Kartu KreditKredit

Yuk Ketahui Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit, Supaya Kamu Dapat Menggunakannya Dengan Bijak

thumbnail kkredit - kekurangan menggunakan kartu kredit

Pengajuan terhadap kartu kredit pada dasarnya masih banyak dilakukan. Meski pada beberapa bank penerbit kartu kredit memberikan persyaratan yang ketat. Walau banyak menawarkan kelebihan, kamu juga perlu mengetahui kekurangan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : Beberapa Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit yang Wajib Kamu Tahu

Tidak sedikit yang akhirnya terjebak masalah finansial terkait penggunaan kartu kredit. Oleh sebab itu, penggunaannya harus penuh dengan perhitungan matang. Agar tidak menyesal, simak ulasan mengenai kekurangan pemakaian kartu kredit di bawah ini.

Berikut Beberapa Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

Perlu diketahui bahwa penggunaan kartu kredit diibaratkan pisau bermata dua. Di samping memberikan manfaat dan kegunaan melimpah, namun sisi negatifnya juga tidak bisa dipisahkan. Tidak sedikit nasabah yang terjebak dengan ilusi penggunaan kartu kredit.

Pada saat berbelanja dengan kartu kredit, pada dasarnya kamu menambah hutang kepada pihak bank. Sebaiknya pahami apa saja kekurangan menggunakan kartu kredit agar tidak menimbulkan masalah finansial di masa depan.

1. Pengajuan Kartu Kredit Tergolong Ketat

pengajuan - kekurangan menggunakan kartu kredit

Tidak sedikit bank penerbit kartu kredit yang membuat persyaratan yang cukup ketat untuk mengajukan kartu kredit. Hingga saat ini, masyarakat masih banyak yang memburu kartu kredit karena kemudahan yang ditawarkannya.

Alat transaksi nontunai ini menjadi idaman, terutama bagi mereka yang senang berbelanja. Namun, persyaratan yang ketat membuat tidak semua pengajuan dapat diterima. Berbagai ketentuan dan persyaratan harus dipenuhi tanpa terkecuali.

Adapun berbagai macam persyaratan yang dibutuhkan dalam  proses pengajuan kartu kredit diantaranya adalah minimum penghasilan, usia, domisili, jenis pekerjaan, dan lain sebagainya. Agar bisa mengajukan kartu kredit, setidaknya kamu harus memiliki penghasilan Rp 3 juta per bulan.

Semakin tinggi limit kartu kredit yang diajukan, maka minimum penghasilan pun harus lebih besar. Hal ini merupakan syarat mutlak sehingga harus bisa dipenuhi agar pengajuan diterima.

2. Bunga Tergolong Tinggi

bunga tinggi - kekurangan menggunakan kartu kredit

Di Indonesia sendiri besar bunga untuk kartu kredit rata-rata adalah sebesar 2.25% per bulan. Sedangkan untuk satu tahun adalah sebesar 27%. Dibanding jenis perbankan lainnya, bunga kartu kredit termasuk yang paling besar. Berbeda dengan bunga KPR yang tidak sampai 10% per tahun.

Bunga  harus dibayar oleh pengguna apabila tidak langsung membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Oleh karena itu, sebaiknya bayar tagihan 100% sebelum jatuh tempo agar tidak dikenakan bunga.

3. Denda Keterlambatan Besar

denda tlmbt - kekurangan menggunakan kartu kredit

Walau bagaimana pun juga, pihak bank pasti meraup keuntungan dari berbagai macam biaya yang harus dikeluarkan pengguna kartu kredit. Salah satunya adalah denda keterlambatan membayar tagihan kartu kredit ternyata termasuk besar lho.

Apabila kamu membayar tepat waktu secara lunas, maka denda keterlambatan ini tidak akan dikenakan. Sedangkan jika telat membayar tagihan, maka pengguna harus bersiap dengan pembayaran denda yang tergolong tinggi.

Adapun besar denda yang dibebankan adalah sebesar 3% dari total tagihan kartu kredit. Oleh karena itu, pengguna kartu kredit harus memiliki komitmen yang tinggi ketika membayar tagihan. Hal ini akan menghindari kamu dari biaya keterlambatan yang jika dikalkulasikan jumlahnya cukup tinggi.

4. Adanya Biaya Iuran Per Tahun

iuran pertahun - kekurangan menggunakan kartu kredit

Layanan kartu kredit ini tidaklah gratis, melainkan ada biaya iuran tahunan yang harus dibayarkan. Nah, biaya ini dikenal dengan sebutan annual fee. Adapun besarnya iuran tahunan ini tergantung dari jenis kartu kredit yang digunakan.

Namun, kebanyakan bank penerbit kartu kredit membebankan biaya tahunan ini sebesar Rp 125 ribu per tahun. Bahkan ada pula bank yang mengharuskan pengguna kartu kredit membayar annual fee sampai jutaan rupiah.

5. Menjadikan Pribadi yang Konsumtif

pribadi konsumtif - kekurangan menggunakan kartu kredit

Dengan atau tanpa disadari, kemudahan penggunaan kartu kredit akan menjadikan pribadi yang konsumtif. Terutama ketika momen tertentu dimana banyak layanan yang menyediakan diskon dengan kartu kredit.

Sebagai pemegang kartu kredit, tentu sudah tidak asing dengan banyaknya promo yang ditawarkan. Hal ini membuat penggunanya tidak manyadari bahwa dirinya menjadi pribadi yang konsumtif. Tidak sedikit pengguna kartu kredit yang membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan bersikap lebih bijak dan selektif. Terutama ketika memutuskan apa saja barang yang hendak dibeli. Pikirkan kembali, apakah barang tersebut harus dibeli atau tidak.

6. Sulit Menilai Kemampuan Finansial Sendiri

nilai kmmpuan - kekurangan menggunakan kartu kredit

Kemudahan yang ditawarkan kartu kredit membuat penggunanya seolah selalu memiliki uang. Padahal hal ini justru akan terus menambah hutang kamu ke pihak bank. Tidak hanya itu, kartu kredit juga membuat penggunanya sulit menilai kemampuan finansial  diri sendiri.

Hal ini karena kemudahan transaksi yang dilakukan, yaitu tinggal gesek saja. Tak heran jika banyak pengguna kartu kredit yang tergoda tanpa memikirkan konsekuensinya. Bahkan tidak sedikit yang baru sadar bahwa dirinya telah menumpuk banyak hutang.

Tentunya, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh sebab itu, pengguna kartu kredit bisa menyiasatinya dengan membuat perhitungan yang matang mengenai besar pendapatan. Pastikan jumlah pengeluaran tidak lebih besar dibanding pemasukan.

7. Berpotensi Merusak Nama Baik

nama baik - kekurangan menggunakan kartu kredit

Bagaimana sebuah kartu kredit bisa merusak nama baik seseorang? Hal ini mungkin saja terjadi dan sudah banyak terjadi secara nyata. Terutama ketika seorang pemilik kartu kredit menunggak cicilan sampai tidak bisa melunasi hutang-hutangnya.

Biasanya penagih hutang atau debt collector akan mendatangi si rumah si pemiik kartu kredit. Tak heran jika hal ini merupakan kesan yang buruk dan sebaiknya dihindari. Agar hal ini tidak sampai terjadi, jangan lupa untuk selalu mengontrol pengeluaran dan membayar tagihan tepat waktu.

8. Sulit Menabung

sulit nabung - kekurangan menggunakan kartu kredit

Pengguna kartu kredit bisa hanyut dalam keasyikkan berbelanja berbagai barang yang diinginkannya. Padahal, hal ini sama saja kamu menambah beban hutang terhadap piak bank. Jika sudah demikian, kamu harus menyiapkan sejumlah dana untuk membayar cicial tepat waktu.

Tak heran jika pengguna kartu kredit akan kesulitan menabung. Padahal, tabungan sangat penting sebagai persiapan finansial di masa depan. Terjebak dalam godaan kartu kredit akan membuat penggunanya tidak betah selama limit masih ada.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Setelah mengetahui kekurangan menggunakan kartu kredit, kini saatnya memahami cara bijak menggunakan kartu kredit. Dengan demikian, kamu tidak akan terjebak dalam penggunaan kartu kredit yang bisa menimbulkan masalah finansial.

Lalu, apa saja cara bijak menggunakan kartu kredit? Berikut diantaranya.

1. Memilih Jenis Kartu Kredit sesuai Kebutuhan

Tidak sedikit pengguna kartu kredit yang sering melakukan transaksi berlebihan setiap bulannya. Padahal hal ini bisa menjadi bom waktu sehingga membahayakan di masa depan. Penggunaan kartu kredit secara bijak sangat penting dilakukan.

Oleh karena itu, hal ini bisa diawali dengan pemilihan jenis kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu langsung tergoda dengan limit besar, kamu bisa memilih limit yang sesuai dengan penghasila yang didapat.

2. Batasi Besar Limit Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit tanpa memikirkan limit yang digunakan merupakan masalah besar. Oleh karena itu, perihal limit ini harus benar-benar dipahami sebelum membuat kartu kredit. Semakin tinggi limit yang diberikan, jumlah cicilan pun akan semakin besar.

Biasanya tagihan bulanan kartu kredit harus dibayarka  setiap awal atau akhir bulan. Selalu ingat kebutuhan pokok kamu terlebih dahulu sebelum menghabiskan pendapatan dengan membayar cicilan kartu kredit.

3. Meminimalisir Penarikan Uang Tunai

Sebagian besar kartu kredit memang memungkinkan penggunanya melakukan tarik tunai. Namun, tidak sedikit penggunanya yang memanfaatkan fitur yang satu ini secara berlebihan. Alhasil, biaya bunga atas tarik tunai yang dilakukan pun semakin besar.

4. Gunakan Kartu Kredit Saat Dibutuhkan Saja

Penggunaan kartu kredit sehari-hari pada dasarnya tergantung dari pemiliknya sendiri. Oleh karena itu, keputusan menggunakan kartu kredit secara bijak memang ada di tangan kamu. Sebaiknya hanya gunakan kartu kredit di saat mendesak dan benar-benar butuh saja.

Hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat list bulanan yang terperinci sehingga keuangan lebih terkontrol.  Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyisihkan tagihan per bulan kartu kredit agar bisa dibayar sebelum jatuh tempo.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu Apa Saja Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit di 2021

Ulasan mengenai kekurangan menggunakan kartu kredit di atas akan membuka mata kamu lebih lebar. Terutama ketika hendak mengajukan kartu kredit kepada pihak bank. Pastikan kamu memperhitungkan semuanya dengan baik agar kartu kredit tidak menimbulkan masalah baru.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit