InvestasiSaham

8 Tips Untung Investasi Saham untuk Pemula

Zaman semakin maju, makin mudah pula untuk menemukan banyak tips menguntungkan khususnya terkait investasi saham untuk pemula. Dengan banyak membaca referensi tersebut, kaum pemula pun bisa langsung menimba ilmu dari pemain lama yang telah memiliki jam terbang tinggi dalam dunia investasi.

Daftar tips di bawah ini juga bisa kamu terapkan demi mendapat penghasilan pasif yang menguntungkan. Disajikan dengan bahasa sederhana, dijamin mudah untuk dipahami baik itu dari kalangan pemula dalam dunia investasi saham pun. Langsung saja simak daftar tipsnya berikut ini.

8 Tips Untung Investasi Saham untuk Pemula

1. Telaah Mendalam Investasi Saham

Investasi saham untuk pemula - Mendalami investasi saham

Tips investasi saham untuk pemula yang pertama adalah dengan mendalami apa itu investasi saham. Faktanya investasi saham merupakan jenis investasi yang digadang mampu memberikan nilai return terbaik. Fakta tersebut saja tentunya belum cukup. Untuk bermain demi menghasilkan untung dalam investasi saham haruslah digali ilmunya secara menyeluruh.

Jangan sampai terjun dalam dunia investasi saham hanya bermodalkan ikut trend semata. Di sini skill kejelian kamu akan diuji. Berpatoklah pada nilai kinerja perusahaan untuk mengasah insting terbaikmu. Sekalipun laju dinamika investasi amat fluktuatif niscaya kamu tak kan pernah terombang-ambing tak pasti.

(Baca Juga: 12 Aplikasi Investasi Saham Gratis Populer Terpercaya)

Jangan selalu berpatokan pada harga saham fluktuatif lalu memutuskan secara impulsif tanpa menelaah situasi secara mendalam. Tetap tenang walau harga anjlok asal kamu yakin manajerial perusahaan tetap solid, jika perlu lakukan pembelian saham yang masif demi menabung untung esok hari.

2. Intip Reksa Dana Saham

Investasi saham untuk pemula - Reksadana saham

Buat pemula yang memang lumayan masih banyak meraba perihal dunia investasi saham, rajin mengintip akun Manajer Investasi di Reksa Dana Saham bisa menjadi opsi bijak nan efisien. Setiap bulannya akan ada pembaruan laporan statistik kinerja yang bagus sebagai referensi terkhusus untuk pemula. Tips investasi saham untuk pemula yang satu ini cocok untuk pemula yang takut dengan resiko yang besar.

Kamu bisa sesuka hati memilih Manajer Investasi Reksa Dana Saham yang ingin kamu telaah portofolionya. Kamu bisa mendapat daftar 10 saham perusahaan terbaik yang paling direkomendasikan. Atau kamu juga bisa menelaah lebih lanjut per saham siapa 10 pemegang terbanyaknya sebagai referensi.

3. Pertimbangkan Saham Blue-Chip

Investasi saham untuk pemula - Saham blue chip

Saham Blue-Chip bisa dikatakan sebagai saham perusahaan besar dengan tingkat stabilitas keuntungan terbaik yang memang dijual di bursa. Bagi pemula yang memang masih minim wawasan sekaligus tak mau mendapat kerugian, memilih opsi pembelian saham Blue-Chip amat disarankan.

Contoh pertama Blue-Chip yakni saham dengan kode UNVR milik Unilever Indonesia. Masuk jajaran saham Blue-Chip tentu sebuah jaminan bahwa perusahaan besar ini memiliki nilai laba atau keuntungan yang amat stabil. Lagi pula brand penyedia produk kebutuhan rumah tangga ini termasuk yang paling populer serta diminati dari masa ke masa di Indonesia.

Selanjutnya ada kode Blue-Chip BBCA untuk saham dari bank BCA. Keuntungan besar buat para pemegang saham bisa dijamin dengan kualitas pelayanan bank yang juara. Total jutaan nasabah serta layanan mesin ATM terbanyak rasanya menjadi jaminan kinerja prima perusahaan satu ini.

Kode Blue-Chip BBRI untuk saham bank BRI juga tak kalah populer disarankan untuk pemain saham pemula. Laba dari perusahaan keuangan yang telah berdiri 100 tahun lebih ini banyak bersumber dari melejitnya program kredit mikro UMKM. Bahkan BRI terus melaju dalam sektor yang banyak diminati ini nyaris tanpa memiliki saingan berarti.

4. Terapkan Diversifikasi

Investasi saham untuk pemula - Diversifikasi

Tips investasi saham untuk pemula berikutnya adalah jangan hanya fokus pada keuntungan dan merupakan risiko. Pada dasarnya, bermain investasi saham memang banyak menguntungkan, namun jangan pernah lupakan pula risiko yang menyertai juga bukanlah hal yang bisa disepelekan. Banyak ahli ekonomi amat menyarankan untuk membagi investasi dalam banyak jalur yang berbeda.

Bukan masalah jika sebagian uang kamu investasikan ke jalur yang memiliki nilai return tak setinggi investasi saham. Yang jelas dengan keuntungan minim maka faktor resikonya juga tak mungkin akan sangat tinggi pula. Dana tersebut bisa menjadi pegangan darurat jika hal tak diinginkan sampai kejadian.

5. Komitmen Jangka Panjang

Investasi saham untuk pemula - Komitmen jangka panjang

Jangan sampai salah kaprah ingin sukses investasi saham dengan bermodal waktu yang singkat. Jika ingin berhasil maka seriuslah secara totalitas. Pikirkan secara masak sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk membeli sebuah investasi saham. Jangan hanya tergiur dengan pesona jangka pendek.

Membeli bukan lantas langsung menjualnya kala memiliki harga jual menggiurkan. Lebih dari itu, investasi saham memiliki esensi kamu ikut tumbuh mengembangkan modal investasimu tersebut menuju angka atau nilai yang labanya stabil. Ibarat ikut tumbuh semakin besar dengan perusahaan yang kamu percayai itu.

Itulah pentingnya mengapa di awal melangkah memasuki dunia investasi saham untuk pemula, rencana yang disusun harus dalam jangka panjang. Beri kesempatan manajer perusahaan mengembangkan laba dengan menumbuhkan nilai perusahaan pula. Keuntungan besar nan stabil tentu akan mengikuti.

6. Bijak terhadap Trading Online

Investasi saham untuk pemula - Bijak trading online

Setiap orang tentu mudah tergiur jika ditawari keuntungan meningkat dalam waktu singkat. Misalnya saja yang biasa terjadi dalam investasi Day Trading. Yakni bermain investasi saham dengan memantau fluktuasi dalam waktu harian atau sesingkat mungkin. Berikut hal yang mungkin bisa untuk kamu pertimbangkan.

Menggunakan investasi saham metode Day Trading Online nampaknya sangat susah untuk dilakukan berbarengan dengan pekerjaan lain. Bayangkan kamu melakukan investasi yang harus dipantau fluktuasinya bahkan hingga tiap menit. Padahal normalnya sebuah investasi saham perusahaan bisa dievaluasi mulai satu semester hingga satu tahun minimalnya.

Day Trading Online bisa saja menyalahi esensi investasi saham sedari awal mula. Padahal tujuan investasi saham di suatu perusahaan ibarat investor mempercayakan sepenuhnya pada pihak manajerial untuk mengembangkan peringkat nilai perusahaan serta peningkatan laba.

Day Trading Online bisa juga disebut sebagai ajang investasi yang berpegang pada untung-untungan semata, tanpa perhitungan matang. Intinya kapan bisa membeli di saat harga anjlok lantas menjual saat harga tertinggi. Sebatas berfokus pada perubahan angka tersebut saja.

7. Trik Crash Market

Investasi saham untuk pemula - Trick crash market

Trick crash market menjadi salah satu tips investasi saham untuk pemula. Saat terjadi crash market biasanya gampang membuat investor pemula mengalami kegelisahan yang tak jarang berujung pada keputusasaan. Bagaimana tidak? Fluktuasi yang terjadi per harinya bisa konstan berpengaruh antara 1 % hingga 2 %. Cukup untuk menghantam koleksi harga saham.

Namun jika kamu memang telah membulatkan tekad masuk dunia investasi saham, fenomena satu ini tetap bisa kamu lalui setenang mungkin berbekal ilmu mumpuni. Intinya jangan mudah panik., persiapkan rencana jangka panjang matang serta ubahlah situasi sulit menjadi keuntungan sebagai berikut ini.

Saat terjadi crash market merupakan saat diskonan harga yang bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin. Keluarkan daftar saham incaran mu, pastikan memang layak untuk kamu koleksi. Akan lebih baik jika itu merupakan saham Blue-Chip sehingga minim risiko. Jangan segan untuk banyak berbelanja saat harga saham sedang anjlok. Tentukan pilihan terbaikmu untuk keuntungan maksimal jangka panjang.

(Baca Juga: Pelajari Apa Itu Investasi Saham secara Mendalam)

Investasi saham untuk pemula tentu sangat familiar dengan fenomena fluktuasi harga. Sangat penting bagi kamu untuk merencanakan investasi jangka panjang. Sehingga fluktuasi jangka pendek tak akan selalu membuatmu pusing kelimpungan. Kamu juga harus percaya jika crash market yang sering terjadi biasanya tetap akan berlalu juga, harga akan kembali stabil atau bahkan naik lagi. Misal saja IHSG di masa krisis tahun 2007 turun 50 % ke tahun 2008. Namun bagi investor yang tak gampang putus asa, kurun waktu 2008 ke 2009 justru melejit naik bertambah hingga 80 % lho.

8. Lakukan dengan Enjoy

 Investasi saham untuk pemula - Lakukan dengan enjoy

Tips investasi saham untuk pemula berikutnya adalah melakukan semuanya dengan santai dan enjoy. Lantaran berinvestasi saham bisa disebut pula sebagai perencanaan jangka panjang, sepertinya rajin mengamati fluktuasi harian bukan kegiatan yang efektif pula. Jangan sampai kamu hanya buang waktu untuk terus terpusat dalam emosi yang tak stabil.

Akan jauh lebih baik jika kamu memandang fluktuasi harian sebagai sebuah dinamika yang normal saja. Jalankan investasi dengan enjoy tanpa banyak mengumpulkan tekanan. Jika tak ingin rugi atau mau selalu untung, cukup rajinlah memantau laporan internal kinerja saham perusahaanmu. Itu jauh lebih bermanfaat.

Pikirkan juga kamu masuk ke dunia investasi saham tentunya lantaran ingin mendapat untung tanpa harus menjalankan bisnis secara langsung per harinya. Jadikan sebagai pemasukan pasif yang efisien. Kamu tetap bisa melakukan pekerjaan lainnya dan memantau atau mengevaluasi dalam rentang waktu tertentu.

Tips investasi saham untuk pemula seperti dalam ulasan di atas semoga dapat memberi inspirasi buat pembaca sekalian. Intinya adalah pertimbangkan secara bijak untuk rencana jangka panjang, lalu ikuti saja alurnya. Kamu bisa mengerjakan hal lain, penghasilan pasif juga tetap didapat tanpa tersendat.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi