Pinjaman Online

Jangan Sampai Ketipu! Ini Nih 3 Ciri Pinjaman Online Ilegal yang Harus Kamu Ketahui

thumb pinjol - ciri pinjaman online ilegal

Pinjaman online menjadi pilihan praktis yang bisa kamu pilih saat membutuhkan dana tambahan dengan jumlah besar. Nggak perlu lagi tuh kamu ribet harus mengurus berbagai macam berkas untuk meminjam dana ke bank. Namun, kamu juga perlu waspada nih terkait ciri pinjaman online ilegal!

Baca Juga : Anti Ribet! Jasa Pinjaman Online Terbaik Langsung Cair 2021

Yaps! Karena proses pengurusan pinjaman dana dilakukan secara online, maka nggak menutup kemungkinan jika tindakan penipuan dapat terjadi. Supaya kamu lebih paham mengenai pinjaman online, mari disimak dulu yuk pembahasan di bawah ini.

Berikut Beberapa Ciri Pinjaman Online Ilegal

ciri pinjol ilegal - ciri pinjaman online ilegal

Kemudahan pinjaman online pada akhirnya memancing oknum tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya untuk bisa menipu banyak orang dengan kedok perusahaan peminjaman dana. Informasi data yang bisa dimanipulasi hingga sulit dihubungi dapat menjadi indikator perusahaan bodong.

Supaya kamu nggak menjadi korban selanjutnya, wajib tahu ciri-ciri pinjaman online ilegal supaya dapat memenuhi kebutuhan kamu akan dana tambahan. Berikut ini daftar ciri perusahaan ilegal yang harus kamu waspadai.

1. Profil Perusahaan Tidak Valid

Ketika kamu ingin mencari tahu profil sebuah perusahaan, tentunya kamu akan berusaha untuk mencari informasi mengenai profil perusahaan tersebut, bukan? Kalau misalkan perusahan tersebut terverifikasi kredibilitasnya, pasti informasinya akan mudah ditemukan dan bersifat transparan.

Namun, hal tersebut berbeda dengan perusahaan ilegal yang menutup rapat keberadaannya, sehingga tidak mudah untuk dilacak jika perusahaan tersebut mengalami permasalahan atau ada pihak yang dirugikan dan ingin menuntut haknya. Kamu perlu mewaspadai perusahaan seperti ini.

Jika perusahaan tempat kamu meminjam dana tidak jelas informasinya, maka nantinya akan mempersulit kamu ketika proses peminjaman dana mengalami hambatan, entah pemberian bunga terlalu tinggi, potongan biaya admin yang besar, hingga biaya pinjaman tidak di transfer sama sekali.

2. Tidak Menyertakan Persyaratan Khusus

Memang perusahaan peminjaman dana online memberikan kemudahan tanpa harus melengkapi berlembar-lembar berkas untuk memenuhi persyaratannya. Namun, kalau perusahaan tersebut tidak menyertakan persyaratan khusus, kamu patut curiga karena transaksi ini cenderung tidak aman.

Bayangkan saja jika tidak ada keterikatan yang jelas antara kamu dan perusahaan. Bisa saja perusahaan tersebut meminta kamu mengeluarkan dana untuk administrasi dan lain sebagainya, akan tetapi dana pinjaman yang kamu butuhkan tidak kunjung dicairkan.

Jika hal ini terjadi, maka kamu bukannya untung tapi malah buntung, bukan? Jangan tergiur dengan proses yang cepat. Jika ada yang menjanjikan proses yang cepat, sebaiknya abaikan saja dan cari perusahaan lain yang lebih jelas kredibilitasnya.

3. Tidak Memiliki Izin OJK

Perusahaan pinjaman online yang mengantongi izin OJK pastinya sudah terbukti kredibilitasnya. Hal ini pihak OJK tentunya akan melakukan evaluasi, apakah perusahaan tersebut memenuhi standar atau tidak, serta melihat bagaimana proses kerja yang dilakukan, dari awal hingga akhir.

Tentunya mendapatkan izin OJK membutuhkan waktu yang lama karena harus dilakukan evaluasi dalam beberapa tahap. Berbeda dengan perusahaan ilegal yang tidak mengurus izin OJK dan membiarkan perusahaan tersebut tidak mendapatkan lisensi keamanan dalam proses bekerjanya.

Selain mempersempit kemungkinan perusahaan tersebut untuk menipu banyak orang, perusahaan ilegal juga tidak ingin mengeluarkan dana hanya untuk mendapatkan izin OJK. Jadi, kamu harus berhati-hati, ya!

Kelebihan Pinjaman Online

kelebihan pinjol - ciri pinjaman online ilegal

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika masyarakat Indonesia saat ini memanfaatkan fasilitas layanan pinjaman online yang kini dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan bisa diakses melalui smartphone. Lantas, apa saja ya kelebihan pinjaman online yang dapat kamu rasakan ketika menggunakannya?

1. Proses Pencairan Dana Cepat

Kalau kamu pernah melakukan proses peminjaman dana di bank, pasti tahu betapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana pinjaman. Terlebih lagi kamu harus bolak-balik ke bank untuk mengurus berbagai macam berkas sebagai informasi pendukung sebagai seorang nasabah.

Namun, kamu nggak perlu khawatir saat melakukan pinjaman dana secara online. Biasanya, proses pencairan dana cukup cepat, bahkan hanya dalam hitungan jam saja. Setelah prosesnya sudah dilakukan, maka dana pinjaman kamu akan langsung ditransfer ke rekening pribadi. Cepat, kan?

2. Fleksibel

Kalau kamu tipe orang yang sibuk dan nggak punya banyak waktu untuk mengurus peminjaman dana secara langsung, rasanya memang tepat untuk memanfaatkan pinjaman online. Di mana saja dan kapan saja, kamu dapat melakukan proses peminjaman tanpa batasan waktu, loh!

Kamu bisa menggunakan smartphone atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet, lalu akses platform pinjaman online, baik melalui aplikasi atau situs. Setelah itu, lengkapi persyaratan yang diperlukan, lalu dana pinjaman kamu siap dikirimkan, deh.

3. Syarat Pengajuan Mudah

Nggak perlu deh berkas hingga berlembar-lembar untuk melakukan pengajuan pinjaman dana online! Kamu hanya membutuhkan informasi dasar seperti nama lengkap, foto diri, Kartu Tanda Penduduk. Masukan nominal dana yang ingin dipinjam, lalu ikuti alur prosesnya hingga selesai.

4. Dapat Digunakan untuk Ragam Kebutuhan

Kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman dana online untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari renovasi rumah, membeli kendaraan, hingga untuk berwisata pun dapat kamu penuhi melalui pinjaman online.

Kalau kamu melakukan pinjaman dana di bank, biasanya hanya terbatas untuk melakukan pembangunan rumah, cicilan rumah, atau membangun bisnis saja. Inilah yang menjadikan pinjaman online sangat digemari untuk dimanfaatkan dalam memperoleh dana secara cepat.

Kekurangan Pinjaman Online

kekurangan po - ciri pinjaman online ilegal

Kelebihan yang dimiliki oleh pinjaman online ternyata disertai oleh kekurangan, sehingga kamu dapat mengantisipasi dan lebih cermat saat memanfaatkan pinjaman online, ya. Berikut ini daftar kekurangan pinjaman dana secara online yang wajib banget kamu ketahui.

1. Terbatasnya Jumlah Pinjaman

Kemudahan pinjaman online memiliki keterbatasan dalam jumlah dana pinjaman. Dibandingkan dengan bank yang bisa memberikan pinjaman dana dari ratusan juta hingga milyaran rupiah, pada pinjaman dana online hanya terbatas dari ratusan ribu hingga belasan juta saja.

Namun, hal tersebut dirasa bukan menjadi permasalahan karena pada dasarnya, pinjaman online lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga kamu tinggal menyesuaikan saja nominal pinjaman dananya, ya!

2. Singkatnya Waktu Tenor

Jangka waktu untuk melunasi pinjaman dana online juga cenderung lebih singkat dibandingkan saat kamu meminjamnya di bank. Mulai dari 3 hingga 12 bulan, kamu harus memastikan jika pembayarannya tepat waktu. Kalau terlambat, bisa-bisa kamu mendapatkan denda cukup besar.

3. Tidak Semuanya Terdaftar OJK

Kekurangan dari fasilitas pinjaman dana online adalah tidak semua perusahaan mendaftarkan dirinya pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga belum menjamin kredibilitas dan keamanannya. Tidak heran jika banyak sekali ciri-ciri pinjaman online ilegal semakin bermunculan.

Tips Jitu Melakukan Pinjaman Online

tips jitu pinjol - ciri pinjaman online ilegal

Sebelum kamu melakukan pinjaman online, terutama untuk yang pertama kali, tentunya merasa bingung kan, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum akhirnya memutuskan untuk meminjam dana? Ternyata, terdapat tips jitu supaya kamu nggak salah langkah dalam melakukannya.

Apa saja ya tips-tipsnya? Terapkan cara di bawah ini!

1. Mengetahui Kemampuan dan Kebutuhan Diri

Kamu harus paham bahwa tujuan kamu meminjam dana adalah untuk melengkapi atau mengganti dana pribadi kamu secara sementara. Jadi, kamu harus mempersiapkan dana setiap bulannya untuk mengganti pinjaman dana secara berkala.

Jangan sampai kamu meminjam dana dalam jumlah yang besar dan nggak bisa menggantinya di kemudian hari, sehingga yang ada kamu malah terlilit hutang dan harus meminjam dana dari pihak lain untuk menggantinya. Aduh, jangan sampai seperti itu, ya.

2. Memahami Denda Pada Proses Peminjaman

Meskipun kamu bisa menjamin bisa membayar cicilan dana pinjaman online tepat waktu, akan tetapi nggak ada salahnya untuk memahami sistem denda yang diterapkan sebuah perusahaan. Semisal kamu terpaksa harus telat membayarnya, maka kamu harus menerima konsekuensi dendanya.

3. Melunasi Pinjaman Dana Tepat Waktu

Sebagai bentuk kerja sama yang baik antara kamu dan perusahaan, diusahakan untuk membayar dana pinjaman online secara tepat waktu, ya. Selain kamu menghindari potongan denda dan penambahan bunga yang semakin besar, kamu juga mempercepat proses pelunasan dana pinjaman.

4. Memilih Perusahaan yang Terdaftar OJK

Meskipun ada perusahaan peminjaman dana yang menerapkan sistem rumit, akan tetapi jika terdaftar di OJK, maka kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi dengan perusahaan tersebut. Ikuti prosedur yang ditetapkan hingga dana pinjaman kamu mendapatkan pencairan dana.

Baca Juga : 15 Platform Resmi Pinjaman Online OJK

Dengan kamu mengetahui ciri pinjaman online ilegal, tentunya kamu dapat lebih teliti sebelum melakukan peminjaman dana secara online, ya. Jangan sampai keinginan kamu ingin mendapatkan dana tambahan malah menimbulkan masalah karena berurusan dengan perusahaan bodong tak terdaftar.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *