InvestasiSaham

Beberapa Tips Menjadi Seorang Investor yang Sukses

thumb investor - tips menjadi seorang investor

Semua orang saat ini mulai menyadari bahwa berinvestasi adalah kunci untuk membangun kekayaan jangka panjang dan menjadi kaya. Namun, tidak semua orang bisa menjadi seorang investor yang sukses. Kamu perlu menerapkan berbagai tips menjadi seorang investor yang sukses.

Baca Juga : Yuk Kenali Jenis Investasi yang Cocok Untuk Pemula Seperti Kamu!

Berinvestasi adalah permainan resiko vs return. Beberapa investor mungkin telah sukses dan menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah, namun banyak juga yang kalah. Maka dari itu, Kamu harus banyak belajar untuk bisa menjadi seorang investor yang sukses dan berpengalaman.

Berikut Tips Menjadi Seorang Investor

1. Baca Buku dan Pelajari Banyak Pengetahuan Tentang Investasi

banyak baca - tips menjadi seorang investor

Ketika Kamu tahu banyak hal lebih baik, Kamu pasti akan melakukannya dengan lebih baik! Selain memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar, investor yang baik juga memiliki pengetahuan tentang pasar.

Seorang investor harus memahami posisi dana dan telah meneliti tentang strategi dan filosofi investasi perusahaan. Sebagai calon investor, Kamu perlu tahu di mana uang Kamu digunakan. Seorang investor yang baik harus menganalisis pola pertumbuhan perusahaan selama bertahun-tahun.

Investor yang baik harus memiliki rencana yang ditentukan sebagai  titik jalan keluar jika plan yang dimiliki tidak sesuai. Kamu harus menjadi seseorang yang open minded dan selalu bisa membuat pilihan yang tepat dengan menyesuaikan pengetahuan yang dimiliki.

2. Carilah Perusahaan yang Sudah Memiliki Kredibilitas

perusahaan - tips menjadi seorang investor

Jika Kamu ingin menjadi pengusaha, Kamu harus menjadi seorang builder atau pembangun. Pengusaha terbaik memiliki kemampuan untuk membangun produk yang hebat.

Mengapa? Sebab ketika memulai bisnis Kamu sendiri, banyak orang mungkin memiliki ide-ide hebat di kepala mereka, tetapi sulit diaplikasikan.

Sebagai investor, Kamu harus menelusuri apakah perusahaan telah membuat produk yang layak minimal (MVP) dan bagaimana arus kas keuangannya, seperti apa kinerja perusahaannya dan sebagainya.

Jadi, sebelum Kamu berinvestasi, lakukan riset. Pastikan perusahaan tidak hanya banyak bicara, namun selalu ada tindakan nyata. Lihat produknya dan teliti apapun terkait perusahaan tersebut untuk menimbangm apakah perusahaan layak mendapatkan uang investasi darimu.

3. Carilah Perusahaan Dengan Strategi Monetisasi Yang Kuat

perusahaan 2 - tips menjadi seorang investor

Perusahaan mungkin mengalami pertumbuhan yang sangat besar berdasarkan seperti apa pasarnya.  Ada baiknya jika Kamu mengidentifikasi bagaimana strategi monetisasi perusahaan tersebut dalam mengembangkan sayapnya.

Apakah ketika menghadapi guncangan pasar, perusahaan sulit bertahan atau justru bisa memanfaatkan guncangan tersebut sebagai peluang baru.

Kamu harus bisa melihat cara perusahaan beradaptasi dengan situasi apapun yang mempengaruhi keuangan mereka. Bagaimana mereka mampu merumuskan strategi jangka panjang dan bagaimana mencari keuntungan.

 Kamu tentu tidak ingin kehilangan uang yang sudah Kamu investasikan bukan? Oleh sebab itu, Kamu harus bisa mendeteksi dan menganalisis apapun terkait strategi monetisasi target perusahaan Kamu.

4. Tetapkan Tujuan

ttp tujuan - tips menjadi seorang investor

Menjadi seorang investor yang sukses harus bisa menetapkan rencana dan tujuan. Gagal membuat rencana berarti gagal dalam menetapkan tujuan. Seorang investor yang sukses akan selalu memiliki tujuan yang jelas.

Sangat penting untuk memiliki rencana untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Memiliki rencana tindakan dalam jangka waktu tertentu untuk  bisa menghasilkan return investasi tertentu adalah tanda bahwa Kamu sudah melangkah di jalur yang tepat.

Kamu harus memiliki tujuan dan siap menghadapi ketidakpastian pasar. Pastikan Kamu memiliki berbagai rencana yang dibuat dengan mempertimbangkan kedua sisi, baik dan buruknya,

5. Selalu Buat Keputusan Dengan Tepat

choice - tips menjadi seorang investor

Seorang investor yang sukses akan selalu tahu tentang timing. Ya, sebagai calon investor sukses, Kamu harus selalu mengawasi skenario yang terjadi di pasar saat ini. Pasar saham akan selalu mengalami fluktuasi dan Kamu harus mengetahui banyak hal tentang aktivitas pasar dan pertumbuhannya.

Memiliki pemahaman yang baik tentang tren memungkinkan investor untuk menemukan rencana yang tepat dan memutuskan jangka waktu investasi. Memiliki pemahaman yang tepat juga bisa membantu investor tahu posisi pasar perusahaan.

6. Selalu Sabar dan Tenang

sabar tenang - tips menjadi seorang investor

Berinvestasi memang tentang waktu karena tidak ada yang namanya instan dalam menghasilkan return apalagi keuntungan berlipat. Investor yang sukses bisa menciptakan kekayaan karena kesabarannya. Seorang investor yang sukses selalu percaya pada rencananya.

Ketika indeks saham turun, investor tidak boleh panic selling, investor harus selalu sabar menunggu perkembangan. Investor yang sukses adalah mereka yang lebih bersabar menghadapi tren pasar dan berpegang pada rencana. Investor sukses juga tidak akan mengikuti tren jual beli.

7. Mampu Menghadapi Risiko

hdp risk - tips menjadi seorang investor

Tips menjadi seorang investor yang sukses adalah selalu mengetahui risiko yang melekat dalam berinvestasi. Ya, jika Kamu ingin menjadi seorang investor yang sukses, Kamu harus memahami rencana dan menganalisis hasil yang diharapkan.

Menolak segala macam risiko yang dihadapi bukanlah karakteristik dari seorang investor sukses. Kamu harus bisa menanggung risiko dan kemudian di lain kesempatan mampu mengendalikan bahkan mencegahnya dengan pengalaman dan pengetahuan yang sudah pernah dimiliki.

Tetap sabar dan disiplin, apapun kondisi pasar sahamnya. Jika pasar sedang crash, jangan keluar dari pasar, tetapi tunggu sampai pasar naik. Selain itu, Kamu juga jangan terus berinvestasi di saham hanya karena sedang naik.

8. Pahami Pasar Lokal Tempat Kamu Berinvestasi

psr local - tips menjadi seorang investor

Dalam konteks dunia yang semakin mengglobal, wajar jika investor yang sukses ingin memperluas portofolio investasinya secara internasional. Namun, untuk memperluas sayap bukan hal yng mudah dan terkadang tidak selalu menjadi keputusan terbaik.

Untuk melakukan investasi yang bijak, Kamu harus menekankan betapa pentingnya memahami produk, pelanggan, dan tradisi. Pasar yang berbeda memiliki konsumen yang berbeda, dan pasar yang berbeda juga akan berkembang dengan cara yang berbeda pula.

Nah, kalau Kamu ingin memahami sepenuhnya pasar lokal tempat Kamu berinvestasi, kunci adalah berkomunikasi sepenuhnya dengan perusahaan tempat Kamu berinvestasi.

9. Hindari Sifat Serakah

srkh - tips menjadi seorang investor

Merupakan hal yang sangat mudah untuk menginvestasikan uang ke dalam saham yang salah hanya karena nilainya akan naik. Kamu mungkin sedang terburu-buru untuk segera mendapatkan untung tinggi dengan membeli saham yang nilainya sedang naik.

Namun, berhati-hatilah bahwa kenaikan harga juga bisa disebabkan karena manipulasi pasar. Tidak semua kenaikan harga disebabkan karena perubahan situasi keuangan perusahaan.

Kamu harus selalu memahami bahwa untuk mendapatkan keuntungan terbaik, Kamu memang harus berinvestasi di saham yang sifatnya jangka panjang.

Pilih saham sesuai risiko yang mampu Kamu hadapi daripada return yang dihasilkan. Jika Kamu tidak nyaman dengan volatilitas tinggi, ya jangan berinvestasi di dalamnya!

10. Jangan Pernah Berinvestasi dengan Modal Pinjaman

loann - tips menjadi seorang investor

Banyak orang yang baru memulai investasi kalap dan meminjam banyak uang dari kerabat, saudara atau orang tua hanya untuk memaksimalkan keuntungan mereka.

Meskipun kadang, ada beberapa orang yang mungkin berhasil dalam kasus tertentu, namun ada juga yang gagal dan dapat menyebabkan kerugian besar jika siklus pasar berubah.

Jika kerugian yang akan Kamu hadapi, maka hal ini dapat menyebabkan tekanan finansial dan mental. Pada akhirnya, bukan kesuksesan yang Kamu dapatkan, melainkan hutang dan bahkan menyebabkan kehidupan keluargamu berantakan.

Jangan pernah bertindak jika Kamu tidak yakin ke arah mana pasar saham akan bergerak. Dalam kasus seperti ini, lebih baik Kamu menjadi penonton pasif daripada berpartisipasi dalam aksi pasar.

11. Batasi Jumlah Saham

jumlah saham - tips menjadi seorang investor

Pastikan kepemilikan saham Kamu tidak lebih dari 20. Kamu juga harus memastikan bahwasannya saham yang Kamu beli ini berasal dari perusahaan yang beroperasi di berbagai sektor. Hal ini sangat penting untuk melindungi portofolio Kamu agar tidak kehilangan nilai.

Jangan gunakan berbagai strategi investasi untuk setiap saham yang ada. Apabila Kamu merasa nyaman dengan strategi beli dan tahan, gunakan strategi yang sama untuk semua saham Kamu.

Jika Kamu tidak menerapkan strategi yang sama untuk semua saham, Kamu mungkin bingung dengan strategi mana yang benar-benar membantu Kamu menghasilkan uang.

12. Tinjau dan Buat Portofolio Investasimu

portopolio - tips menjadi seorang investor

Setelah Kamu membeli investasi, ya jangan hanya duduk diam dan bersantai. Kamu perlu meninjau portofolio Kamu secara teratur, mungkin setiap 6-12 bulan, untuk melihat bagaimana kinerja dana Kamu.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik, bandingkan dengan dana lain di peer group yang memungkinkan Kamu untuk memastikan alokasi aset Kamu.

Tips menjadi seorang investor di atas akan memperluas pengetahuan Kamu dan membantu Kamu mengatasi situasi pasar apapun dengan nyaman.

Baca Juga : Belajar Tahapan Investasi Untuk Pemula Sebagai Strategi di Masa Depan Nanti

Cobalah membaca banyak buku, selalu teliti perusahaan yang ingin Kamu investasi, pahami pasar lokal, sabar hingga meninjau saham yang sudah Kamu beli adalah hal penting untuk menunjang kesuksesan Kamu sebagai seorang investor sukses.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi