Investasi

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham yang Harus Kamu Tahu

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham  – Tertarik untuk main saham? Tapi sudahkah kamu tahu apa saja keuntungan dan kerugian investasi saham? Buat kamu yang masih pemula, jangan langsung tergiur dengan omongan teman yang katanya bermain saham sangat menguntungkan ya. 

Karena faktanya, jenis investasi apapun termasuk saham juga memiliki resiko lho, dan kamu wajib banget nih untuk tahu. Jadi nantinya, kamu tidak akan kaget jika mengalami salah satu dari resiko tersebut. Sebelum membeli saham, coba cek dulu yuk daftar keuntungan dan kerugian investasi saham berikut.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Banyak perusahaan terkenal seperti Apple, Disney, dan Coca-Cola yang memperdagangkan sahamnya secara publik untuk memberi kesempatan kepada investor individu memiliki sebagian dari bisnis besar yang sukses ini. 

Tapi selain saham berkapitalisasi besar, kamu juga bisa kok berinvestasi di perusahaan kecil yang berpotensi tumbuh lebih besar di masa mendatang. 

Sebagai pemegang saham dari sebuah perusahaan, kamu dapat menikmati keuntungan yang besar jika perusahaan tersebut berhasil, begitu juga sebaliknya. Masing-masing keuntungan dan kerugian investasi saham adalah sebagai berikut:

Keuntungan

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Mudah Dibeli

Tidak seperti investasi real estate yang membutuhkan waktu lama untuk bisa dibeli dan harus mengurus surat-surat, kamu bisa membeli saham secara online hanya dalam hitungan menit lho. 

Kamu hanya perlu mendownload aplikasi investasi saham, membuat akun, dan pilih sendiri saham yang ingin dibeli. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, tersedia juga jasa broker saham online yang bisa kamu gunakan.

Kepemilikan Minoritas

Kepemilikan Minoritas

Saat kamu membeli saham dari sebuah perusahaan, maka kamu ikut menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut, terlepas dari sekecil apapun saham yang kamu miliki.

Tapi jangan langsung gegabah untuk membeli banyak saham di satu perusahaan ya. Sebaliknya, belilah sedikit saham dari beberapa perusahaan. Jadi jika satu perusahaan mengalami pailit misal, kamu tidak akan mengalami kerugian dalam jumlah besar.

(Baca Juga: 8 Keunggulan Investasi Emas untuk Masa Depan)

Keuntungan Cepat atau Lama Bisa Diatur Sendiri

Salah satu keuntungan utama berinvestasi saham adalah kamu bisa atur sendiri ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat atau lama. Kuncinya adalah kamu harus berinvestasi di perusahaan yang stabil, maka peluang kemu untuk mendapat keuntungan akan jauh lebih tinggi pada investasi jenis lainnya.

Hak Memilih

Kepemilikan minoritas tadi akan memberimu hak untuk memilih dan menyatakan pendapat di perusahaan tempat kamu berinvestasi. Jadi jika ada perubahan atau hal semacamnya di perusahaan tersebut, kamu akan diundang dan diajak diskusi layaknya kamu adalah pemilik perusahaan.

Keuntungan Tinggi

Keuntungan Tinggi

Saham tercatat sebagai produk investasi dengan tingkat keuntungan tertinggi di antara berbagai kelas aset dalam jangka panjang. Jika kamu ingin memiliki portofolio yang bagus sebagai investor, dan ingin memiliki tabungan jangka panjang, berinvestasi dalam saham merupakan cara yang tepat.

Memperoleh Dividen dan Capital Gain

Banyak perusahaan besar yang mendistribusikan sebagian dari pendapatannya kepada pemegang saham secara rutin setiap tahun, yang disebut juga dengan “dividen”.

Jika kamu ingin menjadi seorang investor yang mencari pendapatan pasif, membeli saham dari perusahaan yang membagikan dividen secara reguler adalah pilihan terbaik.

Selain dividen, sumber pengembalian investasi lain yang bisa kamu dapatkan adalah capital gain, yaitu keuntungan yang timbul karena kenaikan harga pasar saham. Jadi, dua hal ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma tanpa kamu perlu melakukan apapun selain membeli saham perusahaan mereka.

Saham Bonus

Kadang-kadang, perusahaan memutuskan untuk menerbitkan saham bonus kepada pemegang sahamnya (saham ini juga merupakan jenis dividen). Saham bonus adalah saham gratis yang diberikan kepada pemegang saham yang ada dan sering kali diberikan sebagai pengganti dividen.

Saham Mudah Terdiversifikasi

Kamu dapat berinvestasi di sejumlah saham di berbagai negara, sektor, dan industri, yang memberi kamu berbagai peluang pertumbuhan dan mendiversifikasi risiko.

Saham Sangat Likuid (Mudah Dicairkan)

Hampir seluruh saham yang ada / yang diperdagangkan di bursa efek bisa dengan mudah dibeli dan dijual. Likuiditas ini memberikan keleluasaan kepada kamu sebagai investor untuk mengubah saham menjadi uang tunai dengan cepat jika memang diperlukan.

Kerugian

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Investasi yang Mudah Menguap

Investasi saham di bursa efek memiliki banyak keuntungan dan kerugian investasi saham. Dalam hal risiko, harga saham di pasar tidak pernah stabil. Saham sebuah perusahaan bisa naik dan turun berkali-kali hanya dalam satu hari. 

Fluktuasi harga ini sebagian besar tidak dapat diprediksi, dan sebagai investor terkadang kamu harus menghadapi kerugian besar karena ketidakpastian tersebut.

(Baca Juga: Ini Dia Penjelasan Lengkap Investasi Reksadana Terbaik 2021)

Komisi untuk Broker

Sebagai investor terutama jika kamu adalah pemula, biasanya kamu membutuhkan seorang broker saham untuk membantu membeli dan menjual saham. 

Setiap kali terjadi transaksi, kamu harus memberikan sejumlah komisi kepada broker tersebut sebagai tanda jasa, yang pada akhirnya akan mengurangi margin laba yang kamu dapat.

Membutuhkan Analisis Mendalam

Membutuhkan Analisis Mendalam

Jika kamu salah memilih saham, maka kamu sangat berisiko untuk kehilangan nilai investasi kamu. Begitu juga jika kamu salah memilih perusahaan untuk berinvestasi, misalnya perusahaan yang berkinerja buruk, maka kamu beresiko tidak akan mendapat dividen dan bahkan bisa kehilangan seluruh investasi kamu. 

Karena itu, sangat disarankan untuk setiap investor melakukan survey dan analisis mendalam sebelum membeli saham dari sebuah perusahaan. Bahkan meskipun perusahaan tersebut terlihat sangat bonafit dan terkenal, selalu ada resiko untuk perusahaan tersebut ‘tersandung’ sebuah kasus / masalah.

Tidak Selalu Menerima Dividen

Satu poin yang sama dalam hal keuntungan dan kerugian investasi saham adalah dividen. Dividen yang diterima pemegang saham tidak ditetapkan atau dikendalikan oleh investor, tapi oleh manajemen perusahaan. Berapa besar dividen yang harus diberikan juga tergantung oleh perusahaan itu sendiri. 

Jika perusahaan mengalami kerugian, maka tidak akan ada dividen. Tapi ketika sebuah perusahaan mendapat untung dan dewan direksi tidak mengusulkan dividen, maka investor tidak akan menerima dividen.

Memakan Banyak Waktu 

Dibanding dengan berinvestasi pada produk lain misalnya emas batangan dan koin emas, investasi saham mengharuskan kamu untuk melakukan analisis lebih mendalam yang biasanya membutuhkan waktu lama. 

Selain waktu, analisis ini pun membutuhkan wawasan dan ilmu yang biasanya belum dimiliki oleh investor pemula, sehingga kamu harus ‘berguru’ terlebih dulu kepada para investor senior dan membaca banyak buku atau artikel.

Resiko Uang Tidak Kembali Sepeserpun

Jika misalnya kamu salah memilih perusahaan, mungkin karena kinerjanya yang buruk atau hal lain apapun yang bisa membuat perusahaan gulung tikar, maka kamu beresiko untuk mengalami kerugian besar karena modal para investor tidak akan dikembalikan oleh perusahaan.

Fluktuasi Harga Pasar

Harga pasar dari setiap saham ekuitas memiliki variasi yang luas, dan sangat sulit untuk menebaknya. Tapi semuanya memiliki peluang kerugian yang sama karena fluktuasi harga pasar.

Kontrol Terbatas

Seorang investor saham adalah investor kecil di perusahaan, jadi meskipun kamu memperoleh hak suara, tapi keputusan akhirnya tetap bergantung pada dewan direksi perusahaan tersebut, kecuali kamu memiliki saham lebih dari 50%. Tapi biasanya perusahaan tidak akan menjual saham ke publik lebih dari 40%.

Memang benar bahwa investasi saham telah memberikan keuntungan yang bagus bagi investornya, tapi pasar saham juga bisa jatuh dan menempatkan investor pada kerugian yang sangat besar. Karena itu, kamu harus benar-benar tahu apa saja keuntungan dan kerugian investasi saham.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi