KreditKredit Kendaraan Bermotor

Cara Kredit Motor Bekas Dengan Persyaratan Mudah!

Cara kredit motor bekas

Motor bekas dengan kondisi mulus menjadi salah satu solusi terbaik untuk kamu yang ingin ganti motor tapi dana di kantong belum cukup untuk membeli motor baru. Sama seperti motor baru, motor bekas ternyata juga bisa dikredit lho. Inilah syarat dan tata cara kredit motor bekas di Indonesia.

Cara Kredit Motor Bekas

Kendaraan bermotor roda dua semakin banyak memenuhi jalan-jalan di Indonesia karena kebutuhan masyarakat akan motor memang jauh besar daripada mobil dan kendaraan lainnya. 

Hal inilah yang kemudian membuat berbagai perusahaan finance berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan bagi para calon pembeli dalam membeli motor. 

Tak hanya finance dan dealer ternama, penjual-penjual kecil juga tak ingin kalah saing lho, yang hadir dengan penawaran lebih murah untuk produk motor bekas tapi masih bagus. 

(Baca Juga: Mau Kredit Motor Bekas? Anda Perlu Tahu Rugi dan Untungnnya)

Dengan kata lain, mendapat motor di zaman sekarang termasuk sangat mudah. Jika dana belum cukup untuk membeli motor baru, kamu bisa pertimbangkan motor bekas. Jika harganya masih terlalu tinggi untuk kamu, kamu bahkan bisa memilih sistem kredit. Inilah tata cara kredit motor bekas:

Penuhi Syarat-Syarat Kredit Motor

Cara kredit motor bekas - Penuhi persyaratan

Hal pertama dan paling penting yang harus kamu ketahui dalam tata cara kredit motor bekas adalah syarat-syaratnya. 

Jangan sampai kamu sudah sibuk memilih motor tapi saat pengajuan ternyata ditolak karena kamu tidak memenuhi persyaratan ya. Secara umum, inilah syarat-syarat membeli motor bekas secara kredit:

Berusia 20 Tahun atau Lebih

Cara kredit motor bekas - Sudah mencukupi umur

Syarat utama adalah kamu harus sudah berada di usia yang paham akan tanggung jawab, yaitu minimal 20 tahun. Jika pemohon kredit masih di bawah umur misalnya 16 tahun, keputusan yang diambil bisa saja hanya keinginan sesaat dan nantinya tidak bertanggung jawab atas cicilan motor. 

Warga Negara Indonesia

Cara kredit motor bekas - Warga Negara Indonesia

Pemohon kredit motor bekas haruslah warga negara Indonesia yang menetap di Indonesia, jadi jika kamu berencana tinggal di luar negeri dalam waktu dekat ini, misalnya untuk bekerja atau kuliah, sudah pasti permohonan kredit kamu akan langsung ditolak.

Memiliki Kartu Identitas

Cara kredit motor bekas - Mempunyai kartu identitas

Kartu identitas yang dimaksud disini adalah identitas utama dari negara yaitu KTP ya, bukan SIM, kartu mahasiswa, ID karyawan, atau yang lainnya. Tapi KTP yang kamu lampirkan dalam berkas-berkas cukup fotokopinya saja, tidak perlu yang asli. 

Umumnya ada dua KTP nih yang harus diserahkan oleh pemohon kredit motor (baru maupun bekas), yaitu KTP milik kamu selaku pemohon, dan KTP anggota keluarga lain misalnya ayah / ibu / kakak kamu selaku penjamin kredit. 

Penjamin kamu juga harus orang yang menetap di Indonesia ya, jadi meskipun penjamin adalah orang tua kamu tapi jika tidak tinggal di Indonesia maka permohonan kredit akan ditolak. Usia minimal penjamin juga harus 20 tahun, tapi biasanya pihak dealer akan meminta penjamin yang usianya di atas kamu.

Jika sudah menikah secara negara, kamu juga bisa jadikan pasangan sebagai penjamin. Selain untuk membantu pihak penjual dalam mengetahui identitas pembeli motor, fungsi KTP ini juga sebagai informasi data diri yang akan digunakan untuk melengkapi surat-surat motor tersebut (STNK dan BPKB).

Pemohon Sudah Bekerja

Cara kredit motor bekas - sudah bekerja

Sebagai orang yang harus membayar angsuran setiap bulan, tentunya kamu harus sudah memiliki pekerjaan ya, apapun dan dimanapun itu yang penting gaji kamu bisa cukup untuk membayar angsuran. 

Jika kamu bukan seorang karyawan perusahaan tapi memiliki usaha sendiri, kamu juga bisa kok mengajukan kredit motor. 

Tapi tergantung juga pada jenis usaha kamu, biasanya pihak dealer hanya akan meloloskan pemohon yang memiliki gaji tetap per bulan. Sedangkan pengusaha terutama pemula biasanya memiliki pemasukan yang masih belum stabil, kan? 

Agar pihak dealer percaya bahwa kamu memang memiliki pekerjaan, kamu perlu menyertakan fotokopi kontrak kerja jika kamu adalah karyawan dan fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) jika kamu adalah wiraswasta.

Bersamaan dengan bukti pekerjaan, kamu juga perlu menyertakan slip gaji minimal 3 bulan terakhir. Slip gaji ini akan menjadi pertimbangan pihak dealer dalam menentukan besaran angsuran yang nantinya harus kamu bayar setiap bulan dalam beberapa waktu ke depan.

Dua hal ini sebenarnya juga harus ada pada berkas penjamin kamu, jadi jika misalnya kamu kabur dan meninggalkan angsuran, pihak dealer akan menagih angsuran ke penjamin. Tapi, ada juga kok dealer yang tidak mengharuskan penjamin bekerja, asalkan penjamin tinggal satu rumah dengan kamu.

Mutasi Rekening

Cara kredit motor bekas - Mutasi Rekening

Jika kamu tidak bisa atau tidak memiliki slip gaji, maka kamu bisa sertakan mutasi rekening bank 3 bulan terakhir untuk memastikan bahwa memang ada transaksi yang terjadi setiap bulannya di rekening kamu. Intinya pihak dealer harus memastikan bahwa kamu memang benar-benar berpenghasilan.

Fotokopi NPWP

Cara kredit motor bekas - Nomor penduduk wajib pajak

Khusus syarat yang satu ini sebenarnya tidak wajib kok, karena ada pihak dealer yang tidak mengharuskan pemohon untuk menyertakan NPWP dalam tata cara kredit motor bekas, apalagi jika harga motor bekas tersebut lumayan murah.  

Tapi jika yang kamu beli adalah motor bekas merk kelas atas yang harganya di atas Rp 50.000.000 misal, maka kamu wajib menyertakan fotokopi NPWP ya. 

Tapi sekali lagi, jika misalnya kamu tidak memiliki atau NPWP kamu sedang bermasalah, kamu tetap bisa coba untuk diskusikan langsung kepada pihak dealer. Karena syarat ini sebenarnya hanyalah syarat tambahan yang jika tidak bisa terpenuhi masih bisa dinegosiasikan.

Sertakan Kartu Keluarga atau Surat Nikah

Cara kredit motor bekas - Kartu keluarga dan surat menikah

Kamu bisa sertakan fotokopi kartu keluarga jika belum menikah, dan sertakan fotokopi surat nikah jika sudah menikah secara hukum. 

Fungsi dokumen ini adalah untuk mempertegas atau memvalidasi KTP kamu tadi, jadi pihak dealer tahu harus menagih ke siapa atau kemana jika misalnya kamu dan penjamin kamu yang bukan anggota keluarga ternyata kabur setelah mendapat motor tersebut.

(Baca Juga: Cara Menghitung Angsuran Kredit Motor Anti Ribet)

Cari Dealer 

Cara kredit motor bekas - Cari Dealer

Jika syarat-syarat di atas sudah bisa kamu penuhi, tahapan dalam tata cara kredit motor bekas selanjutnya adalah mencari dealer terpercaya. Pilihan tempat terbaik adalah yang direkomendasikan oleh orang terdekat kamu dan ia sudah memiliki pengalaman kredit motor di tempat tersebut.

Jadi sebelum mencari-cari tempat sendiri, kamu bisa coba tanyakan dulu ya ke teman, saudara, tetangga, atau teman kantor kamu. Mungkin saja salah satu dari mereka memiliki rekomendasi tempat yang bagus. 

Tapi jika ternyata hasilnya nihil, kamu bisa mulai mencarinya sendiri di internet. Agar bisa tahu tempat tersebut bagus atau tidak, cek dulu review dari para pelanggannya ya. 

Jika misalnya belum ada review, kamu bisa hubungi langsung pihak dealer tersebut dan mintalah informasi mengenai sistem kredit mereka. Selama komunikasi ini, perhatikan bagaimana respon mereka, gaya bahasanya, harga yang ditawarkan, dan sebagainya. 

Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencari dealer terdekat dari rumah kamu. Karena jaraknya dekat, pastinya kamu sudah tahu dong seperti apa reputasi dealer tersebut, apakah tempat itu sudah ada sejak lama dan terpercaya, atau justru dealer baru yang belum jelas.

Survey

Cara kredit motor bekas - Survey

Jika sudah menemukan tempat terbaik untuk kredit motor bekas dan menyerahkan berkas-berkas permohonan, biasanya pihak dealer akan melakukan survey ke tempat tinggal kamu. 

Surveyor akan datang langsung ke alamat kamu dan memastikan bahwa kamu memang tinggal di alamat yang tertera di KTP. Kamu juga akan diberikan beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan apakah permohonan kredit kamu diterima atau ditolak.

Pemberitahuan Hasil Survey

Hasil dari survey tadi biasanya akan keluar dalam waktu 1-2 hari kerja, dan akan diberitahukan ke kamu lewat hp. Hasilnya bisa ditolak atau lolos tergantung dari pihak surveyor.

Pemberiaan DP dan Tanda Tangan Kontrak

Jika hasil survey kamu bagus dan ternyata permohonan kredit kamu diterima, pihak dealer biasanya akan meminta pemohon untuk datang langsung ke kantor sambil menyerahkan DP dan penandatanganan kontrak perjanjian kredit. Bersamaan dengan ini, kamu bisa langsung membawa pulang motor kamu.

Cara kredit motor bekas dalam penjelasan di atas khusus untuk kamu yang mengajukan permohonan di delaer motor bekas resmi. Sedangkan untuk tempat non resmi seperti makelar, syarat dan tata cara biasanya jauh lebih sederhana tapi detailnya tergantung dari masing-masing makelar.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kredit