Kartu Kredit

9 Tips Memilih Kartu Kredit, Pemula Wajib Tahu!

Tips memilih kartu kredit

Kartu kredit menjadi alat pembayaran yang semakin banyak digunakan apalagi di era serba digital seperti saat ini untuk berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya. Sebelum menggunakannya, ada beberapa tips memilih kartu kredit yang bisa kamu terapkan.

Tips memilih kartu kredit ini harus kamu lakukan demi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Bahkan karena kepraktisannya ini, kehadiran kartu kredit ini rupanya hampir menggeser penggunaan uang tunai. Untuk mengetahui tips memilih kartu kredit yang tepat, mari simak ulasan berikut ini. 

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

Pertimbangkan Dengan Matang Biaya yang Dikenakan

Tips memilih kartu kredit - Pertimbangkan dengan matang

Salah satu pertimbangan penting dalam pemilihan kartu kredit yaitu biaya-biaya yang dikenakan seperti besaran bunga, iuran tahunan, biaya administrasi, dan lain sebagainya. Ada dua jenis kartu kredit yaitu kartu kredit dengan suku bunga yang rendah dan kartu kredit dengan suku bunga tinggi. 

Kartu Kredit Bunga Tinggi

Tips memilih kartu kredit - Kartu kredit bunga tinggi

Bagi kamu yang ingin menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai saat berbelanja, melunasi tagihan, atau transaksi pembayaran lainnya di setiap bulan, maka kartu kredit dengan suku bunga tinggi adalah pilihan yang tepat.

Meski besaran suku bunganya tinggi, jenis kartu kredit yang satu ini biasanya menawarkan beberapa nilai plus seperti cashback, diskon, bebas biaya tahunan, dan point reward setiap melakukan transaksi pembayaran.

Kartu kredit jenis ini juga recommended bagi kamu yang ingin melakukan belanja bulanan dan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti tagihan air, listrik, atau telepon dengan nilai yang relatif tetap. 

(Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit)

Kamu juga bisa bertanya kepada pihak bank penerbit kartu kredit terlebih dahulu mengenai besaran bunga yang dihitung setelah waktu jatuh tempo pembayaran tagihan dan bukan sejak tanggal dilakukannya transaksi. 

Karena apabila perhitungan bunganya dilakukan sejak tanggal transaksi, maka kamu tetap harus membayar bunga meskipun sudah melakukan pembayaran tagihan secara lunas di setiap bulannya. 

Kartu Kredit Bunga Rendah

Tips memilih kartu kredit - Kartu kredit bunga rendah

Jenis kartu kredit yang kedua yaitu kartu kredit dengan suku bunga yang rendah. Jenis kartu kredit yang satu ini cocok untuk kamu yang biaya membayar tagihan dengan jumlah minimum atau mencicil. Meskipun suku bunganya terbilang rendah, kartu kredit ini menerapkan biaya iuran tahunan. 

Kartu kredit jenis ini juga tidak memberikan banyak penawaran seperti cashback atau diskon. Jenis kartu kredit ini cocok untuk kamu yang memiliki sumber pendapatan yang tidak terlalu tinggi asalkan cukup untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari-hari.

Cek Layanan Pelanggan 

Tips memilih kartu kredit - Cek layanan pelanggan

Tips memilih kartu kredit selanjutnya yaitu memeriksa layanan pelanggan alias customer service. Customer service merupakan faktor penting yang wajib menjadi bahan pertimbanganmu saat memilih kartu kredit, karena berhubungan dengan kepuasan sebagai pelanggan. 

Sebagai pelanggan, kamu tentu ingin dilayani dengan baik, bukan? Maka dari itu, kamu bisa cek terlebih dahulu layanan pelanggan yang disediakan oleh pihak bank penerbit kartu kredit seperti layanan transaksi dan pengaduan selama 24 jam nonstop yang ramah dan fast response. 

Dengan adanya layanan pelanggan yang cepat dan sigap, maka kamu bisa segera mengatasinya ketika terjadi masalah atau kendala pada kartu kredit. 

Pahami Jangkauan Jaringan

Tips memilih kartu kredit - Jangkauan jaringan

Tips memilih kartu kredit selanjutnya yaitu perhatikan jangkauan jaringannya. Apabila kamu termasuk orang yang sering bepergian atau berlibur ke luar negeri, maka kamu bisa memilih kartu kredit yang memiliki jangkauan jaringan yang luas dan bisa diakses di seluruh dunia. 

Dengan pemilihan kartu kredit yang jangkauannya luas, maka akan memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembayaran dan tagihan, sehingga perjalanan bisnis atau liburanmu bisa berjalan dengan nyaman dan praktis.  

Cek Tingkat Keamanan Kartu 

Tips memilih kartu kredit - Tingkat Keamanan Kartu

Saat memilih kartu kredit, hal yang wajib kamu lakukan yaitu periksa tingkat keamanan kartu kredit yang akan kamu gunakan. Poin ini wajib kamu terapkan untuk menjadi keamanan saat bertransaksi dan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan kartu. 

Bentuk keamanan kartu kredit dapat berupa tanda tangan atau foto diri yang tertera pada kartu kredit. Tidak sedikit pula, penerbit kartu kredit yang menawarkan asuransi kepada para pemegang kartu sebagai bentuk jaminan keamanan.

Pilih Bank Penerbit yang Kredibel

Tips memilih kartu kredit - Pihak Bank yang Kredibel

Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang memiliki reputasi baik dan sudah terbukti kredibilitasnya. Pemilihan bank penerbit yang sudah terbukti kredibel akan membuatmu merasa lebih aman dan nyaman, serta lebih banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan. 

Pahami Pilihan Kartu

Tips memilih kartu kredit - Pahami Pemilihan kartu

Ketika kamu ingin mengajukan pembuatan kartu kredit, kamu biasanya akan dihadapkan dengan beberapa pilihan kartu seperti classic (klasik), gold (emas), atau platinum. Bagi kamu yang memiliki penghasilan tidak terlalu tinggi, kamu bisa memilih kartu kredit classic. 

Namun, bagi kamu yang memiliki pendapatan tinggi, kamu bisa memilih kartu kredit gold atau platinum. Tips memilih kartu kredit ini wajib kamu terapkan karena biasanya kartu jenis gold atau platinum menawarkan lebih banyak keuntungan dan kelebihan dengan limit atau pagu kredit yang lebih besar. 

Keuntungan yang ditawarkan dari kartu kredit gold dan platinum diantaranya asuransi kecelakaan saat melakukan perjalanan, airport lounge, dan masa garansi produk yang lebih lama. Sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan, biaya tahunan dan suku bunga untuk kartu ini juga lebih tinggi. 

Beberapa Tips Lainnya untuk Memilih Kartu Kredit

Pilih Kartu Kredit Affinity atau Co-Branding

Selain pilihan kartu berdasarkan tingkat keuntungan yang ditawarkan, sejumlah institusi juga menawarkan jenis kartu kredit yang berkaitan dengan merek atau nama institusi pihak yang menerbitkannya. Berikut ini penjelasan mengenai kartu kredit affinity dan co-branding.

Affinity Card

Affinity card merupakan kartu kredit yang dibuat dan diterbitkan oleh pihak bank penerbit yang bekerja sama dengan pihak lain seperti lembaga sosial, klub olahraga, asosiasi alumni perguruan tinggi, atau institusi lainnya. 

Untuk kartu kredit jenis ini biasanya memberikan penawaran berupa hadiah atau potongan harga (diskon). Apabila kamu tertarik menggunakan kartu affinity, kamu bisa langsung mengajukan aplikasi kepada pihak penerbitnya. 

(Baca Juga: Cara Aman Transaksi dengan Kartu Kredit dan Tips Jika Telat Membayar)

Co-Branding

Kartu kredit co-branding dibuat oleh bank penerbit yang bekerja sama dengan perusahaan lain seperti agen atau biro perjalanan, pusat perbelanjaan, maskapai penerbangan, dan lain sebagainya. Kartu kredit jenis ini biasanya memberikan penawaran berupa harga khusus untuk produk tertentu. 

Selain itu, kartu kredit co-branding juga memberikan penawaran menarik berupa point reward yang jika sudah terkumpul dapat ditukarkan dengan bonus atau potongan harga. Untuk kartu jenis ini tidak dikenakan iuran tahunan, namun memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari affinity card.

Keuntungan yang Ditawarkan

Salah satu tips memilih kartu kredit yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu keuntungan yang ditawarkan. Bagi kamu yang suka berbelanja dan melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang memberikan penawaran menarik. 

Penawaran tersebut bisa berupa point reward, diskon, atau cashback yang tentunya akan menguntungkan bagi kamu. Keuntungan-keuntungan ini merupakan hasil kerja sama antara pihak bank dengan seller atau merchant. 

Kamu juga bisa memeriksa daftar seller atau merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit apakah kamu sering berbelanja di sana atau barang-barang yang didiskon memang barang yang sering kamu butuhkan. 

Keuntungan lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan yaitu tersedianya fasilitas tambahan. Fasilitas tersebut meliputi akses executive lounge (ruang tunggu eksekutif) saat di bandara, asuransi perjalanan, akses ATM di seluruh dunia, dan asuransi pembayaran tagihan (credit shield). 

Lakukan Perhitungan Keuangan Secara Matang

Tips memilih kartu kredit yang tak kalah penting dan wajib kamu terapkan yaitu melakukan perhitungan keuangan secara matang. Pastikan kamu memiliki sumber pendapatan yang tetap dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta membayar tagihan kartu kredit. 

Perhatikan apakah kamu memiliki utang lain atau tidak. Apabila kamu memiliki tagihan utang lainnya yang wajib dibayarkan setiap bulannya, maka kemampuanmu untuk membayar tagihan kartu kredit juga semakin sulit. 

Untuk persentase utang yang ideal yaitu sebesar 30% dari jumlah keseluruhan pendapatan yang kamu peroleh per bulannya. Pastikan bahwa kamu tidak memiliki riwayat kredit yang buruk dan tidak bermasalah agar mudah saat mengajukan pembuatan kartu kredit.

Namun, jika kamu pernah memiliki riwayat kredit yang buruk, ada solusi lain untuk mendapatkan kartu kredit yaitu dengan Secured Credit Card. Secured Credit Card merupakan kartu kredit yang pengajuannya harus dilakukan dengan memberikan jaminan uang kepada bank penerbit kartu.

Dengan banyaknya pilihan kartu kredit beserta keuntungan menarik yang ditawarkan, kamu tentunya harus cerdas dan bijak dalam memilih. Beberapa tips memilih kartu kredit di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat memilih kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhanmu. 

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit