Kredit Kendaraan Bermotor

Mau Kredit Motor Bekas? Anda Perlu Tahu Rugi dan Untungnnya

Kredit Motor Bekas

Kredit Motor Bekas – Memiliki kendaraan pribadi merupakan sesuatu keinginan yang diimpikan sebagian besar orang. Dan bisa jadi mungkin Anda juga termasuk salah satunya. Namun, terkadang kita terpojokkan pada masalah keuangan. Nah, disinilah Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan kredit motor bekas.

Hal ini tentu menjadi alasan untuk memiliki kendaraans sendiri karena akan sangat membantu dan mempermudah pemiliknya dalam melakukan berbagai aktivitas di luar rumah apalagi orang yang sudah bekerja. Kendaraan pribadi akan sangat mempersingkat waktu Anda dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, bahkan saat terburu-buru sekalipun agar tidak terlambat.

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia karena harganya dapat dijangkau dari kalangan bawah sampai atas. Hal ini bisa dilihat dari angka penjualannya yang semakin hari semakin tinggi saja dan dapat dilihat di jalanan banyak orang yang menggunakan motor. Transportasi roda dua ini sangat populer, bahkan bukan hanya di kota, melainkan di seluruh pelosok Indonesia masyarakat memilikinya. 

Keuntungan Dan Kerugian Kredit Motor Bekas

Dari tingginya jumlah pengguna dan peminat kendaraan roda dua ini tentu sangat menguntungkan dari sisi bisnis bagi produsen. Sehingga mereka berupaya dengan keras untuk bisa meraih penjualan yang tinggi dan melakukan inovatif dengan desain motor yang mengikuti perkembangan jaman.

Tentunya dengan menyesuaikan daya beli yang ada pada masyarakat luas dari harga yang rendah sampai tinggi. Namun, membeli motor secara tunai tentu menjadi kendala yang cukup besar bagi masyarakat karena mengingat harga motor bisa mencapai belasan bahkan sampai puluhan juta rupiah, tergantung pada tipe dan juga jenis motor yang akan Anda dibeli.

(Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Membuat Kartu Kredit, Apa Saja Yang Mesti Di Perhatikan?)

Motor bukanlah merupakan produk yang cocok untuk investasi karena harganya akan semakin menurun setiap tahunnya. Bahkan ketika Anda baru saja membelinya dan hendak menjualnya kembali setelah beberapa lama, harganya akan menurun kira-kira 20%-30% yang membuat Anda rugi. Dari penjelasan itu yang terjadi, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli motor bekas karena harganya yang lebih murah. Selain itu, proses pembelian motor bekas bisa dilakukan secara tunai dan apalagi secara kredit yang memudahkan orang untuk memiliki motor.

Jadi apabila Anda berminat untuk beli motor bekas tapi belum mempunyai uang tunai yang cukup, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan fasilitas kredit motor bekas yang diberikan oleh perusahaan leasing. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit motor bekas, sebaiknya harus mengetahui keuntungan dan kerugiannya serta mempertimbangkannya dengan matang.

Keuntungan Kredit Motor Bekas

Membeli motor bekas secara kredit merupakan solusi dan bisa jadi sangat menguntungkan buat Anda yang kondisi finansialnya sedang buruk tapi menginginkan untuk membeli motor. Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapat apabila membeli motor bekas secara kredit:

 1. Dari Segi Harga Motor Lebih Murah dan Membuat Cicilan Pun Lebih Murah Juga

Kredit Motor Bekas - Dari Segi Harga Motor Lebih Murah dan Membuat Cicilanpun Lebih Murah Juga

Harga motor baru yang semakin mahal belum tentu dapat disanggupi oleh semua orang, oleh karena itu banyak orang yang beralih untuk membeli motor bekas karena dari segi harganya yang pasti lebih murah daripada motor baru yang dapat dijangkau dengan kantong Anda. Dengan harga yang lebih murah ini, maka besaran cicilan yang harus dibayarkan juga jadi lebih murah daripada cicilan motor baru dan uang Anda dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

2. Motor Langsung Tersedia yang Dapat Anda Coba

Kredit Motor Bekas - Motor Langsung Tersedia yang Dapat Anda Coba

Ketika membeli motor baru, terkadang Anda perlu menunggu dulu terutama saat motor yang Anda beli belum tersedia dan juga menunggu proses pengiriman saat sudah ready. Tapi dengan membeli motor bekas, motor yang Anda inginkan langsung tersedia dan dapat langsung Anda gunakan atau dicoba terlebih dahulu.

3. Kualitas Baik Dengan Harga Murah dan Mampu Menghemat DP Motor

Kredit Motor Bekas - Kualitas Baik Dengan Harga Murah dan Mampu Menghemat DP Motor

Kemungkinan tidak semua motor bekas pasti kualitasnya buruk, justru banyak motor bekas yang berkualitas baik walaupun tidak seperti baru apalagi jika Anda sudah mengetahui tentang motor. Tapi dengan kondisi yang baik dan harga yang murah, maka Anda sudah dapat keuntungan..

Down Payment atau uang muka yang murah bahkan nyaris nol rupiah ditawarkan oleh pihak dealer untuk kredit motor bekas. Jika Anda mendapatkan pihak dealer yang memang menawarkan DP murah, artinya dana yang digunakan untuk uang muka bisa dialihkan untuk kebutuhan lain terlebih dahulu maka Anda perlu mencari informasi banyak mengenai dealer-dealer yang ada. 

4. Pajak Lebih Ringan

Kredit Motor Bekas - Pajak Lebih Ringan

Harga pajak biasanya dihitung berdasarkan tahun pembuatannya, dan harga pajak setiap tahunnya pasti meningkat jadi apabila Anda membeli motor tahun ini, harga pajaknya lebih mahal dari tahun lalu. Biasanya motor bekas yang dijual adalah produksi tahun-tahun lama, sehingga pembayaran pajak yang harus Anda bayar pasti lebih ringan daripada pajak motor baru. Dari segi keuntungannya adalah dana untuk pajak motor tidak besar dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti dana darurat misalnya.

(Baca Juga: Simak Yuk, Jenis Kartu Kredit Bca Beserta Manfaatnya)

Kerugian Kredit Motor

Namun, selain keuntungan yang diberikan dengan melakukan kredit motor bekas, pasti ada beberapa kerugian juga yang akan Anda rasakan atau alami. Karena pada umumnya barang bekas itu kualitasnya pasti sudah menurun dibandingkan barang baru. Jadi Anda sebaiknya harus mengetahui kerugian dari kredit motor bekas terlebih dahulu Berikut Ini dia kerugian dari kredit motor bekas yang perlu Anda ketahui sebelum membeli :

1. Harga Total Kredit Lebih Mahal Daripada Tunai

Kredit Motor Bekas - Harga Total Kredit Lebih Mahal Daripada Tunai

Sama seperti kredit pada umumnya, jika Anda melakukan pembelian motor bekas secara kredit, maka harganya akan menjadi jauh lebih mahal daripada membeli secara tunai. Hal itu dikarenakan adanya biaya bunga yang harus Anda bayarkan jika menggunakan metode kredit.

2. Tidak Ada Asuransi Perusahaan Leasing

Kredit Motor Bekas - Tidak Ada Asuransi Perusahaan Leasing

Ketika Anda membeli motor baru secara kredit, biasanya perusahaan leasing akan memberikan asuransi selama kredit apabila Anda kehilangan motor tersebut yang dapat digunakan sebagai jaminan. Asuransi ini tidak akan berlaku jika Anda melakukan kredit motor bekas. Jadi tidak ada jaminan keamanan untuk kredit motor bekas yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukannya.

3. Kualitas Mesin Tidak Terjamin

Kredit Motor Bekas - Kualitas Mesin Tidak Terjamin

Saat membeli motor baru, maka kualitas mesinnya pasti sudah terjamin baik karena masih baru. Namun apabila Anda membeli motor bekas, tidak dapat menjamin kualitas mesinnya. Meski ketika Anda coba, motor bekas tersebut masih berfungsi dengan baik, namun tetap kemungkinan kerusakan lebih mudah atau cepat daripada motor baru.

4. Proses Ubah Nama Yang Repot

Tentunya ketika Anda membeli motor bekas, hal penting yang harus dilakukan adalah mengganti nama dan dokumen kepemilikan motor tersebut. Pengubahan nama sangat penting untuk dilakukan pada BPKB dan STNK motor bekas tersebut, karena jika Anda tidak melakukannya pastinya Anda akan mengalami kerepotan di masa yang akan datang seperti permasalahan pembayaran pajak motor tersebut.

Pikirkan Baik-Baik Sebelum Memutuskan

Kondisi keuangan merupakan aspek penentu yang sangat berpengaruh pada pilihan Anda untuk membeli motor karena jika keuangan Anda tidak kondusif pastinya mengalami masalah. Jika keuangan stabil maka Anda dapat membeli motor baru atau bekas dan pembayarannya secara kredit atau tunai itu terserah Anda. Sebelum mengambil keputusan, maka sebaiknya Anda pikirkan dulu dengan matang dari keuntungan dan kerugian yang ada serta kebutuhan dan keuangan Anda. 

Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian dari kredit motor bekas serta pertimbangan dengan matang, maka Anda tidak akan merasa menyesal setelah melakukannya . Ingatlah agar tidak membeli secara terburu-buru dan harus pikirkan baik-baik sebelum memutuskannya itu pun berguna untuk diri Anda sendiri

Terlebih motor tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda yang perlu akan sebuah kendaraan atau dapat menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi karena hanya membeli bensin saja. Seperti  membeli bensin dengan nominal Rp 10.000,- Anda dapat bepergian kemanapun dan sesuai dengan keinginan Anda serta menghemat waktu karena tidak perlu menunggu transportasi umum terlebih dahulu. Jadi itulah manfaat mempunyai kendaraan sendiri, apabila Anda benar-benar ingin kredit motor bekas, harus mengutamakan kebutuhan pada diri Anda.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *