Kartu Kredit

Berikut Syarat Pengajuan Kartu Kredit Berbagai Macam Bank yang Perlu Kamu Ketahui

thumb pengajuan kkredit - syarat pengajuan kartu kredit

Kartu kredit memang dikenal memberikan kemudahan yang beraneka ragam. Kamu bisa berbelanja baik online dan offline di semua merchant yang sudah bekerjasama serta dapat melakukan penarikan tunai dengan pembayaran di kemudian hari. Namun tahukah apa saja syarat pengajuan kartu kredit?

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Kredit Online Gratis dan Mudah

Jika belum, berikut ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan kartu kredit Bank HSBC, BCA, Mandiri, BNI dan lain sebagainya.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Aneka Bank yang Harus Dipenuhi

Bank yang ada di Indonesia senantiasa memberikan kemudahan bagi para calon nasabahnya untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Mengingat bahwa konsep kartu kredit sebenarnya adalah hutang bank dan itu saling menguntungkan kedua belah pihak.

Nah jika kamu penasaran apa saja syarat yang harus dipersiapkan beserta fitur yang diberikan oleh masing-masing bank, maka simak penjelasan pada beberapa poin di bawah ini ya!

1. Bank HSBC

Pertama yang akan dibahas adalah HSBC yang menawarkan beberapa jenis kartu kredit an bisa digunakan baik di dalam maupun luar negeri. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika membutuhkan uang secara mendadak. Ini dia syarat yang harus kamu persiapkan:

  • Kamu harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun untuk pemegang kartu utama. Sedangkan untuk kartu tambahan, kamu harus berusia minimal 17 tahun.
  • Apabila kamu bertempat tinggal di daerah Jabodetabek, maka harus berpendapatan minimal Rp5.000.000, sedangkan untuk di luar Jabodetabek minimal Rp4.000.000.
  • Kamu harus mempersiapkan fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk menginput data di sistem bank HSBC.
  • Fotocopy bukti penghasilan atau slip gaji.
  • Fotocopy NPWP.

Jadi itu dia beberapa syarat pengajuan kartu kredit di Bank HSBC. Silahkan lengkapi dengan benar dan lengkap ya agar bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan.

2. Bank BCA

Bank Central Asia atau yang lebih dikenal dengan Bank BCA sering menawarkan promo menarik, diantaranya adalah autopay, cicilan, reward dan asuransi. Selain itu BCA juga tak jarang memberikan promo, diskon di mall atau restoran hingga tiket travel.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi nasabah Bank BCA dan memiliki kartu kreditnya, maka siapkan beberapa persyaratan di bawah ini ya!

  • Fotocopy KTP, seperti sebelumnya data kamu akan diinput oleh sistem bank.
  • Kamu harus berusia minimal 21 tahun dengan penghasilan bersih Rp3.000.000 per bulannya, di bawah itu maka pengajuan kartu kredit tidak akan diterima.
  • Fotocopy slip gaji yang diberikan oleh perusahaan, jika berwirausaha maka bisa meminta bukti penghasilan di kantor desa atau kelurahan tempat kamu tinggal.
  • Memiliki fotocopy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Apabila kamu sudah memiliki kartu kredit namun ingin upgrade ke layanan dan limit terbaru maka harus melampirkan tagihan selama 3 bulan terakhir.

Sudah itu saja, cukup mudah bukan? Mulai persiapkan dari sekarang ya apabila ingin menikmati semua fitur dan layanan yang sudah disebutkan di atas.

3. Bank BNI

Bank Nasional Indonesia (BNI) juga tak ketinggalan dalam menawarkan kartu kredit. Aneka kemudahan dan fitur menarik akan kamu dapatkan mulai dari promo tiket pesawat, kereta api dan diskon di beberapa merchant.

Kamu harus melakukan pengajuan kartu kredit dengan memenuhi beberapa syarat di bawah ini:

  • Kamu harus berusia minimal 21 tahun untuk pengajuan kartu utama, 17 tahun untuk pengajuan kartu tambahan dan maksimal 65 tahun untuk pengajuan kedua jenis kartu.
  • Memiliki penghasilan minimal Rp36.000.000 dalam setahun. Iya, BNI memberikan kebijakan yang agak berbeda dibanding yang lainnya.

Jadi, pendapatan tidak harus dipatok per bulannya berapa, asalkan jika diakumulasi dalam satu tahun mencapai jumlah di atas.

Bagaimana syarat pengajuan kartu kredit BNI juga tak kalah mudah kan? Bisa dilakukan secara online maupun offline loh.

4. Bank Mandiri

Tahukah kamu jika Bank Mandiri memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan bank lain, yaitu Fiestapoin yang memberikan kamu 1 poin di setiap kelipatan belanja Rp20.000. Nah poin ini nantinya bisa kamu tukarkan dengan ragam hadiah yang menarik.

Contohnya adalah gadget, tiket travelling dan lain sebagainya. Namun transaksi yang terhitung untuk mendapatkan Fiestapoin adalah transaksi non cicilan atau pembelanjaan, mandiri power bills non PLN dan lain sebagainya.

Kamu bisa bertanya terlebih dahulu ke Costumer Service terkait ketentuan Fiestapoin. Namun sebelum itu, siapkan beberapa syarat ini agar pengajuan kartu kredit Bank Mandiri diterima:

  • Bagi yang sudah memiliki kartu kredit, harus melampirkan tagihan selama 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy slip gaji atau bukti penghasilan.
  • Kamu harus berusia minimal 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulannya.
  • Fotocopy NPWP.

Pastikan semua data kamu yang ada pada beberapa syarat di atas sudah benar dan valid ya. Jangan sampai salah karena sistem bank akan mensinkronkan antara satu dengan lainnya.

5. Citibank

Syarat pengajuan kartu kredit Citibank ini terbilang sangat mudah. Cukup dengan minimal berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Selain itu juga harus berpenghasilan minimal Rp60.000.000 per tahunnya.

Jadi jika dihitung per bulan, maka kamu harus memiliki penghasilan minimal Rp5.000.000. Namun untuk jenis pekerjaan, tentunya tidak menjadi masalah, apakah wirausaha, PNS atau yang lainnya.

6. Bank BRI

Nah, siapa nih yang menunggu apa saja syarat pengajuan kartu kredit Bank BRI? Namun sebelum membahas lebih jauh, satu hal lagi yang harus kamu ketahui bahwa antara satu jenis credit card dengan lainnya diterapkan syarat yang berbeda, ini dia lengkapnya:

  • BRI Wonderfull Indonesia

Produk Bank BRI yang pertama adalah BRI Wonderful Indonesia yang merupakan hasil dari kerjasama dengan Kementerian Pariwisata kepada siapapun yang ingin menikmati keindahan alam dengan fasilitas yang layak.

Syarat yang harus dipenuhi adalah berusia 22 tahun dan maksimal 55 tahun serta berpenghasilan minimal Rp10.000.000 per bulannya. Limitnya dimulai dari Rp15.000.000 hingga Rp999.000.000.

  • BRI JCB Platinum

Kedua adalah BRI JCB Platinum sebagai produk card travel and sport bagi segment profesional. Contohnya adalah pengusaha yang sering melakukan perjalanan di sekitar Benua Asia.

Syarat khusus yang harus dipenuhi adalah berusia 25 – 45 tahun dengan penghasilan minimal Rp7.000.000. Limitnya dimulai dari Rp15.000.000 hingga Rp75.000.000.

  • BRI World Access

Kelebihan yang dimiliki oleh BRI World Access ini adalah kamu bisa mendapatkan 2 kali BRI Point setiap bertransaksi di hotel, MCC Travel, Airlines Double Mileage Conversion dan lain sebagainya.

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 25 tahun dan maksimal 55 tahun. Penghasilan bersih per bulannya juga harus mencapai minimal Rp30.000.000. Limitnya Rp50.000.000 hingga Rp999.000.000.

  • BRI Business Card

Produk yang terakhir adalah BRI Business Card yang dikhususkan untuk karyawan perusahaan dengan fitur free annual for life serta gratis ex-lounge. Persyaratan khusus yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 25 tahun dan maksimal 55 tahun.

7. Bank CIMB Niaga

CIMB Niaga memberikan syarat yang berbeda antara satu profesi dengan yang lainnya. Silahkan simak tabel di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Dokumen

Karyawan

Wiraswasta

Profesional

Surat izin profesi

X

X

KTP

SPT Pajak

X

X

NPWP

Rekening tabungan (3 bulan terakhir)

Slip gaji terakhir

X

X

Tagihan kartu kredit (jika punya) selama 3 bulan terakhir.

X

X

Apabila kamu masih bingung jenis apa yang ingin dipilih, berikut ini bisa jadi referensi:

  • Kartu Kredit CIMB Niaga Classic

Fitur yang akan kamu dapatkan adalah gratis iuran tahunan dan mendapatkan rewards poin Extra setiap transaksi berkelipatan Rp5.000.

  • Kartu Kredit CIMB Niaga Gold

Tak ketinggalan, kelebihan yang dimiliki oleh kartu kredit CIMB Niaga Gold adalah gratis iuran tahunan untuk pemegang kartu kredit utama, gratis iuran kartu kredit Gold tambahan komunitas, namun harus melakukan transaksi minimal 2 kali per tahun.

Selain itu juga ada tambahan 1 poin ekstra setiap transaksi Rp5.000. Bagaimana paham kan?

Baca Juga : Situasi yang Sebaiknya Tidak Menggunakan Kartu Kredit Agar Aman

Syarat pengajuan kartu kredit di atas harus dipahami dan dipenuhi dengan benar. Data yang disampaikan juga harus jujur apabila ingin mendapatkan penawaran menarik lainnya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit