Pinjaman Online

Pentingnya Sosialisasi Paylater untuk Para Awam, Paylater bukan Uang Gratis!

Sosialisasi paylater dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan kepada orang awam secara lebih dalam mengenai layanan tersebut. Bukan hanya dari segi keuntungannya saja, namun dalam sosialisasi juga akan dijabarkan mengenai segala risiko yang mungkin akan ditimbulkan.

Yang harus ditekankan bahwa paylater bukanlah uang lebih yang diberikan secara gratis dan ada pada sebuah aplikasi. Melainkan fasilitas pembayaran yang mewajibkan penggunanya untuk membayarkan kembali sesuai dengan jatuh tempo yang telah disepakati.

Apa Itu Paylater?

Paylater adalah sistem pembayaran digital yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan lebih cepat dan bisa melakukan pembayaran di kemudian hari. 

Beberapa perusahaan besar telah melengkapi layanannya dengan memberikan fasilitas paylater seperti Gojek, Traveloka, Shopee dan lain sebagainya. Fasilitas paylater bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan seperti pembelian produk, traveling dan lain sebagainya. 

Meskipun terlihat memudahkan pengguna, namun jika tidak berhati-hati kamu bisa terjebak di dalamnya. Untuk itu harus dilakukan sosialisasi paylater agar masyarakat bisa lebih memahami layanan yang diberikan. Pada dasarnya, paylater adalah sebuah layanan bukan uang gratis. 

Untuk itu masyarakat harus bisa menggunakannya dengan bijak agar tidak menanggung risiko. Sebelum menggunakan fasilitas paylater ada baiknya jika pengguna menghitung kebutuhan serta kemampuan membayar terlebih dahulu.

Tujuan Sosialisasi Paylater Terus Dilakukan

Sosialisasi Paylater

Pemahaman tentang sosialisasi paylater harus dilakukan dengan baik agar pengguna bisa lebih berhati-hati dalam memanfaatkan layanan terbaru ini. Fitur pembayaran ini mampu mendorong peningkatan inklusi keuangan Indonesia jika digunakan dengan bijak. 

Berdasarkan survei yang dilakukan OJK pada tahun 2013, hanya 21,84% masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi keuangan mumpuni. Artinya mereka telah memiliki pengetahuan dan keyakinan akan berbagai jasa keuangan, termasuk manfaat, fitur dan risikonya. 

Mereka juga paham tentang hal dan kewajiban terkait produk layanan keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakannya. Lainnya sebanyak 75,69% masyarakat memiliki tingkat literasi keuangan yang cukup, sedangkan 2,06% memiliki literasi rendah. 

Masih ada sekitar 0,41% masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. OJK bersama pelaku industri keuangan terus berupaya untuk dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan cara menggelar Fin Expo dan berbagai kegiatan yang lainnya. 

Disana kamu bisa mendapatkan berbagai promo menarik serta pengetahuan yang lebih dalam tentang layanan keuangan.

Sosialisasi paylater bukan hanya bertujuan untuk memberikan informasi saja, namun juga dijadikan sebagai sarana untuk menghindari adanya masyarakat yang terjerat hutang melilit. 

(Baca Juga: Pinjaman Online dari Pemerintah, Apakah Bunga Pinjamannya Juga Besar?)

Sehingga ketika sudah menggunakan layanan ini, diharapkan semua pengguna bisa bertanggung jawab dan melunasi limit yang telah digunakan. Pengguna harus sadar bahwa fasilitas ini memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Layanan ini memang memberikan kemudahan pembayaran, namun di saat bersamaan pengguna juga harus menyadari seberapa besar kemampuannya untuk membayar kembali. 

Selain itu pengguna juga harus memahami adanya biaya lain yang dikenakan saat bertransaksi dan terdapat jatuh tempo pembayaran yang harus diperhatikan.

Beberapa Keunggulan Layanan Paylater

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju membuat sistem pembayaran digital semakin diminati. Salah satu sistem pembayaran yang populer digunakan adalah paylater. 

Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan layanan ini pengguna bisa melakukan transaksi dan menyelesaikan pembayaran di kemudian hari. Berikut beberapa keunggulan paylater yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk menggunakannya.

Bisa dibayarkan belakangan

Sosialisasi Paylater - bisa dibayar belakangan

Paylater memudahkan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhannya, karena pembayaran bisa dilakukan lain hari. Hal inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat jika ada kebutuhan mendesak namun belum gajian. 

Selain itu layanan paylater juga dapat membantu pelanggan untuk dapat membeli produk dan jasa dalam jangka waktu tertentu. 

Dengan adanya fitur ini, pelanggan bisa membeli produk atau jasa yang diinginkan meski belum memiliki dana dan membayarnya kembali saat waktu gajian atau dengan menggunakan sistem cicilan.

Syarat pendaftaran mudah

Sosialisasi Paylater - Syarat pendaftaran yang mudah

Sama halnya dengan layanan pembayaran digital lainnya, untuk bisa menggunakan paylater kamu harus mendaftar sebagai pengguna terlebih dahulu. 

Proses pendaftaran paylater dinilai cukup mudah dan cepat sehingga dalam beberapa hari kamu sudah bisa menggunakan layanan tersebut jika pengajuan telah disetujui. 

Berkas persyaratan penggunaan paylater terdiri dari KTP, email, nomor telepon aktif, rekening pribadi dan foto diri terbaru. Setiap penyedia layanan paylater mungkin akan menerapkan syarat yang berbeda-beda. 

Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui ponsel, kapan saja dan dimana saja sesuai dengan keinginan kamu.

Limit kredit yang diberikan besar

Sosialisasi Paylater - Limit yang diberikan besar

Layanan paylater akan memberikan limit kredit kepada setiap nasabahnya dengan jumlah yang berbeda. Besarnya jumlah kredit limit diberikan berdasarkan track record keuangan yang dimiliki oleh nasabah. 

Layanan paylater sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang mampu menilai kredibilitas pengguna dan memberikan limit sesuai dengan penilaian yang dilakukan. 

Umumnya limit yang diberikan paylater cukup besar sehingga pengguna bisa memenuhi segala kebutuhannya secara lebih maksimal. Pengguna hanya bisa menggunakan layanan paylater sesuai dengan limit yang diberikan.

Tersedia berbagai fitur pendukung

 Sosialisasi Paylater - Berbagai Fitur Mendukung

Paylater memberikan layanan pembayaran kembali yang cukup beragam, mulai dari pembayaran langsung setelah satu bulan maupun pembayaran dalam jangka waktu tertentu (tenor cicilan). 

Pengguna paylater bisa memilih fitur pembayaran kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Proses pembayaran lebih mudah

 Sosialisasi Paylater - Pembayaran yang mudah

Dengan adanya paylater, proses pembayaran menjadi lebih mudah. Pengguna bisa langsung memilih metode pembayaran paylater dan mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan. 

Pihak paylater juga akan menginformasikan dengan jelas berapa nominal yang harus dikembalikan kembali dan tanggal berapa pembayaran harus dilakukan.

Sistem keamanan terpadu

Sosialisasi Paylater - Sistem Keamanan

Layanan paylater umumnya dimiliki oleh perusahaan fintech atau lembaga keuangan yang sudah memiliki izin usaha dari OJK sehingga keamanan data nasabah akan terjamin. 

Dengan begitu kamu bisa lebih nyaman dan tidak perlu khawatir tentang masalah kebocoran data pribadi. Semua transaksi yang dilakukan dengan paylater dijamin aman dan telah bekerja sama dengan berbagai merchant sehingga cepat terverifikasi. 

Transaksi yang kamu lakukan akan tercatat dalam sebuah daftar secara mendetail sehingga kamu bisa mengontrol pengeluaran yang dimiliki.

Risiko Menggunakan Paylater

Sebelum menggunakan paylater, pengguna harus memahami apa saja keuntungan serta risiko dari penggunaan paylater agar terhindari dari jeratan utang dan cicilan yang melilit. 

Alasan inilah yang mendasari mengapa sosialisasi paylater perlu dilakukan secara terus menerus. Mengandalkan sistem yang mudah dan cepat membuat para pengguna terlena dan mengabaikan risikonya. 

Hal inilah yang nantinya membuat pengguna mengalami kesulitan saat membayarkannya kembali. Untuk itu kamu harus lebih berhati-hati dan bijak saat menggunakan layanan paylater. 

Sisi positif dari layanan ini harus diimbangi dengan pemahaman potensi risiko yang bisa ditimbulkan sehingga tidak merugikan. Berikut beberapa risiko penggunaan paylater yang harus dipahami terlebih dahulu.

Dapat mendorong perilaku konsumtif

Tanpa disadari kemudahan pembayaran yang diberikan oleh layanan paylater bisa mendorong pengguna lebih impulsif dalam bertransaksi. Kondisi ini memicu pengguna lebih sering membeli produk yang dirasa kurang diperlukan. 

Selain itu adanya layanan paylater membuat pengguna jadi mengandalkan serta menjadi ketergantungan untuk terus menggunakannya.

(Baca Juga: Simak Yuk, Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Pinjaman Online)

Terdapat biaya yang tidak disadari

Masyarakat milenial sangat menyukai sistem yang praktis dan cepat sehingga terkadang mereka tidak menyadari adanya biaya yang otomatis aktif ketika menggunakan paylater. 

Beberapa biaya tersebut antara lain biaya cicilan, biaya admin dan lain sebagainya. Jumlah biaya tambahan dari setiap penyedia layanan bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan yang berlaku.

Arus kas menjadi terganggu

Mudahnya penggunaan layanan paylater di berbagai aplikasi bisa mengganggu keuangan pribadi karena membuat pengguna harus menanggung banyak cicilan yang dijadikan tanggungan setiap bulannya.

Tunggakan pada pembayatan pay later tercatat dalam BI checking

Tunggakan transaksi pada paylater bisa menodai reputasi kredit yang kamu miliki. Akibatnya, pengajuan kredit lain yang mungkin sifatnya lebih penting seperti kendaraan dan properti bisa saja ditolak.

Perbankan Juga Melirik Potensi Transaksi Melalui Fitur Paylater

Bukan hanya dikembangkan oleh perusahaan startup digital saja, namun saat ini perbankan juga mulai melirik potensi transaksi melalui fitur pay later. 

Salah satunya adanya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang saat ini sedang berkolaborasi dengan Traveloka untuk dapat mengeluarkan produk PayLater Card. 

Kerja sama ini bertujuan untuk menawarkan solusi pembayaran yang lebih fleksibel bagi masyarakat sekaligus meningkatkan akses terhadap produk finansial. 

Produk ini akan memberikan user experience yang lebih inovatif dengan management kartu secara end to end melalui aplikasi Traveloka. Produk ini juga akan menjadi era baru bisnis kartu kredit yang ada di Indonesia. 

Layanan paylater saat ini sudah ditawarkan oleh beragam fintech dan marketplace ternama yang ada di Indonesia. Pahami dengan baik sosialisasi paylater yang diberikan agar kamu dapat menggunakan layanan ini dengan lebih nyaman dan maksimal.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *