dokumen yang diserahkan tidak lengkap atau terdeteksi palsu. 

(Baca Juga: Banyak Diminati, Ini 7 Tips Menggunakan Pinjaman Online)

Selain itu, umumnya permohonan pinjaman tidak dapat diproses apabila foto dokumen yang diminta buram dan tidak jelas. Oleh karena itu, pastikan bahwa foto dari dokumen yang diminta seperti KTP, slip gaji dan NPWP jelas dan dapat dibaca dengan baik. 

Biasanya, pihak financial technology meminta peminjam online untuk berfoto selfie bersama KTP. Pastikan foto selfie bersama KTP kamu tampak jelas dengan KTP yang dapat terbaca. 

Meski tidak semua perusahaan fintech meminta nasabahnya untuk mempunyai NPWP, namun kepemilikan NPWP akan meningkatkan kepercayaan perusahaan. Hal ini karena kepemilikan NPWP menunjukkan bahwa seseorang taat membayar pajak dan memiliki penghasilan yang tetap.

2. Riwayat Data Kredit

Riwayat Data Kredit

Syarat pinjaman online langsung cair yang tidak kalah penting berikutnya adalah riwayat data kredit yang baik. Pihak perusahaan fintech tentu akan melakukan penggalian informasi selengkap mungkin terkait transaksi kredit yang pernah dimiliki baik di lembaga perbankan dan perusahaan fintech sejenis.

Apabila jejak riwayat pembayaran kredit kamu terbukti macet di lembaga perbankan dan perusahaan fintech sejenis, maka hampir bisa dipastikan bahwa pengajuan pinjaman kamu akan ditolak oleh perusahaan. 

Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan dimasukkan ke dalam daftar hitam atau black list oleh perusahaan fintech jika terbukti memiliki riwayat kredit macet atau masih mempunyai kredit yang belum dilunasi.

Riwayat kredit yang akan dilacak oleh perusahaan fintech meliputi kredit perumahan, kredit kendaraan, ataupun kredit multiguna dan sebagainya. Perusahaan fintech tentu tidak mau mengambil resiko memberikan pinjaman modal kepada calon nasabah yang mempunyai riwayat buruk kredit.

3. Lokasi Tempat Tinggal di Dalam Area Layanan

Syarat pinjaman online langsung cair berikutnya adalah lokasi tempat tinggal area layanan. Perusahaan financial technology atau fintech umumnya berlokasi di kota-kota besar Indonesia terutama yang berada di Pulau Jawa. Sehingga, umumnya perusahaan layanan keuangan digital ini hanya melayani nasabah yang berdomisili di sekitar kantornya beroperasi.

Meski begitu, tetap ada kemungkinan bahwa perusahaan juga melayani nasabah yang berlokasi di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Kamu sebaiknya mencari tahu area layanan perusahaan tempat kamu akan meminjam uang untuk memastikan apakah domisili kamu masuk ke area pelayanan mereka.

4. Ketahui Persyaratan Umum

Pinjaman Online Langsung Cair

Meski perusahaan fintech memiliki kebijakannya masing-masing terkait persyaratan nasabah yang dapat mengajukan pinjaman online, namun secara umum persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia layanan keuangan adalah sebagai berikut:

Nasabah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

Nasabah telah berusia 21 tahun sampai maksimal 55 tahun

Mempunyai dokumen identitas diri berupa e-KTP yang dapat dibuktikan melalui foto atau scan

Mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap

Apabila nasabah sudah memenuhi beberapa persyaratan di atas, maka hampir bisa dipastikan pengajuan pinjaman online langsung cair mereka disetujui oleh pihak perusahaan. 

(Baca Juga : Haruskah Punya Asuransi Mobil? Ini Pentingnya Asuransi untuk Mobil Pribadi)

5. Nomor Telepon yang Diberikan Dapat Dihubungi

Salah satu alasan mengapa banyak pengajuan pinjaman online langsung cair melalui perusahaan fintech tidak disetujui adalah karena nomor telepon yang diberikan tidak dapat dihubungi pihak perusahaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa pinjaman online lagsung cair tentu mengandalkan verifikasi menggunakan nomor telepon maupun nomor telepon dari kontak darurat seperti keluarga atau teman yang diberikan. Urusan penagihan hutang piutang pinjaman online juga mengandalkan nomor telepon.

Oleh karena itu, nomor telepon menjadi salah satu poin penting yang tidak boleh terlewat saat kamu mengisi data di aplikasi pinjaman online. Pastikan bahwa nomor telepon tersebut masih aktif untuk dihubungi baik melalui sms, telepon ataupun aplikasi pesan gratis seperti Whatsapp. 

6. Persentase Pinjaman Tidak Melebihi Kemampuan Bayar

Pihak penyedia pinjaman online langsung cair memang menawarkan limit pinjaman yang tergolong tinggi. Bahkan, beberapa aplikasi pinjam online menawarkan limit pinjaman hingga 20 juta ke atas. 

Meski begitu, bukan berarti aplikasi fintech akan memberikan semua calon nasabahnya limit pinjaman yang sama. Besaran limit pinjaman yang diberikan akan sangat tergantung kepada pendapatan si nasabah tersebut serta riwayat pembayaran kredit nasabah sebelumnya baik di bank dan perusahaan.

Pihak perusahaan fintech akan melakukan analisis secara mendalam terkait kemampuan pembayaran. Umumnya, pihak perusahaan fintech akan menetapkan persentase cicilan kredit kamu sebanyak 30% dari penghasilan.

Sehingga apabila batas pembayaran cicilan selama 3 bulan dan kamu meminjam sebanyak 6 juta, maka itu artinya jumlah kredit pokok pinjaman yang harus kamu bayar setiap bulannya sebanyak 2 juta ditambah bunga yang sudah ditetapkan perusahaan.

Jika minimal pembayaran setiap bulan adalah Rp 2 juta, maka minimal penghasilanmu haruslah sebanyak kurang lebih Rp 7 juta. Jika kurang dari nilai minimal ini, maka perusahaan fintech tentu tidak akan meloloskan permohonan pinjaman online kamu.

7. Sudah Konfirmasi ke Kontak yang Kamu Cantumkan

Sudah Konfirmasi ke Kontak yang Kamu Cantumkan

Pihak perusahaan fintech akan meminta kamu untuk mencantumkan nama orang-orang yang menjadi kontak terdekat. Umumnya perusahaan fintech akan meminta kamu untuk mencantumkan kontak atasan di tempat bekerja atau rekan kerja.

Perusahaan fintech bertujuan untuk meminta referensi dari orang-orang yang kontaknya kamu cantumkan tersebut mengenai dirimu. 

Agar pinjaman online langsung cair, kamu harus memastikan bahwa orang-orang tersebut mengetahui bahwa kamu mencantumkan kontak mereka di aplikasi. Hal ini mengingat mereka akan menghubungi nomor kontak tersebut secara langsung.

8. Dikeluarkan Lembaga Keuangan Terpercaya

Jangan asal memilih produk keuangan yang ditawarkan lembaga-lembaga tidak diawasi oleh OJK. Meski syarat satu ini tidak termasuk ke dalam syarat agar pengajuanmu diloloskan, namun poin satu ini sangat penting mengingat banyak lembaga tidak bertanggung jawab yang menjual data pribadimu.

Pilih lembaga keuangan terpercaya yang memiliki layanan 24 jam kepada nasabahnya. 

Itulah beberapa pinjaman online langsung cair. Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan fintech untuk meminjam uang secara online, kamu tetap harus mempertimbangkan banyak hal saat meminjam dana. Pertimbangkan terkait kemampuan membayarmu dan bagaimana pinjaman ini dapat mempengaruhi kehidupanmu.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *