Pinjaman Online

Memahami Pinjaman Online yang Aman Supaya Tidak Menyesal Kemudian Hari

thumb paham pinjol - memahami pinjaman online yang aman

Hadirnya Fintech saat ini menawarkan pinjaman online dengan segala kemudahan dimana sekarang tengah banyak digunakan masyarakat. Meskipun demikian, kamu haruslah bisa memahami pinjaman online yang aman terlebih dahulu supaya tidak menyesal.

Baca Juga : Tips Memilih Pinjaman Online yang Baik Sehingga Kondisi Keuangan Aman

Kini, pinjol dapat dinilai sebagai salah satu solusi ketika membutuhkan uang disaat mendesak. Bukan hanya pencairan dana yang mudah, namun proses pencairan dana juga cepat jika dibandingkan bank konvensional.

Memahami Pinjaman Online yang Aman, Terpercaya dan Terbaik

Apakah saat ini kamu sedang tertimpa masalah keuangan mendesak dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Ingin mengajukan pinjaman di bank, namun syarat tidak lengkap? Ingin pinjam ke keluarga atau kerabat tapi malu?

Jika berada dalam situasi seperti ini maka beralih ke pinjaman online adalah langkah yang tepat. Namun jika memutuskan untuk mengajukan pinjam online maka kamu harus benar-benar memilih tempat yang aman dan harus paham dulu pinjaman online yang aman itu seperti apa. Seperti;

Fintech yang Terpercaya

Hal pertama yang harus kamu pahami jika dikatakan pinjaman online yang terpercaya dan aman adalah Fintech atau platform pinjaman online itu sudah terdaftar di OJK. Tahukah kamu, sebenarnya jika aplikasi sudah memiliki izin dari OJK, dipastikan aplikasi itu aman untuk digunakan.

Disinilah kamu harus memahami betul sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming pinjaman cepat dari aplikasi pinjol ilegal yang nama aplikasinya sama sekali tidak tidak terdaftar di OJK karena dipastikan kamu akan menyesal.

Untuk memahami pinjaman mana yang aman maka pastikan kamu sudah cek nama platform aplikasi di situs resmi OJK.  Ada banyak platform aman yang akan kamu temui dimana setiap pergerakan penyedia pinjaman sudah di awasi oleh badan OJK.

Penyedia Pinjaman yang Memberi Banyak Kemudahan

Dikatakan pinjaman online itu aman jika platform pinjol tersebut memberikan banyak kemudahan dalam satu genggaman. Maksudnya, pinjaman online yang aman itu tidak akan menyulitkan, seperti syarat pinjam hingga pembayaran cicilan.

Biasanya platform pinjaman yang abal-abal atau tidak aman tidak akan berani menawarkan kemudahan. Dan kalaupun ada, maka ada resiko yang harus dibayar oleh si peminjam, misalnya seperti bunga yang tinggi.

Penyedia Pinjaman yang Memberikan Banyak Keuntungan

Bukan hanya itu saja namun pinjaman online yang aman itu juga biasanya akan menawarkan banyak keuntungan kepada calon peminjam. Mereka tidak akan segan-segan memberinya supaya calon peminjam merasa puas menggunakan jasa mereka.

Jika banyak yang melirik jasa keuangan online ini, bukan kah itu artinya bahwa pinjaman tersebut adalah aman dan terpercaya? Itulah mengapa disarankan sebelum kamu meminjam uang, cek terlebih dahulu benefit dari platform pinjol tersebut.

Tujuannya supaya kamu makin untung. Keuntungan yang dimaksud salah satunya adalah pinjaman online itu mampu menawarkan suku bunga rendah serta diberikannya bonus jika kamu disiplin bayar cicilan.

Atau keuntungan lainnya seperti cashback untuk peminjam yang membayar cicilannya lebih awal tiap bulan, atau mendapat reward karena berhasil mengajak teman atau kerabat untuk meminjam di aplikasi tersebut. Simple memang, tapi biasanya platform yang aman dan terpercaya menyediakannya.

Memberikan Transparansi Pinjaman

Layanan pinjaman online yang aman dan dapat dipercaya itu pasti menunjukkan detail tagihan secara transparan. Hal ini bertujuan supaya para nasabah tidak merasa tertipu karena tagihan tiba-tiba membengkak tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Dan hal ini sering terjadi.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menerima kontrak pinjaman online yaitu melihat tingkat bunga yang dibebankan, nominal cicilan setiap bulan, tenor waktu pembayaran, bahkan sampai denda keterlambatan.

Tidak Ada Ketentuan yang Mencurigakan

Maksudnya adalah penyedia pinjaman online yang aman itu hanya memberi syarat pengajuan pinjaman online seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan beberapa dokumen pribadi lainnya. Mereka tidak boleh meminta lebih dari itu misalnya minta izin akses hp kamu melalui kontak hp maupun kamera.

Selain itu sudah seharusnya sebelum kontrak pinjaman disetujui, pihak penyedia layanan tidak akan meminta biaya apapun kepada calon nasabahnya. Dengan kata lain, apabila perjanjian pinjaman online belum disetujui, jangan pernah memberikan uang kepada pihak pinjol tersebut.

Layanan Pelanggan dan Mudah Dihubungi

Selain itu kamu juga harus memahami pinjaman online yang aman lainnya yaitu memiliki layanan pelanggan atau customer service yang mudah dihubungi. Perlu kamu ketahui jika adanya layanan pelanggan ini adalah salah satu syarat utama yang diwajibkan oleh OJK.

Disini customer service menjadi sebuah layanan pinjaman online yang diwajibkan harus kooperatif dan mampu menjawab semua pertanyaan serta keraguan dari calon peminjam. Termasuk didalamnya ketika nasabah aktifnya sedang mengalami masalah atau ingin mengajukan komplain.

Dengan begitu, nasabah pun akan merasa lebih aman dan percaya saat mengajukan pinjaman online pada platform tersebut. Terlihat sederhana memang, tapi kamu harus tahu supaya nantinya tidak salah pilih platform yang akhirnya membuat rugi besar.

Memiliki Keamanan Platform Layanan

Pada umumnya, pinjaman online yang aman, resmi dan terpercaya itu menawarkan pinjaman melalui platform aplikasi smartphone dan juga situs. Untuk platform aplikasi ponsel pintar, disarankan untuk kamu mengunduhnya secara resmi melalui Playstore atau AppStore, bukan yang ada di Google.

Sementara jika kamu ingin mengajukan pinjaman online melalui situs, maka pastikan terdapat lambang terkunci pada kolom alamat situsnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa situs tersebut mempunyai sistem keamanan yang terjamin dan terhindar dari risiko pencurian data, peretasan, dan sebagainya.

Tidak ada Biaya Pinjaman Lain

Pinjaman online yang aman itu seharusnya tidak membebankan biaya pinjaman lain seperti biaya materai, asuransi dan sebagainya. Normalnya penyedia pinjaman itu hanya menerapkan biaya bunga pinjaman dan juga biaya administrasi.

Disinilah kamu harus cermat. Karena sesuai dengan peraturan OJK, penyedia pinjaman online itu biaya-biaya lain itu tidak diperbolehkan. Kebijakan penetapan biaya ini biasanya berbeda-beda untuk setiap fintech, ada yang nilainya kecil maupun sedang. Itulah mengapa kamu dituntut untuk melakukan analisa yang cermat.

Ada Kebijakan Privasi

Jika kamu perhatikan atau bandingkan antara satu pinjaman dengan yang lain, kamu akan melihat bahwa beberapa dari penyedia pinjaman itu tidak menetapkan yang namanya kebijakan privasi. Bagian ini juga tidak kalah penting untuk kamu perhatikan.

Saat mengajukan pinjaman apabila aplikasi tersebut tidak menyediakan bagian penting ini, maka bisa dipastikan platform ini bukanlah yang layak untuk kamu coba. Karena kebijakan privasi aplikasi pinjaman online dibuat sebagai bukti bahwa tidak akan ada yang namanya penyalahgunaan data.

Memiliki Kontrak Perjanjian

Ini juga adalah bagian terpenting ketika ingin melakukan pinjaman. Biasanya jika kamu sudah mengisi semua data-data penting, sebelum kamu menyetujuinya pihak penyedia akan menampilkan sebuah kontrak perjanjian.

Biasanya sebelum kamu klik setuju, kamu akan diminta untuk membaca dan memahami kontrak perjanjian yang ditawarkan. Dengan memahami kontrak perjanjian, kamu bisa mengetahui berbagai ketentuan pinjaman, mulai dari bunga, denda pinjaman, dan cara penagihan ketika jatuh tempo.

Namun jika platform tersebut tidak menampilkan surat kontrak maka jangan lanjutkan pengajuan kamu karena bisa dipastikan itu adalah salah satu aplikasi yang tidak aman dimana nantinya kan berujung kepada kerugian besar.

Hindari Telat Bayar

Tahukah kamu pinjaman online itu akan menjadi tidak aman jika kamu sebagai peminjam tidak membayar pinjaman. Karena biasanya di surat kontrak sudah tertulis berapa biaya keterlambatan yang akan kamu bayarkan.

Jika kamu belum membayar pinjaman, maka bunga dan biaya keterlambatan akan semakin membengkak. Bukankah ini akan membuat kamu was-was dn tidak nyaman? Maka prioritaskan gaji bulanan untuk membayar pinjaman online daripada keperluan yang bersifat sekunder.

Dengan begitu, kamu bisa membayar pinjaman lebih awal atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini sangat baik dilakukan supaya kamu terlilit hutang yang semakin hari semakin besar. Sebelum itu terjadi ada baiknya sebelum kamu mengajukan, carilah aplikasi yang memberi tenor panjang.

Baca Juga : 15 Platform Resmi Pinjaman Online OJK

Jika akhirnya kamu harus memilih aplikasi online karena situasi yang mendesak maka yang terpenting adalah kamu sudah memahami pinjaman online yang aman itu seperti apa karakteristiknya. Dengan begitu dipastikan tidak akan menyesal di kemudian hari

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *