Reksadana

Penjelasan Lengkap tentang Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap, Ikutin Yuk

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap – Reksadana memang memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan. Jika kamu cocok dengan reksadana pendapatan tetap, maka harus mengetahui secara lengkap tentang berbagai hal yang berkaitan. Hal ini tentu berhubungan dengan pengertian reksadana pendapatan tetap.

Kini pembelian reksadana sudah bisa dilakukan secara online dengan berbagai jenis aplikasi yang tersedia di e-commerce. Modalnya juga sangat murah, hanya dengan Rp. 10.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan seperangkat reksadana yang mampu memberikan peluang keuntungan. 

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap 

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap

Pengertian reksadana pendapatan tetap adalah salah satu jenis reksadana yang memberikan sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek utang. Dimana dalam jenis reksadana ini kamu akan memperoleh pendapatan tetap setiap jangka waktu yang ditentukan. 

Pengertian reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menginvestasikan minimal 80% dari asetnya yang berbentuk obligasi atau surat utang. Biasanya obligasi ini biasanya diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah. 

Tujuan penerbitan obligasi oleh kedua pihak tersebut dapat memberikan tingkat pengembalian yang stabil. Kamu dapat memperoleh risiko yang lebih besar dibandingkan dengan reksadana pasar uang, namun jenis reksadana pendapatan tetap lebih moderat. 

(Baca Juga: Ini Dia Penjelasan Lengkap Investasi Reksadana Terbaik 2021)

Pengertian reksadana pendapatan tetap dapat diibaratkan seperti ini, jika terdapat surat utang atau obligasi yang jatuh temponya lebih dari 1 tahun, maka kamu bisa mendapatkan pendapatan tetap sesuai jangka waktu yang ditentukan dalam masa jatuh tempo tersebut. 

Reksadana ini disebut sebagai pendapatan tetap karena setiap obligasi atau surat utangnya memberikan imbal hasil yang diberikan secara rutin, yaitu minimal sebulan atau setiap 3 bulan sekali. Sangat cuan, bukan?

Jika kamu menggunakan jenis investasi ini dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun, maka keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Oleh karena itu reksadana pendapatan tetap ini dapat menjadi alternatif pilihan terbaik untuk investor yang telah memahami tentang reksadana. 

Tipe Investor yang Cocok dengan Reksadana Pendapatan Tetap

Sebelum melakukan investasi, kamu perlu mengetahui karakteristik diri agar dapat menyesuaikan jenis reksadana yang cocok. Setelah kamu mengetahui pengertian reksadana pendapatan tetap, hal yang harus diketahui adalah profil risiko diri sendiri. 

Berdasarkan nama, jenis pengertian reksadana pendapatan tetap ini memberikan peluang pengembalian hasil yang lebih stabil karena adanya aset utang atau obligasi. Kupon yang diperoleh secara rutin dari kepemilikan utang atau obligasi ini memberikan keuntungan yang cocok sebagai pasif income. 

Jika kamu menggunakannya dalam jangka waktu pendek dan menengah, maka nilai aktiva bersih atau (NAB) dari reksadana pendapatan tersebut cenderung naik secara stabil. Sehingga kamu tidak banyak menemukan naik turunnya pendapatan dari saham ini. 

Jenis reksadana pendapatan tetap ini sangat cocok dengan tipe investor konservatif atau risk averse. Bagi kamu yang memiliki profil risiko yang rendah atau cenderung menghindari risiko. Dalam berinvestasi, kamu pasti memiliki jenis investasi yang aman, bukan?

Tipe untuk jenis reksadana ini juga biasanya cenderung menginginkan instrumen investasi yang memiliki imbal hasil yang tidak terlalu besar namun bergerak lebih stabil. Biasanya investor dengan profil risiko moderat atau sedang juga diperlukan untuk investasi jangka menengah dari jenis reksadana ini.

Mengapa Harus Memilih Reksadana Pendapatan Tetap?

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap - Mengapa Harus Memilih Reksadana Pendapatan Tetap?

Tidak dapat dipungkiri, dalam melakukan investasi kamu juga harus mempertimbangkan resiko nya. Selain itu, kamu juga harus mengetahui keuntungan apa saja yang diperoleh setelah membeli reksadana tetap. Berikut ulasan lengkap tentang alasan memiliki reksadana pendapatan tetap. 

Imbal hasil atau return

Biasanya penerbit obligasi akan membayar kupon secara berkala pada saat melunasi utangnya. Disini juga pasti terdapat pajak yang dibayarkan dengan memotong kupon atau bunga yang diberikan, sehingga kamu akan menerima imbal hasil dengan bersih. 

Imbal hasil atau return pada reksadana pendapatan tetap biasanya sekitar 7 sampai 8% per tahunnya. Jika kinerja bagus, bahkan kamu juga bisa memperoleh keuntungan hingga 9%. Keuntungan ini diperoleh lebih besar dibandingkan reksadana pasar uang. 

Telah diprediksi oleh Reza Fahmi selaku Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) bahwa tahun 2021 ini investor reksadana pendapatan tetap diperkirakan memperoleh return sebanyak 8 sampai 10%. Keuntungan tersebut mampu menjadi pasif income bagi kamu dan sekeluarga, bukan?

(Baca Juga: Ingin Investasi? Kenali Perbedaan Saham dengan Reksadana Disini Yuk!)

Kamu juga dapat memperoleh hasil reksadana bebas pajak yang dapat menjadi keuntungan tambahan. Hal ini berbanding terbalik dengan bunga deposito yang terkena pajak sebesar 20%.

Jumlah investasi

Minimal pembelian untuk reksadana pendapatan tetap Rp. 10.000, namun jika kamu ingin investasi secara langsung pada instrumen obligasi perlu menyiapkan Rp. 1.000.000 karena itulah jumlah minimal investasi di Obligasi Ritel Indonesia (ORI). 

Reksadana ini mampu memberikan peluang keuntungan disertai risiko yang berbanding lurus. Semakin kamu memberikan modal dalam jumlah besar, maka resiko kerugiannya juga mengikuti. Namun kamu harus memilih instrumen dengan profit yang menguntungkan ya. 

Risiko

Pengertian reksadana pendapatan tetap ini memiliki timbal balik yang selaras dengan risiko yang ditimbulkan. Dimana jika menggunakan ORI atau SBN, maka investasi akan dijamin oleh Pemerintah sebesar Rp 3 Miliar. 

Sedangkan pengertian reksadana pendapatan tetap terdiri dari beberapa instrumen investasi yang memiliki risiko yang lebih ringan dibandingkan jenis reksadana lain. Hal ini dapat diminimalisir karena tingkat resiko nya menengah. 

Waktu dan tempat pembelian

Biasanya individu atau seorang investor ritel membeli ORI yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada saat masa penawaran. Penawaran ini dilakukan baik secara online, masa penjualan kembali, dan melalui mitra distribusi. 

Sedangkan jika kamu ingin membeli reksadana pendapatan tetap dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hal ini karena adanya Agen Penjual Efek Reksa Dana dan manajer investasi yang profesional di bidangnya. 

Pajak

Pengertian reksadana pendapatan tetap - Pajak

Setiap Surat Berharga Negara (SBN) atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Pemerintah akan memberikan 15% kupon yang diterima oleh investor. Sedangkan jika membeli reksadana pendapatan tetap, maka kamu tidak perlu membayar bunga karena telah dibebaskan.

Bagi kamu yang ingin melakukan investasi reksadana pendapatan tetap akan memperoleh keuntungan lengkap tanpa harus adanya pemotongan. Alasan ini dapat menjadi daya tarik agar kamu dapat mempercepat keuntungan pada saat investasi, bukan?

Laporan berkala

pengertian reksadana pendapatan tetap - Laporan Berkala

Setiap investor pasti memperoleh laporan komprehensif yang berisi tentang rekening komprehensif. Di dalamnya terdapat perkembangan investasi yang dapat dinilai sesuai kinerjanya. Laporan ini dapat membantu kamu dalam melakukan keputusan terhadap reksadana tersebut. 

Setiap waktu pasti nilai setiap instrumen investasi mengalami kenaikan dan penurunan yang dapat menjadi alat untuk melakukan keputusan. Di dalamnya terdapat hasil yang dapat berpengaruh dalam keputusan investor selanjutnya. 

Pengertian reksadana pendapatan tetap serta penjelasan lengkapnya di atas dapat memberi informasi sekaligus memantapkan hati untuk investasi, bukan? Tentunya dari penjelasan di atas kamu dapat memperoleh teori sebelum menjalankan investasi reksadana pendapatan tetap secara langsung.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Reksadana