Kartu Kredit

Yuk Bijak, Begini Tips Kartu Kredit Tidak Boros 

Kartu kredit bisa dikatakan menjadi solusi bagi seseorang yang belum bisa membayar secara tunai atau lebih merasa aman dengan transaksi tanpa membawa uangnya langsung. Sayangnya, terkadang justru membuat semakin boros. Lalu bagaimana tips kartu kredit tidak boros? Menyimak penjelasan di bawah ini adalah pilihan yang tepat. 

Beberapa Tips Kartu Kredit Tidak Boros Serta Cara Pemakaian yang Bijak

Seperti yang telah kamu ketahui bahwasanya kartu kredit merupakan produk perbankan yang harus disikapi secara bijak. Hal ini dikarenakan, jika terlalu banyak bertransaksi tanpa memperhatikan pendapatan per bulan, maka kamu bisa terjerat hutang yang tak kunjung lunas. 

Baiknya, ikuti beberapa tips kartu kredit tidak boros di bawah ini:

Siapkan Dana Darurat 

Tips kartu kredit tidak boros - Dana Darurat

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dana darurat agar tidak  semena-mena dalam menggunakan kartu kredit. Kamu bisa menggunakan dana darurat ini untuk perbaikan mobil atau biaya kesehatan yang cukup besar. 

Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk keperluan di atas pasti tagihan akan membengkak. Sebaiknya gunakan untuk transaksi yang ringan-ringan saja dan kamu masih bisa menyiapkan dana darurat di bulan berikutnya untuk keperluan tak terduga lagi.

(Baca Juga: Cara Aman Transaksi dengan Kartu Kredit dan Tips Jika Telat Membayar)

Beli Kebutuhan yang Mampu Kamu Bayar 

Tips kartu kredit tidak boros - Kebutuhan

Beberapa orang, ketika sudah mendapatkan kartu kredit akan kalap alias tidak sadar jika ia membeli banyak barang-barang mahal yang bahkan harganya melebihi pendapatan bulanan. Sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah jika kamu sanggup membayar. 

Namun jika ada sesuatu yang mendesak dan harus diselesaikan, kamu jadi tidak punya simpanan lagi dan utang kredit menjadi membengkak. 

Bukankah lebih baik uang tersebut diinvestasikan dan membeli kebutuhan yang masih terjangkau dibandingkan harus menghambur-hamburkan untuk barang yang bahkan tidak memiliki harga jual?

Jangan Membayar Saat Sudah Jatuh Tempo 

Tips kartu kredit tidak boros - Membayar kartu kredit

Tips kartu kredit tidak boros yang ketiga kamu harus membayarnya sebelum jatuh tempo, maksimal satu minggu. Hal ini dikarenakan, pembayaran tagihan kartu kredit tidak langsung diproses secara otomatis saat itu juga. Perlu waktu 2-3 hari dan lebih lama jika hari libur. 

Daripada kamu menumpuk hutang, lebih baik bayar sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan. Jangan ditunda karena telat membayar pun juga ada denda bunganya. Pasti kamu tidak ingin tagihan bertambah besar kan? 

Membayar Secara Penuh Setiap Bulannya

Tips kartu kredit tidak boros - Membayar

Cara bijak selanjutnya adalah kamu harus belajar menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Maksudnya, kamu harus melakukan pembayaran tagihan secara penuh setiap bulannya. Tujuannya agar terhindar dari bunga yang terus bertambah jika kamu terlambat membayar. 

Jalan satu-satunya agar kamu bisa mengcover pembayaran tagihan full setiap bulannya adalah bertransaksi lebih sedikit dibandingkan pendapatan. Sampai sini paham kan? 

Teliti Saat Terjadi Sesuatu yang Tidak Berjalan Semestinya 

Kamu harus tahu bahwa beberapa orang yang terjerat hutang kartu kredit dan tidak bisa membayar setiap bulannya karena mereka tidak pandai dalam mengidentifikasi masalah. 

Jika kamu mampu mengenali tanda-tanda kartu kredit yang bermasalah seperti ada tagihan yang mencurigakan dan kamu merasa tidak pernah melakukannya maka segera laporkan kepada bank penerbit. 

Selain itu, kamu juga harus melakukan evaluasi setiap bulannya agar tidak terjebak ke dalam permasalahan hutang yang tak kunjung selesai. Jika diperlukan, carilah konsultan pengeluaran atau membuat buku catatan setiap harinya. 

Jangan Menarik Uang di ATM Menggunakan Kartu Kredit 

Tips kartu kredit tidak boros selanjutnya adalah kamu tidak boleh menarik uang tunai, kecuali dalam keadaan yang benar-benar mendesak. Hal ini bertujuan untuk melindungi kamu dari masalah di masa depan karena setiap penarikan akan dikenakan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. 

Lebih baik kamu menarik tunai uang dari kartu debit karena itu adalah hasil tabungan kamu sendiri dan kapanpun berhak untuk menggunakannya. Namun tetap saja, jangan boros-boros ya! 

Jangan Pernah Meminjamkan Kartu Kredit Kepada Orang Lain 

Tips selanjutnya, kamu tidak boleh meminjamkan kartu kredit kepada orang lain karena  tidak bisa dipastikan apakah ia bisa dipercaya atau tidak. Kasus pembengkakan tagihan tidak hanya satu dua kali terjadi, karena orang tua yang mengizinkan anaknya menggunakan kartu kredit seenak hati. 

Walaupun bagi sebagian orang hal tersebut tidak masalah karena masih bisa membayar dan digunakan untuk keperluan anaknya sendiri, bukankah lebih baik mengajari untuk hidup sederhana dan tidak berfoya-foya? 

Memahami Persyaratan Kartu Kredit dengan Baik

Satu hal yang perlu kamu tahu bahwasanya masing-masing bank penerbit kartu kredit memiliki fitur dan persyaratan. Kamu harus memahami satu persatu agar terhindar dari hutang kredit yang berlebihan. 

Contohnya, kamu harus memahami berapa sih bunga kredit yang ditetapkan dalam satu akun dan kira-kira kapan, dalam kondisi yang apa biaya tambahan dikenakan termasuk kapan waktu suku bunga meningkat. 

(Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Kerja Kartu Kredit? Simak Yuk)

Jangan Berlebihan Menggunakan Kartu Kredit 

Sekali lagi kamu harus bijak dan tidak  boleh berlebihan. Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki dengan jenis yang berbeda maka semakin banyak pula bebanmu di masa depan. 

Lebih baik hanya satu kartu kredit namun sudah jelas manfaatnya dan memudahkan kamu, dibandingkan banyak namun membuat kamu memiliki naluri ingin berbelanja terus menerus. 

Daripada menambah jumlah kartu kredit, bukankah lebih baik menambah jumlah uang untuk kemudian diinvestasikan atau ditabung? 

Melalui cara ini, kamu akan terhindar dari hutang yang menumpuk karena uang pribadi sudah bisa mengcover semua kebutuhan, baik kebutuhan primer, sekunder atau mewah. 

Selain itu, tabungan dan investasi juga merupakan cara yang tepat agar nilai uang bisa tumbuh di masa depan. Sampai sini apakah bisa dipahami?

Mengatasi Kecanduan Kartu Kredit 

Salah satu ciri orang yang kecanduan kartu kredit adalah ia berbelanja terus menerus walaupun tahu jika hal tersebut tidak baik untuknya. Masalah ini cukup serius dan apabila tidak segera diatasi maka keuangan akan semakin memburuk. 

Oleh karena itu, kamu harus melakukan tips kartu kredit tidak boros dengan sungguh-sungguh. Contohnya adalah menyingkirkan kartu kredit dari e-commerce dalam jangka waktu tertentu hingga kamu bisa mengembalikan gaya hidup sewajarnya saja. 

Lebih baik selesaikan semua tagihan yang terbengkalai dan mulai menata budget bulanan. Pastinya harus sesuai dengan pendapatan dan buatlah skala prioritas. Dalam artian, mana yang lebih penting dan mana yang tidak kamu harus bisa membedakannya. 

Setelah semua dirasa beres, jangan buru-buru untuk memasukkan kartu kredit ke e-commerce lagi. Pastikan skala kebutuhanmu sudah tertata rapi dan belanja seperlunya saja. Ingat, jangan pernah mengulang kesalahan yang sama ya! 

Membuat Pengingat Bulanan 

Tips kartu kredit tidak boros berikutnya adalah dengan membuat pengingat bulanan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kamu harus membuat skala prioritas untuk pengeluaran tiap bulannya. 

Namun jangan hanya dipajang saja, jadikan pengingat di handphone dan alarm jika pengeluaran kamu sudah melebihi batas, khususnya penggunaan kartu kredit. 

Selain itu tips kartu kredit tidak boros lainnya adalah dengan menetapkan budget belanja. Jadi kamu tidak stres memikirkan hutang yang belum dibayarkan. 

Membawa Kartu Kredit di Hari Tertentu Saja 

Nah selain menyingkirkan kartu kredit dari situs belanja online, kamu juga harus menjauhkannya dari dompet. Jangan dibawa terus ya, gunakan setiap ingin berbelanja saja, misalkan satu atau dua minggu sekali. 

Selain itu juga tetapkan kira-kira barang apa saja sih yang boleh dibeli menggunakan kartu kredit. Apakah barang mewah atau kebutuhan bulanan seperti skincare, baju dan peralatan sekolah? 

Ketika kamu tahu masih ada kartu kredit di dalam dompet, tidak bisa dipungkiri pasti dorongan belanja akan jauh lebih besar. Jika sudah disingkirkan namun tetap tidak bisa tertahan untuk menggunakan kartu kredit, maka letakkan di tempat yang terkunci dan jauhkan dari pandanganmu. 

Menggunakan Reward Point 

Tips kartu kredit tidak boros yang terakhir adalah dengan menggunakan Reward Point. Kesalahan beberapa orang dalam penggunaan kartu kredit adalah mereka tidak peduli dengan reward poin walaupun memilikinya. Jadi yang seharusnya bisa gratis malah memilih untuk membayarnya lagi dan lagi. 

Kembali lagi, kamu harus tahu sistem hadiah yang diberikan oleh masing-masing bank penerbit kepada nasabahnya agar suatu saat jika kamu datang di tempat yang sudah diajak bekerjasama, maka bisa menggunakan reward dari transaksi sebelumnya tanpa harus membayar lagi. 

Bagaimana apakah beberapa tips kartu kredit tidak boros di atas sudah bisa dipahami dengan baik? Jika sudah, lakukan dengan sungguh-sungguh ya. Tanamkan kepada diri bahwa mencari lebih susah dibandingkan menghabiskan. 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit