Investasi

9 Tips and Trick Investasi Saham untuk Kamu yang Pemula

Tips and Trick Investasi Saham – Saham termasuk salah satu jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan besar dalam jangka pendek dan panjang. Tapi bersamaan dengan itu, tingkat resiko dari investasi ini juga termasuk yang paling besar lho. Karena itu, kamu harus tahu dulu nih tips and trick investasi saham berikut ini.

Tips and Trik Investasi Saham

Belajar saham sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan kok.Sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang membuat tips and trick investasi saham di sosial media. Kuncinya satu, kamu harus rajin berburu informasi, baik dari para investor senior yang kamu kenal, ataupun dengan membaca buku-buku tentang investasi saham, majalah keuangan, atau sejumlah artikel dari internet.

Dengan banyaknya sumber informasi yang tersedia, sekarang siapa saja bisa mulai mulai berinvestasi hanya dengan gadget dan duduk dari rumah, jadi tidak perlu lagi tuh mendatangi perusahaan satu per satu atau mengikuti seminar. Sebagai informasi dasar, berikut adalah tips and trick investasi saham:

Cek Keuangan 

Tips and Trick Investasi Saham - Cek Keuangan

Sebelum mulai berinvestasi, kamu harus pikirkan dulu hal-hal dasar seperti keuangan pribadi kamu. Hal ini mencakup persiapan dana darurat, melunasi hutang berbunga tinggi, atur atau bahkan stop menggunakan kartu kredit, dan jangan dulu mengambil cicilan besar seperti rumah, mobil, atau barang mahal lainnya.

Jika kamu belum memiliki dana darurat, maka kamu wajib banget nih mengumpulkannya. Caranya dengan menyisihkan sebagian gaji kamu selama 3-6 bulan. 

Dana daurat ini bertujuan untuk menutupi pengeluaran tak terduga di kemudian hari atau untuk menghadapi periode penurunan pendapatan jika misalnya tiba-tiba kamu di PHK atau resign kerja karena suatu alasan.

Cari Tahu Tujuan Kamu Berinvestasi

Tips and Trick Investasi Saham - Cari Tahu Tujuan Kamu Berinvestasi

Sebelum mulai membeli saham, kamu harus tahu dulu mengapa kamu ingin membelinya. Karena berbeda tujuan akan membutuhkan strategi investasi yang berbeda pula.

Misalnya, jika kamu berinvestasi saham karena ingin mempertahankan modal awal dan memperoleh pendapatan dividen, maka kamu harus fokus pada perusahaan besar yang secara reguler memberikan dividen serta tidak terlalu berisiko untuk bangkrut.

(Baca Juga: Yuk Kenali Lebih Dalam Apa itu Investasi Saham Syariah!)

Tapi jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, mungkin untuk tabungan masa tua, maka kamu bisa memilih saham dari perusahaan yang menawarkan margin laba lebih tinggi dan memiliki pendapatan yang relatif stabil.

Berinvestasilah Secara Logis, Bukan Emosional

Tips and Trick Investasi Saham - Berinvestasilah secara logis, Bukan secara emosional

Bahkan ketika kamu sangat suka dengan brand atau perusahaan tertentu, jangan biarkan emosi dan ketertarikan ini menutup pemikiran logis kamu ya. 

Menyukai perusahaan / merk tertentu bukanlah alasan terbaik untuk membeli sahamnya, tapi kamu harus mendasarkan investasi pada strategi dan penelitian yang mendalam. Tips and trick investasi saham yang satu ini memang terlihat sepele tapi sebenarnya sangat penting lho.

Kamu harus tahu seperti apa kinerja keuangan perusahaan dan tim manajemennya, apa visi misi perusahaan, berapa lama perusahaan itu ada, bagaimana citra perusahaan di mata masyarakat, lihatlah sejarah sahamnya, dan cari tahu pendapat analis saham profesional tentang perusahaan tersebut. 

Jangan Gunakan Uang Pinjaman

Tips and Trick Investasi Saham - Jangan Gunakan Uang Pinjaman

Kesalahan besar yang sering dilakukan oleh para investor baru yang minim pengetahuan adalah meminjam uang untuk modal investasi. Biasanya, investor yang seperti ini adalah orang-orang yang berinvestasi hanya karena ikut-ikutan tren atau termakan oleh omongan manis dari investor abal-abal.

Padahal cara seperti ini sangat berbahaya lho, karena berinvestasi saham bukanlah satu hal yang pasti, jadi kamu tidak pernah tahu akan untung atau rugi. 

Bayangkan jika saham yang kamu beli harganya anjlok atau bahkan tak bernilai sama sekali karena suatu alasan, padahal saham tersebut kamu beli dengan uang pinjaman sebesar Rp 150.000.000. Kira-kira, apa yang akan terjadi kepada kamu? Sudah pasti akan sangat stres, kan? 

Bahkan jika teman yang mengajak kamu berani memberikan jaminan, jangan pernah menggunakan uang pinjaman untuk membeli saham ya, bahkan meskipun saham itu dibeli dari perusahaan besar atau sangat terkenal.

Pisahkan Uang Investasi dari Uang Pribadi

Tips and Trick Investasi Saham - Pisahkan Uang Investasi dari Uang Pribadi

Tips and trick investasi saham yang satu ini cukup mirip dengan tips and trick dalam dunia bisnis, yaitu jangan mencampur uang bisnis dengan uang pribadi. Jadi sebelum mulai berinvestasi, kamu harus lebih dulu membuat rekening baru khusus untuk uang modal atau keuntungan dari investasi kamu. 

Jangan gunakan uang ini untuk membeli baju, makanan, atau jalan-jalan. Begitu juga sebaliknya, jangan gunakan uang pribadi untuk membeli saham, karena bisa saja kamu nanti malah tidak bisa membeli makan.

Gunakan Teknik Diversifikasi 

Tips and Trick Investasi Saham - Gunakan Teknik Disertifikasi

Dalam dunia investasi, istilah “Diversifikasi” diartikan sebagai teknik untuk mengurangi resiko dengan mengalokasikan investasi ke berbagai instrumen keuangan, industri, dan kategori lainnya. Menggunakan Teknik Diversifikasi merupakan salah satu tips and trick investasi saham yang lumayan penting.

Dengan berinvestasi di area berbeda yang masing-masing akan bereaksi berbeda terhadap peristiwa yang sama, kamu bisa memaksimalkan keuntungan.

Misalnya, kamu bisa berinvestasi di saham medis, saham manufaktur, saham teknologi, dan saham baja, jadi meskipun ada banyak perusahaan yang kamu pilih, jangan semuanya ada di sektor yang sama. 

Mulailah rencana investasi kamu dengan mempelajari dulu industri apa saja yang paling stabil bahkan ketika terjadi krisis dan pandemi. Baru selanjutnya kamu bisa menentukan di perusahaan mana saja kamu akan membeli saham.

Jangan Membeli Satu Saham

Tips and Trick Investasi Saham - Jangan Membeli Satu Saham

Misalnya kamu punya uang Rp 30.000.000 sebagai modal investasi. Jangan gunakan uang ini untuk membeli saham dari satu perusahaan, tapi belilah saham dari beberapa perusahaan. 

Tips and trick investasi saham yang satu ini terbukti ampuh untuk meminimalisir kerugian, karena jika nantinya satu perusahaan mengalami kegagalan, kamu masih memiliki harapan di 2-3 perusahaan lain.

Sedangkan jika kamu hanya berinvestasi di satu perusahaan dan ternyata gagal, dijamin uang modal kamu tidak akan pernah kembali.

(Baca Juga: 8 Cara Berinvestasi Emas yang Tepat dan Aman Agar Untung)

Hindari Overtrading

Tips and Trick Investasi Saham - Hindari Overtrading

Overtrading adalah istilah yang mengacu pada pembelian dan penjualan saham secara berlebihan, baik oleh broker atau pun kamu lakukan sendiri. 

Jika kamu sudah membuat keputusan untuk membeli saham dari perusahaan A atau A dan B misal, jangan mudah ragu apakah kamu akan segera menjual saham tersebut atau tidak saat grafik saham mengalami perubahan. Intinya jangan plin-plan dan mudah goyah. 

Belilah Saham Secara Terlambat

Tips and Trick Investasi Saham - Belilah Saham Secara Terlambat

Tips and trick investasi saham yang terakhir adalah membeli saham secara terlambat. Misalnya ada isu atau berita bahwa perusahaan A sangat bagus dan para investor berbondong-bondong untuk membeli sahamnya, kamu jangan melakukan hal yang sama ya. Biarkan saja orang lain membeli saham itu lebih dulu, dan kamu cukup memantau saja apakah saham tersebut memiliki daya tahan.

Cara ini bisa membantu kamu terhindar dari profil perusahaan palsu yang awalnya terlihat bagus tapi kemudian harga sahamnya jatuh dengan cepat, atau ternyata perusahaan tersebut akan bangkrut tapi mereka membuat kesan bahwa perusahaan sedang sangat bagus.

Saham yang harganya naik atau turun sekitar 2-3% dalam 3-5 hari biasanya lebih bagus daripada saham yang harganya melonjak tiba-tiba dalam satu hari, karena saham jenis ini biasanya akan turun harga secara dramatis pula. Jadi jangan terburu-buru atau gegabah dalam membeli saham, jangan pula mengikuti tren.

Itulah beberapa Tips and trick investasi saham. Berinvestasi di pasar saham adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kekayaan dalam jangka panjang, tapi proses awalnya bisa jadi rumit jika kamu belum berpengalaman. Karena itu, 9 tips and trick investasi saham di atas bisa menjadi informasi dasar untuk kamu yang baru saja belajar berinvestasi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi