Pinjaman Online

Pinjaman Online dari Pemerintah, Apakah Bunga Pinjamannya Juga Besar?

Pinjaman online dari pemerintah

Pemerintah menyediakan pinjaman untuk pelaku UMKM maupun multiguna. Pinjaman online dari pemerintah harus berada di bawah naungan OJK. Tipe pembiayaan ini bersifat fleksibel, namun kamu harus tetap patuh dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dukungan dari pemerintah ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan roda ekonomi. Dengan banyaknya pinjol yang memudahkan masyarakat, mereka memilih pinjol di bawah OJK terutama untuk modal. Berikut ini adalah nama-nama pinjol yang asalnya dari pemerintah.

Pinjaman Online dari Pemerintah

Indodana

Pinjaman online pemerintah - Indodana

Indodana adalah salah satu platform pinjol yang memiliki kemudahan dalam proses pengajuannya. Kamu hanya perlu kartu KTP dan NPWP saja untuk dimasukkan ke dalam bagian registrasi. Setelah pengajuan, kamu hanya perlu menunggu verifikasi dari pihak Indodana.

Limit terbanyak dari Indodana adalah 8 juta rupiah. Suku bunganya akan bergantung dari anuitas dengan maksimum tahunan 55%. Kamu harus berusia di bawah 50 tahun saat melakukan peminjaman. Sementara pendapatan minimum untuk meminjam adalah 3 juta rupiah per bulan.

Easycash

Pinjaman online pemerintah - Easycash

Meminjam uang di Easycash juga sangat mudah sesuai dengan namanya. Perusahaan pinjaman online dari pemerintah ini memberikan pinjaman dengan plafon hingga 10 juta rupiah. Kamu juga bisa memilih tenor harian mulai dari 93-180 hari sesuai dengan kemampuanmu.

Bagaimana dengan suku bunga? Easycash mengambil bagian sekitar 2% dari total pinjaman setiap bulannya. Setelah proses verifikasi berhasil, kamu hanya perlu menunggu uangmmu cair dalam waktu 1-12 hari saja. Pelunasan akan dilakukan melalui nomor virtual akun yang dikirim perusahaan.

(Baca Juga: 14 Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Pinjaman)

Pinjaman Winwin

Pinjaman online pemerintah - Winwin

Pinjaman online tanpa bank ini diakui oleh pemerintah. Platform yang satu ini tak memungut biaya pendaftaran di awal. Proses pengajuan hingga pencairan dana juga cukup cepat. Manakala proses registrasi berhasil, uang akan segera cair ke rekeningmu.

Bagaimana dengan bunganya? Pinjaman Winwin menerapkan bunga di bawah 5%. Dana akan ditentukan oleh dirimu sendiri. Begitu juga dengan penentuan tenor. Kamu bisa menentukan total bayaran di awal yang sesuai dengan kemampuanmu.

Taralite

Pinjaman online pemerintah - Taralite

Taralite tak akan menyulitkan nasabah yang ingin meminjam uang. Syaratnya hanyalah sebuah e-KTP dan juga foto untuk mengajukan pinjaman. Bunga taralite sangat rendah, yakni di bawah 2% dalam hampir semua jenis pinjaman.

Dalam prosesnya, Taralite juga didukung oleh SBI Group dan J trust yang menjadi institusi keuangan. Jadi jangan khawatir jika danamu akan lama cair di platform ini. Meski baru, Taralite sudah berada di bawah OJK untuk memberikan jaminan aman kepada nasabahnya.

Esta kapital Fintek

Pinjaman online pemerintah - Esta Kapital

Esta kapital fintek memiliki sistem yang mumpuni dalam semua perhitungannya. Sasaran utama dari pendanaan adalah usaha mikro yang membutuhkan modal tambahan. Platform ini bisa memberikan uang mulai dari 3 juta rupiah ke setiap nasabahnya dan bisa berkembang sesuai dengan ukuran usaha.

Syarat untuk mendaftar di pinjaman online dari pemerintah ini sangat mudah. Kamu hanya perlu berstatus WNI, memiliki KTP dan NPWP usaha kamu. Kamu juga harus menyetujui bahwa kamu sedang tidak melakukan pencucian uang. Nanti, kamu juga akan diminta melampirkan buku rekening dan foto.

Awan Tunai

Pinjaman online pemerintah - Awan Tunai

Awan Tunai adalah platform yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki toko atau grosir. Keduanya diklasifikasikan dengan cara yang berbeda, karena limit pinjaman yang berbeda. Awan grosir bisa mendapat pinjaman 2 milyar rupiah selama omzetnya adalah 3 milyar rupiah.

Sementara awan toko merupakan kategori lain untuk pemilik toko yang berafiliasi dengan awan grosir. Tak ada omsetnya, namun kamu harus sudah memiliki usaha selama 1 tahun, memiliki NPWP khusus, dan menjual segmentasi kelontong atau sembako.

Dana Merdeka

Pinjaman online pemerintah - Dana Merdeka

Dana Merdeka hanya diperuntukkan untuk pelaku usaha yang berada di tingkat kecil maupun menengah sehingga bisa berkembang lebih baik. Mereka menjamin bahwa keamanan, kemudahan dan perusahaan bonafide mampu dilirik oleh nasabah yang butuh uang yang cepat.

Di Dana Merdeka, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu hingga 15 juta rupiah. Apabila proses registrasinya sudah lengkap, petugas langsung bisa mencairkan pinjaman. Besarnya pinjaman di Dana Merdeka disesuaikan dengan besarnya UMKM.

AdaKami

Pinjaman online pemerintah - Ada kami

Adakaami merupakan pinjaman online dari pemerintah yang banyak diincar karena prosesnya yang sangat cepat dan mudah. Semuanya melalui proses digital dan kurang dari 48 jam. Mereka juga menjamin bahwa data dirimu 100% terlindungi. Pihak CS juga akan membantu kamu selama 24 jam. 

Fitur AdaKami di antaranya adalah plafon dengan tenor pendek maupun tenor yang panjang. Kamu harus melengkapi persyaratan seperti WNI, usia di atas 21-50, dan memiliki penghasilan. Ada Kami memiliki bunga 0,798% yang dihitung setiap harinya. 

Kreditpro

Pinjaman online dari pemerintah - KreditPro

KreditPro merupakan P2P lending yang memiliki sistem klasifikasi pinjaman berdasarkan grup nasabah. Ada yang dikenakan 12%, ada juga yang dikenakan lebih dari 30%. Mereka juga tidak memerlukan jaminan apapun. Fee per bulannya maksimal hanya 2% di luar pajak.

Platform ini cukup unggul di pinjol meski bunganya tak serendah yang lain. Keuntungannya adalah kamu bisa memilih tempo pembayaran sendiri saat akan meminjam. Prosesnya sangat cepat, kurang dari 24 jam dana kamu akan segera masuk ke rekening yang didaftarkan.

Julo

Pinjaman online dari pemerintah - Julo

Julo menggunakan teknologi canggih saat membangun platform, sehingga kelayakan kredit nasabahnya bisa terukur dengan baik. Sistem keamanan Julo juga sangat tinggi. Jadi kamu tak perlu khawatir karena data akan baik-baik saja.

Julo terdapat di Play Store. Setelah mendownload, kamu bisa langsung registrasi dan mengajukan kredit limit. Dana dan tenornya akan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pilihan uangnya adalah 500 ribu hingga 15 juta dengan bunga 0.13%. Tenornya juga bervariasi mulai dari 2-9 bulan.

KlikUMKM

Pinjaman online dari pemerintah - KlikUMKM

KlikUMKM tak hanya meminjamkan dana saja. Platform pinjaman online dari pemerintah ini melakukan pembinaan yang sangat serius untuk mitranya seperti pelatihan UMKM, melakukan perluasan pasar, hingga tingkat asosiasi. Pembiayaan juga cukup mudah karena tanpa agunan.

Namun syaratnya tentu saja cukup banyak dibanding yang lain. Kamu harus membentuk kelompok terlebih dahulu. Setelah disetujui dan verifikasi lanjutan, dana baru bisa cair. Kamu hanya dikenakan biaya jasa layanan sebesar 6% dengan biaya materai saja.

(Baca Juga: Cara Menggunakan Pinjaman Online Bagaimanakah Cara yang Tepat?)

PinjamDuit

Pinjaman online dari pemerintah

PinJam duit merupakan platform pinjaman yang memiliki banyak keunggulan. Sistem ini selalu bekerja selama 24 jam. Jadi kapanpun kamu meminjam, setelah verifikasi maka uang akan langsung cair ke rekening. Proses registrasinya juga sangat mudah.

Selain itu, Pinjam Duit tak menggunakan agunan sama sekali. Setelah registrasi tentang data pribadi, kamu perlu melakukan pengisian jumlah pinjaman. Belum lagi sistem mereka yang menggunakan bunga rendah, yakni hanya 0.08% saja sehingga menguntungkan nasabah.

UangMe

Pinjaman online dari pemerintah - Uangme

UangMe merupakan pinjol dengan teknologi yang mutakhir. Mereka menggunakan sistem standar sertifikasi ISO 27001 sehingga privasi penggunanya bisa terjaga dengan baik selama menggunakan platform. UangMe juga dikenal sangat membantu nasabah karena CS siap membantu 24/7.

UangMe memiliki sistem peminjaman yang unik. Kamu hanya bisa meminjam uang dengan jumlah minimal 400 ribu hingga 4 juta rupiah. Tenor terlamanya juga hanya 4 bulan. Bunga pinjaman dihitung harian dengan besaran 0.79%. Selain OJK, UangMe juga berada di bawah AFPI dan Kominfo.

Singa

Pinjaman online dari pemerintah - Singa

Singa tak hanya menjadi nama hewan, tapi juga nama pinjol di Indonesia. Singa meminjamkan dana yang cukup cepat dan tercatat di bawah pemerintah alias wewenang OJK. Platform ini bersikap fair dengan menentukan kredit berdasarkan pekerjaan, pendidikan, dan cashflow.

Singa Indonesia hanya memberlakukan penambahan bunga dan biaya layanannya saha. Biaya bunganya sebesar 1% perbulan, sementara biaya layanannya adalah 0,5% per bulan. Sayangnya, pinjaman dana hingga 5 juta rupiah ini memiliki tenor maksimal 3 bulan.

Batumbu

Pinjaman online dari pemerintah - Batumbu

Batumbu merupakan salah satu perusahaan fintech di Indonesia yang di bawah afiliasi Validus, Singapura. Batumbu bergerak untuk membantu wira UKM sehingga tumbuh dengan lebih baik. Jika Anda membutuhkan modal, Batumbu bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kamu perlu mendaftarkan UKM kamu saat registrasi di aplikasi Batumbu. Lalu, ajukan biaya kamu sesuai dengan kategori yang dibutuhkan seperti invoice financing atau purchase order. Batumbu meminta bunga sebesar 0,9%-1,55 per bulan dengan fee hingga 3% per tahun.

Meskipun pinjaman online dari pemerintah dilakukan secara jarak jauh, bukan berarti kamu bisa seenaknya saat meminjam uang. Tetaplah membayar di saat jatuh tempo agar tidak terjadi kredit macet. Jika macet, kamu akan sulit meminjam uang di manapun.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *