Kredit

Transaksi Makin Mudah, Ini 13 Syarat Dalam Melakukan Kredit

thumb credit - syarat dalam melakukan kredit

Dalam sebuah transaksi jual beli terdapat dua jenis pembayaran , yaitu tunai dan kredit yang memiliki prinsip ‘’buy now pay later’’. Istilah kredit ini memberikan kemudahan pada pembelinya, sebelum mengajukan pembayaran satu ini terdapat berbagai syarat dalam melakukan kredit.

Baca Juga : Cara Kredit Motor Bekas Dengan Persyaratan Mudah!

Pengajuan kredit sendiri memiliki berbagai syarat yang dirasa cukup desatil dan tak jarang ditolak oleh pihak pemberi kredit. Karena hal tersebut, banyak orang dibuat bingung kenapa pengajuan kreditnya ditolak. Sebelum mengajukan kredit, ada beberapa syarat berikut yang perlu kamu ketahui, yuk simak.

Berikut 13 Syarat Dalam Melakukan Kredit

1. Syarat Administrasi

administrasi - syarat dalam melakukan kredit

Sebelum mengajukan transaksi kredit, kamu perlu tahu beberapa syarat administrasi. Sebelumnya kamu haru memenuhi beberapa berkas lengkap yang nantinya akan diperiksa pemberi kredit dan akan diproses ke pengajuan tahap berikutnya. Administrasi biasanya berupa berkas data diri.

Pihak pemberi kredit juga bermacam-macam, namun lebih sering pihak bank yang paling umum untuk pengajuan kredit. Pengajuan tersebut bisa berupa modal usaha hingga pembelian rumah. Oleh karena itu setiap bank memeiliki persyaratan sendiri-sendiri untuk pengmpulan administrasi ini.

2. Syarat Mengisi Formulir

forms - syarat dalam melakukan kredit

Setelah berkas-berkas data pribadi sebagai syarat utama yang kamu miliki, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir. Formulir tersebut bisa juga merupakan mengisi data diri yang disamakan dengan beberapa berkas yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Setelah mengisi formulir tersebut, jangan lupa untuk mengecek kembali beberapa data diri kamu di formulir. Kembali cocokan data diri yang ada di formulir yang sudah kamu isi dan tumpuk syarat administrasi tersebut beserta formulir ini.

3. Fotokopi Identitas Diri

fc diri - syarat dalam melakukan kredit

Hal utama lainnya yang perlu kamu siapkan adalah fotokopi identitas diri. Beberapa identitas diri yang berlaku di Indonesia dan bisa digunakan untuk syarat pengajuan kredit di bank maupun di tempat pengajuan kredit adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin mengemudi (SIM) hingga paspor.

Identitas diri ini harus kamu persiapkan untuk pengajuan kredit. Sebelumnya jangan lupa untuk fotokopi kartu identitas diri tersebut untuk keperluan berkas. Pasalnya nantinya fotokopi tersebut akan dicantumkan dalam berkas dan formulir pengajuan kredit.

4. Fotokopi Akta Nikah

buku nikah - syarat dalam melakukan kredit

Bagi kamu yang akan mengajukan kredit untuk modal usaha atau kredit rumah baru dan sudah berkeluarga, syarat satu ini harus kamu cantumkan dalam persyaratan berkas. Persyaratan Akta Nikah ini menjadi salah satu syarat selain identitas diri jika kamu sudah menikah.

Sama dengan identitas diri di atas, jangan lupa untuk fotokopi berkas akta nikah kamu dan kamu tetap menyimpan yang asli. Nantinya fotokopi aktas nikah ini akan menjadi salah satu syarat dalam melakukan kredit yang wajib untuk kamu penuhi.

5. Fotokopi Kartu Keluarga

 - syarat dalam melakukan kredit

Syarat lainnya yang harus kamu pernuhi untuk mengajukan transaksi berupa kredit adalah fotokopi kartu keluarga. Kartu identitas diri yang diterbitkan pemerintah ini menjadi salah satu syarat untuk pengajuan kredit usaha maupun kredit rumah di bank.

Kartu keluarga ini jangan lupa untuk digandakan agar kamu tetap menyimpan versi aslinya. Meskipun kamu yang belum menikah, Kartu Keluarga ini wajib kamu cantumkan ya, kamu bisa menggunakan kartu keluarga yang terdaftar nama kamu di dalamnya.

6. Fotokopi Buku Tabungan Beberapa Bulan Terakhir

buku tabung - syarat dalam melakukan kredit

Apabila kamu dalam pengajuan kredit dengn pihak bank terkait pengajuan kredit rumah, pinjaman modl usaha, syarat bukti adanya buku tabungan adalah hal yang harus kamu pernuhi. Selain, identitas diri, kartu keluarga dan akta menikah, syarat inilah yang harus kamu penuhi selanjutnya.

Fotokopi buku tabungan dalam beberapa bulan terakhir ini salah satu hal yang menentukkan proses pengajuan kredit di bank. Bukti ini yang merupakan salah satu penetuan proses pengajuan kredit kamu akan diterima atau ditolak, melihat dari transaksi terakhir dan saldo di buku tabungan.

7. Slip Gaji

slip gaji - syarat dalam melakukan kredit

Apabila kamu salah satu karyawan yang memiliki slip gaji, persyaratan satu ini harus ada dalam salah satu berkas pengajuan kredit. Slip gaji ini nantinya akan memberikan kemudahan pemberi kredit atau bank untuk menentukan proses pengajuan bisa diteruskan kembali.

Slip gaji ini akan menjadi patokan kamu saat mengajukan pinjaman dan menjadi pertimbangan pihak bank untuk menerimanya. Apabila nominal pendapatan kamu biasa saja, namun pengajuan kredit pinjaman dana kamu terlalu besar, maka kecil kemungkinan akan diproses ke tahap selanjutnya.

8. Bukti Memiliki Tanggungan dan Cicilan

bukti tanggungan - syarat dalam melakukan kredit

Persyaratan lainnya untuk mengajukan pinjaman dana ke pihak bank atau yang lainnya salah satu tips agar diterima adalah bukti tak memiliki tanggungan dan cicilan di luar pinjaman yang sudah diajukan. Jika kamu tak memiliki tanggungan, pihak bank akan melanjutkan ke proses pemeriksaan selanjutnya.

Sedangkan jika kamu memiliki tanggungan dan cicilan di luar pinjaman yang kamu ajukan, makan pihak bank akan memersulit pengajuan pinjaman dana kamu. Untuk itu, lebih baik untuk segera menyelesaikan tagihan sebelumnya terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman lainnya.

9. Memiliki Akun Bank

akun bank - syarat dalam melakukan kredit

Apabila kamu mengajukan pinjaman dan atau kredit pada pihak bank, hal utama adalah kamu wajib memiliki akun bank di mana kamu mengajukan pinjaman tersebut. Hal ini memudahkan pihak bank untuk menelusuri transaksi dan riwayat dana yang keluar dan masuk di tabungan.

Tak hanya itu, syarat memiliki akun bank sangat penting karena nantinya kamu akan dimintai fotokopi buku tabungan dengan akun bank yang sama sebagai syarat lainnya pengajuan kredit. Hal ini yang menyebabkan kamu harus memiliki akun dan tabungan di bank tersebut.

10. Berusia Minimal 22 tahun dan maksimal 60 tahun

minimal usia - syarat dalam melakukan kredit

Syarat dalam melakukan kredit terpenting lainnya adalah batasan usia yang diperbolehkan untuk pengajuan kredit. Batasan minimal pengajuan kredit adalah berumur 22 tahun, pasalnya diumur 22 tahun umumnya seseorang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Sedangkan batas maksimal umur untuk pengajuan kredit adalah usia 60 tahun. Batas ini umum ditentukan para pihak pemberi kredit karena umumnya usia tersebut sudah pensiun dan tak memiliki penghasilan sendiri. Hal ini yang menjadi pertimbangan pihak pemberi kredit.

11. Syarat Khusus Pegawai Swasta atau PNS

syarat pns - syarat dalam melakukan kredit

Selain syarat umum yang biasanya dilampirkan untuk pengajuan kredit ada beberapa presyaratan umumnya yang harus kamu penuhi, seperti fotokopi kartu pegawai apabila pegawa swasta dan SK PNS apabila kamu seorang pegawai negeri sipil beserta fotokopi slip gaji.

Tak hanya itu, kamu juga harus menampilkan SK kenaikan pangkat terakhir dan SK kenaikan gaji berkala terakhir sebelum pengajuan kredit. Persyaratan khusus lainnya adalah menyerahkan daftar gaji kolektif dan surat keterangan perincian penghasilan. Semua syarat itu juga perlu kamu siapkan.

12. Syarat Khusus untuk Wirausaha

wirausaha - syarat dalam melakukan kredit

Apabila kamu seorang wirausaha, tentunya ada beberapa persyaratan khusus lainnya, seperti fotokopo rekening koran/giro atau yang biasa disebut buku tabungan di bank selama 3 hingga 6 bulan terakhir sebelum periode pengajuan kredit. Hal ini digunakan sebagai pertimbangan pihak bank.

Selain itu para wirausaha juga perlu melampirkan syarat yang berupa data keuangan lain seperti keuangan, laporan rugi serta laba usaha tersebut. Tak hanya itu, kamu juga perlu mencantumkan catatan penjualan dan pembelian harian serta data-data pembukuan lainnya.

13. Siapkan Uang Down Payment/DP

dp - syarat dalam melakukan kredit

Persyaratan pengajuan kredit yang satu ini berlaku bagi kamu yang hendak mengajukan kredit kendaraan bermotor dan KPR rumah. Selain berkas dan administrasi yang perlu kamu penuhi, sebelumnya kamu juga harus mempersiapkan uang muka atau DP sebagai tanda bukti persetujuan.

Umumnya biaya down payment atau DP yang harus dibayar di awal disesuaikan dengan ketentuan barang yang akan dibeli. Jumlah yang harus dibayarkan harus disetujui kedua belah pihak, biasanya DP KPR berada di kisaran 10 hingga 15 persen dari harga utuhnya.

Bagi kamu yang ingin mengajukan krediit pada pihak bank atau pemberi kredit lainnya sebelumnya perhatikan dahulu syarat dalam melakukan kredit di atas. Sebelum itu kamu juga harus memeriksa kelengkapan berkas-berkas administrasi yang akan dilampirkan.

Baca Juga : Cara Kredit Mobil Untuk Kamu yang Ingin Punya Mobil dengan Budget Minim

Setelah memperhatikan persyaratan di atas, tahap pengajuan kredit nantinya akan dianalisis oleh pihak bank untuk ke proses selanjutnya. Semoga informasi syarat-syarat umum dan khusus di atas dapat membantu kamu sebelum mengajukan kredit untuk kepentingan usaha, KPR dan kendaraan

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kredit