Investasi

Tips Menghadapi Harga Saham Anjlok Bagi Investor

Menghadapi Harga Saham Anjlok

Tips Menghadapi Harga Saham Anjlok – Instrumen investasi saat ini digemari oleh masyarakat muda di Indonesia. Salah satu instrumen tersebut adalah saham, dengan pergerakan saham yang fluktuatif membuat saham bisa diandalkan untuk berinvestasi.

Saat ini Indonesia memasuki era new normal yang mana pastinya semua kegiatan mengalami keterbatasan, berbeda dengan keadaan sebelum covid-19 memasuki negeri ini. Namun, hingga saat ini virus corona masih dalam taraf tinggi dalam kasusnya yang belum mengalami penyusutan. Semakin hari semakin bertambah banyak juga orang-orang yang terinfeksi virus ini.

Dengan melihat kondisi yang seperti ini, beberapa Pemerintah Daerah Provinsi mengeluarkan kebijakan untuk mencanangkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang mengharuskan masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar termasuk pekerjaan dan mengurangi risiko untuk bertemu dengan banyak orang. PSBB ini dilakukan selama dua minggu atau selebihnya, dan telah dilakukan selama beberapa kali sejak corona awal masuk ke Indonesia.

Tips Menghadapi Saham Anjlok

Dengan adanya pembatasan ini, tentunya tidak sedikit para investor yang takut dan khawatir saat menghadapi harga saham anjlok yang mengalami penurunan dan nantinya akan menerima kerugian. Hal ini dikarenakan beberapa daerah yang melakukan PSBB membuat harga saham turun anjlok.

Menanggapi hal ini, menurut kepala pemasaran dari manajemen aset, mengutip dari suatu situs tertentu telah memperkirakan bahwa pasar saham akan menghadapi harga saham anjlok dan beberapa saham akan tampak memerah, contohnya saja seperti ritel, jalan tol, hingga emiten perbankan.

(Baca Juga: Ini Dia 9 Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan yang Akan Anda Dapatkan)

Lalu, bagaimana tips bagi para investor agar tetap mendapat keuntungan dalam menghadapi PSBB dan harus menghadapi harga saham anjlok ini?

Dalam menghadapi harga saham anjlok, investor tidak perlu khawatir. Anda dapat simak ulasan berikut ini untuk mengetahui tips bagaimana agar tetap mendapatkan keuntungan saat menghadapi harga saham anjlok

Faktor yang Mengakibatkan Naik Turunnya Harga Saham

Bagi para investor khususnya yang pemula juga, perlu diketahui bahwa naik turunnya harga saham merupakan suatu hal yang sangat wajar. Namun, agar lebih memahami lagi, berikut faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham :

  • Aksi korporasi perusahaan
  • Proyeksi kinerja perusahaan pada masa mendatang
  • Kebijakan pemerintah
  • Fluktuasi kurs rupiah terhadap mata uang asing
  • Kondisi fundamental ekonomi makro
  • Rumor dan sentimen pasar
  • Faktor manipulasi pasar
  • Faktor kepanikan

Tips Menghadapi Saham Anjlok Ketika Pandemi Covid-19

1. Lihat Kembali Perkembangan Investasi Saham dan Tetap Tenang

Menghadapi Harga Saham Anjlok - Lihat Kembali Perkembangan Investasi Saham dan Tetap Tenang

Tips menghadapi saham anjlok yang pertama adalah dengan melihat kembali perkembangan investasi saham dan tetap tenang. Ketika Anda sedang menghadapi situasi dimana mengalami dampak risiko kerugian, pasti akan membuat panik. Akan tetapi, kepanikan yang terus-menerus tidak akan menghasilkan apapun, yang ada malah tambah membuat kerunyaman atau menambah beban kerugian.

Dapat dicontohkan apabila Anda sedang mengalami masalah dan hal apapun bisa terjadi ketika Anda sedang emosi dan mengambil langkah yang salah untuk menghadapi masalah Anda. Tentunya langkah tersebut dapat menimbulkan masalah baru bagi Anda dan mengakibatkan kerugian yang datang menjadi bertubi-tubi.

Agar hal tersebut tidak terjadi khususnya bagi investor yang sedang menghadapi kenyataan di masa pandemik ini bahwa nilai saham turun, untuk sebaiknya tetap tenang. Alangkah lebih baiknya apabila Anda mencari informasi terkait perkembangan investasi saham untuk beberapa waktu kedepan melalui internet.

2. Jangan Langsung Mencairkan

Lihat Kembali Perkembangan Investasi Saham dan Tetap Tenang - Jangan Langsung Mencairkan

Banyak investor saham terutama bagi investor pemula yang langsung mencairkan dananya ketika menghadapi harga saham anjlok. Hal ini dikarenakan takut atau khawatir yang berlebihan apabila akan mengalami kerugian.Tips menghadapi saham anjlok yang satu ini sangatlah penting karena tidak ada yang tahu beberapa hari kedepan bisa saja saham yang tadinya anjlok bisa naik kembali di kemudian hari. Padahal sesungguhnya harga saham turun hanya merupakan potensi adanya kerugian. Ini diartikan bahwa investor belum merugi kecuali ia telah mencairkan dana, ketika itu pula investor dapat dikatakan rugi.

Oleh karena itu jangan sampai Anda mengambil keputusan yang salah ketika melihat harga saham di pasaran turun. Anda dapat melakukan riset, melakukan cross check, dan memperkirakan harga saham ke depan secara berkala, karena hal yang tidak diduga dapat terjadi ketika tiba-tiba harga saham menjadi naik drastis dan Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Riset Kembali Anggaran Keuangan Anda

Lihat Kembali Perkembangan Investasi Saham dan Tetap Tenang - Riset Kembali Anggaran Keuangan Anda

Pada saat nilai saham menurun, Anda perlu untuk melakukan studi untuk anggaran bulanan Anda. Hal ini sangat memungkinkan bagi Anda ketika harga saham turun untuk menghemat pengeluaran-pengeluaran terlebih dahulu sambil menunggu perkembangan investasi saham kembali membaik.

Perlu bagi Anda untuk segera mungkin memisahkan pos-pos pengeluaran seperti cicilan, tagihan, dan untuk biaya kebutuhan lainnya. Ketika setelah memisahkan dan terdapat sisa nominal, cegah keinginan untuk menghabiskannya sebagai foya-foya atau hiburan. Akan lebih baik apabila disimpan pada tabungan yang bersifatnya dapat diambil ketika situasi mendadak. meriset kembali anggaran keuangan adalah salah satu tips menghadapi harga saham anjlok.

4. Ingat Investasi Saham dalam Jangka Panjang

Menghadapi Harga Saham Anjlok - Ingat Investasi Saham dalam Jangka Panjang

Setiap Anda pertama kali memutuskan untuk menanamkan investasi pada sektor saham, pastinya saja ingin mendapatkan hasil yang sangat berharga dan hasil ini tentu saja tidak mudah untuk segera didapatkan melainkan harus dalam tujuan jangka Panjang. Dapat dimungkinkan bahwa investor tidak hanya menginginkan keuntungan dalam jumlah yang besar, melainkan dapat pula untuk yang berkeinginan membeli rumah, dana pendidikan untuk anak, dan dana pensiun untuk bekal masa depan kelak

(Baca Juga: 7 Cara Membeli Saham bagi para Investor Pemula)

Untuk itu, apabila menghadapi harga saham anjlok, ingat lagi tujuan jangka panjang yang telah Anda persiapkan dari awal ketika menanamkan investasi saham. Jangan panik dan langsung mengambil keputusan yang salah dan sebaiknya untuk tetap melanjutkan investasi yang sedang Anda jalani. Anda hanya diperlukan untuk terus memantau perkembangan investasi saham yang ada di pasaran untuk beberapa waktu kedepan.

5. Anda Menganggap Diri Sendiri sedang Menabung

Menghadapi Harga Saham Anjlok - Anda Menggangap Diri Sendiri Sedang Menabung

Banyak orang yang berkata bila mendengar kata investasi saja tentunya merupakan sesuatu yang berat. Hal ini dikarenakan dana atau modal yang harus dibayarkan juga membutuhkan nominal yang cukup besar belum lagi jika menghadapi harga saham anjlok. Namun pernyataan ini hanya diyakini orang-orang terdahulu, karena pada kenyataannya investasi dapat dilakukan oleh orang siapa saja bahkan anak muda milenial pun karena sekarang hanya membutuhkan rogohan receh sebesar Rp100 ribu pada umumnya.

Tentunya ini bukan merupakan suatu hal yang berat lagi untuk saat menghadapi saham anjlok. Anggap saja bahwa Anda sedang menabung secara rutin dan disiplin dengan tujuan jangka panjang yang nantinya akan mendapatkan keuntungan yang besar. Kemudian belajar untuk menyisihkan sebagian penghasilan sebesar 10% hingga 15% untuk membeli saham.

6. Manfaatkan Beli Saham Fundamental Ketika Saham Turun

Ketika menghadapi harga saham anjlok, bukan merupakan suatu malapetaka bagi para investor. Hal ini dapat dimanfaatkan menjadi ladang untuk memborong saham-saham yang nilainya sedang turun. Siapa tahu di kemudian hari, saham-saham tersebut mulai naik nominalnya secara bertahap yang membuat Anda mendapat keuntungan besar.

Akan tetapi jangan sampai tertarik hanya dengan harga saham yang murah. Banyak sekali nilai saham yang murah tetapi kualitasnya tidak baik.

Dalam keadaan pandemi corona ini, Anda dibutuhkan untuk bisa secara jeli memilih saham yang murah namun dapat menghasilkan cuan. Dapat dimisalkan memilih saham yang berfundamental kuat, background perusahaan yang baik, dan kondisi keuangan atau perekonomian perusahaan tersebut stabil.

7. Banyak Bersabar dan Perbanyak Ilmu Tentang Investasi Saham

Tips terakhir untuk menghadapi harga saham anjlok adalah dengan banyak bersabar dan perbanyak ilmu tentang investasi. Nilai saham yang naik turun merupakan suatu hal yang wajar dikarenakan saham juga mengalami perkembangan setiap waktunya. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran bagi investor yang ingin memiliki keuntungan atau cuan berlebih dalam mencapai tujuannya yang bersifat jangka panjang.

Selain kesabaran, kunci keberhasilan menghadapi harga saham anjlok adalah dengan cara memperbanyak ilmu mengenai investasi saham secara terus menerus. Anda bisa mempelajarinya melalui blog atau media tentang investasi di internet, dapat juga berdiskusi dengan teman yang sudah ahli di bidangnya atau sangat tahu perihal investasi saham. bila masih dirasa kurang, Anda juga bisa mengikuti seminar atau beberapa training yang banyak disediakan oleh beberapa pihak tentang finansial khususnya investasi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi