Pinjaman Online

10 Ciri Penting Pinjaman Online Tanpa Syarat Terpercaya

thumb ciri pinjol - pinjaman online tanpa syarat terpercaya

Walaupun mempunyai sejumlah keuntungan, namun nyatanya pinjaman online tidak terlepas dari potensi kerugian. Banyak pro kontra yang terjadi sekalipun itu adalah sebuah aplikasi atau situs pinjaman online tanpa syarat terpercaya.

Baca Juga : Mengupas Tuntas tentang Pinjaman Online Cepat Cair

Pada saat orang membutuhkan uang, kebanyakan masyarakat memilih meminjam di aplikasi dan tidak datang ke bank lagi, mengingat proses peminjaman cukup memakan waktu. Alternatif lain pun diambil sekalipun kini masih menjadi pro kontra.

Daftar Ciri Pinjaman Online Tanpa Syarat Terpercaya

Sudah menjadi hal yang biasa jika sedang membutuhkan dana darurat yang mendesak, bank bukanlah menjadi pilihan utama. Di era digital yang sudah berkembang saat ini, ada sejumlah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan pinjaman online sebagai alternatif lain yang cepat dan mudah.

Meskipun masih pro kontra namun tetap saja banyak masyarakat yang melirik fintech ini. Bagi kamu yang juga sedang mencari pinjaman khususnya pinjaman online tanpa syarat yang terpercaya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri nya untuk menghindari kerugian besar, seperti:

1. Sudah Mengantongi Izin dari OJK

Tentulah yang menjadi ciri yang pertama dari aplikasi pinjaman online terpercaya adalah aplikasi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Bisa dikatakan ini adalah syarat mutlak yang harus dimiliki para penyedia pinjaman.

Mengapa demikian? Karena biasanya sebuah perusahaan pinjaman online yang sudah mengantongi izin dari OJK, maka secara otomatis akan diawasi dan perusahaan tersebut harus mengikut tata cara yang berlaku dari OJK itu sendiri.

Baik itu dari cara penagihan, cara perusahaan memberikan ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda dan masih banyak lagi. Semua fintech yang terdaftar di OJK haruslah tunduk kepada semua ketentuan yang sudah ditetapkan.

2. Bunga Standar

Ciri pinjaman online tanpa syarat selanjutnya adalah menerapkan bunga standar. Setiap penyedia jasa pinjaman online pastinya mempunyai variasi besaran bunga. Namun perlu diingat bahwa besaran bunga pinjaman online terpercaya tanpa syarat itu tidak lebih dari 1 persen per hari.

Bahkan ada beberapa juga penyedia jasa yang memberlakukan bunga dengan besaran 0,16 persen per hari.  Besaran bunga ini dinilai tidak akan membebani peminjam ketika membayar cicilan atau mengembalikan dana pinjaman. Bagian inilah yang harus kamu cermati sebelum meminjam.

3. Punya Website dan Email Resmi

Terlihat sederhana bukan? Namun, fintech tanpa syarat yang terpercaya itu seharusnya mempunyai situs website resmi sebagai bukti bahwa perusahaan itu mempunyai reputasi yang baik. Apabila layanan pinjaman online tidak ada website, maka pinjaman online ini patut dicurigai.

Selanjutnya adalah email. Pinjaman online yang terpercaya wajib menggunakan email dengan nama perusahaannya, bukan menggunakan gmail apalagi yahoo. Jika kamu tidak ingin terjebak, periksalah kembali aplikasi pinjaman online yang kamu pilih.

4. Transparan dan Terbuka

Ciri selanjutnya untuk melihat apakah aplikasi tersebut adalah pinjaman online tanpa syarat terpercaya adalah transparan dan terbuka. Maksudnya adalah sebuah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK pastilah akan mempunyai sistematis pinjaman yang transparan dan terbuka.

Hal ini bertujuan supaya si peminjam mampu memahami dengan sangat jelas jalan serta persyaratan apa saja yang harus dipenuhinya jika ingin mendapatkan pinjaman. Sebagai contoh, terdapat beberapa aplikasi pinjaman online yang menyiapkan sebuah layanan kalkulator online untuk pengajuan limit.

Melalui kalkulator ini kamu sebagai orang yang ingin meminjam uang pasti mengetahui secara langsung total biayanya berapa, bunganya berapa, tenornya berapa lama, dan sebagainya jika misalnya kamu ingin meminjam Rp 2 juta.

Harus kamu ketahui bahwa mekanisme seperti ini memang wajib ditunjukkan fintech terpercaya. Sebab. memang hal ini sudah diatur oleh OJK yang mewajibkan setiap penyedia jasa pinjaman oleh termasuk fintech untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada calon debitur.

Tentunya hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dari setiap transaksi yang dilakukan. Jadi sebenarnya, buat kamu yang ingin mengajukan limit sangat mudah mengetahui apakah pinjaman online tanpa syarat yang kamu pilih itu terpercaya atau tidak.

5. Mudah Cek Limit yang Dipinjam

Ciri selanjutnya apabila aplikasi pinjaman uang online tanpa syarat yang terpercaya adalah kamu sebagai pihak yang meminjam, pasti bisa mengecek dengan mudah terhadap limit yang sedang diajukan.

Ini menandakan bahwa aplikasi pinjaman online yang terpercaya sudah seharusnya terdapat beberapa fitur yang menunjukkan tentang status pinjaman, mulai dari bunga pinjaman, jatuh temponya kapan, dan sebagainya.

Mengapa hal ini begitu penting? Supaya kamu sebagai peminjam uang tidak tertipu oleh pihak pemberi pinjaman terkait hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. Maksudnya adalah kamu bisa mengelola waktu pembayaran dan bunga yang harus dibayar dengan tepat, karena sudah ada kejelasan.

6. Ada Layanan Pelanggan yang Mudah Dihubungi Nasabah

Pada saat kamu melakukan pinjaman melalui sebuah aplikasi pinjaman online maka tentulah sangat berbeda jika dibandingkan meminjam pada bank konvensional. Ada kemungkinan kamu tidak mengetahui keberadaan dari perusahaan yang memberikan kamu pinjaman tersebut.

Jika seperti ini, maka pada saat ada sesuatu yang terjadi, jalan keluarnya adalah hanya bisa mengadukannya melalui layanan pelanggan. Inilah yang menjadi ciri selanjutnya yang harus dimiliki oleh aplikasi pinjaman online tanpa syarat yang terpercaya.

Selain itu, hal ini sebenarnya sudah ada di dalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK itu sendiri. Mereka menyatakan bahwa penyelenggara kredit online haruslah memberikan fitur layanan nasabah.

Tujuannya untuk menyelesaikan masalah si peminjam. Nah, bisa disimpulkan jika sebuah aplikasi pinjaman online memberikan layanan pelanggan, maka itu adalah sebuah aplikasi terpercaya dan layak untuk dicoba.

7. Alamat Kantor Jelas dan Valid

Penyedia jasa pinjaman online seharusnya mempunyai dan menunjukkan alamat kantor yang jelas dan valid bagi nasabah. Alamat ini biasanya akan terpampang jelas di laman situs resminya. Apabila situs tidak mencantumkan alamat kantor, maka kamu perlu curiga.

Sebab, bisa jadi ini adalah tempat peminjaman yang palsu. Bagaimana mungkin kamu mengajukan limit pinjaman jika keberadaan perusahaannya tidak tahu di mana? Ada banyak penyedia pinjaman online lainnya yang bisa kamu coba.

8. Terdapat Cakupan Area

coverage area

Ciri-ciri pinjaman uang online tanpa syarat yang terpercaya dan layak untuk dicoba adalah aplikasi pinjaman online tersebut sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Perlu kamu ketahui jika ada perusahaan fintech yang beroperasi hanya di kota tertentu.

Apabila aplikasi pinjaman uang online tersebut memiliki cakupan area sampai ke seluruh Indonesia seperti Kredivo, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut adalah salah satu perusahaan besar.

Bahkan dari segi keamanan pastilah perusahaan ini sudah diakui dan terbukti bisa dipercaya. Apakah kamu sedang mencari pinjaman uang online tanpa syarat yang terpercaya? Maka inilah salah satu ciri-ciri penting yang juga harus kamu ketahui sebelum mengajukan limit.

9. Memiliki Kredibilitas

Pastikan kamu sudah menemukan dan memilih penyedia jasa pinjaman online yang mempunyai kredibilitas yang baik. Hal ini bisa kamu perhatikan melalui testimoni juga review debitur perusahaan tersebut baik itu melalui internet atau media sosial.

Jika kamu masih merasa bingung, maka aplikasi pinjaman online Tunaiku bisa menjadi referensi buat kamu. Aplikasi ini menjadi salah satu pinjaman online yang terbaik yang tidak mensyaratkan apa pun. Jadi tidak heran jika kredibilitas Tunaiku diakui sampai sekarang.

10. Situs Perusahaan Digembok

Terakhir yang menjadi ciri fintech terpercaya adalah situs yang mereka miliki digembok. Mungkin sedikit terdengar aneh dan juga masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Namun, ini menjadi ciri penting juga yang jangan kamu abaikan.

Pada saat kamu membuka situs dari perusahaan pinjaman uang online tersebut, harus terlihat logo gembok atau tergembok. Dengan begini, maka dipastikan jika keamanan dari perusahaan tersebut terjamin dan terpercaya.

Memang benar bahwa tidak semua perusahaan Fintech yang memberikan pinjaman tanpa syarat memiliki logo seperti ini. Namun jika sudah memilikinya, maka wajib untuk kamu coba. Jika sudah ada yang jelas, mengapa harus mencoba yang lain?

Baca Juga : Memahami Pinjaman Online yang Aman Supaya Tidak Menyesal Kemudian Hari

Memang tidak bisa dipungkiri jika sekarang ini ada banyak aplikasi yang menawarkan pinjaman uang yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. Bahkan ada yang memberikannya tanpa syarat. Pertanyaannya adalah, apakah itu adalah aplikasi pinjaman online tanpa syarat terpercaya? Kamu harus hati-hati.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *