Kredit Kendaraan Bermotor

Prosedur Kredit Motor Baru Berbagai Merk

Prosedur Kredit Motor - Kredit Motor

Kredit adalah salah satu cara pembelian barang paling populer di Indonesia karena dianggap lebih ringan. Barang yang bisa dikredit pun sangat banyak termasuk sepeda motor. Prosedur kredit motor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kredit barang lainnya. Syaratnya termasuk standar dan prosesnya tidak ribet.

Meski harus menanggung angsuran dalam jangka waktu yang tidak sebentar, namun kredit tetap banyak dipilih karena pembeli tidak harus langsung menyiapkan banyak uang seperti saat membeli motor dengan sistem satu kali bayar (lunas). Jika tertarik untuk kredit motor, inilah prosedur yang perlu kamu tahu.

Prosedur Kredit Motor

Syarat Kredit Motor

 Prosedur Kredit Motor - Syarat Kredit Motor

Terkait dengan prosedur kredit motor, pastinya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ya. Daftar syarat di bawah ini adalah syarat-syarat umum di berbagai dealer dalam negeri. 

Jadi kamu nanti jangan kaget ya jika misalnya ada syarat khusus / tambahan dari pihak dealer. Syarat kredit motor baru di Indonesia dibagi menjadi tiga seperti berikut:

Syarat Pemohon dan Penjamin

  • Pemohon adalah orang yang ingin membeli motor dengan sistem kredit, sedangkan penjamin adalah orang kedua setelah pemohon yang akan bertanggung jawab jika pemohon melakukan kelalaian selama proses kredit, misalnya macet membayar angsuran atau bahkan kabur. Daftar syaratnya adalah:
  • Pemohon dan penjamin harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia dan tinggal menetap di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTP atau SIM saat menyerahkan berkas pengajuan kredit. 
  • Usia minimum pemohon saat mengajukan kredit adalah 21 tahun, dan maksimum 55 tahun saat kredit tersebut lunas. Sedangkan usia penjamin minimal harus sama dengan pemohon (bisa juga di atas usia pemohon), dan biasanya harus keluarga satu rumah atau pasangan sah (suami / istri, bukan pacar).
  • Pemohon harus dalam status “bekerja” (minimal 1 tahun atau lebih tergantung kebijakan masing-masing leasing). Tapi tidak ada aturan harus bekerja di bidang apa. Pekerjaan pemohon bisa karyawan suatu perusahaan (apapun jabatannya) atau pemilik usaha / bisnis / wiraswasta / pekerja profesional.
  • Khusus untuk pemilik usaha (memiliki toko sembako misal) dan pekerja profesional (dokter umum yang sudah buka praktek sendiri), usia minimal profesi tersebut adalah 2 tahun.
  • Sedangkan untuk status penjamin, bisa bekerja atau tidak tergantung peraturan masing-masing leasing.

(Baca Juga: Mau Kredit Motor Bekas? Anda Perlu Tahu Rugi dan Untungnnya)

Syarat Dokumen-Dokumen yang Harus Diserahkan

 Prosedur Kredit Motor - Dokumen

  • Formulir pengajuan kredit dari pihak leasing yang harus diisi secara lengkap dan jelas oleh pihak pemohon dan penjamin.
  • Melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk Indonesia milik pemohon dan penjamin.
  • Fotokopi kartu keluarga pemohon.
  • Tanda bukti kerja pemohon (misalnya fotokopi kontrak kerja), bersama dengan slip gaji 1 – 3 bulan terakhir.
  • Jika kamu adalah pengusaha atau pekerja profesional, maka kamu harus melampirkan tanda bukti memiliki usaha (misalnya Surat Izin Usaha / SIUP) atau surat izin praktek, bersama dengan mutasi rekening 3 bulan terakhir sebagai pengganti slip gaji.
  • Bukti pembayaran telepon / listrik / PDAM selama 3 bulan terakhir (bisa asli atau fotokopi) milik pemohon.

 

Syarat dan Ketentuan Lainnya

  • Pemohon harus bisa menyiapkan DP dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh pihak leasing, biasanya berkisar dari 20 – 25% (sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 Tentang rasio Loan to Value).
  • Pemohon dan penjamin menandatangani kontrak kredit dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan. 
  • Jika pemohon membatalkan permohonan kredit, pihak leasing bisa mengembalikan atau mengambil DP yang sudah diberikan sesuai kebijakan masing-masing leasing. Pengembalian DP bisa full atau sebagian.

Prosedur Kredit Motor Baru

Inilah prosedur kredit motor yang akan kamu lewati mulai dari tahap pertama sampai akhir:

  • Pilih Motor dan Cari Tahu Harganya

Prosedur Kredit Motor - Pilih Motor

Tahap awal adalah memilih motor yang ingin dibeli. Sebagai cara paling mudah, kamu bisa mencari referensi secara online, sekaligus untuk mengetahui merk dan tipe motor apa yang harganya sesuai dengan isi kantong.

  • Pilih Dealer dan Kumpulkan Informasi

Prosedur Kredit Motor - Pilih Dealer

Pilih dealer motor terpercaya, yang mungkin kamu sendiri lewat online atau hasil rekomendasi dari teman / keluarga / tetangga / kenalan lain yang bisa kamu percaya. 

Selanjutnya hubungi atau datang langsung ke dealer tersebut untuk melihat-lihat motor yang ingin kamu beli sambil mencari informasi lebih lanjut mengenai sistem kredit motor di dealer tersebut.

Informasi ini bisa seputar harga motor, DP, bunga kredit, opsi tenor, syarat pemohon, syarat dokumen, biaya admin, dan hal lain apapun yang terkait dengan kredit. Intinya kamu harus mencari informasi selengkap-lengkapnya.

  • Pertimbangkan 

Prosedur Kredit Motor - Mempertimbangkan

Setelah memperoleh informasi di atas, kamu bisa pulang dulu ke rumah dan mempertimbangkan dengan matang apakah kamu akan mengambil motor tersebut atau tidak. Hal paling penting yang harus kamu pastikan adalah DP kamu sudah cukup dan jumlah angsurannya tidak akan memberatkan. 

Karena jika nantinya kredit kamu macet, pihak leasing akan mengambil paksa motor kamu tapi tidak akan mengembalikan DP dan angsuran yang sudah kamu bayar. Dengan kata lain kamu akan rugi. Jadi pastikan dulu bahwa kamu memang sanggup membayar angsuran.

  • Hubungi Dealer

Prosedur Kredit Motor - Hubungi Dealer

Jika sudah yakin ingin membeli, kamu bisa hubungi lagi sales dealer tersebut atau datang langsung ke dealer untuk meminta formulir pengajuan, memilih tenor, dan mengetahui angka pasti dari DP dan angsuran per bulan sesuai tenor yang kamu pilih.

Jika ingin proses yang lebih ringkas, saat datang ke dealer untuk kedua kalinya ini kamu bisa langsung membawa dokumen-dokumen dalam daftar persyaratan yang diminta oleh pihak dealer. Cara ini lebih efisien karena kamu tidak perlu bolak-balik lagi.

  • Verifikasi 

Prosedur Kredit Motor - Verifikasi

Sayangnya saat kedatangan kedua tadi, kamu belum bisa langsung membawa pulang motor incaran kamu nih. Mengapa? Karena pihak leasing atau bank yang bekerja sama dengan dealer harus melakukan verifikasi data terlebih dulu dalam prosedur kredit motor.

Loh, kenapa jadi ada pihak ketiga? Iya, karena sebenarnya pihak yang mempermudah pembelian motor secara kredit ini adalah leasing atau bank, bukan dealer. Jadi, pihak bank atau leasing meminjamkan uang kepada kamu senilai harga motor yang ingin kamu beli.

Uang tersebut selanjutnya diberikan kepada pihak dealer agar motor yang kamu inginkan bisa dibawa pulang, atau dengan kata lain pihak bank atau leasing lah yang membelikanmu motor, tapi atas nama kamu. Selanjutnya, kamu harus membayar pinjaman ini dengan cara dicicil setiap bulan. 

(Baca Juga: Plus Minus Penggunaan Kredit Tanpa Agunan pada Masa Pandemi)

Jadi jika selama ini kamu mengira bahwa pihak yang memberikan pinjaman adalah dealer, maka kamu salah. Karena pihak dealer sebenarnya tidak pernah menerima pembelian kredit. Karena jika pihak dealer menerima kredit, bisa-bisa perputaran keuangan dealer akan macet dan malah merugi. 

Kembali ke tahap verifikasi tadi, pihak bank atau leasing harus memastikan dulu keaslian data-data kamu sekaligus mengecek profil keuangan kamu di BI Checking. 

Jika ternyata profil keuangan kamu jelek, misalnya kamu pernah memiliki pinjaman di bank X dan kamu sering telat mengangsur, ada kemungkinan bahwa permohonan kredit motor kamu ditolak.

Pemberitahuan Hasil Verifikasi

Prosedur kredit motor selanjutnya adalah pemberitahuan hasil verifikasi tadi. Biasanya setelah 3-7 hari kerja, pihak dealer akan menghubungi kamu untuk memberitahukan hasil dari pemeriksaan tadi. Jika hasilnya disetujui, maka kamu akan lanjut ke tahapan selanjutnya. 

Survey

Setelah lolos verifikasi, pihak leasing atau bank biasanya akan memeriksa alamat tempat tinggal kamu dulu lewat petugas yang disebut “surveyor”. 

Petugas ini akan datang langsung ke alamat yang ada di KTP kamu untuk memastikan bahwa kamu benar-benar tinggal di situ. Jika kamu adalah pekerja profesional atau pemilik usaha, tempat usaha kamu juga akan dicek dan difoto. Begitu juga dengan alamat penjamin kamu.

Akad Kredit

Jika hasil survey kamu bagus, kamu akan diminta untuk datang ke dealer dan menandatangani akad kredit. Jangan lupa untuk langsung membawa DP dan dana ekstra lainnya agar kamu tidak perlu pulang lagi ke rumah.

Setelah menyelesaikan administrasi, motor yang kamu beli akan segera diantarkan ke rumah atau bisa juga kamu bawa pulang sendiri. Tapi karena belum ada plat nomor, biasanya pihak dealer akan mengantarkannya ke rumah agar kamu tidak ditilang polisi saat di jalan.

Secara keseluruhan, prosedur kredit motor termasuk sederhana asalkan kamu sudah memenuhi semua persyaratan di atas. Kamu hanya perlu bersabar karena proses ini akan memakan waktu yang tidak hanya 1 atau 2 jam tapi beberapa hari.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *