FinansialInvestasi

Jamaica Buat Uang Digital Tahun Ini, eCurrency Mint

Uang digital - Mata uang digital jamaica

Jamaica menjadi salah satu negara yang telah mengeluarkan mata uang digital sendiri. Rencananya mata uang digital tersebut akan digunakan untuk transaksi individu dan juga bisnis. Mata uang digital ini sedang dalam proses pengujian dan akan segera dijadwalkan untuk diluncurkan.

Sebuah perusahaan keamanan kriptografi bernama eCurrency Mint terpilih sebagai penyedia proyek mata uang versi digital di Jamaika. Saat ini perusahaan tersebut memang fokus bergerak dalam penerbitan mata uang berbentuk digital bank sentral.

Perkembangan Era Mata Uang Berbentuk Digital

Uang digital - Mata uang digital

Era mata uang berbentuk digital yang disebut dengan cryptocurrency saat ini semakin merambah ke seluruh belahan dunia. Hal inilah yang membuat Jamaika berencana untuk segera merilis mata uang versi digital milik mereka sendiri. 

Uang berbentuk digital ini dibuat atas asumsi mendasar dari realitas tentang keamanan, kenyamanan, reputasi dan kemudahan dalam bertransaksi. 

(Baca Juga: Inovatif, Sekarang Beli Produk Tesla Bisa Pakai Bitcoin!)

Pemahaman tentang reputasi termasuk dalam nilai jual kembali karena yang namanya uang, berbentuk fisik atau digital tentu harus mengacu pada kepentingan ekonomi dan bisnis. 

Hal tersebut menegaskan bahwa uang bukan hanya sekedar nilai tukar yang digunakan untuk pembayaran saja, namun juga tentang bagaimana dapat memberikan value terbaik untuk kepentingan transaksi pembayaran serta perdagangan. 

Mata uang digital ini umumnya sering digunakan untuk transaksi pembayaran jual beli. Namun bukan berarti uang versi digital ini tidak bisa digunakan untuk kepentingan yang sifatnya non transaksi jual beli. 

Pada prosesnya, saat ini teknologi telah berkembang sehingga memungkinkan transaksi dapat dilakukan secara real time online tanpa adanya kendala ruang dan waktu. Hal ini membuat transaksi online kian berkembang dan lebih banyak digunakan.

Rencana Peluncuran Mata Uang Digital Jamaika

Uang digital - Mata uang jamaica

Sebelumnya, rencana peluncuran mata uang digital ini telah diajukan sejak Juli 2020. Namun saat itu, BoJ mengklarifikasi bahwa mata uang ini tidak didasarkan pada teknologi kripto. 

Pengumuman tersebut juga menyatakan bahwa BoJ akan melakukan uji coba CBDC mulai bulan Mei yang akan diperkirakan selesai pada Desember 2021. 

Bank Sentral Jamaika melalui siaran persnya telah mengumumkan telah menunjuk sebuah perusahaan keamanan kriptografi bernama eCurrency Mint sebagai penyedia proyek mata yang berbasis digital yang akan diberi nama CBDC Jamaika. 

Perusahaan ini memang sudah lama bergerak dalam bidang penerbitan mata uang versi digital Bank Sentral. ECurrency mint dilaporkan bekerja sama dengan bank sentral serta organisasi keuangan lainnya untuk mengembangkan protokol desain dan implementasi CBDC. 

Badan teknologi yang memiliki kantor pusat di Irlandia ini juga akan berperan sebagai penyedia CBDC Jamaika ketika peluncuran mata uang yang akan dilakukan secara nasional pada awal tahun 2022. 

Sesuai dengan pernyataan yang diberikan BoJ, CBDC akan tersedia bagi individu dan bisnis sebagai alat pembayaran yang sama nilainya dengan uang tunai di Jamaika. 

Jamaika sendiri telah memiliki undang-undang crypto dan blockchain yang agak liberal dengan entitas yang diatur, seperti Bursa Efek negara yang berpartisipasi dalam perdagangan cryptocurrency.

Selain Jamaika, beberapa negara besar di Asia juga sedang mempercepat proyek pengembangan CBDC yang mereka buat. Bahkan beberapa bank di China telah menerbitkan dompet digital sebagai sarana pembayaran elektronik mata uang berbentuk digital di negara tersebut.

Apa Itu CBDC Jamaika ?

Uang digital - CBDC jamaica

CBDC Jamaika merupakan mata uang digital terbaru yang dibuat oleh Jamaika untuk mendukung proses transaksi serta perdagangan nasional dapat berjalan dengan lebih lancar. Selain itu mata uang ini bisa dijadikan sebagai alat pembayaran digital di Jamaika. 

Proyek ini sedang melalui masa uji coba untuk memastikan tingkat keamanannya. Hal tersebut tentu harus dilakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada manipulasi data yang terjadi sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mata uang terbaru ini. 

Mata uang ini dirancang untuk mempromosikan dan memfasilitasi inovasi teknologi keuangan secara nasional. 

Ecurrency Mint berperan sebagai penyedia serta jembatan agar masyarakat bisa bertransaksi dan menyimpan menggunakan instrumen digital yang sepenuhnya bisa dioperasikan secara aman. 

Perkembangan mata uang digital ini diadopsi sebagai solusi digital yang mampu mendorong perkembangan ekosistem ecommerce secara nasional yang lebih akurat dan aman.

  • Keuntungan Menggunakan Mata Uang Berbasis Digital

Dalam dunia yang serba digital seperti saat ini semua transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, tak terkecuali saat menyimpan uang. Istilah umum yang biasa digunakan untuk transaksi digital adalah ecurrency atau mata uang elektronik. 

Nyatanya jenis mata uang digital ini bukan hanya berfungsi sebagai sarana penyimpanan uang saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk membayar transaksi apapun dengan sistem digital. 

Perbedaan yang paling mencolok terlihat dari bentuk, jika uang memiliki bentuk fisik, e currency tidak berbentuk fisik melainkan kepada virtual. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Berikut beberapa keuntungan menggunakan mata uang elektronik.

  • Bersifat universal

Bentuk e currency yang bersifat virtual dapat berlaku dimana saja dan bisa digunakan secara universal. Secara umum, mata uang digital yang digunakan berbentuk pecahan dolar. Hal tersebut membuat nilai tukarnya tetap sama dengan bentuk fisiknya. 

Ecurrency menawarkan berbagai keuntungan, selain untuk transaksi bersifat digital, metode penyimpanan uang pada e currency umumnya hampir sama dengan bank. Ecurrency memudahkan semua jenis transaksi online sehingga dapat bersifat universal. 

Melakukan pembayaran dengan e currency dinilai lebih unggul karena tidak perlu repot untuk mengantri berjam-jam di bank. Selain itu transaksi juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan aman.

  • Tidak berbentuk fisik

Ecurrency merupakan mata uang yang tidak berwujud secara fisik sehingga tidak mudah dicuri atau hilang. Hal tersebut terjadi karena memang sebenarnya fungsi dari e currency adalah untuk pembayaran digital atau online. 

Inilah yang membuat ecurrency dinilai lebih praktis dan simple dibandingkan metode pembayaran yang lainnya. Tak heran jika saat ini banyak masyarakat yang merasa lebih nyaman untuk menggunakannya dalam sistem jual beli online.

  • Alat transaksi yang paling aman

Sebagai alat pembayaran berbentuk digital, e currency menawarkan keamanan bertransaksi untuk semua pengguna. Jika terjadi kesalahan pengiriman pada e currency, bisa segera dibatalkan secepat mungkin. 

Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pengembalian. Ecurrency dapat digunakan untuk proses pembayaran apa saja dan bisa dilakukan secara real time. 

Ecurrency merupakan alat pembayaran yang sah dan lebih aman, karena pengguna tidak perlu membawa uang cash yang banyak untuk keperluan transaksi.

  • Bisa digunakan untuk transaksi online

Perkembangan transaksi saat ini memang tidak bisa dihindari. Ecurrency hadir sebagai jembatan untuk memberikan kemudahan untuk semua transaksi berbasis online, apalagi jika sudah diintegrasikan dengan software penjualan khusus. 

Transaksi online memberikan kemudahan bagi pembeli dan penjual untuk melakukan proses jual beli. Bahkan saat ini sudah banyak layanan online yang mengandalkan metode pembayaran digital.

  • Memiliki nilai tukar yang sama

Ecurrency memiliki nilai tukar yang sama dengan mata uang fisik. Kondisi tersebut menguntungkan bagi para pengguna yang melakukan transaksi meskipun dilakukan antar negara. 

Dengan begitu kamu tidak perlu memikirkan perbedaan nilai tukar lagi. Hal ini tentu membuat transaksi bisa dilakukan dengan lebih nyaman. Kesamaan nilai tukar membuat e currency sudah seperti dompet virtual. 

Ecurrency dapat disini dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan e currency memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi dengan lebih cepat dan aman.

Tujuan Jamaica Membuat Uang Digital Sendiri

Jamaica mengikuti jejak China dengan merencanakan proses pembuatan mata uang digital nasional dengan adanya bantuan dari bank sentral. Ecurrency Mint akan menjadi penyedia teknologi untuk berjalannya proyek CBDC Jamaika. 

Uang berbentuk digital ini nantinya akan tersedia secara nasional untuk individu dan juga bisnis yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran seperti layaknya uang tunai.

Meskipun dikatakan cukup revolusioner, Jamaika ternyata bukanlah negara Kepulauan Karibia pertama yang mengeluarkan mata uang berbentuk digital. Bahama telah melakukannya terlebih dahulu dan sudah meluncurkannya pada bulan Oktober 2020 silam. 

Pertumbuhan mata uang berbasis digital di negara Karibia memang lebih pesat dibandingkan dengan wilayah yang lainnya. 

Hal tersebut terjadi karena telah adanya undang-undang kripto dan blockchain yang liberal di Karibia. Sehingga segala sesuatu terkait mata uang tersebut telah diatur dengan baik agar aman untuk digunakan.

Sebagai negara yang cukup berkembang, Jamaika tidak mau ketinggalan dan segera melakukan proses pengujian untuk mata uang digital yang dibuatnya. Hal tersebut dilakukan agar proses bisnis dan perdagangan di Jamaika bisa semakin berkembang.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial