Kredit Tanpa Agunan

Plus Minus Penggunaan Kredit Tanpa Agunan pada Masa Pandemi

 

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan – Sejak tahun 2015 hingga sekarang istilah KTA atau disebut Kredit Tanpa Agunan sudah sangat sering terdengar dan ramai diperbincangkan. Tapi sebelum itu apakah Anda mengetahui apakah yang dimaksud dengan KTA tersebut?

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan Pada Masa Pandemi

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan

Secara umum Kredit Tanpa Agunan dikenal dengan sebutan unsecured loans atau pinjaman perorangan namun tanpa jaminan dari bank kepada calon debiturnya tersebut. Dengan kata lain nasabah tidak perlu memberikan agunan atau jaminan itu seperti pada biasanya adalah sertifikat rumah, BPKB, maupun yang lainnya hanya untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Pada saat ini, hampir semua bank menyediakan fasilitas penggunaan Kredit Tanpa Agunan untuk para nasabahnya. Pada umumnya nasabah yang menggunakan fasilitas ini adalah mereka yang sedang membutuhkan dana atau uang cepat seperti untuk membayar uang muka rumah, modal usaha, biaya masuk kuliah atau perguruan tinggi, biaya pernikahan, dan lain sebagainya.

Biarpun ini merupakan kredit tanpa jaminan, akan tetapi tidak semata pengaju tidak dengan mudahnya langsung menerima pinjaman tersebut, tetap ada syarat wajib yang dipenuhi oleh mereka jika akan menggunakan fasilitas ini. Salah satunya adalah Anda harus membawa buku rekening tabungan untuk bank melihat dan nantinya akan menilai kemampuan Anda dalam membayar pinjaman tersebut.

(Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Membuat Kartu Kredit, Apa Saja Yang Mesti Di Perhatikan?)

Maka dari itu sangat dibutuhkan pengelolaan keuangan yang bijak atau setidaknya menyisakan saldo yang dinilai nalar dalam tabungan Anda karena apabila rekening Anda tidak memiliki saldo yang cukup atau cekak tidak ada saldo yang tersisa maka bank tidak segan untuk menolak permintaan pinjaman Kredit Tanpa Agunan Anda.

Nah, ada baiknya Anda mengetahui plus minus dari KTA ini dahulu sebelum mengajukan permohonan untuk mendapatkan penggunaan Kredit Tanpa Agunan.

Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan Kredit Tanpa Agunan atau fasilitas yang ditawarkan membuat kita tertarik untuk menggunakannya:

  • Hal yang sudah pasti adalah tidak diperlukan jaminan yang harus diberikan kepada bank dan prosesnya pun cukup cepat dan mudah. Dana dapat dicairkan kurang dari seminggu.
  • Dikarenakan tidak dibutuhkannya dokumen atau berkas yang harus diberikan untuk jaminan maka dokumen lain yang perlu dipersiapkan sebagai persyaratan pun terbilang sedikit.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui cicilan dengan mengikuti kesepakatan yang diambil  antara pengguna dengan bank 
  • Pembayaran cicilan Kredit Tanpa Agunan ini sangat mudah karena dapat dilakukan melalui mesin ATM disebabkan bank memberi atau menyediakan skema auto debit atau mengharuskan pemohon memiliki rekening di bank pemberi pinjaman tersebut.
  • Apabila pinjaman menggunakan agunan, bunganya bersifat fluktuatif atau labil. Namun bila penggunaan Kredit Tanpa Agunan ini bunga bersifat flat atau tetap dari awal mengajukan pinjaman hingga akhir pelunasan.
  • Penggunaan Kredit Tanpa Agunan bisa digunakan sesuai tujuan pemohon masing-masing karena yang mengatur untuk apa pinjaman tersebut adalah pribadi perorangan, dapat bersifat produktif maupun konsumtif.
  • Layanan Kredit Tanpa Agunan mudah ditemukan. Tidak hanya di bank, lembaga keuangan lainnya juga sudah banyak yang menyediakan produk atau layanan tersebut sehingga Anda tidak perlu bingung.

Kekurangan Dari Penggunaan Kredit Tanpa Agunan

Pada dasarnya sesuatu yang memiliki kelebihan pasti juga ada kekurangan, begitupun penggunaan Kredit Tanpa Agunan. Berikut kekurangan dari KTA :

  • Apabila Anda menginginkan pinjaman dalam jumlah yang besar, penggunaan Kredit Tanpa Agunan bukan solusinya karena ia memiliki batasan untuk nominal pinjaman. Pada umumnya nominal pinjaman yang disetujui adalah maksimal sebesar lima kali gaji pokok meskipun ada beberapa bank atau lembaga yang menawarkan lebih dari itu.
  • Secara langsung bank mendebet saldo tabungan Anda sebagai cicilan. 
  • Sesuai yang telah dibahas, nominal pinjaman terbatas atau terbilang kecil. Tenornya termasuk pinjaman jangka pendek yaitu hanya tiga hingga lima tahun disesuaikan oleh besarnya pinjaman.
  • Anda harus memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya yakni berstatus pekerjaan sebagai pegawai, karyawan, wiraswasta, hingga profesional untuk mendapatkan KTA ini.
  • Produk atau layanan ini dinilai cukup berisiko karena Anda diwajibkan untuk membuat rekening dari bank peminjam tersebut dan tidak segan mendebit gaji atau tabungan Anda sebagai pembayaran cicilan kepada bank tersebut.
  • Dikarenakan tanpa jaminan maka dari itu suku bunga yang diberikan cukup besar bila dibandingkan dengan jenis kredit yang lain, akan tetapi besarnya tergantung dari bank pemberi pinjaman tersebut.
  • Apabila Anda melunasi pinjaman tersebut sebelum jatuh tempo maka akan dikenakan denda sekitar 5%.

Persyaratan Penggunaan Kredit Tanpa Agunan

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan - Persyaratan Penggunaan Kredit Tanpa Agunan

Nah setelah mengetahui kelebihan sekaligus kekurangan dari penggunaan Kredit Tanpa Agunan, bagi Anda yang tertarik akan produk atau layanan pinjaman ini, pada umumnya ada beberapa syarat dan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan sebagai berikut :

  • Harus berkewarganegaraan Negara Indonesia atau WNI dan berdomisili atau bertempat tinggal di tanah air (Indonesia)
  • Minimal usia adalah 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap yang mana besaran setiap bulannya adalah minimal Rp2,5 juta.
  • Untuk mendapatkan pinjaman ini atau pengajuan penggunaan Kredit Tanpa Agunan, Anda dapat datang langsung ke bank yang bersangkutan maupun via online karena saat ini serba digital yang sudah banyak lembaga-lembaga lainnya yang menyediakan layanan tersebut ditambah kemudahannya yang dapat langsung berkomunikasi melalui internet tidak harus datang langsung.
  • Ada beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi ketika akan mengajukan pinjaman KTA, seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP, rekening tabungan tiga bulan terakhir, surat keterangan kerja asli dan slip gaji, dan izin praktek profesional untuk profesional / laporan keuangan untuk perusahaan atau wiraswasta.

(Baca Juga:Simak Yuk, Jenis Kartu Kredit Bca Beserta Manfaatnya)

Terlebih dari kekhawatiran yang dialami pemohon terkait kekurangan-kekurangan dari KTA, rupanya penggunaan Kredit Tanpa Agunan masih memiliki kelebihan yang lain, lho. Yaitu bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit akan lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan.

Mengapa begitu? Karena dengan itu bank dapat melihat kemampuan dan riwayat kredit dari calon peminjam melalui buku rekening yang Anda punya. Dengan begitu apabila riwayat kredit Anda pada masa-masa sebelumnya memiliki nilai yang cukup baik maka terdapat peluang besar bagi Anda menerima persetujuan pinjaman dari bank tersebut.

Namun bagaimana bila Anda tidak memiliki kartu kredit? Tenang, Anda tetap mempunyai kesempatan untuk mendapatkan KTA asalkan Anda tidak memiliki riwayat utang yang negatif. Oleh karena itu pastikan Anda sudah melunasi cicilan, tagihan, dan tunggakan sebelumnya. Hal ini untuk menunjang kebersihan riwayat hutang agar pengajuan KTA dapat disetujui.

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan Dapat Menjadi Solusi Opsi

Penggunaan Kredit Tanpa Agunan - Penggunaan Kredit Tanpa Agunan Dapat Menjadi Solusi Opsi

Bagi banyak orang penggunaan Kredit Tanpa Agunan merupakan solusi alternatif baik di dunia pengkreditan, pasalnya dapat dengan mudah mendapatkan uang tanpa syarat dan proses berbelit-belit. Meskipun demikian, bijaklah dalam memutuskan sesuatu.

Penting untuk Anda memilih bank yang tepat yang akan anda jadikan sebagai objek pinjaman ini. Tidak menjadi masalah apabila Anda membandingkan terlebih dahulu bank atau lembaga yang cocok untuk dijadikan pengajuan Kredit Tanpa Agunan, termasuk hal yang paling utama adalah yang memberi suku bunga paling rendah.

Melakukan perbandingan satu bank maupun lembaga dengan yang lainnya dapat mencegah Anda mengalami penyesalan bila Anda memutuskan tempat yang salah. Selamat mencari Kredit Tanpa Agunan yang tepat dan menguntungkan!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *