Kartu Kredit

Ini Dia 8 Tips Naik Limit Kartu Kredit BCA Beserta Caranya

Tips naik limit kartu kredit BCA - Kartu Kredit

Maraknya penggunaan kartu kredit memang perlahan-lahan mampu menggeser uang tunai. Selain praktis, kartu kredit juga menawarkan berbagai keuntungan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui tips naik limit kartu kredit BCA beserta caranya.  

Tips Naik Limit Kartu Kredit BCA

Kartu Kredit di Atas Satu Tahun

Tips naik limit kartu kredit BCA

Untuk menaikkan limit pada kartu kredit, setidaknya umur kartu kredit yang kamu gunakan sudah di atas satu tahun. Hal ini sangat berpengaruh dan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak bank karena menunjukkan seberapa loyalnya kamu sebagai nasabah.

Semakin lama penggunaan kartu kredit dan semakin baik riwayat pembayaran tagihanmu, maka bank lebih mudah menyetujui permohonan kenaikan limitmu. Namun, bila umur kartu kredit yang kamu miliki masih di bawah 1 tahun, maka permohonan naik limit yang kamu ajukan biasanya akan ditolak. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Jenis Kartu Kredit Bca Beserta Manfaatnya)

Meningkatkan Penggunaan Kartu Kredit

Tips naik limit kartu kredit BCA -Penggunaan kartu

Tips naik limit kartu kredit BCA yang selanjutnya yaitu meningkatkan penggunaan kartu kredit. Apabila kamu sering menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, maka semakin besar kemungkinan permohonan kenaikan limit untuk disetujui pihak bank penerbit.

Semakin seringnya kamu menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, maka secara tidak langsung kamu juga memberikan keuntungan bagi bank penerbit. Jika limitmu naik otomatis kamu akan lebih sering bertransaksi menggunakan kartu kredit, sehingga pihak bank juga akan diuntungkan. 

Jika kamu tertarik menaikkan limit, maka usahakan untuk sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, membeli pulsa, membayar tagihan bulanan, dan transaksi lainnya. Dengan begitu, intensitas penggunaan kartu kreditmu akan semakin meningkat dan limit kredit bisa cepat naik. 

Punya Penghasilan Tambahan

Tips naik limit kartu kredit BCA - Penghasilan Tambahan

Ketika kamu mengajukan permohonan limit kartu kredit, pihak bank penerbit biasanya akan melihat besaran penghasilanmu di setiap bulannya. Di samping gaji tetap, kamu harus memiliki sumber pendapatan tambahan.

Besaran penghasilan selama satu bulan ini akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak bank penerbit apakah permohonanmu disetujui atau tidak. Selain itu, total pendapatan juga menjadi tolok ukur untuk menilai apakah kamu sanggup membayar cicilan kartu kredit atau tidak.  

Apabila total pendapatan setiap bulannya memenuhi kriteria dan standar yang telah ditetapkan oleh bank, maka permohonan kenaikan limitmu akan segera diproses. Begitu pula sebaliknya, apabila total pendapatanmu tidak memenuhi kriteria, maka kemungkinan permohonan naik limit akan ditolak. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa menambah pendapatan bulanan dengan mulai mencari pekerjaan sampingan. Jangan lupa juga untuk menabung dan menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk membayar cicilan kartu kredit agar tidak lewat tanggal jatuh tempo. 

Punya Aset Sebagai Jaminan

Tips naik limit kartu kredit BCA - Aset

Tips naik limit kartu kredit BCA lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu memiliki aset yang bisa dijadikan sebagai agunan atau jaminan. Hal ini dilakukan oleh pihak bank BCA sebagai penerbit kartu kredit untuk mengantisipasi ketidaksanggupan nasabah dalam membayar tagihan kartu kredit. 

Dengan adanya jaminan atau agunan berupa aset berharga, pihak bank bisa mengambil sebagian aset sebagai ganti rugi apabila ke depannya terjadi kredit macet di mana nasabah tidak bisa membayar cicilan tagihan kartu kredit. 

Nah, jika kamu berniat menaikkan limit kartu kredit, kamu bisa menyiapkan aset yang bisa dijadikan jaminan seperti sertifikat rumah atau dokumen berharga misalnya BPKB motor atau mobil. Untuk besaran kenaikan limit kartu kredit, nantinya pihak bank akan menyesuaikan dengan nilai agunan. 

Bayar Tepat Waktu

Tips naik limit kartu kredit BCA - Bayar

Saat kamu akan mengajukan kenaikan limit kartu kredit, cobalah periksa kembali riwayat pembayaran tagihan apakah tepat waktu atau sering terlambat. Ketepatan waktu dalam pembayaran tagihan kartu kredit akan mempengaruhi keputusan bank penerbit.

Tips naik limit kartu kredit BCA yang satu ini wajib kamu terapkan karena biasanya pihak bank akan melakukan pengecekan terhadap riwayat pembayaran kredit. Semakin tertib pembayaran tagihan yang kamu lakukan, maka semakin tinggi pula peluang permohonan kenaikan limit untuk disetujui. 

Begitu juga sebaliknya, apabila kamu sering terlambat membayar atau lewat jatuh tempo, maka pihak bank akan mempertimbangkan kembali dan kemungkinan permohonanmu untuk ditolak juga semakin besar. 

Untuk mengantisipasi keterlambatan, kamu bisa membayarkan tagihan kartu kredit lebih awal. Pembayaran tagihan di awal sebelum tanggal jatuh tempo juga ampuh mengurangi utang, sehingga riwayat kreditmu mendapat penilaian yang baik dan bisa fokus pada cicilan lainnya jika ada. 

(Baca Juga: Cara Aman Transaksi dengan Kartu Kredit dan Tips Jika Telat Membayar)

Buat Kartu Kredit Baru

Tips naik limit kartu kredit BCA - Kartu Kredit

 

Bagi kamu yang pengajuan kenaikan limit kartu kreditnya ditolak oleh pihak bank, kamu bisa apply di bank lainnya untuk pembuatan kartu kredit baru yang mekanisme lebih mudah. Tips ini bisa kamu terapkan apabila permohonan naik limit di bank sebelumnya tidak disetujui. 

Pihak bank penerbit kartu kredit yang baru biasanya akan lebih mudah menyetujui penambahan limit apabila kamu sudah memiliki kartu kredit sebelumnya. Namun, tetap pertimbangkan secara matang antara pendapatan dengan pengeluaran agar kamu tidak kesulitan saat membayar tagihan.

Domisili Tetap

Domisili juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan limit kartu kredit yang kamu ajukan. Pihak bank biasanya akan mempertimbangkan di mana kamu tinggal dan lamanya kamu menetap pada suatu tempat. 

Pihak bank penerbit kartu kredit cenderung menyukai nasabah yang tinggal menetap dalam jangka waktu yang lama daripada nasabah yang hidup berpindah-pindah. Alasan ini berhubungan dengan pihak bank yang tidak ingin mengambil risiko ketika nasabah memiliki tunggakan pembayaran. 

Apabila kamu sering berpindah-pindah tempat tinggal, maka limit kredit yang kamu peroleh juga relatif kecil. Nah, biar limit kreditmu bisa naik, mulai sekarang jangan terlalu sering pindah-pindah rumah. 

Pihak bank biasanya juga akan mempertimbangkan kepemilikan rumah. Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah memiliki rumah sendiri, kemungkinan permohonan penambahan limit kartu kredit untuk disetujui oleh pihak bank penerbit kartu kredit yang bersangkutan juga semakin tinggi. 

Hitung Total Utang

Sebelum kamu mengajukan penambahan limit kartu kredit BCA, coba hitung kembali jumlah utang yang kamu miliki. Selain total penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya, pihak bank juga akan menjadikan total utang sebagai bahan pertimbangan naiknya limit kartu kredit. 

Apabila kamu tidak memiliki banyak tanggungan utang, bank penerbit kartu kredit lebih mudah menyetujui permohonan kenaikan limit kartu kreditmu. Namun, apabila kamu memiliki banyak tanggungan utang, maka siap-siap saja permohonan penambahan limit kreditmu untuk ditolak. 

Kamu juga harus mempertimbangkan dengan matang mengenai dampak negatif dari penggunaan kartu kredit terhadap kondisi finansial. Dengan adanya kartu kredit biasanya seseorang cenderung lebih boros dan konsumtif. 

Maka dari itu, gunakan kartu kredit dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Hindari sikap boros dan konsumtif agar kamu tidak terlilit utang di kemudian hari. 

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BCA

Setelah memahami tips naik limit kartu kredit BCA, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengajukan permohonan kenaikan limit kredit secara langsung ke kantor cabang BCA terdekat atau secara online melalui layanan konsumen (customer service). 

Kamu bisa menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 yang bisa diakses kapanpun dan di manapun selama kamu masih berada di wilayah Indonesia. Kamu juga bisa mengajukan kenaikan limit melalui aplikasi BCA Mobile yang bisa diunduh melalui Apple AppStore atau Android PlayStore. 

Untuk registrasi BCA mobile dapat dilakukan melalui ATM BCA terdekat. Nah, berikut ini langkah-langkah melakukan registrasi BCA Mobile melalui ATM.

Langkah pertama untuk registrasi BCA mobile melalui ATM yaitu masukkan kartu Paspor BCA terlebih dahulu ke mesin ATM, kemudian masukkan PIN. 

Pilih opsi menu “Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya”, lalu pilih opsi Daftar e-Banking/Autodebet”. 

Setelah itu, klik opsi “Mobile Banking” dan tunggu hingga muncul tampilan klausul (perjanjian) mobile banking BCA dan pilih “YA”. 

Masukkan nomor handphone yang ingin kamu daftarkan untuk mobile banking, kemudian tekan “Benar”.

Tunggu hingga muncul tampilan untuk mengonfirmasi bahwa nomor handphone yang kamu ketikkan adalah benar, kemudian pilih “YA”. 

Masukkan PIN mobile banking BCA sebanyak 6 digit (angka) dan ulangi PIN sekali lagi untuk mengonfirmasi. 

Layar ATM akan menampilkan konfirmasi bahwa registrasi yang kamu lakukan sudah berhasil dan mesin ATM akan mencetak struk sebagai bukti transaksi registrasi mobile banking BCA. 

Tips naik limit kartu kredit BCA seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu praktikkan. Untuk menaikkan limit kartu kredit, kamu bisa melakukan registrasi mobile banking BCA terlebih dahulu atau datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit