Kredit Pemilikan Rumah

Rumah Tanpa DP yang Viral, Apa Saja Syaratnya?

rumah tanpa dp

Program rumah tanpa dp merupakan solusi yang diberikan oleh pemerintah dan perbankan untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Dengan adanya program ini, diharapkan lebih banyak masyarakat yang dapat terbantu dan bisa segera memiliki rumah. 

Namun sebelum mengajukan kredit rumah ini, kamu perlu memperhatikan berbagai hal terlebih dahulu, mulai dari syarat, kelebihan serta kekurangannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar rencana kamu untuk membeli rumah dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa Penyedia Kredit Rumah Tanpa DP

rumah tanpa dp

Terdapat beberapa lembaga yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menjalankan program rumah tanpa dp. Berikut informasinya.

In House Pengembang 

Mengikuti program kredit yang disediakan oleh in house pengembang artinya seluruh urusan cicilan rumah akan sepenuhnya menjadi transaksi pihak pembeli rumah dengan developer. 

Pengembang yang menyediakan program kredit tanpa dp biasanya telah menaruh sejumlah uang di bank. Namun tenor cicilan yang ditawarkan relatif singkat. 

Selain itu program dari in house pengembang memiliki risiko tertipu yang lebih rawan, karena banyak developer yang menawarkan program saat kondisi proyek belum rampung.

(Baca Juga: Inilah Rumus dan Contoh Perhitungan KPR Rumah di Indonesia)

Lembaga Non Bank 

Jika kamu ingin menggunakan layanan kredit rumah dari lembaga non bank, pastikan terlebih dahulu bahwa lembaga tersebut telah memiliki izin resmi dari lembaga keuangan. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar transaksi yang dilakukan serta hak yang kamu miliki lebih terjamin. 

Umumnya suku bunga kredit rumah yang ditawarkan lembaga non bank sama dengan bank, namun tenor cicilan yang tersedia relatif lebih cepat, hanya sekitar 5 tahun. 

Selain itu rumah yang dibeli dari program non bank tidak bisa take over kredit ke bank manapun.

Lembaga Perbankan 

Lembaga perbankan merupakan salah satu penyedia layanan kredit rumah yang bisa dibilang paling terpercaya karena memiliki sistem yang mendetail. 

Namun tidak semua bank menyediakan layanan pembelian rumah secara kredit tanpa dp, hanya beberapa bank tertentu saja seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan Bank CIMB Niaga. 

Setiap bank mungkin memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Untuk itu kamu harus memenuhi hal tersebut agar kredit rumah dapat disetujui.

Keuntungan Dan Kerugian Kredit Rumah Tanpa DP

rumah tanpa dp - Keuntungan rumah tanpa dp

Program kredit tanpa dp ini memang menawarkan fasilitas cicilan rumah yang lebih ringan di awal. Namun tetap saja, yang namanya program tentu memiliki keuntungan serta kerugian yang perlu dipertimbangan. Untuk itu simaklah uraiannya sebagai berikut.

Memberikan Kemudahan Akses untuk Memiliki Rumah

Program tanpa dp ini sangat memudahkan masyarakat untuk memiliki rumah, apalagi bagi mereka yang memiliki penghasilan rendah. Program ini juga meningkatkan daya beli masyarakat untuk dapat memiliki rumah melalui KPR.

Sistem tanpa dp ini mengharuskan kamu berfokus pada lamanya tenor cicilan yang akan diambil. Tersedia berbagai tenor cicilan mulai dari 5,10,15 sampai 25 tahun. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan perencanaan masing-masing.

Bisa Mengajukan Kredit untuk Semua Tipe Rumah

Program tanpa dp ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli berbagai tipe rumah sesuai kebutuhan, mulai dari ruko, rusun, hingga rumah dengan berbagai tipe bisa dibeli dengan menggunakan program kredit dalam jangka waktu tertentu.

Namun kredit ini hanya berlaku untuk pembelian pertama saja, untuk pembelian selanjutnya kamu harus tetap membayar uang dp untuk properti yang dibeli. Pembelian properti yang selanjutnya dianggap sebagai bentuk investasi.

Selain memiliki keuntungan, ternyata membeli rumah melalui proses tanpa DP juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kerugian yang mungkin kamu dapatkan jika mengambil kredit rumah dengan program tanpa dp, simak informasinya sebagai berikut.

Cicilan Bulanan yang Dibebankan Lebih Tinggi

Program tanpa dp ini memang meringankan di awal, tetapi untuk pembayaran rumah secara utuh sebenarnya tidak ada pengurangan. Nilai dp yang tidak dibayarkan akan otomatis dihitung ke dalam cicilan yang akan kamu tanggung untuk setiap bulannya.

Hal inilah yang membuat beban biaya cicilan semakin tinggi. Kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum mengajukan kredit rumah tanpa adanya dp.

Terdapat Kenaikan Bunga KPR yang Lebih Tinggi di Tahun Berikutnya

Selain jumlah cicilan, hal yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah kenaikan tingkat bunga KPR di tahun berikutnya. Biasanya bank menetapkan bunga tetap hanya pada tahun pertama kredit saja.

Selanjutnya akan dikenakan bunga sesuai dengan perubahan yang terjadi. Hal inilah yang membuat potensi beban cicilan akan semakin bertambah.

Syarat Pengajuan Kredit Rumah Tanpa DP

rumah tanpa dp - Syarat pengajuan rumah tanpa dp

 

Sebelum mengajukan KPR terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipahami terlebih dahulu. 

Semua persyaratan harus dilengkapi dengan baik, karena hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada hasil pengajuan yang dilakukan. Selain itu terdapat ketentuan khusus yaitu penerapan maksimal cicilan adalah 30% dari jumlah penghasilan sebulan. 

Misalnya kamu ingin cicilan 2,5 juta perbulan, artinya kamu harus memiliki penghasilan sekitar 8 juta per bulan untuk bisa disetujui. Berikut beberapa syarat untuk mengajukan kredit KPR.

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat keterangan penghasilan atau slip gaji 
  • Dokumen laporan keuangan selama minimal 2 tahun (bagi pengusaha)
  • NPWP
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja
  • Surah nikah (bagi yang sudah menikah)

Tips Mengajukan Kredit Rumah Tanpa DP Melalui KPR

Pemerintah dan perbankan telah menawarkan program yang cukup menarik bagi masyarakat. Tak heran jika banyak masyarakat yang tertarik untuk mengajukan kredit rumah tanpa adanya dp tersebut. 

Banyaknya risiko yang harus dipertimbangkan oleh penyedia layanan kredit membuat proses seleksi dilakukan secara ketat. Agar pengajuan kredit kamu dapat disetujui, simaklah beberapa tipsnya di bawah ini.

Buatlah Perhitungan Matang Sebelum Mengajukan Kredit

Meskipun penawaran tanpa dp sangat menarik, jangan terburu-buru untuk mengajukannya. Kamu perlu melakukan perhitungan yang matang agar proses kredit dapat berjalan lancar. 

Cicilan rumah yang harus kamu tanggung memiliki tenor yang panjang hingga tahunan sehingga membutuhkan pertimbangan yang matang. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari adanya gagal bayar di kemudian hari.

Pilihlah tenor dan jumlah cicilan yang sesuai dengan jumlah penghasilan kamu agar tidak memberatkan. Dengan begitu kamu bisa memenuhi kewajiban cicilan dengan baik meskipun membutuhkan waktu yang lama hingga lunas.

(Baca Juga: Apa Itu KPR Subsidi dan Non Subsidi?)

Hindari Adanya Kredit Macet 

Fasilitas yang kamu gunakan mungkin bukan hanya cicilan untuk rumah saja, namun ada beberapa cicilan lain yang mungkin sebelumnya dilakukan. 

Untuk meningkatkan nilai persetujuan KPR, kamu perlu memastikan tidak adanya kredit macet ke pihak bank maupun lembaga keuangan lainnya. 

Riwayat kredit nasabah yang lancar dan macet bisa diketahui melalui proses BI checking. Ini merupakan komponen utama agar pengajuan KPR kamu bisa disetujui.

Lengkapi syarat dan ketentuan yang diberlakukan

Untuk kelancaran proses pengajuan kredit, kamu perlu memahami syarat serta ketentuan yang berlaku. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan. 

Seluruh persyaratan administrasi harus dilengkapi dan diisi dengan baik dan benar. Dokumen tersebut harus disiapkan untuk proses pengajuan KPR. 

Pastikan persyaratan telah terpenuhi dan dokumen yang diberikan telah lengkap sebelum diberikan. Hal tersebut akan mempengaruhi hasil dari proses kredit yang kamu ajukan.

Ajukan KPR ke Beberapa Lembaga Sekaligus

Rumitnya persyaratan serta dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit rumah ini di sarankan agar kamu mengajukan kredit KPR di beberapa bank sekaligus untuk memperbesar kemungkinan disetujui.

Meskipun harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan secara berulang-ulang, namun kemungkinan kamu untuk mendapatkan rumah impian akan semakin besar. Jika ditolak oleh salah satu bank setidaknya kamu masih memiliki peluang di tempat yang lainnya.

Pilihlah Rumah yang Sesuai dengan Harga Terjangkau

rumah tanpa dp - Memilih rumah dengan harga terjangkau

Untuk mendapatkan rumah yang sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau kamu perlu melakukan survei terlebih dahulu. Carilah pengembang yang menawarkan diskon dan penawaran spesial agar dana yang dikeluarkan bisa sesuai dengan biaya anggaran.

Pilihlah beberapa rumah terlebih dahulu untuk dibandingkan, karena semakin murah harga rumah yang dipilih maka akan semakin ringan beban cicilan yang akan kamu tanggung. Yang terpenting adalah memilih rumah yang sesuai kebutuhan dengan kualitas bangunan terbaik.

Bagi kamu yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan rumah tanpa dp bisa langsung menghubungi pihak lembaga penyedia. Kamu akan memilih sendiri tipe rumah yang diinginkan dan bisa mendapatkan informasi yang lebih detail terkait dengan proses pengajuan kreditnya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *