Kartu Kredit

Syarat-syarat Pengajuan Kredit HP Tanpa Kartu Kredit

Kini membeli perangkat smartphone makin mudah dengan berbagai macam transaksi, mulai dari cash hingga kredit HP tanpa kartu kredit atau dicicil sekarang memungkinkan untuk dilakukan. Bahkan pengajuan kredit pembelian smartphone ini bisa dilakukan langsung dengan menggunakan aplikasi saja.

Baca Juga : Berikut Keunggulan Serta Deretan Aplikasi Kredit HP Online Murah Terpercaya

Aplikasi untuk mengajukan kredit tersebut juga ada berbagai macam lho. Aplikasi-aplikasi ini bahkan sudah bekerja sama dengan beberapa toko online maupun offline untuk memudahakan pelanggannya saat bertransaksi. Namun tentu ada syarat sebelum itu, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui.

Berikut Syarat Kredit HP Tanpa Kartu Kredit

1. Mengunduh Aplikasi

Makin mudah, kini urusan transaksi yang berkaitan dengan kredit atau cicilan kini bisa dilakukan langsung hanya dengan menggunakan aplikasi saja. Berbagai macam aplikasi kredit online kini bisa kamu pilih yang bisa kamu unduh di Play Store bagi maupun App Store.

Tentunya, setiap aplikasi kredit online memiliki persyaratan masing-masing, bahkan jumlah tenor dan jangka waktu cicilan yang ditawarkan juga berbeda-beda. Kamu juga harus tahu bunga dan jaminan yang ditawarkan setiap aplikasi, agar kamu lebih berhati-hati saat melakukan kredit online ini.

2. Membuat Akun di Aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi kredit online tersebut, kamu akan diarahkan untuk membuat akun di aplikasi dan mengisi data diri yang sesuai dengan kartu identitas yang kamu gunakan, bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM dan Kartu Keluarga.

Kamu juga akan diarahkan untuk mengunggah berkas-berkas tersebut dalam aplikasi. Data ini akan digunakan untuk verifikasi data kamu dengan yang kamu unggah di aplikasi. Periksa kembali data yang kamu isi di aplikasi agar tak ada kesalahan verifikasi dengan data kamu.

3. Usia

Setelah mengunduh aplikasi, kamu juga harus tahu bahwa setiap aplikasi atau transaksi kredit memiliki batasan usia minimal dan maksimal. Umumnya usia yang diperbolehkan adalah 18 tahun, usia tersebut dianggap cukup untuk memiliki kartu tanda penduduk dan identitas resmi negara serta berpenghasilan.

Usia 18 tahun adalah batas minimal seseorang bisa mengajukan persyaratan kredit tersebut, sedangkan untuk batas maksimal adalah usia 60 tahun. Batas maksimal ini merupakan dimana umumnya kredit bisa diterima, pasalnya umur 60 tahun seseorang sudah dikategorikan lansia dan pensiun dari pekerjaannya.

4. Memiliki Slip Gaji

slip gaji

Ketika kamu sudah bekerja, maka kamu berhak menerima slip gaji dari kantor. Hal ini merupakan salah satu persyaratan kamu dalam mengajukan kredit online untuk membeli HP. Pasalnya dengan slip gaji ini makin meyakinkan pihak pemberi kredit karena kamu memiliki penghasilan tetap dalam satu bulan.

Tak cuma itu, slip gaji ini juga yang akan menentukkan kamu mendapatkan limit atau batas kredt yang bosa kamu dapatkan. Pihak pemberi kredit tak akan memberikan kredit di atas limit kemampuan dari gaji satu bulan yang kamu dapatkan. Hal ini untuk menngatasi keterlambatan pembayaran cicilan tiap bulan.

5. Kartu Identitas

identitas

Selain itu, berkas yang perlu kamu siapkan untuk mengajukan kredit adalah mempersiapkan kartu identitas yang bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga Kartu Keluarga (KK). Data pribadi ini biasanya di scan dan diunduh di aplikasi saat mendaftar akun.

Persyaratan di atas yang membuat batasan umur 18 tahun merupakan salah stau syaratnya. Pasalnya di Indonesia sendiri seseorang atau warga negara baru bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk ketika sudah menginjak umur 17 tahun dan sudah dianggap dewasa.

6. Memiliki Akun Bank Atas Nama Sendiri

promo diskon - perbedaan kartu kredit dan kartu debit

 

Persyaratan selanjutnya untuk mengajukan kredit HP tanpa kartu kredit adalah memiliki akun bank atas nama sendiri. Akun bank tersebut harus memiliki nama yang sama dengan kartu identitas, nama ornag yang mengajukan kredit dan identitas lainnya. Hal ini dilakukan agar saat verifikasi data lebih mudah.

Syarat satu ini biasanya dimiliki seseorang apabila sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap yang dikirim langsung ke rekening akun bank tersebut. Peminjam bisa dengan mudah memeriksa riwayat serta penghasilan yang masuk apakah sesuai dengan slip gaji yang diajukan pemohon.

7. Memiliki Pekerjaan yang Tetap

pekerjaan tetap

Persyaratan sebelumnya pemohon cicilan HP memiliki slip gaji, hal ini sangat berkesinambungan dengan persyaratan harus memiliki pekerjaan yang tetap. Salah satu syarat ini yang sangat penting dan krusial, karena dengan memiliki pekerjaan yang tetap maka kamu akan dipermudah untuk dapat persetujuan.

Pekerjaan yang tetap juga akan menjadi salah satu kunci lho, jika kamu masih dalam status kontrak atau freelance, maka kecil kemungkinan pengajuan kredit untuk membeli HP terbaru akan diterima. Kalau pun diterima limit yang diberikan akan sangat kecil dihitung dari rata-rata pemasukan kamu.

8. Mengisi Formulir di Aplikasi

 

Usai mengunduh aplikasi dan melengkapi berkas-berkas yang sudah kamu siapkan sebelumnya, kamu juga akan diarahkan untuk mengisi formulir yang umumnya berisi data diri. Formulir atau form ini nantinya akan dicocokan dengan unduhan file berkas seperti KTP hingga Kartu Keluarga milikmu.

Verifikasi data ini sangat penting, pasalnya peminjam kredit hanya mendapatkan informasi melalui data-data tersebut tanpa survey ke rumah langsung. Berbeda dengan dulu, apabila akan mengajukan pinjaman, pihak bank atau pemberi pinjaman harus survey ke rumah untuk verifikasi data.

9. Tak Memiliki Tanggungan Cicilan

tuntas uang - manfaat pinjaman online untuk keuangan

Hal lainnya yang nggak kalah penting adalah pentingnya kamu tak memiliki tanggungan cicilan di tempat lainnya maupun di aplikasi pinjaman online lainnya. Riiwayat kamu nantinya akan dicari oleh peminjam uang untuk dijadikan acuan saat kamu akan mengajukan pinjaman atau kredit.

Survey satu ini memberikan data terbaru bagi pemberi pinjaman untuk mempetimbangkan memberikan pinjaman pada kamu. Pasalnya track record kamu selama pembayaran cicilan di tempat sebelumnya menjadi pertimbangan pemberi pinjaman lho, jadi pastikan dulu tak ada tanggungan lainnya.

10. Domisili

- syarat dalam melakukan kredit

Meski aplikasi pinjaman ini bisa diunduh oleh seluruh warga Indonesia, namun nyatanya tak semua warga Indonesia bisa menggunakan aplikasi ini untk membeli HP baru. Pasalnya beberapa aplikasi memberikan syarat untuk peminjam hanya yang berdomisili di tempat tinggal tertentu.

Tak semua daerah ternyata bisa dijangkau aplikasi tersebut, beberapa aplikasi hanya mau menyetuji penggunanya yang hanya berdomisili di Pulau Jawa. Bahkan ada aplikasi yang menetapkan kota-kota besar saja yang bisa mengajukan kredit HP melalui aplikasinya, seperti Jabodetabek dan Surabaya.

11. Media Sosial Aktif

Beberapa aplikasi pinjaman online juga mengharuskan syarat lain seperti pemohonnya memiliki media sosial aktif, entah Facebook atau Instagram yang memiliki identitas yang sama dengan KTP serta fotonya yang sesuai dengan data yang sudah terverifikasi dan diunduh di aplikasi sebelumnya.

Meski tak semua aplikasi mengharuskan memiliki media sosial, namun akun ini nantinya menjadi backup pemberi pinjaman. Pasalnya kredit online ini dilakukan tanpa adanya survey langsung dan jaminan. Bahkan makin modern, kini peminjam dan pemohon tak perlu bertemu dan bertatap muka.

12. Akses e-Commerce

bunga tinggi - kekurangan menggunakan kartu kredit

Kini juga banyak aplikasi pinjam online yang mengharuskan pemohonnya mengizinkan untuk mengakses akun marketplace atau e-commerce. Beberapa aplikasi pinjaman online juga sudah bekerja sama dengan marketplace untuk memilih barang yang akan dijadikan cicilan oleh pelanggannya.

Bekerja sama dengan marketplace ini membuat pelanggan aplikasi pinjaman online ini makin mudah belanja barang yang diinginkannya. Pasalnya kini marketpalce sudah banyak menyediakan pilihan barang seperti baju, barang elektronik dengan beragam merek dan harga yang bervariasi.

13. Nomor Telepon untuk Verifikasi

Saat mendaftarkan akun di aplikasi, umumnya kamu akan diharuskan untuk mengisi nomor telepon pemohon dan saudara yang bisa dihubungi. Nantinya nomor telepon saudara yang dicantumkan ini menjadi salah satu cara pihak pemberi pinjaman untuk memverifikasi data.

Tujuannya sama yaitu untuk memverifikasi data pemohon, mulai dari data diri hingga informasi lainnya seperti tempat bekerja dan hubungan keduanya. Hal ini diperuntukan untuk berjaga-jaga apabila pemohon tak membayar cicilan tepat waktu, sehingga saudaranya bisa mengingatkannya langsung.

Itulah tadi 12 syarat-syarat yang harus kamu persiapkan sebelum mengajukan kredit HP tanpa kartu kredit yaitu dengan menggunakan aplikasi. Karena pengajuan cicilan HP tanpa menggunakan kartu kredit dan berhubungan dengan bank, sehingga syaratnya sedikit berbeda dengan pengajuan di bank.

Baca Juga : Syarat Pengajuan Kartu Kredit Berbagai Macam Bank yang Perlu diketahui

Makin mudah dengan adanya teknologi, kini kredit bisa langsung kamu ajukan lewat aplikasi. Menariknya lagi kamu nggak perlu lagi datang ke kantor pusat bahkan pengajuan kredit zaman now tanpa jaminan hingga survey. Persyaratan yang diajukan juga beragam, namun deretan di atas bisa jadi acuan kamu.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit