Kartu Kredit

Simak Alasan Tidak Butuh Kartu Kredit Untuk Kondisi Finansial Kamu!

thumb alasan kkredit - alasan tidak butuh kartu kredit

Sejak beberapa tahun terakhir, kartu kredit menjadi tren di semua kalangan masyarakat, baik muda ataupun tua. Namun pernahkah kamu berpikir alasan tidak butuh kartu kredit?

Baca Juga : Yuk Bijak, Begini Tips Kartu Kredit Tidak Boros

Apa iya benar-benar bermanfaat dan tidak mengganggu kondisi finansial. Penasaran bagaimana jawabannya? Yuk simak dari awal sampai akhir pembahasan ini ya!

Beberapa Alasan Tidak Butuh Kartu Kredit

Berbicara tentang kondisi keuangan, perlu pertimbangan yang matang, tidak boleh sembarangan. Termasuk memutuskan apakah ingin membuat kartu kredit atau tidak. Apabila kamu masih ragu, coba simak beberapa alasan tidak butuh kartu kredit di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

1. Belum Terlalu Banyak Pengeluaran

Biasanya anak muda, fresh graduate atau seseorang yang belum menikah masih mengeluarkan biaya yang sedikit setiap bulannya. Hal ini tentu berbeda dengan yang sudah menikah atau menjadi tulang punggung keluarga.

Kamu pastinya bisa mempertimbangkan, maka barang yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Jika sekiranya masih bisa dijangkau dengan uang cash, maka kamu tidak membutuhkan kartu kredit karena dikhawatirkan pengeluaran semakin tidak terkontrol.

Di sisi lain, bunga dan iuran yang tidak sedikit pasti sia-sia jika kamu kurang memanfaatkan kartu kredit. Daripada seperti itu, lebih baik ditabung di bank atau investasi bukan?

2. Mampu Meredam Keinginan Belanja

Berbelanja atau shopping adalah naluri semua orang, khususnya perempuan yang seringkali tidak bisa menahan keinginan untuk membeli produk tertentu, walaupun tidak terlalu bermanfaat.

Oleh karena itu, tidak memiliki kartu kredit adalah salah satu cara untuk menghemat. Kamu tidak akan merasa tergoda jika melihat suatu barang atau jasa tertentu karena biasanya mereka memberikan diskon untuk pembelian menggunakan kartu kredit.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih bisa menentukan skala prioritas bukan? Tidak hanya sekedar foya-foya saja tapi juga paham bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik.

3. Lebih Mudah dalam Mengatur Keuangan

Perlu kamu ketahui jika kartu kredit memang memberikan kemudahan di awal, kamu bisa belanja bebas di merchant yang sudah diajak kerjasama dan mendapatkan promo travel, permainan dan lainnya.

Namun kekurangannya muncul tagihan dan iuran tahunan yang harus kamu bayar. Nah apabila tidak bisa memanajemen keuangan dengan baik maka pembayaran kamu akan melebihi jatuh tempo, pastinya bunganya lebih besar lagi.

Jadi agar lebih mudah mengatur keuangan sebaiknya jangan buru-buru mengajukan pembuatan kartu kredit dulu ya. Pikirkan dengan sebaik mungkin sebelum pergi ke bank penerbit.

4. Bebas dari Hutang Kartu Kredit

Nah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem kartu kredit adalah sistem hutang. Jadi secara tidak langsung, kamu harus meminjam kepada bank untuk membayar semua kebutuhanmu terlebih dahulu dan akan dibayar di akhir.

Namun mari coba dipikir kembali, apakah enak hidup dengan hutang? Pastinya tidak kan? Bukankah rencana keuangan yang baik dan sehat adalah keinginan semua orang dan kamu bisa beli apapun tanpa berhutang.

Jadi, mulai dari sekarang sisihkan uang sedikit demi sedikit untuk membeli apa yang kamu inginkan. Jika belum ada, tunggu sampai semuanya terkumpul jadi tidak ada hutang piutang yang harus kamu tanggung.

5. Lebih Semangat dalam Mencari Penghasilan Tambahan

Alasan tidak butuh kartu kredit selanjutnya adalah kamu akan lebih semangat dalam mencari penghasilan tambahan.

Bagaimana bisa? karena seringkali tidak disadari, terlalu mengidam-idamkan barang akan membuat seseorang menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya, termasuk berhutang.

Nah ketika kamu sudah tahu jika ada pihak bank yang mengcover semua pengeluaran kamu untuk sementara waktu, maka mencari penghasilan tambahan tidak menjadi kewajiban lagi. Padahal itu sangat penting, agar semua kebutuhan bisa dibeli tanpa harus berhutang.

Selain itu, kamu juga mendapatkan sumber penghasilan baru yang menguntungkan. Bukankah lebih baik membelanjakan uang untuk bisnis dibanding membeli barang sekali pakai habis?

Kamu bisa mulai mengalihkan perhatian ke masa depan agar terjamin. Pilihlah salah satu produk investasi yang sudah pasti berhasil dan dilakukan oleh banyak orang.

Contohnya, kamu bisa membeli emas batangan untuk dijual beberapa tahun ke depan daripada harus membayar tagihan kartu kredit yang membludak.

6. Terhindar dari Sikap Khawatir akan Beban Bunga yang Tinggi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika kartu kredit memiliki bunga yang pada tahun 2017 sudah 2, 95%. Daripada gaji bulanan habis untuk membayar itu, lebih baik dialihkan ke yang lain.

Angka tersebut naik turun tapi tetap saja akan memberatkan jika ternyata apa yang kamu dapatkan dalam satu bulan sudah habis untuk membayar tagihan atas semua transaksi yang kamu keluarkan.

Logikanya, jika satu bulan kamu harus membayar bunga 2,95%, jika diakumulasikan dalam satu tahun maka menjadi 26,95%. Nah daripada harus membuang uang segitu banyaknya untuk bank penerbit, bukankah lebih baik dialihkan ke yang lain?

Apalagi di era modern saat ini, prinsip yang diusung adalah “manusia tidak bekerja untuk uang namun uanglah yang bekerja untuk manusia”. Sampai sini apakah bisa dipahami?

7. Banyak Syarat untuk Pengajuan Kartu Kredit

Banyak syarat yang harus dipenuhi adalah menjadi salah satu alasan tidak butuh kartu kredit yang disetujui banyak orang. Bagaimana tidak? masing-masing bank penerbit menerapkan kebijakan yang berbeda.

Para nasabah ada yang diwajibkan untuk membawa NPWP, mengisi formulir berlembar-lembar dan lain sebagainya. Belum lagi proses verifikasi dan survey lapangan yang membutuhkan waktu lama.

Nah apabila kamu membutuhkan uang dengan segera, apakah bisa menunggu kartu kredit jadi? Mulai sekarang, daripada menghamburkan ke hal yang tidak penting, lebih baik ditabung untuk masa depan, contohnya adalah pendidikan, asuransi kesehatan dan lainnya.

Itu dinilai lebih menguntungkan dibandingkan kamu hanya mengandalkan kartu kredit dengan syarat yang begitu banyak.

Belum lagi jika ternyata pihak bank tidak ACC permohonan kamu, wah bisa mengulang proses yang sama ke bank lain nih, membuang waktu dan tenaga saja.

8. Takut Gaya Hidup akan Berubah Drastis

Kartu kredit merupakan satu-satunya andalan masyarakat yang suka berbelanja. Hal tersebut dikarenakan merchant yang sudah bekerjasama dengan bank penerbit sering mengadakan promo yang menarik perhatian masyarakat.

Nah akibat promo inilah membuat gaya hidup berubah drastis. Tadinya bisa berhemat dan masih ada sisa uang bulanan, tapi lama-kelamaan menjadi sangat boros. Namun bukan berarti kartu kredit menjadi penyebab utama seseorang menjadi hedon ya.

Apabila kamu bisa mengontrol keinginan dan gaya hidup, maka semuanya akan tetap stabil. Fungsikan kartu kredit sebagai alat bantu dalam melakukan transaksi yang tidak bisa dilakukan secara cash dan penolong darurat ketika benar-benar butuh.

9. Tidak Banyak Bermanfaat

Kamu perlu tahu bahwasanya kartu kredit jenisnya sangat banyak sekali. Ada yang khusus ditujukan untuk para traveller, yang gemar bermain golf, check in hotel dan lain sebagainya.

Namun apabila kamu tidak suka atau jarang melakukan hal tersebut maka kartu kredit menjadi sia-sia karena tidak terlalu dibutuhkan dan bermanfaat.

Tidak mungkin kan, kamu yang kerap berbelanja ke pasar dan toko baju biasa membutuhkan kartu kredit? Bukan karena tidak mampu, tapi toko belum melakukan kerjasama dengan pihak bank.

10. Penipuan Semakin Merajalela

Alasan tidak butuh kartu kredit adalah takut kasus penipuan semakin merajalela. Apalagi jika kamu kerap melakukan transaksi secara online. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab meminta kode verifikasi dengan dalih tertentu.

Kasus lainnya adalah mesin ATM yang bisa dibobol sehingga ketika kamu melakukan penarikan uang maka semua data sudah direkam hingga pada akhirnya disalahgunakan. Kamu tidak merasa mengeluarkan uang tapi tagihan bengkak.

Nah kalau sudah seperti ini pasti kamu kebingungan dalam mengambil tindakan. Mau lapor polisi juga prosesnya lama, satu-satunya jalan adalah memblokir akun, pasti tambah merugikan karena transaksi kamu terhambat.

Oleh karena itu, jalan yang aman adalah jangan menggunakan kartu kredit jika belum memiliki pemahaman yang mendalam tentangnya. Bukan apa-apa khawatir apabila ada beberapa permasalahan yang sudah dijelaskan di atas terjadi pada kamu.

Baca Juga : Yuk Ketahui Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit, Supaya Kamu Dapat Menggunakannya Dengan Bijak

Bagaimana apakah kamu sudah paham apa saja alasan tidak butuh kartu kredit dan sudah dipikir matang-matang? Ingat ya, semua manajemen keuangan ada pada diri sendiri, jadi dengan atau tanpa kartu kredit, habis atau tidaknya uang semua tergantung prinsip dan tekad berhemat kamu.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kartu Kredit