Kartu Kredit

Pahami Yuk, Macam-Macam Kartu Kredit Internasional dan Perbedaannya 

kartu kredit internasional

Saat ini, dompet digital adalah pilihan yang tepat bagi semua orang yang ingin menyimpan harta atau kekayaannya, termasuk mengajukan pinjaman untuk dibayar di kemudian hari. Salah satunya adalah kartu kredit internasional yang masih didominasi oleh dua brand yaitu Visa dan Mastercard. 

Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya? Jika iya, mari simak bacaan di bawah ini dari awal hingga akhir ya! 

Macam-Macam Kartu Kredit Internasional 

Kartu kredit internasional bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negara Indonesia. Baik itu dalam hal travel, fashion ataupun bisnis. Nah saat ini masih didominasi oleh dua brand yang terkenal yaitu Visa dan Mastercard. Begini penjelasan rincinya: 

Visa

Kepanjangan VISA adalah Visa Internasional Service Association yang beroperasi di California. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan masih mendapatkan tempat dihati masyarakat hingga sekarang. 

Visa terbagi menjadi beberapa jenis dan layanan sebagai berikut:

Visa Signature 

Kartu kredit intenasional - Visa Signature

Jenis yang pertama adalah Visa Signature yang bisa dibilang sangat eksklusif. Tidak sembarang orang bisa memilikinya dan mayoritas ditempati oleh pengusaha atau profesional ternama. 

Lebih dari itu, kartu kredit internasional ini dinilai dari investasi, harta yang dimiliki, rekening tabungan, koran dan lain sebagainya. Keuntungannya, kamu bisa bertransaksi mulai dari 100 juta rupiah hingga unlimited.

Dalam skala internasional, kamu juga bisa menikmati beberapa promo yang menarik seperti airport langue, travel assist dan lain sebagainya. Bagaimana menarik bukan?  

Visa Infinite 

Kartu kredit intenasional - Visa Infinite

Kedua adalah Visa Infinite yang berbeda dengan Signature, yaitu lebih ditawarkan kepada umum dan siapapun berhak untuk memilikinya dengan syarat kekayaan lebih dari 100 ribu USD atau setara dengan satu milyar rupiah jika ditunaikan. 

Selain itu, yang berhak memilikinya juga harus tergolong dalam nasabah premium dan memiliki deposito, rekening  dan tabungan dari bank penerbit. 

Kamu bisa mendapatkan asuransi bahkan ketika di luar negeri menggunakan kartu kredit jenis ini. Bahkan pada beberapa kasus, pemiliknya bisa menyewa jet pribadi loh. 

(Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Kerja Kartu Kredit? Simak Yuk)

Visa Classic 

Kartu kredit intenasional - Visa Classic

Nah kalau yang jenis satu ini ditujukan untuk orang yang berpenghasilan sedang dan batas limit paling rendah, yaitu sekitar Rp. 5.000.000. Tenang, tetap bisa digunakan di luar negeri kok, dan kamu bisa menarik uang tunai di ATM yang berlogo Visa. 

Visa Gold 

Kartu kredit intenasional - Visa Gold

Kartu kredit internasional bermerek Visa selanjutnya adalah Gold yang memiliki batas limit mencapai 100 juta rupiah. Kamu berkesempatan untuk mendapatkan diskon apabila bertransaksi di merchant/toko yang sudah bekerjasama dengan perusahaan Visa. 

Visa Platinum

Kartu kredit intenasional - Visa Platinum 

Jenis yang kelima adalah Platinum yang mensyaratkan kepada pemiliknya minimal harus berpendapatan Rp. 25.000.000 setiap bulannya. Limitnya mulai dari Rp. 75.000.000. Kamu bisa menggunakan kartu ini di luar negeri untuk membuka bisnis. 

Mastercard

Selain Visa ada juga Mastercard loh yang tak kalah terkenalnya. Mastercard terdiri dari beberapa jenis juga yaitu:

World Elite Mastercard 

Kartu kredit intenasional - World Elite Mastercard

Pertama adalah World Elite Mastercard yang menempati level tertinggi. Jika kamu memilikinya, maka akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Diantaranya adalah reservasi hotel kelas tinggi, restoran mewah, airport dan lain sebagainya. 

Sangat cocok bagi kamu yang gemar melakukan perjalanan ke luar negeri. Jadi tidak perlu khawatir lagi membayar penginapan menggunakan apa. 

World Mastercard 

Kartu kredit intenasional - World Card

Kedua adalah World Mastercard yang setara dengan Visa Infinite. Kamu bisa menggunakannya dengan minimum pengeluaran Rp. 75.000.000 per tahunnya. Apabila di bawah angka tersebut maka akan dikenakan iuran baik bulanan atau tahunan. 

Banyak sekali kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan kartu ini diantaranya adalah lebih diterima 2 kali lipat ketika singgah di berbagai negara, kemudahan dalam melakukan reservasi dan mendapatkan layanan Identity Theft Resolution Service. 

Jadi, kamu bisa mendapatkan hak peringatan dan perlindungan jika ada yang mencuri identitas ketika berada di luar negeri. 

Mastercard Classic 

Kartu kredit intenasional - Mastercard Classic

Selanjutnya adalah Mastercard Classic yang hanya menetapkan batas kredit yang rendah yaitu Rp. 5.000.000. Apabila kamu menginginkan kartu kredit ini, maka harus memiliki penghasilan minimum Rp. 50.000.000 per tahunnya. 

Mastercard Gold 

Kartu kredit intenasional - Mastercard Gold

Mastercard Gold memiliki batas limit transaksi hingga Rp. 100.000.000 Hanya saja, minimal penghasilan hampir sama dengan Mastercard Gold. Kamu juga akan tetap dikenakan iuran baik bulanan atau tahunan kok. 

Jadi disarankan, kalau pendapatan kamu memang sudah mencapai jumlah yang ditentukan di atas, maka lebih baik menggunakan yang Gold saja agar transaksi yang dilakukan bisa lebih banyak dan memenuhi semua kebutuhan. 

Mastercard Platinum

Kartu kredit intenasional - Mastercard Platinum

Terakhir adalah Mastercard Platinum yang memiliki banyak fitur dan kelebihan. Kamu bisa mendapatkan diskon dan hadiah yang cukup besar. Batas kreditnya mulai dari Rp. 75.000.000 hingga tak terbatas. 

Kamu juga bisa menarik uang tunai yang ada di ATM ini yang tersebar di 201 negara. Selain itu, pemilik Mastercard Platinum juga bisa melakukan pembayaran non tunai di merchant/tolo yang sudah diajak bekerjasama. Bagaimana menarik kan? 

Nah jadi itu dia beberapa kartu kredit yang terkenal di kancah internasional. Jadi, kamu ingin memakai yang mana? Namun sebelum itu, pastikan untuk mengetahui perbedaannya terlebih dahulu ya! 

Perbedaan Dua Kartu Kredit Internasional (Visa dan Mastercard)

Setelah mengetahui dua jenis kartu kredit internasional yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di atas, selanjutnya kamu harus tahu apa saja sih perbedaannya? Mengingat harus dipikir matang-matang terlebih dahulu sebelum memutuskan. Langsung saja, ini dia perbedaannya: 

Popularitas dan Jangkauan 

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari popularitas dan jangkauannya. Visa lebih laku dan banyak bekerjasama dengan toko yang tersebar di beberapa negara Benua Asia. Sedangkan Mastercard lebih banyak ditemukan di Benua Eropa. 

Jadi kamu tinggal memilih, kira-kira mana sih destinasi wisata tujuan. Pastikan tepat agar mendapatkan diskon dan hadiah yang menarik. Sampai sini paham kan? 

(Baca Juga: Ini Dia 8 Tips Naik Limit Kartu Kredit BCA Beserta Caranya)

Perusahaan 

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Visa telah beroperasi sejak tahun 1995. Sedangkan Mastercard merupakan saingan dari Visa yang ternyata masing-masing saling mengunggulkan produknya dan berusaha memperoleh lebih banyak pasar. 

Perlindungan Nasabah 

Tahukah kamu baik Visa ataupun Mastercard masing-masing memiliki cara tersendiri dalam melindungi nasabahnya ketika melakukan transaksi secara online. Visa menawarkan pin statis atau kode OTP pada jendela verified yang tidak bisa diketahui siapapun bahkan pihak Visa sendiri. 

Cara tersebut ditempuh agar nasabah mendapatkan proteksi yang maksimal. OTP akan dikirimkan ketika kamu hendak melakukan transaksi di handphone yang sedang digunakan. 

Lain halnya dengan Mastercard, mereka memberikan perlindungan kepada nasabahnya dengan cara mengirimkan Secure Code atau pin tambahan yang bisa dibuat secara mandiri oleh pemilik ketika sedang bertransaksi online. 

Nah pada dasarnya, kedua kartu kredit internasional ini sangat berkomitmen dalam menjaga data dan uang para nasabah. Jadi tidak perlu khawatir ya! 

Jenis Kartu 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa baik Visa ataupun Mastercard masing-masing memiliki ragam jenisnya tersendiri yang disesuaikan dengan kepentingan dan pendapatan nasabah. Namun Visa Infinite sama dengan World Mastercard. 

Jadi jika kamu ingin menggabungkan kedua merek kartu di atas pastikan yang bervariasi ya. Misalkan satu Visa Infinite dan satunya lagi Mastercard Platinum. 

Biaya Transaksi 

Terakhir ketika kamu melakukan transaksi pasti akan ada biaya tambahan yang dibebankan kepada pemilik, baik Visa ataupun Mastercard. Visa menetapkan kebijakan jika kamu bertransaksi ke luar negeri maka ada tambahan 1% dari total pembayaran. 

Sedangkan Mastercard besarannya bisa berbeda-beda tergantung merchantnya. Namun pada umumnya berkisar antara 0,2% hingga 1%. Nah apakah kamu sudah memutuskan kira-kira ingin menggunakan kartu yang mana? 

Pastikan kamu mengajukan pembuatan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan, manfaat dan destinasi wisata ya. Jangan sampai salah karena masing-masing memiliki ranah yang berbeda. 

Satu hal yang perlu diketahui, sebenarnya kamu bisa memiliki keduanya asalkan mempunyai gaji atau pendapatan yang memenuhi target dan kebutuhan perjalanan bisnis yang tinggi. Segera pilih salah satu dan rasakan ragam manfaatnya ya. 

Baik Visa ataupun Mastercard keduanya merupakan kartu kredit internasional yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua itu tergantung penggunaan dan pendapatan yang diperoleh nasabah. Pastikan promo dan diskon kartu di atas termanfaatkan dengan baik di negara yang tepat.  

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit