Kredit Tanpa Agunan

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA), Lalu Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

 

Mengenal Kredit Tanpa Agunan – Pada zaman sekarang ini, di saat kebutuhan seluruh orang selalu meningkat setiap tahunnya, ketersediaan akan dana sangat mutlak diharapkan. Apapun tujuannya, Bila tidak mempunyai dana, tentu kebutuhan itu tidak bisa terpenuhi. Hal inilah yang seringkali menimbulkan masalah, terutama bagi orang yang telah mempunyai tempat tinggal atau mobil, mungkin itu mampu dijadikan agunan ke bank. tetapi, bagaimana bila tak ada?

Tenang saja, Kredit Tanpa Agunan (KTA) mampu dijadikan solusi atas permasalahan itu. Produk ini mempunyai banyak kelebihan yang sangat membantu mengatasi problem pendanaan Anda.

Ya, Kredit Tanpa Agunan (KTA). Produk ini merupakan pinjaman bank yang diberikan bank pada nasabah tanpa meminta agunan atau jaminan dari debitur. Apa saja sih kelebihan produk ini? Berikut ulasannya.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kami akan sedikit rangkum informasi dari Kelebihan Kredit Tanpa Agunan.

Lebih Mudah dibandingkan dengan Kredit Multiguna

Kredit Tanpa Agunan - Lebih Mudah dibandingkan dengan Kredit Multiguna

Seperti yang sudah disebutkan, Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan asal calon debitur pada kreditur. karena itu, hal ini sangat membantu kita yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. untuk duduk perkara kelengkapan dokumen, bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, serta catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, dan mengisi formulir.

Untuk mengisi formulir pun terkadang Anda tidak harus tiba ke bank. Karena beberapa bank sudah menyediakan formulir di website mereka dan siap untuk diunduh (download). Sangat mudah kan?

Masa Pencairan Lebih Cepat

Kredit Tanpa Agunan - Masa Pencairan Lebih Cepat

Salah satu kelebihan KTA adalah Anda bisa menggunakan untuk keperluan dana darurat atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Kenapa begitu? Karena bank tidak memerlukan agunan apa pun dari debitur, sehingga dana bisa cair lebih cepat dalam waktu 2-3 hari.

Tentu saja, hal itu bisa terjadi asalkan memenuhi syarat yang dibutuhkan dan sudah terpenuhi semuanya. Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman cepat, tentunya hal ini sangat membantu mempermudah Anda.

(Baca Juga: Syarat dan Cara Mengurus Take over KPR)

Banyak Pilihan Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan - Banyak Pilihan Kredit Tanpa Agunan

Anda tidak perlu bingung mencari produk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Karena saat ini sudah ada banyak bank yang menyediakan jasa Kredit Tanpa Agunan (KTA). Bahkan, Beberapa bank sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pasarnya yang relatif tinggi.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang butuh KTA, Anda tinggal menentukan dana pinjaman yang akan dipinjam dan bisa langsung pergi ke lembaga keuangan tersebut.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Dalam sebuah produk, pastinya Kredit Tanpa Agunan juga memiliki beberapa kekurangan. Sehingga dalam beberapa kondisi, Produk ini tidak bisa digunakan secara maksimal:

Bunga yang Terlalu Tinggi

Kredit Tanpa Agunan - Bunga yang Terlalu Tinggi

Salah satu kekurangan Kredit Tanpa Agunan adalah bunganya yang terlalu tinggi. Salah satu alasannya adalah karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Sehingga bunga yang dibebankan menjadi tinggi. Tentunya, hal ini akan sedikit menyulitkan Anda ketika dalam proses pembayaran angsuran/cicilan.

Harus Mempunyai Kartu Kredit Terlebih Dahulu

Kredit Tanpa Agunan - Harus Mempunyai Kartu Kredit Terlebih Dahulu

Nah, Inilah yang seringkali menghalangi orang untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan. Karena salah satu syarat yang ditawarkan bank adalah harus memiliki kartu kredit selama 1 tahun. 

Meskipun Anda tidak menggunakan kartu kredit, Anda harus menjadi pengguna layanan payroll bank. Kebanyakan orang tidak menyadari kekurangan ini. Meskipun persyaratan lainnya relatif sederhana, perlu diingat karena sangat penting dalam proses persetujuan.

(Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Membuat Kartu Kredit, Apa Saja Yang Mesti Di Perhatikan?)

Limit Pinjaman Kecil

Kredit Tanpa Agunan - Limit Pinjaman Kecil

Ini kekurangan lainnya, bank biasanya hanya menawarkan produk Kredit Tanpa Agunan dengan limit hingga Rp 200 juta. Karena produk ini tidak sebesar limit pinjaman multiguna yang bisa disesuaikan dengan harga agunan. Pemberian limit KTA biasanya dilihat dari limit kartu kredit calon debitur.

(Baca Juga:

Karena batasannya yang kecil, tenornya juga diperpendek. Berkat ini, jumlah cicilan yang harus dibayar sedikit lebih tinggi.

Adapun beberapa fitur-fitur yang ditawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang layak untuk dipertimbangkan ketika Anda mengajukan layanan ini. Apa sajakah layanan-layanan tersebut? Simak ulasan berikut:

Pencairannya Cepat

Kredit Tanpa Agunan - Pencairan Cepat

Layanan ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan dana pinjaman darurat. Misalnya, ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan perawatan dalam beberapa hari.

Jadi cari produk KTA yang menawarkan layanan ini. Hal ini dikarenakan bank telah menetapkan standar dimana jangka waktu pembayaran bisa kurang dari 5 hari atau bahkan 3 hari.

Beberapa produk yang menawarkan fitur ini adalah ANZ MoneyLine, Permata KTA Speed, Standard Chartered KTA Reguler, dan lainnya.

Biaya Administrasi Ringan dan Mudah Diajukan

Kredit Tanpa Agunan - Biaya Administrasi Ringan dan Mudah Diajukan

Anda ingin membayar biaya administrasi murah? Tenang saja, ada banyak produk Kredit Tanpa Agunan yang menyediakan layanan ini. Fitur ini akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran Anda. Tak hanya itu, proses pengajuan produk yang menawarkan fitur ini juga tergolong mudah. Karena itulah, banyak orang yang mencarinya.

Beberapa produk KTA yang memberikan layanan administrasi berbiaya rendah antara lain ANZ MoneyLine, Citi Ready Credit, dan Bank Bukopin Kredit Serba Guna.

Bebas Melunasi Cicilan Kapanpun

Kredit Tanpa Agunan - Bebas Melunasi Cicilan Kapanpun

Berkat fitur ini, Anda dapat membayar cicilan KTA kapanpun Anda mau. Kapanpun disini bukan berarti kita bisa melunasi hutang lebih lama dari kontrak bank, ya, tapi lebih cepat dari ketentuan. Namun, Anda tidak akan didenda untuk ini. Sebagai informasi, beberapa bank menerapkan sistem penalti jika kita melunasi hutang KTA lebih awal dari kontrak semula.

Produk KTA yang menawarkan fitur-fitur hebat tersebut antara lain BNI Flexi, ANZ MoneyLine KTA, Kredit Multiguna Bank Bukopin, dan masih banyak lagi.

Masa Pinjaman Lebih Lama

Kredit Tanpa Agunan - Masa Pinjaman Lebih Lama

Apakah Anda bermasalah dalam melunasi cicilan Kredit Tanpa Agunan yang hanya diberikan selama 3 tahun? Kamu tidak perlu khawatir. Karena, masih banyak bank yang menawarkan layanan pengembalian yang lebih lama, seperti 5 tahun. Dengan begitu, nilai cicilan yang harus dibayar bisa lebih murah dan mudah.

Produk KTA yang menawarkan fitur khusus antara lain ANZ MoneyLine, Standard Chartered KTA Regular, Kredit Multiguna Bank Bukopin, BII KTA Payroll, dan lainnya.

Inilah masalahnya, apapun keunggulan layanan Kredit Tanpa Agunan ini, percuma saja jika tidak bisa memanfaatkannya. Karena ada beberapa kelebihan, kekurangan, dan fitur khusus KTA yang kami sebutkan di atas sebenarnya hanya diperhitungkan saat mengajukan ke bank.

Itu semua tergantung Anda sebagai calon penerima dana. Oleh karena itu, diperlukan kedisiplinan yang tinggi dari pengguna baik dalam menggunakan dana maupun membayar cicilan bulanan, agar tujuan keuangan yang diasumsikan dapat tercapai.

Satu saran dari kami, cobalah cari layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank atau lembaga terpercaya lainnya yang memiliki risiko yang lebih rendah.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *