KreditKredit Kendaraan Bermotor

Cara Kredit Mobil Untuk Kamu yang Ingin Punya Mobil dengan Budget Minim

Mobil sebenarnya masuk ke dalam kategori kebutuhan sekunder, tapi sepertinya saat ini sudah bergeser menjadi keinginan prioritas bagi banyak orang. Kabar baiknya, mobil bisa dibeli dengan sistem cicilan alias kredit. Cara kredit mobil ternyata tidak susah lho. Cara selengkapnya bisa kamu cek di bawah ini ya. 

Apa Itu Kredit Mobil? 

Mobil dianggap lebih aman dan nyaman terutama dibanding kendaraan roda dua terutama untuk perjalanan jarak jauh dan di masa pandemi seperti sekarang ini. Apalagi jika berkendara bersama pasangan atau keluarga, mobil sepertinya lebih praktis daripada kendaraan umum atau motor ya. 

Hal inilah yang kemudian membuat permintaan mobil di pasaran semakin meningkat setiap tahunnya, Tingginya permintaan ini membuat banyak dealer memudahkan calon membeli dalam hal pembelian mobil, (baik baru maupun bekas) dengan cara kredit mobil.

Jadi, pihak bank atau lembaga pembiayaan lain yang bekerja dengan dealer tersebut akan membelikan sebuah mobil untuk kamu, dan selanjutnya kamu perlu membayar pinjaman ini dengan cara dicicil / diangsur setiap bulan sampai lunas. 

Mobil Apa yang Bisa Dikredit?

Cara kredit mobil yang pertama adalah memilih mobil apa yang bisa di kredit. Jawabannya adalah sangat banyak. Karena saat ini memang hampir semua jenis dan merk mobil baru atau bekas bisa kamu kredit, mulai dari mobil merk Suzuki, Honda, Toyota, Daihatsu, Datsun, Mitsubishi, hingga Mazda, Nissan, dan banyak lagi. 

Tak hanya mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, mobil-mobil internasional juga bisa kamu kredit lho. Tapi biasanya, lembaga pembiayaan atau bank akan lebih mudah menerima permohonan kredit untuk mobil-mobil yang sudah ada di pasar dalam negeri.

Begitu pula dengan kredit mobil bekas, prosedur dan persyaratan biasanya akan sedikit lebih banyak daripada permohonan kredit mobil baru. 

(Baca Juga: Prosedur Kredit Motor Baru Berbagai Merk)

Apa Persyaratan Membeli Mobil Kredit? 

Terkait dengan cara kredit mobil, ada beberapa syarat nih yang harus kamu penuhi selaku pemohon kredit, yaitu:

  • Syarat pertama tentu saja kamu harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia dan tinggal menetap di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTP atau SIM saat menyerahkan berkas pengajuan kredit. 
  • Usia kamu saat mengajukan permohonan kredit adalah 21 tahun atau lebih dan maksimal berusia 55 tahun saat kredit kamu lunas. 
  • Kamu harus dalam status “bekerja” (minimal 1 tahun) dan memiliki gaji yang tetap setiap bulannya. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan tanda bukti kerja (misalnya fotokopi kontrak kerja) bersama dengan slip gaji 1 – 3 bulan terakhir (tergantung kebijakan masing-masing dealer). 
  • Jika kamu tidak memiliki slip gaji karena kamu bukan karyawan melainkan seorang pemilik usaha, maka sertakan surat izin usaha (SIUP) bersama dengan mutasi rekening 3 bulan terakhir sebagai ganti slip gaji.
  • Sedangkan untuk pekerja profesional, misalnya dokter yang sudah membuka praktek sendiri, maka harus melampirkan surat izin praktek bersama dengan mutasi rekening 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Bukti Pajak Bumi Bangunan dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Jika memiliki kartu kredit, maka sertakan bukti tagihan dalam 3 bulan terakhir.

Bagaimana Cara Kredit Mobil?

Jika kamu tertarik untuk membawa pulang mobil impian tanpa harus membayar lunas, inilah tata cara kredit mobil di Tanah Air:

Cek Keuangan dan Pilih Mobil

Cara Kredit Mobil - Memilih Mobil

Pertama dan paling penting sebelum benar-benar membeli mobil adalah cek dulu kondisi keuangan kamu. Pastikan dulu bahwa kamu memiliki dana yang cukup, dan keuangan kamu masih aman setelah kamu membeli mobil. Sangat disarankan untuk membeli mobil dengan uang pribadi, bukan hutang.

Karena jika kamu membeli mobil kredit dengan hutang, nantinya kamu akan terlalu ngos-ngosan karena harus membayar hutang di dua tempat. Setelah memastikan keuangan, kamu bisa mulai memilih tipe dan merk mobil yang ingin kamu beli, yang kira-kira sesuai kemampuan dan cukup untuk kebutuhan.

Cari Dealer Mobil

Cara Kredit Mobil - Dealer

Cara kredit mobil berikutnya adalah dengan mencari dealer mobil. Pilihan dealer terbaik tergantung pada keputusanmu masing-masing, bisa dealer rekomendasi teman/keluarga, atau dealer yang kamu cari sendiri secara online. Bisa juga memilih dealer paling dekat dari rumah yang reputasinya sudah terjamin.

Sebaiknya kamu siapkan minimal 2 opsi dealer, lalu datangi langsung satu per satu untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai prosedur kredit mobil di tempat mereka. Pastikan juga merk dan tipe mobil yang kamu cari ada di sana ya.

Konsultasi

Cara Kredit Mobil - Konsultasi

Jika sudah deal untuk mengambil kredit mobil, berarti kamu akan memiliki tanggungan untuk membayar angsuran dalam beberapa waktu ke depan, atau dengan kata lain kamu memiliki hutang. Agar tidak salah mengambil keputusan, dan guna menjaga keuangan kamu tetap aman, kamu perlu konsultasi dulu nih dengan pihak dealer dan leasing tentang cicilan kamu nanti.

Melalui sesi konsultasi ini, nantinya kamu bisa mendapat gambaran tentang berapa banyak DP yang harus kamu siapkan dan seperti apa sih skema dari cicilan kamu nanti. 

Manfaat lain dari konsultasi ini juga sebagai sesi transparansi antara kamu dan pihak leasing serta dealer, dengan tujuan menghindari miss komunikasi yang mungkin bisa merugikan salah satu atau kedua pihak.

Serahkan Berkas dan Ajukan Kredit

 Cara Kredit Mobil - Ajukan Kredit

Setelah sesi konsultasi selesai, siapkan semua dokumen yang sudah disebutkan dalam pembahasan persyaratan di atas dan serahkan ke pihak dealer. Dokumen tambahan bisa dibutuhkan atau tidak dan apa jenisnya tergantung pada kebijakan masing-masing dealer.

Setelah berkas diserahkan, pihak dealer akan memprosesnya dengan kurun waktu yang bisa sangat sebentar (dalam hitungan jam), atau bahkan lumayan lama sampai berminggu-minggu. 

Waktu pemrosesan ini memang sangat bervariasi tergantung pada beberapa hal, contohnya adalah kelengkapan dari dokumen-dokumen kamu sendiri, seberapa cepat atau lama pihak dealer melakukan verifikasi profil keuangan kamu pada lembaga keuangan / Bank Indonesia.

Jika berkas kamu sudah lengkap dan profil keuangan kamu bagus, maka kamu akan lanjut ke tahap berikutnya.

(Baca Juga: Mau Kredit Motor Bekas? Anda Perlu Tahu Rugi dan Untungnnya)

Pembayaran DP

Cara Kredit Mobil - Pembayaran

Pihak dealer akan segera menghubungi kamu terkait dengan persetujuan atau penolakan kredit mobil. Jika permohonan kamu disetujui, maka sekarang saatnya untuk membayar DP mobil, baru setelahnya kamu bisa membawa mobil pulang tersebut ke rumah.

Berapa DP yang Harus Dibayar?

Terkait dengan cara kredit mobil, kamu juga perlu tahu nih berapa besarnya DP yang harus disiapkan. Besarnya DP adalah tergantung pada harga dari mobil yang ingin kamu beli. 

Semakin mahal harga mobil yang kamu incar, semakin besar pula DP yang harus kamu siapkan. Kenapa? Karena perhitungan DP ini menggunakan persentase dari harga mobil itu sendiri.

Jadi, besarnya DP mobil itu sebenarnya tidak ditentukan secara sembarangan / asal / seenaknya oleh pihak dealer lho. Justru sebaliknya, besarnya DP mobil sudah ditentukan oleh pemerintah lewat Peraturan Bank Indonesia. 

Menurut PBI Nomor 17/10/PBI/2015, tentang rasio Loan to Value (atau biasa disingkat LtV) diketahui bahwa   uang muka untuk kendaraan bermotor yang harus dibayar oleh pembeli dalam sistem kredit adalah 20 – 25% dari harga total kendaraan tersebut. 

Dibanding aturan sebelumnya, DP ini termasuk sudah ringan lho, karena sebelumnya DP kendaraan bermotor harus 30%. Tapi tunggu dulu, uang muka sekitar 20 – 25% tadi adalah uang muka murni ya, alias belum termasuk biaya-biaya lain seperti administrasi, bunga kredit, asuransi, dan sebagainya.

Simulasi Perhitungan Kredit Mobil

Misalnya kamu membeli mobil X dengan harga Rp 350.000.000, dan pihak leasing mewajibkan DP sebesar 25%, maka diperoleh perhitungan seperti berikut:

Jumlah DP = 25% x Harga Mobil

= 25% x Rp 350.000.000

= Rp 87.500.000

Sedangkan untuk mengetahui jumlah angsuran yang nantinya harus kamu bayar setiap bulan, kamu harus tahu dulu berapa bunga dan biaya lain yang dibebankan pihak leasing ke kamu. Misalnya diketahui informasi seperti berikut:

Tenor (lama angsuran) 48 bulan 

Bunga flat dari leasing sebesar 0,5% per bulan

Plafon pinjaman (jumlah pinjaman setelah dikurangi DP). Jika harga mobil kamu tadi Rp 350.000.000 dan DP yang kamu berikan Rp 87.500.000, maka plafon pinjaman kamu adalah Rp 262.500.000.

Dengan informasi di atas, hitung cicilan kamu dengan cara berikut:

Plafon Pinjaman : Tenor = Rp 262.500.000 : 48

= Rp 5.468.750

Plafon Pinjaman x bunga= Rp 262.500.000 x 0,5% 

= Rp 1.312.500

Total angsuran per bulan kamu adalah total dari kedua hasil di atas, yaitu Rp 5.468.750 + Rp 1.312.500 = Rp 6.781.250

Secara keseluruhan cara kredit mobil tidak susah kan? Syaratnya juga termasuk standar dan dengan prosedur yang tidak ribet. Justru yang paling harus kamu persiapkan di dalam cara kredit mobil adalah dana untuk DP dan membayar angsuran dalam beberapa tahun ke depan.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kredit