InvestasiReksadana

Ingin Investasi? Kenali Perbedaan Saham dengan Reksadana Disini Yuk!

Perbedaan Saham Dengan Reksadana

Perbedaan Saham dengan Reksadana – Investasi memang menjadi salah satu aktivitas yang diperbincangkan oleh kaum milenial saat ini. Bagi kamu yang ingin melakukan investasi dapat memilih antara saham dan reksadana. Oleh karena itu kamu harus mengetahui perbedaan saham dengan reksadana terlebih dahulu sebelum membeli. 

Saham dan reksadana dapat menjadi alternatif investasi karena keduanya menawarkan peluang keuntungan serta risiko yang dapat disesuaikan kondisi saat ini. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Mengenal Lebih Dekat tentang Saham

Saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang diperjualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia menggunakan rekening sekuritas. 

Pemilik saham akan memperoleh dividen yang akan dibayarkan dalam jenjang waktu tertentu. Kamu akan memperoleh keuntungan jika menjual saham lebih tinggi dibandingkan harga beli semula. Biasanya saham lebih baik di utilisasi dalam jangka panjang, yaitu sekitar 10 tahun.

Mengenal Lebih Dekat tentang Reksadana

Reksadana adalah tempat berkumpulnya uang dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi. Disini berbagai instrumen investasi dapat dipilih sesuai produk yang telah dirancang khusus untuk memperoleh keuntungan. 

Keuntungan yang diperoleh dari investasi reksadana adalah return, biasanya tergantung dari naik dan turunnya nilai jual pada instrumen yang ditawarkan. Biasanya jenis investasi ini digunakan untuk masyarakat yang memiliki waktu sibuk dan tidak memiliki pengetahuan khusus tentang saham. 

(Baca Juga: 8 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Beserta Penjelasan Risikonya)

Perbedaan Investasi Saham dengan Reksadana

Mengembangkan dana dengan investasi dapat menjadi salah satu pasif income yang menjanjikan. Bagi kamu yang ingin melakukan investasi antara saham dan reksadana harus mengetahui secara detail tentang perbedaannya. Berikut penjelasan perbedaan investasi saham dengan reksadana terlengkap :

Return

Perbedaan Saham dengan Reksadana - Return

Perbedaan saham dengan reksadana yang pertama adalah return. Jika kamu membeli saham dan mengelolanya dalam jangka waktu lama, maka keuntungannya akan semakin besar dan mendapat keuntungan bersih. Sedangkan jika membeli reksadana, maka kamu harus memberikan biaya pengelolaan untuk manajer investasi. 

Pada kepemilikan saham, kamu hanya perlu mengalokasikan dana untuk membayar biaya online trading dengan besaran yang bervariasi tergantung pada perusahaan sekuritas tempat kamu menyimpan dana. 

Sedangkan jika reksadana, kamu mendapatkan return sesuai dengan jangka waktu investasi yang ditentukan. Namun kamu akan memperoleh potongan untuk setiap jasa yang diberikan pada manajer investasi yang mengelola instrumen investasi yang digunakan. 

Tingkat Resiko

Perbedaan Saham dengan Reksadana - Tingkat Resiko

Perbedaan saham dengan reksadana yang berikutnya adalah tingkat resiko. Sebelum memutuskan untuk investasi, kamu juga harus mengenal risiko yang akan terjadi jika kamu mulai membeli instrumen investasi. Setiap jenis-jenis investasi pasti memiliki risiko yang dapat kamu ketahui sebelumnya agar dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan. 

Tingkat risiko investasi saham lebih tinggi dibandingkan dengan investasi di reksadana. Salah satu perbedaan saham dengan reksadana adalah risiko yang ditimbulkan. Selagi menjadi investor pemula, kamu bisa memilih jenis investasi sesuai risiko yang ditimbulkan. 

Risiko investasi di reksadana terbilang lebih rendah karena semua pengelolaan instrumennya dilakukan oleh manajer investasi yang telah berpengalaman di bidangnya. 

Pengelolaan Dana

Perbedaan Saham dengan Reksadana - Pengelolaan Dana

Dalam mengelola dana, perbedaan saham dengan reksadana tentu berbeda. Saham dikelola langsung oleh investor. Sehingga investor harus memahami dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan pada saham yang dimiliki pada situasi tertentu. 

Teknik bermain saham yang tepat tentu akan menghasilkan cuan yang banyak. Pastinya semua pergerakan saham membutuhkan teknik pengelolaan yang nantinya akan memperoleh keuntungan tertinggi. 

Sedangkan reksadana dikelola oleh manajer investasi. Sebagai investor, kamu perlu mengamati return dan laporan yang nantinya diberikan oleh manajer investasi tersebut. Biasanya manajer investasi telah memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam mengelola instrumennya. 

Keuntungan memilih reksadana sebagai investasi kamu tidak perlu harus mengetahui semua tindakan yang harus dilakukan pada instrumen investasi. Reksadana jenis ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki waktu sibuk karena semua dikelola oleh manajer investasi. 

Pajak

Perbedaan Saham dengan Reksadana - Pajak

Tidak dapat dipungkiri, setiap aktivitas yang memperoleh keuntungan pasti dikenakan pajak. Hal ini wajib dan biasanya langsung dipotong ketika kamu ingin menarik dana investasi tersebut. Jika investasi saham, kamu akan dikenakan pajak final yaitu 0,1% dari nilai penjualan saham. 

Jika kamu berencana investasi dalam jangka panjang, dikenakan pajak dividen sebesar 10% pada saat pencairan. Total pajak yang harus kamu bayarkan ketika melakukan investasi saham adalah 11%.

Berbeda dengan reksadana, jenis investasi ini tidak dikenakan pajak. Namun bagi kamu yang telah memiliki pendapatan yang memenuhi syarat untuk membayar pajak, pastikan untuk melaporkannya saat SPT tahunan ya!

(Baca Juga: Resiko Berinvestasi, Ini 8 Faktor yang Mempengaruhi)

Bentuk investasi

Perbedaan saham dengan reksadana yang paling menonjol adalah bentuk investasinya. Karena reksadana menggunakan manajer investasi, maka biasanya instrumen investasi yang diwujudkan adalah surat utang, deposito, obligasi, saham, dan surat utang. 

Sedangkan jika melakukan investasi saham, kamu memiliki sebagian dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu kamu bisa memilih lebih banyak instrumen investasi yang ditawarkan mulai dari saham bisa dan saham preferen yang dapat dipilih sesuai budget dan pertimbangan. Biasanya investasi yang dilakukan dengan saham memperoleh dividen. 

Dividen atau keuntungan dari aktivitas investasi dengan saham ini dibayarkan setiap kuartal tertentu. Sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan yang dapat diambil sebagai pasif income. 

Jangka waktu investasi

jangka waktu investasi antara saham dan reksadana berbeda. Perbedaan saham dengan reksadana ini ditentukan tergantung produk yang dibeli. Misalkan untuk reksadana, jika kamu investasi dalam jangka waktu diatas 7 tahun, maka keuntungan diperoleh lebih banyak. 

Namun bagi kamu yang ingin memperoleh keuntungan meski dalam rentang waktu yang pendek dapat memilih reksadana pasar uang. Karena tingkat risiko dan modal utama untuk investasi produk ini sangat ringan. 

Sedangkan jika investasi saham, biasanya jangka waktu yang dibutuhkan adalah lebih dari 10 tahun. Pilihan utama terletak pada jenis perusahaan yang mampu menentukan keuntungan di kemudian hari karena profil perusahaan yang bonafit. 

Keberadaan pihak perantara

Perbedaan saham dengan reksadana yang terakhir adalah keberadaan pihak perantara. Reksadana dan saham pasti memiliki perantara yang menghubungkan kamu dengan berbagai aksi investasi. Dimana di dalamnya punya pihak perantara yang menghubungkan dengan berbagai aksi investasi. 

Seperti yang kamu ketahui, jika investasi menggunakan reksadana kamu pasti akan dibantu oleh manajer investasi yang berperan untuk menjual dan membeli produk investasi. Sehingga perantara investasi reksadana adalah manajer investasi. 

Sedangkan jika melakukan investasi saham, kamu akan memperoleh pihak perantara yaitu perusahaan. Karena perantara pedagang efek atau broker dengan kamu sebagai investor sangat penting. Sebelum menjadi investor, tentu kamu harus memilih perusahaan sekuritas dulu, bukan?

Jika reksadana menyerahkan semua keputusan kepada investasi, namun jika investasi saham kamu tetap memperoleh andil dalam setiap keputusan pada jenis investasi. Perbedaan saham dengan reksadana terletak pada pihak perantara keduanya. 

Perbedaan saham dengan reksadana pasti menjadi hal penting sebelum melakukan investasi karena keduanya menawarkan keunggulan yang menarik untuk dicoba. Bagi kamu yang ingin memulai investasi pastikan untuk mengetahui lebih dalam tentang keduanya sebelum membeli ya!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi