Investasi

Ini Dia 9 Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan yang Akan Anda Dapatkan

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan – Meskipun internet sudah tersebar di hampir seluruh pelosok negeri, ternyata masih banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya berinvestasi. Padahal, ada banyak lho manfaat berinvestasi untuk masa depan jika kamu bersedia memulainya sejak dini.

Inilah Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan

Investasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak cocok dilakukan oleh orang-orang muda yang baru memulai karir. Sebaliknya, investasi banyak dikaitkan dengan orang usia tua atau ketika seseorang sudah memiliki uang yang lebih (kaya).

Kebetulan, pemahaman ini sangat salah menurut ahli keuangan. Justru berinvestasi lebih awal (dalam bentuk produk apapun) akan mendatangkan banyak manfaat seperti berikut ini:

Isi Dompet Cenderung Aman

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Isi Dompet Lebih Aman

Manfaat berinvestasi untuk masa depan yang paling banyak diketahui adalah aman secara finansial. Saat masih muda, pengeluaran kamu cenderung sedikit. Tapi seiring bertambahnya usia, kamu mulai menginginkan atau membutuhkan banyak hal dan membuat pengeluaran kian bertambah. 

Jika kamu hanya mengandalkan satu pemasukan, misalnya dari gaji atau uang jajan orang tua, maka kemungkinan besar kebutuhan kamu tidak bisa terpenuhi seluruhnya. 

Jika kamu memiliki tabungan dan berpikir bahwa uang tabungan bisa membantu kamu di masa depan, maka kamu salah. Karena tabungan adalah uang mati, yang ketika kamu ambil tidak akan bisa bertambah kecuali kamu menabung lagi. 

Sangat berbeda dengan uang investasi yang dengan dibiarkan saja bisa tumbuh sendiri. Misalnya kamu berinvestasi dalam bentuk emas batangan dan properti, sekitar 5-10 tahun ke depan, harga jualnya pasti akan bertambah, bahkan meskipun bentuk propertinya tidak berubah.

(Baca Juga: 7 Cara Membeli Saham bagi para Investor Pemula)

Masa Depan Lebih Terjamin

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Masa Depan Lebih Terjamin

Manfaat berinvestasi untuk masa depan berikutnya yang bisa anda dapatkan adalah masa depan yang cerah. Semakin cepat kamu mulai berinvestasi, semakin cepat pula kamu mandiri secara finansial dan masa depan kamu akan lebih bahagia dibanding orang lain yang telat atau bahkan tidak berinvestasi sama sekali. 

Jika memulai investasi sekarang, di masa depan nanti kamu akan memiliki dana yang cukup untuk pesta pernikahan impian, biaya kesehatan, membeli / membangun rumah impian, biaya lahiran, pendidikan anak, dan lain-lain.

Lantas, di usia berapa sih seseorang perlu memulai investasi? Jawabannya adalah usia 20-an. Mengapa? Karena di usia ini kamu memiliki tanggung jawab yang relatif lebih sedikit dan pendapatan kamu masih bisa dialokasikan untuk banyak hal.

Pensiun Dini

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Pensiun Dini

Manfaat berinvestasi untuk masa depan selanjutnya adalah kamu bisa pensiun dini. Banyak yang berpikir bahwa alasan pensiun adalah karena usia yang sudah hampir tua. Jangan salah, pensiun juga bisa dilakukan saat kamu masih berumur 30-35 tahun atau bahkan lebih muda. 

Jika memang sudah settle secara finansial dan ingin menikmati hidup tanpa perlu bekerja lagi, tidak ada salahnya lho untuk pensiun dini. Selain itu, tidak pernah ada aturan tertulis kok tentang berapa usia pensiun, jadi hal ini benar-benar hak setiap orang.

Terlepas dari apa yang akan dikatakan banyak orang tentang pensiun dini yang kamu lakukan, pada kenyataannya justru kamu sudah bisa menikmati hidup ketika orang lain masih harus bekerja keras mengumpulkan kekayaan.

Jadi jika kamu memiliki impian untuk pensiun saat masih muda, kamu harus memulai program investasi sejak sekarang ya. Meskipun saat ini kamu masih sangat muda dan memiliki banyak waktu, tapi waktu akan berlalu dengan cepat, jadi jangan sia-siakan itu.

Terhindar dari Inflasi

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Terhindar Dari Inflasi

Hampir setiap tahun selalu terjadi kenaikan harga, baik BBM, sembako, atau bahkan produk fashion, dan hal ini tentu saja menurunkan daya beli. Terhindar dari inflasi merupakan salah satu manfaat berinvestasi untuk masa depan. Dengan berinvestasi kamu akan merasa tenang karena kamu masih memiliki uang yang bergerak.

Tapi seiring dengan kenaikan kebutuhan ini, nilai investasi (misalnya properti dan emas) juga akan ikut naik. Jadi jika kamu memiliki investasi, kamu tidak akan ikut terkena dampak dari inflasi seperti kebanyakan orang yang tidak memiliki investasi.

Hidup yang Lebih Bebas

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Hidup Yang Lebih Bebas

Pernahkah kamu bertemu seseorang atau bahkan mungkin salah satu teman kamu yang terjebak dalam pekerjaan yang sebenarnya ia benci tapi harus bertahan karena kesulitan finansial? 

Nah, jika kamu mulai berinvestasi di usia muda, hal mengerikan seperti ini tidak akan pernah mampir ke hidup kamu. Jadi, kamu memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih karir atau memutuskan banyak hal lain dalam hidup kamu.

Sederhananya, orang kaya tidak harus bergantung pada gaji bulan berikutnya untuk bertahan hidup, dan karena itu, mereka memiliki kebebasan untuk mengejar hal-hal yang mereka sukai atau inginkan. 

Bahkan, banyak investor senior yang sudah tidak lagi bekerja kantoran dan hanya liburan keliling dunia karena ia sudah memiliki banyak uang dari hasil investasi.

(Baca Juga: 9 Tips and Trick Investasi Saham untuk Kamu yang Pemula)

Selain itu, ketika kamu sudah memiliki sejumlah kekayaan, kamu bisa mengambil keputusan finansial tanpa rasa ketakutan atau kekhawatiran. Misalnya keputusan untuk membeli rumah impian secara cash tanpa perlu pusing memikirkan cicilan.

Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kebiasaan Belanja 

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kebiasaan Belanja

Dengan berinvestasi lebih awal, investasi kamu akan tumbuh seiring waktu, dan nantinya kamu bisa membeli barang-barang yang tidak bisa dibeli oleh orang-orang seusia kamu yang tidak mengenal investasi. 

Dengan demikian, salah satu manfaat berinvestasi untuk masa depan adalah meningkatkan kualitas dan standar hidup kamu. 

Penelitian mengatakan bahwa orang yang mulai berinvestasi sejak dini cenderung tidak memiliki masalah dengan pengeluaran berlebihan dalam jangka panjang. Karena itu, kamu pun lebih bisa menikmati momen belanja tanpa perlu memikirkan harga.

Terhindar dari Penyesalan di Masa Tua

Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan - Terhindar dari Penyesalan Masa Tua

Mungkin tampak sedikit klise bagi kamu yang sangat pemula dalam dunia investasi atau bahkan sama sekali belum memikirkannya, tapi percayalah, banyak orang tua di luar sana yang saat ini merasa sangat menyesal karena tidak pernah berinvestasi ketika masih muda. 

Orang-orang ini bahkan masih harus memikirkan uang hidup sehari-hari ketika sudah memasuki usia senja, bahkan ada yang masih mencari pekerjaan ketika sudah pensiun dari perusahaan, dan tidak sedikit pula yang terlilit hutang. 

Jadi saat kamu memilih untuk berinvestasi di usia muda, kamu telah membuat salah satu keputusan paling bijak dan cerdas dalam hidup. Kamu tidak hanya memiliki peluang untuk pensiun dini tapi juga menciptakan kehidupan yang aman dan bebas di masa tua. Terhindar dari penyesalan dimasa tua adalah hal yang sangat penting yang kamu dapatkan dari manfaat berinvestasi untuk masa depan

Pengalaman Berharga

Selain memperoleh keuntungan dalam bentuk harta, manfaat berinvestasi untuk masa depan adalah memberikanmu pengalaman, keterampilan, dan ilmu yang berharga. Mendapatkan pengalaman berharga merupakan salah satu manfaat berinvestasi untuk masa depan yang bisa anda dapatkan. 

Dengan pengalaman ini, nantinya kamu bisa mengajari anak-anak kamu untuk berinvestasi atau bahkan menjadi seorang speaker profesional di seminar-seminar.

Berani Mengambil Keputusan dan Terbiasa Tanggung Jawab

Manfaat berinvestasi untuk masa depan yang terakhir bisa kamu dapatkan adalah berani mengambil keputusan dan terbiasa tanggung jawab. Menurut pakar keuangan dan sejumlah penelitian, investor cenderung lebih siap dalam segala kondisi dibanding non investor. Ternyata, hal ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan mengambil keputusan penting dalam keadaan genting selama proses berinvestasi. 

Selain itu, jiwa tanggung jawab dari orang-orang ini juga lebih kokoh dibanding orang kebanyakan, yang secara tidak langsung akan membentuk karakter yang kuat. Jadi, investasi tidak hanya menguntungkan secara finansial dan pengalaman, tapi juga membentuk karakter dan kebiasaan yang lebih baik.

 

Jika kamu masih muda tapi sulit untuk menumbuhkan semangat dan tekad dalam berinvestasi, perhatikan 9 manfaat berinvestasi untuk masa depan dalam daftar di atas dan jadikan alasan untuk memulainya. Hidup itu sulit, mulailah berinvestasi sejak dini dan kamu akan mendapatkan masa depan yang lebih baik.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi