Investasi

6 Rekomendasi Investasi Saham Terbaik Tahun Ini, Yuk Coba Belajar

Rekomendasi Investasi Saham Terbaik Tahun Ini – Membeli saham itu tidak susah, tapi memilih saham yang tepat tanpa resiko kerugian di masa depan sangatlah sulit, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Jika kamu ingin mencoba membeli saham di tahun ini, inilah beberapa rekomendasi investasi saham terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Investasi Saham Terbaik Tahun Ini

Memangnya tidak rugi membeli saham saat pandemi? Sekitar 2 tahun pertama mungkin kamu seolah tidak mendapat keuntungan apa-apa, tapi karena saham adalah investasi jangka panjang, justru sekarang kamu bisa membeli dengan harga murah dan 10-15 tahun ke depan kamu bisa mendapat keuntungan berlipat.  

Ada ribuan saham yang saat ini sedang dijual dengan harga murah, tapi justru di sinilah tantangannya. Karena hampir semua harganya murah, jangan sampai kamu salah pilih ya. Menurut sejumlah analis saham Indonesia, inilah beberapa saham terbaik yang bisa kamu beli tahun ini:

Saham TLKM

rekomendasi investasi saham terbaik

Rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini yang pertama adalah saham dari Telkom Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan dari BUMN Indonesia. 

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah perusahaan yang bergerak di lini telekomunikasi, yang kemungkinan gulung tikarnya cukup kecil karena layanan komunikasi semakin dibutuhkan dari tahun ke tahun. 

Dengan kata lain, masa depan perusahaan ini sangat cerah dan bahkan terjamin. Mengapa? Karena termasuk perusahaan BUMN, tentunya perusahaan ini akan langsung mendapat penanganan dari pemerintah jika terjadi sesuatu hal. 

Pertimbangan lainnya adalah, Telkom termasuk perusahaan paling besar di bidangnya, atau bisa dikatakan bahwa ia adalah adalah penguasa dalam pasar industri telekomunikasi dan internet di Indonesia. Per Februari 2021, diketahui bahwa harga saham Telkom adalah Rp 3.170/lembar.

Saham BBRI

Saham BBRI

Rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini  yang kedua adalah saham BBRI. Memiliki harga sedikit lebih tinggi dari Telkom, harga saham BBRI per 22 Februari 2021 adalah Rp 4.790/lembar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa berinvestasi saham di perusahaan perbankan adalah satu opsi terbaik, dan salah satu bank Indonesia yang layak untuk dijadikan tempat investasi adalah BRI.

(Baca Juga: Pengertian Reksadana Campuran, Jenis dan Risiko serta Keuntungannya)

Sama seperti Telkom, BRI adalah salah satu perusahaan yang berada di bawah naungan BUMN, dan merupakan salah satu bank terbesar dalam negeri tapi dengan kualitas serta kinerja yang sudah diakui  oleh Internasional. 

Hal ini dibuktikan dengan masuknya BRI dalam daftar “2000 Perusahaan Terbaik” versi majalah Forbes, Amerika Serikat. BRI sendiri sudah ada sejak tahun 1992, dan masih eksis sampai hari ini. Bahkan dalam 10 tahun terakhir, pendapatan serta asetnya telah meningkat pesat. 

Menurut laman Wikipedia, aset BRI per tahun 2021 ini sudah menjadi 1.512 triliun rupiah. Sudah bisa ditebak ya, jika BRI memiliki masa depan yang cemerlang dan tak akan salah jika kamu membeli sahamnya hari ini.

Saham CPIN

rekomendasi investasi saham terbaik

CPIN adalah singkatan dari Charoen Pokphand Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan besar Indonesia yang bergerak di bidang pakan ternak, pelestarian ayam dan daging sapi, serta pengembangbiakan dan pembudidayaan ayam pedaging bersama dengan pengolahannya.

Perusahaan yang ada di Jakarta Utara ini mulai beroperasi secara komersial sekitar tahun 1972, dan saat ini sudah memiliki tujuh anak perusahaan. 

Dibanding dua perusahaan sebelumnya, harga saham dari perusahaan ini sedikit lebih mahal lagi nih, yaitu Rp 5.950/lembar pada Februari 2021 ini. Sedangkan total asetnya sendiri sudah mencapai 32 triliun rupiah. 

Adapun total pendapatnya telah mengalami kenaikan sebesar 8,67% dari tahun sebelumnya, yang berarti tahun ini pendapatnya menyentuh angka 58.63 triliun rupiah. 

Meskipun CPIN sempat mengalami penurunan karena isu ayam yang terjadi beberapa waktu lalu, tapi perusahaan ini bisa kembali bangkit dalam waktu singkat lho. 

Hal ini menjadi bukti bahwa CPIN adalah salah satu rekomendasi investasi saham terbaik untuk dicoba. Karena meskipun harga sahamnya mengalami penurunan karena satu dan lain hal, fundamentalnya yang baik akan membuat harga saham naik dengan cepat, jadi para investor tidak akan merugi.

Jika kamu termasuk investor yang ingin memperoleh dividen, CPIN sangat cocok nih, karena perusahaan ini termasuk rajin memberikan dividen kepada para investornya.

(Baca Juga: 10 Tips Anti Gagal untuk Investasi Saham)

Saham UNVR

Saham UNVR

Unilever merupakan salah satu dari Rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini. UNVR adalah singkatan dari Unilever, yang hampir setiap orang Indonesia pasti mengenalnya. Unilever sendiri adalah perusahaan multinasional yang menjual barang-barang konsumen mulai dari makanan dan minuman hingga berbagai produk pembersih dan produk perawatan pribadi. 

Didirikan pada 5 Desember 1933, Unilever Indonesia telah berkembang menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (barang kebutuhan barang sehari-hari) terkemuka melalui rangkaian produk dalam brand-brand ternama seperti Lux, Pepsodent, Dove, Lifebuoy, Rexona, Vaseline, dan banyak lagi.

Saking banyaknya brand yang dimilikinya, perusahaan yang sudah ada selama 87 tahun ini seperti tidak ada matinya dan bahkan akan terus tumbuh besar. 

Saham perusahaan ini pertama kali ditawarkan kepada publik pada tahun 1981, dan telah dicatatkan di Bursa Efek Indonesia sejak 11 Januari 1982. Pada akhir tahun 2015, Unilever Indonesia tercatat sebagai perusahaan terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia. 

Karena sudah menguasai pangsa pasar, saham Unilever cenderung stabil bahkan di masa pandemi seperti sekarang, berbeda dengan saham pertambangan yang harganya sering naik dan turun sesuai dengan komoditas dunia.

Beberapa hal di atas adalah alasan mengapa saham Unilever adalah salah satu yang paling banyak direkomendasikan sebagai tabungan jangka panjang, baik untuk investor pemula maupun senior. Per hari ini (22 Februari 2021), harga saham Unilever adalah Rp 6.875/lembar.

Saham ICBP

rekomendasi investasi saham terbaik

ICBP merupakan Rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini. Perusahaan di bidang customer goods lainnya adalah Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood), yang dalam bursa efek Indonesia bisa disingkat ICBP. Berdasarkan pergerakan grafik BEI, harga saham ICBP pada 22 Februari 2021 adalah Rp 8.625/lembar.

Saham ICBP termasuk salah yang direkomendasikan karena harganya relatif stabil dari waktu ke waktu, sehingga sangat aman untuk para investor. 

Hal ini karena Indofood termasuk salah satu perusahaan besar yang tak hanya populer di dalam tapi juga di luar negeri, yang pada akhirnya membuat pendapat beserta asetnya meningkat dari tahun ke tahun. Per akhir tahun 2020 kemarin saja, aset Indofood CBP sudah mencapai 102 triliun rupiah.

Selain itu, Indofood termasuk perusahaan yang kerap membagikan dividen setiap tahun lho, jadi kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus jika menjadi investornya.

Saham BBCA

Saham BBCA

Rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini  yang terakhir adalah saham BBCA. Ingin membeli saham perbankan tapi bukan BRI? Maka saham dari BCA cocok banget nih untuk dibeli. Saking bagusnya perusahaan ini, harga sahamnya termasuk yang paling mahal lho di Bursa Efek Indonesia, yaitu sekitar Rp 33.950/lebar (pada 22 Februari 2021).

Termasuk salah satu emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar, yaitu 745,81 triliun rupiah, saham BBCA sangat baik secara teknikal dan fundamental. 

Selain itu, BCA sendiri pernah memperoleh penghargaan dari FinanceAsia Country Awards for Achievement 2019 di Hong Kong sebagai Bank terbaik di Indonesia dan Asia.

Buat kamu yang sudah mulai tertarik dengan dunia investasi dan memilih saham sebagai produk investasinya, salah satu dari enam rekomendasi investasi saham terbaik tahun ini di atas bisa kamu pertimbangkan ya. Data ini berdasarkan rekomendasi analis dan berita terbaru tahun ini. 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi