Kartu Kredit

Yuk Ketahui, Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kartu Kredit 

Keberadaan kartu kredit bisa dibilang cukup penting, karena sebagai alat pembayaran yang sah. Beberapa orang, memerlukan pertimbangan yang matang untuk memilih jenis-jenis kartu kredit apa saja yang akan digunakannya. Nah bacaan di bawah ini bisa sedikit memberikan pencerahan kepada Kamu. 

Jenis-Jenis Kartu Kredit yang Wajib Diketahui 

Memilih kartu kredit bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan antara satu dengan lainnya memiliki limit dan fungsi yang berbeda. Apabila ditinjau dari beberapa aspek, ini dia jenis-jenis kartu kredit yang bisa Kamu gunakan:  

Berdasarkan Limitnya 

Jenis-jenis kartu kredit yang pertama bisa dibedakan berdasarkan limit jumlah uang yang dikeluarkan dalam tiap bulan. 

Silver 

Jenis-jenis Kartu Kredit - Silver Card

Kartu kredit silver mempunyai limit paling rendah yaitu berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Kamu bisa mengajukannya dengan penghasilan minimal Rp. 3.000.000 per bulan. 

Gold

Jenis-jenis Kartu Kredit - Gold Card 

Level  kedua yang kartu kredit yang dibedakan berdasarkan limitnya adalah Gold. Kamu bisa mengeluarkan uang dari Rp. 10.000.000 – Rp. 40.000.000 per bulannya. Jenis ini sangat cocok bagi Kamu yang berpenghasilan Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000 per bulan. 

Namun satu hal yang perlu diingat, semakin tinggi jumlah limitnya maka semakin banyak pula iuran tahunan yang harus dibayarkan. Pastinya riwayatnya juga harus bagus apabila ingin upgrade ke level yang lebih tinggi. 

Platinum 

Jenis-jenis Kartu Kredit - Platinum Card

Jenis-jenis kartu kredit yang ketiga berdasarkan limit adalah platinum dengan limit mencapai Rp. 40.000.000 – Rp. 1.000.000.000 . Bisa diajukan oleh orang yang berpenghasilan minimal Rp. 180.000.000 per bulannya. 

Titanium 

Jenis-jenis Kartu Kredit - Titanium Card

Keempat adalah titanium tanpa adanya limit alias tak terbatas. Tidak semua orang bisa mendapatkan titanium lh karena biasanya hanya yang diundang oleh pihak bank saja. 

Sampai saat ini belum bisa dipastikan apa saja persyaratannya. Namun yang pasti penghasilan per bulannya harus tinggi. 

Selain itu, Kamu juga termasuk nasabah dengan riwayat kredit yang cukup bagus. Jadi, jika ingin mendapatkan kartu kredit ini pastikan usaha Kamu berjalan dengan lancar dengan keuntungan mencapai target agar rajin membayar kepada bank penerbit ya. 

Spesial 

Jenis-jenis Kartu Kredit - Spesial Card

Terakhir adalah spesial yang berbeda dengan lainnya. contohnya adalah brand visa baik Signature ataupun Infinite. Jenis ini dimiliki oleh para pengusaha dengan aset milyaran, bisa juga pengacara atau dokter terkenal. 

Berdasarkan Fungsinya 

Jenis-jenis kartu kredit yang kedua bisa dibedakan dari fungsinya, yaitu meliputi beberapa poin di bawah ini: 

Change Card 

Change card digunakan untuk alat pembayaran yang sah dari sebuah transaksi dan jual beli, baik itu barang ataupun jasa. 

Nasabah berkewajiban untuk membayar seluruh tagihan secara lunas pada akhir atau awal bulan berikutnya, tanpa atau dengan biaya tambahan. 

(Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Membuat Kartu Kredit, Apa Saja Yang Mesti Di Perhatikan?)

Credit Card 

Kedua adalah kartu kredit atau credit card yang memiliki fungsi membayar transaksi dan jual beli. Pembayaran atau pelunasannya dapat dilakukan dengan mencicil atau dilunasi sekaligus dalam jumlah minimum tertentu. 

Nah untuk besaran cicilannya, biasanya dihitung dari bunga bulanan ditambah saldo tagihan. Sampai sini paham kan? 

Debit Card 

Jenis-jenis kartu kredit selanjutnya adalah debit card yang berfungsi untuk melakukan transaksi non tunai. Namun untuk pelunasannya, dilakukan dengan cara mengurangi secara langsung isi saldo yang ada di dalam rekening penyimpanan. 

Debit card ini sangat banyak jumlahnya, mungkin Kamu juga memilikinya. Cara kerjanya yaitu pemilik kartu dalam waktu yang sama (ketika melakukan transaksi) sedang mengkredit rekening sebesar nilai transaksi pada bank pengelola. 

Keberadaan ATM juga sangat menjamur, terlebih di pusat perbelanjaan. Hampir semua bank penerbit memiliki standnya masing-masing dengan kebijakan potongan uang bulanan yang berbeda.  

Cash Card 

Apabila Kamu menggunakan cash card, bisa langsung menarik uang tunai baik di kasir bank atau ATM. Tempat penarikan ini biasanya tersebar di lokasi yang strategis. Contohnya adalah hotel, pusat perbelanjaan, kantor dengan perjanjian kerja bank dan lain sebagainya. 

Check Guarantee Card 

Jenis-jenis kartu kredit yang satu ini sangat populer di Negara Inggris ataupun Benua Eropa. Kelebihannya bisa menjadi jaminan dalam penarikan cek oleh pemilik kartu. Selain itu, juga bisa melakukan penarikan tunai di ATM loh. 

Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya 

Jenis-jenis kartu kredit yang ketiga bisa dilihat berdasarkan wilayahnya dibagi menjadi dua yaitu nasional dan internasional. Berikut ini penjelasan lengkapnya: 

Kartu Kredit Internasional 

Sesuai dengan namanya, pemegang kartu kredit internasional bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh dunia. 

Saat ini hanya didominasi dua merk saja yaitu Visa dan Mastercard yang masing-masing memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Visa sendiri dibagi menjadi beberapa jenis contohnya adalah Signature dengan limit maksimal 100 juta hingga unlimited. 

Apabila Kamu menggunakan jenis tersebut maka akan mendapatkan beberapa fasilitas tambahan seperti golf membership, airport lounge hingga travel assist.

Ada juga visa infinite yang hanya dimiliki oleh sebagian orang, dengan limit lebih dari 250 juta hingga unlimited. Pastinya hanya orang tertentu saja yang bisa memilikinya, yaitu harus memiliki aset lebih dari 100 ribu dolar dalam bentuk cash. 

Sedangkan untuk Mastercard dibagi menjadi 4 jenis tingkatan yaitu:

Classic 

Jenis classic memang tidak berbeda jauh dari yang dikeluarkan oleh Visa. Limit kreditnya mencapai 5 juta per bulan. Syaratnya, pemegang kartu harus berpenghasilan 50 juta dalam satu tahun. 

Gold

Jenis gold memiliki limit hingga 100 juta dengan stkamur penghasilan minimal yang tidak berbeda jauh dengan jenis Classic, hanya saja iuran tahunannya lebih tinggi. 

Platinum 

Mastercard Platinum mempunyai fitur tambahan yang lebih banyak. Kamu bisa menggunakannya dengan limit 75 juta hingga unlimited. 

World 

 

Terakhir adalah jenis world yang sama dengan Visa Infinite, dengan minimal penggunaan 75 juta. 

Apabila transaksi tidak mencapai jumlah tersebut, maka iuran baik bulanan atau tahunan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank penerbit. 

Kartu kredit internasional bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant yang memiliki logo Club, Mastercard, Visa, American Express, Blanc dan Carte. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Jenis Kartu Kredit Bca Beserta Manfaatnya)

Kartu Kredit Nasional 

Nah,kalau yang satu ini hanya bisa digunakan dalam wilayah tertentu, contohnya adalah Indonesia saja. 

Hal ini membuat beberapa perusahaan ternama seperti Carrefour, Astra, Garuda, Hero berafiliasi untuk menerbitkan sendiri kartu kreditnya agar pelayanan menjadi lebih efisien.  

Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi

Pembagian jenis-jenis kartu kredit selanjutnya bisa dilihat dari afiliasi, dengan rincian sebagai berikut: 

Kartu Kredit Co Branding 

Pertama adalah kartu kredit Co Branding yang diterbitkan sebagai hasil dari kerjasama antara dua brand. Biasanya maskapai penerbangan atau supermarket dengan bank tertentu. 

Bagi Kamu yang memegang kartu ini berkesempatan untuk menikmati penawaran menarik dan spesial. 

Contohnya adalah maskapai penerbangan Garuda yang memberikan diskon dan privilege untuk pemegang kartu kredit bank BNI (Visa Platinum Card). 

Kartu Kredit Affinity 

Kedua adalah kartu kredit Affinity sebagai hasil dari kerjasama antara sebuah organisasi atau institusi dengan bank . Desain kartunya terkesan unik dan eksklusif. Sama seperti sebelumnya, tujuan menerbitkan Affinity juga untuk berpromosi. 

Aturannya, sekian persen dari transaksi yang sudah dilakukan oleh para pemegang kartu akan dikembalikan lagi pada bank partner dalam bentuk endowment fund. 

Umumnya, organisasi atau institusi yang diajak bekerjasama adalah universitas, ikatan alumni hingga komunitas hobi. Di Indonesia sendiri, keberadaan kartu kredit Affinity masih didominasi oleh bank BNI. 

Contohnya adalah BNI-UI Card yang merupakan produk kerjasamanya dengan Universitas Indonesia. Contoh lainnya adalah BNI Kagama yang dimiliki oleh para alumni Universitas Gadjah Mada. Bagaimana sampai sini paham kan? 

Kartu Kredit Private Label 

Terakhir adalah kartu kredit private label yang diterbitkan oleh suatu bank tanpa memerlukan kerjasama dengan pihak lainnya. Kartu jenis ini membebankan iuran tahunan jauh lebih murah pastinya dengan fitur yang tak kalah lengkap. 

Contoh kartu kredit private label ini adalah BCA Everyday Card. Jadi bisa disimpulkan jika masing-masing jenis kartu kredit mempunyai kelebihannya sendiri ya. 

Bagaimana apakah Kamu sudah menentukan salah satu dari jenis-jenis kartu kredit di atas yang akan digunakan? Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan ya, jangan sampai salah. Lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan bank penerbit sebelum memutuskan penggunaan credit card.  

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit