InvestasiLogam Mulia

Meski Harga Emas Naik Turun, Investasi Logam Diperlukan

Investasi Logam

Investasi Logam – Emas merupakan salah satu investasi yang diyakini nilainya selalu membantu sebagai asuransi untuk proteksi atau sebuah perlindungan dalam keadaan yang sedang sulit. Karena harga jual emas sering selalu naik tiap bulannya merupakan investasi logam.

Seiring berjalannya waktu, emas diyakini sebagai alat penyimpan nilai atau “story of value” dan beberapa pihak juga menyebutkan bahwa emas disebut sebagai satu safe haven dapat digunakan untuk investasi logam. Hal ini disebabkan oleh nilai komoditas dari emas tersebut yang tidak akan pernah dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga yang ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Tidak dipungkiri lagi investasi logam dari emas banyak digunakan orang sebagai asuransi atau alat perlindungan ketika seseorang sedang dalam keadaan buruk atau kesulitan bahkan hingga mengalami kerugian. Oleh karena itu sering dijumpai bahwa harga emas meningkat ketika terjadi inflamasi atau perubahan nilai dolar yang menyebabkan investasi logam merupakan salah satu investasi yang diminati banyak orang.

Dalam sebuah penelitian, terdapat beberapa orang yang bertugas mengidentifikasi indikator-indikator apa saja yang terdapat pada kondisi pasar, beberapa diantaranya yaitu: sentimen konsumen, ketidakjelasan dalam dunia politik, dan tekanan dalam pasar keuangan.

(Baca Juga: 8 Cara Berinvestasi Emas yang Tepat dan Aman Agar Untung)

Banyak juga para investor yang memiliki pandangan bahwa emas merupakan bentuk atau jenis investasi yang tergolong aman, dibanding dengan saham ataupun obligasi yang meruapakan aset yang lumayan memiliki risiko yang tinggi. Hal ini didorong dari fakta yang menunjukkan bahwa investasi logam dari harga emas melonjak naik atau meningkat ketika keadaan pasar atau ekonomi sedang mengalami tekanan yang diakibatkan dari kebijakan pemerintah.

Namun, tidak dipungkiri juga bahwa emas sama halnya pula dengan instrumen investasi jenis lainnya. Tidak hanya memiliki potensi untuk peningkatan harga, melainkan juga dapat mengalami penurunan harga. Faktor atau hukum yang mendasarinya adalah penawaran dan permintaan serta nilai tukar dolar.

Apa Saja Alasan Perlunya Investasi Logam dari Emas?

Banyak pihak yang mengatakan bahwa emas diyakini dapat dijadikan sebagai nilai asuransi pada saat masa-masa perekonomian yang sulit. Berikut terdapat beberapa alasan potensial yang mengharuskan Anda untuk membuat investasi logam dari emas :

Nilai Emas Tertera Dalam Sejarah

Investasi Logam - Nilai Emas Tertera Dalam Sejarah

Tidak sama halnya dengan mata uang kertas, koin, maupun asset lainnya, emas ini merupakan salah satu aset yang tetap mempertahankan nilainya. Oleh karena itu banyak orang memiliki atau menyimpan emas untuk meneruskan generasi-generasi berikutnya di masa depannya dan untuk menyongsong kehidupannya di masa mendatang dan hal itu merupakan investasi logam.

Sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala bahwa emas diyakini memiliki sifat yang unik. Sifat utamanya yang pastinya semua orang sudah ketahui adalah tidak korosi dan mudah meleleh ketika dinyalakan dengan api biasa. Hal ini mengakibatkan strukturnya mudah digunakan dan banyak yang mengecapnya sebagai koin. Selain itu, emas memiliki warna yang indah dan elegan yang tidak dimiliki oleh elemen logam mulia lain.

Pelemahan Dolar Amerika

Investasi Logam - Pelemahan Dolar Amerika

Meskipun dolar Amerika menjadi sebuah mata uang cadangan bagi banyak orang, namun apabila dolar Amerika tersebut sedang mengalami penurunan nilai atau jatuh pada mata uang lain maka banyak orang berbondong-bondong untuk membeli atau berinvestasi emas sehingga mengakibatkan harga emas naik.

Menurut catatan sejarah, harga emas sering naik beberapa kali pada tahun 1998, 2008, dan 2012. Hal ini sama saja disebut dengan pelemahan dolar Amerika. Pelemahan dolar Amerika Serikat ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan atau penyebab, termasuk anggaran negara yang lumayan sangat besar serta defisit pada perdagangan dan peningkatan yang besar dalam jumlah uang yang sedang beredar.

(Baca Juga: 8 Keunggulan Investasi Emas untuk Masa Depan)

Emas Sebagai Proteksi Nilai Inflasi

Investasi Logam - Emas Sebagai Proteksi Nilai Inflasi

Jika dilihat secara historis atau sejarah, emas dapat dikatakan sebagai pelindung nilai inflasi dikarenakan harganya yang cenderung meningkat terus menerus ketika atau seiring dengan biaya untuk kebutuhan hidup juga meningkat. Dipercaya bahwa sekitar 50 tahun lalu, para investor emas tengah berjaya atau sedang mendapat keuntungan yang besar dikarenakan harganya yang cenderung naik ketika saham di pasaran sedang anjlok atau terjadi inflasi yang tinggi.

Tidak hanya itu, emas juga dipercaya sebagai penyimpan nilai atau merupakan investasi logam yang membuat Anda yakin ketika didorong untuk membeli emas tersebut pada saat mata uang lokal yang dimiliki mulai kehilangan nominalnya.

Sebagai Perlindungan Deflasi

Investasi Logam - Sebagai Pelindung Deflasi

Deflasi pada pembahasan ini yang dimaksud merupakan suatu periode yang mana harga mengalami penurunan pada saat aktivitas bisnis masih melambat dan juga kehidupan ekonomi yang banyak ditekan oleh utang yang berlebihan. Yang mana hal ini belum terlihat secara ijmal sejak terjadinya depresi yang sangat hebat pada tahun 1930-an, meskipun setelah terjadi krisis keuangan pada tahun 2008 sudah pernah terjadi deflasi walaupun kecil di beberapa bagian dunia.

Selama masa depresi tersebut, secara relatif daya beli terhadap emas tersebut semakin melonjak, sedangkan harga lainnya mengalami penurunan yang cukup tajam. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memilih untuk menimbun uang tunainya atau menyimpan uang pada investasi yang berbentuk emas atau koin emas pada saat itu yang nilainya relatif stabil bahkan meningkat, tidak akan mengalami penurunan nilai. Sedangkan pada saat ini mungkin banyak yang menyimpan uang pada emas batangan yang sedang hits.

Skeptis atau Ketidakpastian dari Geopolitik

Emas menjadi salah satu investasi yang nilainya dapat dipertahankan tidak hanya pada saat sedang terjadi ketidakpastian kondisi finansial atau keuangan, melainkan juga ketidakpastian geopolitik. Hal ini sering disebut juga dengan “komoditas kritis” di mana orang-orang melarikan atau berpindah penanaman investasi pada investasi emas dibanding dengan saham atau investasi jenis lainnya. Anda dapat berlari pada investasi yang relatif termasuk dalam golongan aman ketika sedang terjadi ketegangan pada dunia. Hingga saat ini emas masih mengungguli dalam dunia investasi dibanding lainnya.

Jika Harga Emas Mahal, Saatnya Beli atau Jual?

Dewasa ini, harga emas semakin membuat mata melotot. Di sisi lain, para pemilik emas juga kebingungan atau mengalami kegalauan. Hal ini dikarenakan bingung untuk sebaiknya harus membeli atau menjualnya. Ini pastinya dialami banyak sebagian dari Anda termasuk para pemuda milenial yang saat ini banyak juga yang sedang coba-coba untuk investasi. Investasi logam ini cocok bagi para pemuda milenial untuk memulai berinvestasi

Dilema ini disebabkan apabila menjualnya takut jikalau harga esok lebih mahal dan tidak mendapat untung, malah buntung. Namun, apabila membelinya, harga tersebut tergolong mahal yang membutuhkan banyak pengeluaran.

Apabila ingin mengambil keputusan yang tepat, perlu bagi Anda untuk melakukan riset atau mencari informasi yang dapat berasal dari analis mengenai investasi logam dan harga emas.

Setelah dilakukan penelitian, menurut Kepala Riset dan Edukasi, tren penguatan emas masih terjadi dikarenakan dunia masih mengalami krisis secara global khususnya ekonomi, yang diakibatkan dari faktor pandemi covid-19.

Selain hal itu juga, pelonggaran moneter global masih berlangsung yang mengakibatkan penguatan emas masih terjadi pula. Hingga saat ini, harga emas masih berkisar sampai dengan Rp 1 juta setiap gramnya dan diperkirakan tetap bertahan hingga akhir tahun ini. Jadi investasi logam ini sangat berguna sebagai solusi tabungan untuk masa kedepannya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi