InvestasiReksadana

Ini Dia Penjelasan Lengkap Investasi Reksadana Terbaik 2021

Investasi Reksadana Terbaik 2021

Investasi Reksadana Terbaik 2021 – Kamu kaum milenial yang ingin mencoba investasi menggunakan reksadana? Tidak perlu takut, kini banyak sekali reksadana yang memberikan cuan tinggi dengan modal terjangkau. Tentunya hal ini dibarengi dengan jenis investasi reksadana terbaik 2021. 

Tips Memilih Reksadana Terbaik

Investasi Reksadana Terbaik 2021

Kini banyak sekali masyarakat yang membicarakan tentang investasi. Kamu tidak perlu bingung karena biasanya pemula sangat menggunakan jenis investasi satu ini. Ya, reksadana bisa menjadi salah satu alternatif untuk belajar investasi bagi pemula. Simak tipsnya di bawah ini yuk!

Menentukan jenis investasi reksadana

Reksadana memiliki beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. Tidak hanya itu, jenis investasi reksadana terbaik 2021 ini juga disesuaikan dengan kondisi saat ini, sehingga dapat meminimalisir risiko yang ada. 

Kamu dapat memilih jenis reksadana, mulai dari reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Masing-masing jenis memiliki plus dan minus tersendiri, oleh karena itu kamu harus memahami semuanya dengan baik.

Pastikan untuk menyesuaikan kondisi saat ini dengan jenis reksadana agar dapat memperoleh keuntungan yang sesuai. 

Mengetahui dan memahami rekam jejak investasi

Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mengetahui pengetahuan terkait jenis reksadana terbaik 2021 yang ingin kamu dapatkan. Jika ingin melakukan investasi reksadana terbaik 2021, pastikan untuk mengetahui tentang reksadana yang ingin kamu beli. Jangan sampai menyesal setelah beli ya. 

Seiring perkembangan teknologi, informasi tentang reksadana dan lain sebagainya telah diinformasikan secara lengkap melalui internet maupun media massa. Berbagai informasi tersebut sangat bermanfaat untuk pengetahuan investasi.  

(Baca Juga: 10 Tips Anti Gagal untuk Investasi Saham)

Memilih manajer investasi yang tepat

Manajer investasi adalah bagian yang paling penting untuk memulai investasi reksadana. Jika memilih manajer investasi yang bagus dan terpercaya, maka kamu juga akan memperoleh keuntungan dalam investasi. 

Jika menjalankan reksadana, maka kamu harus siap mempercayakan pengelolaan produk investasi pada manajer investasi reksadana terbaik 2021. Oleh karena itu kamu harus memilih manajer investasi terbaik yang tentunya bisa memberikan peluang keuntungan besar. 

Meski begitu, investasi pasti memiliki risiko yang disebabkan oleh beberapa faktor. Kamu harus lebih jeli melihat dan memahami bahwa investasi tidak hanya tentang mendapat keuntungan saja, namun juga harus siap dengan semua resikonya. 

(Baca Juga: Pengertian Reksadana Campuran, Jenis dan Risiko serta Keuntungannya)

Jenis Reksadana 

Jenis-jenis Reksadana

Sebelum membeli produk reksadana, alangkah baiknya kamu mengetahui tentang jenis reksadana yang dapat dipilih sesuai kondisi saat ini. Jenis reksadana sendiri dibagi menjadi 4 yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksadana jenis ini adalah jenis yang melakukan investasi pada jenis pasar uang dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Biasanya jenis investasi ini berupa sertifikat deposito, deposito berjangka, surat berharga pasar uang, sertifikat Bank Indonesia, dan lain sebagainya . 

Instrumen investasi pasar uang ini terdiri dari berbagai macam untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal agar memperoleh cuan yang sebanding dengan modalnya. Pemeliharaan modal yang ringan mampu memberikan risiko yang relatif rendah. 

Bagi kamu yang ingin memperoleh pendapatan melalui investasi reksadana namun baru memulai, dapat menggunakan jenis reksadana ini. Selain aman untuk pemula, jenis reksadana pasar uang juga dapat diambil sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Melihat nama jenis produk reksadananya, kamu sudah memperoleh potensi pengembalian yang tinggi dibandingkan jenis reksadana lainnya. Bagaimana tidak, jenis reksadana satu ini juga memberi risiko yang lebih besar, lho. 

Adanya reksadana pendapatan tetap ini digunakan untuk memperoleh tingkat pengembalian stabil dengan dana yang telah disetorkan di awal. Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menginvestasikan 80% dari aktivanya dalam bentuk obligasi atau efek utang.

Bagi kamu yang memiliki modal investasi cukup besar disarankan untuk menggunakan jenis reksadana pendapatan tetap karena memiliki peluang pengembalian yang tinggi. Perolehan keuntungan secara berkala bisa menjadi pasif income. Lumayan, bukan? 

Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksadana campuran adalah jenis reksadana yang mengalokasikan dana investasinya dalam bentuk yang bervariasi. Dimana di dalamnya terdapat instrumen saham yang dikombinasikan dengan obligasi. Keduanya tentu memberikan peluang keuntungan tersendiri bagi kamu. 

Adapun tujuan jenis reksadana ini berfungsi untuk menumbuhkan pendapatan dan harga. Sedangkan risiko reksadana campuran bersifat moderat, sehingga memberikan peluang pengembalian keuntungan yang lebih tinggi. 

Kamu bisa mempercayakan modal pada jenis reksadana campuran jika ingin investasi dalam jangka panjang. Kedua jenis instrumen yang digabungkan disini tentu memberikan keuntungan yang menjanjikan meski risikonya juga mengikuti.

Reksadana Saham

Jika kamu sudah fasih dalam menjalankan investasi reksadana, boleh mencoba produk ini karena memiliki tingkat risiko tinggi namun memberikan cuan yang tinggi pula. Potensi pengembaliannya sangat tinggi, sehingga cocok untuk kamu yang berorientasi pada keuangan. 

Reksadana saham adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sebagian kecilnya yaitu sebesar 80% dari aktivanya untuk membentuk efek yang bersifat ekuitas. Adapun tujuannya untuk memperoleh pertumbuhan saham dalam jangka waktu yang lama. 

Reksadana saham ini terbilang praktis karena kamu tidak harus mengelola saham secara langsung. Disini semua pengelolaan dipercayakan pada manajer investasi secara langsung sehingga kamu cukup membelinya saja. Sedangkan yang mengelola dari pihak manajer investasi.

Bagi kamu yang memiliki waktu padat sangat cocok menggunakan jenis reksadana ini karena memiliki keuntungan tinggi namun tetap diiringi dengan risiko yang besar pula.

5 Rekomendasi Reksadana Terbaik 2021 Menurut Jenisnya

Jangan asal beli reksadana, namun ketahui rekam jejaknya sebelum melakukan pembelian. Meskipun reksadana identik dengan kaum milenial, namun pastikan untuk membaca dan memahami rekomendasi reksadana terbaik agar memperoleh cuan. Simak ulasannya di bawah ini. 

Reksadana saham

  • Pacific Saham Syariah III
  • BNP Paribas Solaris
  • Pool Advista kapital Syariah
  • Danareksa Mawar Fokus 10
  • OSO Maluccas Equity Fund

Reksadana campuran

  • Jarvis Balanced Fund
  • Net Dana Flexi
  • Capital Sharia Balanced
  • Simas Balance Syariah
  • Succorinvest Citra Dana Berimbang

Reksadana pendapatan tetap

  • Mega Dana Pendapatan tetap
  • Insight Prime Fixed Income Fund
  • Syailendra Pendapatan Tetap Premium
  • Foster Fixed Income
  • Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

Reksadana Pasar Uang

  • PNM Faaza
  • PNM Pasar Uang Syariah
  • Prospera Dana Lancar
  • Insight Money
  • Syailendra Money Market Fund

Sebelum memilih produk reksadana, pastikan untuk mengetahui secara jelas tentang reksadana yang akan kamu beli. Setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian. 

Rekomendasi reksadana di atas dapat menjadi salah satu alternatif agar memudahkan saat memilih reksadana pilihan. Tentunya kamu harus mengetahui lebih detail tentang jenis investasi di atas ya. 

Bagaimana? Penjelasan tentang investasi reksadana terbaik 2021 di atas dapat membantu kamu untuk memulai investasi, bukan? Jangan pernah takut untuk mencoba, yang terpenting adalah memulainya terlebih dahulu.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi