Investasi

Simak Yuk, 9 Jenis Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Jenis Investasi Saham dengan Resiko Rendah – Istilah “Investasi” semakin populer dan membuat produk investasi juga lebih beragam. Salah satu yang paling terkenal adalah investasi saham.

Tapi mengingat ketidakpastian di pasar keuangan dan karena pandemi yang terjadi, jenis investasi saham dengan resiko rendah adalah yang paling banyak dicari.

Contoh Jenis Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Saham berisiko rendah didefinisikan sebagai saham yang kemungkinan kecil tidak akan membuat kamu kehilangan sebagian atau bahkan seluruh investasi.
Tapi, sebagian Jenis investasi saham dengan resiko rendah ini juga memiliki kekurangan, yaitu potensi naik yang rendah dan mungkin tidak memberikan pertumbuhan yang dibutuhkan investor untuk memenuhi tujuan jangka panjang. Meski begitu, membeli saham dari sektor yang dianggap “defensif” tetap merupakan pilihan yang terbaik.
Mengapa? Karena saham-saham dari sektor ini cenderung lebih stabil dan secara konsisten bisa memberikan dividen kepada para investor terlepas dari keadaan pasar saham atau krisis akibat pandemi. Apa saja sih beberapa sektor yang dimaksud? Inilah daftarnya:

Saham dari Industri / Sektor Kesehatan

Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Jenis investasi saham dengan resiko rendah yang pertama adalah Perusahaan medis, perawatan kesehatan, dan farmasi dikelompokkan diantara saham-saham defensif karena profitabilitasnya tidak bergantung pada kondisi ekonomi.
Hal ini sudah sangat jelas ya, karena seperti apapun kondisinya, masyarakat akan terus membeli produk perawatan kesehatan termasuk obat-obatan bahkan ketika pasar saham sedang menurun atau ekonomi sedang lemah seperti sekarang.
Menurut analisis dari sejumlah pakar, ketika pasar saham yang luas mengalami kerugian terus-menerus selama beberapa minggu karena sejumlah alasan tertentu, saham perawatan kesehatan justru naik ke level tertinggi dalam setahun.
Bahkan terjadinya virus corona mengingatkan bahwa manusia memang sangat bergantung pada sektor perawatan kesehatan, dan terlepas dari pandemi ini, berbagai penyakit baru akan terus muncul dan perlu diteliti serta dibuatkan obat-obatan.
Kesimpulannya adalah perawatan kesehatan akan menjadi sektor yang relatif aman selama beberapa dekade untuk dijadikan tempat berinvestasi.

(Baca Juga: Simak Yuk, Jenis Kartu Kredit Bca Beserta Manfaatnya)

Saham dari Perusahaan Bahan Pokok Konsumen

Saham dari Perusahaan Bahan Pokok Konsumen

Saham pokok konsumen adalah investasi berisiko rendah lainnya yang ramai diperbincangkan di kalangan investor senior. Saham jenis ini datang dari perusahaan yang membuat produk kebutuhan sehari-hari, atau biasa disebut “Consumer Goods”.
Contoh produknya sendiri sangat beragam, mulai dari sabun mandi, sampo, deterjen, sikat gigi, sabun cuci piring, hingga pembalut, pampers bayi, baterai, kertas, dan banyak lagi. Konsumen tidak terlalu memikirkan untuk membelinya karena barang-barang ini memanglah kebutuhan sehari-hari.
Permintaan barang-barang kebutuhan pokok seperti ini akan tetap tinggi terlepas dari siklus atau krisis ekonomi, yang memungkinkan perusahaan-perusahaan ini terus memperoleh keuntungan meskipun kondisi pasar saham sedang tidak baik.

Memang benar bahwa margin keuntungan dari produk seperti ini cukup rendah, karena persaingannya yang memang sangat ketat, tapi volumenya yang tinggi mampu menutupi margin laba rendah. Bahkan, perusahaan Consumer Goods selalu rajin memberikan dividen kepada para investor.
Meskipun saham dari sektor ini tetap memiliki peluang untuk mengalami penurunan, tapi persentasenya tidak lebih dari 1 persen selama periode tiga tahun, yang berarti sangat rendah resiko, bukan?

Saham Perusahaan Listrik Negara

Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Jenis investasi saham dengan resiko rendah selanjutnya adalah perusahaan listrik negara. Saham jenis ini dianggap berisiko rendah karena beberapa alasan. Pertama, perusahaan listrik negara beroperasi sebagai monopoli, artinya pelanggan yang membutuhkan layanan listrik hanya punya satu pilihan, yaitu ke PLN.

(Baca Juga: Ini Dia Penjelasan Lengkap Investasi Reksadana Terbaik 2021)

Akibatnya adalah, perusahaan listrik memiliki basis pelanggan bawaan dan aliran pendapatan yang stabil. Inilah alasan mengapa saham perusahaan listrik jauh lebih aman untuk dibeli dibandingkan saham dari sektor lain.
Alasan kedua adalah, perusahaan ini memiliki pemasukan yang stabil dan pasti karena alasan pertama tadi, sehingga membuat perusahaan membayar dividen secara reguler, yang pada akhirnya membuat para investor bisa memperoleh keuntungan secara reguler pula.

Saham Real Estate

Saham Real Estate

Jenis investasi saham dengan resiko rendah berikutnya adalah Real estate adalah contoh aset yang cenderung menghasilkan pertumbuhan jangka panjang yang sangat baik tanpa terlalu banyak risiko, dan memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur ke properti komersial seperti gedung perkantoran, mall, dan gedung apartemen di portofolionya.
Meskipun pada tahun 2020 kemarin real estat adalah salah satu sektor yang paling terguncang oleh pandemi, tapi saham di sektor ini tetap dinilai sebagai pilihan paling aman sebagai investasi jangka panjang.

Industri Makanan

Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Bisnis yang terkait dengan makanan seperti aneka camilan, kue, lauk pauk, fast food, dan sebagainya adalah salah satu industri paling ideal jika kamu ingin mulai membeli saham sebagai investasi.
Perusahaan makanan sekecil dan sebesar apapun tetap sangat penting bagi kehidupan manusia dan bahkan kemungkinan besar akan terus berkembang. Termasuk di masa krisis karena pandemi, makanan tetap menjadi kebutuhan pokok yang akan dibeli oleh setiap orang.
Kecil kemungkinan bagi industri makanan untuk gulung tikar apalagi yang sudah memiliki nama besar dan cabang di berbagai kota. Hal ini tentu saja berdampak pada pendapatan perusahaan yang terus-menerus, harga saham yang relatif stabil, dan posisi para investor tetap aman alias tidak akan merugi.

Industri tekstil

Industri Tekstil

Jenis investasi saham dengan resiko rendah berikutnya adalah Industri tekstil. Tren fashion memang selalu berganti bahkan sangat sering, tapi apapun tren tersebut, setiap orang dari segala usia dan gender akan terus membutuhkan pakaian.
Jadi terlepas dari tren apa yang sedang hits, keseluruhan sektor tekstil tetap dibutuhkan, sehingga perusahaan di bidang ini merupakan tujuan investasi yang aman untuk kamu coba.
Contoh dari perusahaan tekstil sendiri ada banyak sekali di Indonesia, seperti PT Eratex Djaja, PT Alena Textile Industries, PT Bandung Sakura Textile Mills, PT Daliatex Kusuma, dan banyak lagi.

Industri Teknologi

Investasi Saham dengan Resiko Rendah

Teknologi selalu menjadi titik fokus inovasi, terutama di era digital dan informasi seperti sekarang ini. Komputer, telepon, IT, dan jejaring sosial, semuanya adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan akan terus berlanjut di masa depan untuk membuat seluruh negara di dunia lebih terhubung.
Ada banyak sekali perusahaan teknologi yang terus berkembang yang ingin memajukan masyarakat dengan cara yang bermakna dan kreatif, contoh paling populernya adalah Microsoft dan Apple.
Perusahaan semacam ini akan selalu eksis dalam berbagai bentuk seiring dengan kemajuan umat manusia, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berinvestasi.

Industri Air Minum

Industri Air Minum

Jenis investasi saham dengan resiko rendah selanjutnya adalah industri air minum. Industri ini termasuk perusahaan pengangkutan, pengolahan, dan pengemasan air minum. Bahkan meskipun ada banyak sumur dan sungai, kebutuhan akan air minum kemasan terus meningkat dan membuatnya menjadi salah satu sektor yang sempurna untuk berinvestasi.

Industri Utilitas Energi

investasi saham dengan resiko rendah

Jenis investasi saham dengan resiko rendah yang terakhir adalah saham industri utilitas energi. Bahan bakar dibutuhkan setiap hari untuk menyalakan mobil, motor, kereta api, dan bahkan pesawat terbang. Energi dapat berasal dari berbagai sumber termasuk bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara, gas alam, serta reaktor nuklir.
Sektor ini juga mencakup energi terbarukan seperti tenaga air dan energi matahari. Permintaan energi global yang tiada henti membuat industri energi menjadi tempat teraman untuk investasi.

Jika kamu inginmemilik jenis investasi saham dengan resiko rendah, daftar di atas bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan. Tapi sebelum benar-benar membeli sahamnya, pastikan untuk memilih perusahaan dan timing yang tepat agar kamu bisa mendapat keuntungan yang lebih besar di waktu mendatang.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi