Kartu Kredit

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit Agar Dapat Digunakan Dengan Bijak

thumbnail lk kredit - kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Masyarakat di era modern sudah tidak asing dengan penggunaan kartu kredit dalam bertransaksi. Mungkin kamu menjadi salah satu yang berminat untuk mengajukan jenis kartu ini. Namun, sebaiknya pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Baca Juga : Pahami Yuk Macam-Macam Kartu kredit Internasional dan Perbedaannya

Dengan memahami hal seputar kartu kredit, kamu jadi bisa mengontrol penggunaannya di masa mendatang. Jangan sampai tidak mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar tidak terkena jebakan jenis kartu ini. 

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

lebih kurang kartu kredit - kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Tidak sedikit yang merasa kemudahan penggunaan kartu kredit justru menjadi beban finansial. Padahal, seharusnya kartu ini bisa menjadi solusi modern untuk transaksi yang dilakukan. Bagaimana tidak, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit  baik secara online maupun offline. 

Tidak hanya itu, mengajukan cicilan barang impian pun akan lebih mudah dengan adanya kartu kredit. Jangan terburu-buru, kamu harus memahami secara menyeluruh kelebihan dan kekurangan kartu kredit agar bisa menggunakannya dengan bijak. 

Kelebihan Kartu Kredit

lebih kredit - kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Kehidupan masyarakat modern memang akan terbantu dengan metode transaksi cashless yang dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan kartu kredit yang memiliki kelebihan sebagai berikut. 

1. Bisa Memakai Nominal Uang Lebih Besar

Kelebihan pertama dari kartu kredit adalah memungkinkan penggunanya memakai dana lebih besar dari yang dimiliki. Jadi, dana instan ini bisa dirasakan kapanpun dibutuhakn untuk bertransaksi. 

Padahal, dana asli yang ada di rekening pengguna terkadang tidak lebiih dari pengeluaran dengan kartu kredit. Jadi, kamu bisa mendapatkan barang incaran meskipun uang yang dimiliki belum terkumpul. 

Tidak hanya itu, proses meminjam uang ke pihak bank terkait pun lebih mudah dilakukan. Nasabah tidak perlu membuang-buang banyak waktu untuk melalui proses approval. Meski demikian, berhati-hatilah dengan kemudahan kartu kredit yang satu ini. 

Jangan sampai keuangan kamu besar pasak daripada tiang. Buatlah perhitungan yang tepat agar jumlah pengeluaran tidak lebih besar dibanding penghasilan yang didapat.

2. Transaksi Fisik dan Virtual Lebih Mudah

Di era teknologi seperti ini, transaksi secara online memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Nah, kartu kredit akan memudahkan kamu melakukan transaksi offline dan online. Punya barang elektronik yang menjadi incaran? Sebagian orang lebih memilih membayarnya dengan kartu kredit.

Dibanding membawa uang tunai, mungkin hal ini dirasa kurang aman dan merepotkan. Sedangan jika menggunakan kartu kredit, proses pembayaran lebih cepat dilakukan. Tidak hanya berbelanja secara fisik, belanja online juga akan lebih mudah dengan adanya kartu kredit.

Saat ini, sudah banyak aplikasi belanja online yang menyediakan metode pembayaran melalui kartu kredit. Hal ini dinilai lebih simple sehingga tidak butuh langkah yang banyak untuk melakukan pembayaran. 

3. Banyak Diskon dan Promo yang Menguntungkan

Jika kamu menjadi salah satu pengguna kartu kredit, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai jenis promo yang ditawarkan. Bahkan promo-promo tersebut terlihat menggiurkan dan membuat pengguna kartu kredit ingin bertransaksi. 

Apalagi jika promo yang diberikan berupa cashback sekian persen sehingga tampak menguntungkan. Selain itu, promo berupa diskon juga banyak disukai pengguna kartu kredit. Terlebih apabila diskon tersebut diberikan pada barang yang selama ini diincar.

4. Bisa Mengajukan Cicilan Bunga 0%

Nah, keuntungan yang satu ini memang cukup menggoda bagi pengguna kartu kredit. Jadi, kamu bisa mencicil barang kesukaan dengan bunga 0%. Artinya, tiap bulan cicilan tidak akan dibebankan bunga apapun selama masih dalam masa tenor.

Pada dasarnya, pengajuan cicilan bunga 0% ini memang banyak dikenakan pada berbagai macam alat elekronik. Contohnya gadget, furniture, jam tangan premium, dan lain sebagainya. Adapun tenor yang diberika pihak bank mulai dari 3-24 bulan. 

5. Pembayaran Tagihan Lebih Mudah

Memang sudah bukan hal yang aneh jika kartu kredit memang akan memudahkan membayar tagihan. Terutama karena adanya fitur Bill Payment yang disukai banyak nasabah. Jadi, nasabah tinggal mendaftarkan tagihan rutin bulanan sesuai nominal yang dikeluarkan. 

Berbagai tagihan yang bisa dibayarkan melalui kartu kredit misalnya cicilan rumah, tagihan listrik, TV kabel, tagihan air, internet, dan lain sebagainya. Jadi, nasabah tidak akan kelupaan membayar tagihan tersebut karena akan dibayarkan secara otomatis oleh kartu kredit. 

Sebenarnya, fitur ini sangat cocok bagi kamu yang sering lupa menghafal nomor tagihan yang begitu banyak. Pihak bank penerbit kartu kredit akan membayarkan sejumlah tagihan tersebut sesuai tanggal jatuh tempo. 

6. Membantu Membangun Reputasi Kredit

Keuntungan lainnya dari penggunaan kartu kredit adalah bisa membangun reputasi kredit. Setiap kebiasaan transaksi yang dilakukan nasabah akan terekam dengan jelas oleh pihak bank penerbit kartu kredit. 

Tak heran jika hal ini akan sangat berguna bagi pihak bank untuk mengumpulan informasi yang dibutuhkan. Terutama jika sewaktu-waktu pengguna kartu kredit hendak mengajukan pinjaman yang cukup besar pada lembaga keuangan. 

Nantinya, keputusan layak atau tidaknya nasabah menerima pinjaman akan dilihat dari data kartu kredit yang digunakan. 

Kekurangan Kartu Kredit

kurang kredit - kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Selain kelebihan, jenis kartu ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui kekurangannya, kamu pun akan lebih bijak jika sewaktu-waktu memiliki kartu kredit. 

1. Syarat Pengajuan Tergolong Ketat

Secara umum, proses pengajuan kartu kredit memang tergolong sulit dan berbelit-belit. Bahkan jika ada satu syarat yang tidak terpenuhi, kamu akan gagal mengajukan kartu kredit. Kemampuan nasabah akan sangat dinilai oleh pihak bank.

Meski demikian, alat transaksi nontunai ini memang banyak diminati masyarakat saat ini.Hal ini menjadi salah satu alasan pihak bank tidak begitu memudahkan nasabah mengajukan kartu kredit. Hanya nasabah yang dinilai layak saja yang akan diberikan kepemilikan kartu kredit. 

Adapun beberapa persyaratan  yang biasanya diberikan adalah minimum penghasilan, domisili, jenis pekerjaan, usia, dan lain sebagainya. Kebanyakan bank penerbit kartu kredit memberikan syarat minimal pengasilan nasabah adalah Rp3.000.000. 

Semakin besar pendapatan yang dihasilkan, biasanya limit yang diberikan pun semakin besar. Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan kontrol yang baik terhadap penggunaan kartu kredit.

2. Beban Bunga yang Bear

Bunga yang dibebankan bank penerbit kartu kredit di Indonesia memang tergolong besar. Rata-rata biaya bunga tersebut 2.25% per tahun alias 27% per tahun. 

Biaya bunga kartu kredit jauh lebih besar dibanding jenis kredit perbankan lainnya, misalnya KPR (Kredit Perumahan Rakyat) dengan bunga 10% per tahun. Bunga tersebut dibebankan pada pengguna kartu kredit yang terlambat membayar tagihan jenis kartu ini. 

3. Denda Keterlambatan Tergolong Besar

Pengguna kartu kredit harus siap dengan resiko denda keterlambatan yang tergolong besar. Sedangka bagi yang 100% lancar membayar tagihan sebelum jatuh tempo, biaya bunga tidak akan dibebankan. 

Sedangkan bagi yang pernah atau sering telat membayar tagihan, sejumlah bunga harus dibayarkan cukup besar. Bahkan rata-rata sebesar 3% dari total tagihan yang dibebankan pemilik kartu kredit. 

Tak heran jika memiliki kartu kredit harus dibarengi dengan komitmen membayar tagihan dengan baik dan benar.

4. Wajib Membayar Biaya Iuran Tahunan

Perlu dipahami bahwa kartu kredit yang diterbitkan pihak bank memang tidak gratis. Kamu harus membayar sejumlah biaya iuran tahunan atau dikenal dengan istilah annual fee. Nah, masing-masing pihak bank membebankan biaya iuran tahunan yang berbeda-beda. 

Namun, rata-rata bank penerbit kartu kredit menetapkan biaya tersebut sejumlah Rp125.000 per tahun. Bahkan ada juga pihak bank yang mewajibkan pemilik kartu kredit membayar biaya tahunan ampai jutaan rupiah. 

Nah, biasaya hal ini tergantung dari limit kartu kredit yang kamu miliki. Semakin besar besar limitnya, maka iuran tahunannya semakin besar. 

5. Meningkatkan Hasrat menjadi Konsumtif

Banyaknya diskon dan promi untuk pengguna kartu kredit akan meningkatkan hasrat untuk menjadi konsumtif. Terlebih di momen tertentu dimana promo cashback gencar diberikan. Tak heran jika keinginan untuk berbelanja semakin meningkat sehingga bisa membuat pengguna menjadi konsumtif.

Tidak sedikit pengguna kartu kredit yang dengan mudah berbelanja sesuatu yang tidak penting hanya karena adanya promo tertentu. Pemilik kartu kredit yang tidak disiplin bisa  mendapatkan boomerang berupa masalah finansial di masa depan. 

Baca Juga : Cara Aman Transaksi Dengan Kartu Kredit dan Tips Jika Telat Membayar

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan kartu kredit, kamu akan lebih bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai jenis kartu yang seharusnya membantu transaksi ini malah menjadi beban finansial yang besar.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit