Investasi

Harga Bitcoin, Tertekan Turun Terus Sampai Sekarang

Harga Bitcoin

Banyak masyarakat yang dikejutkan dengan penurunan harga bitcoin. Saat itu nilai bitcoin anjlok ke level terendah yaitu 467,7 juta padahal sebelumnya mampu mempertahankan performanya di level tertinggi yaitu 600 juta.

Tentu bisa dibayangkan bagaimana rasa deg-degan kamu ketika berinvestasi di bitcoin ketika harga turun tajam dengan jangka waktu yang cepat. Namun jika kamu telah terbiasa menjadi trader atau investor aset kripto, tentu akan menyadari bahwa ini merupakan hal yang lumrah terjadi.

Apa Itu Bitcoin?

Harga Bitcoin - Apa Itu Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital yang muncul pada tahun 2009, tepatnya pada saat pasar perumahan anjlok. Hingga kini belum diketahui dengan jelas siapa pencipta mata uang digital yang satu ini. 

Yang diketahui hanyalah nama samarannya yaitu Satoshi Nakamoto. Bitcoin berbentuk mata uang digital sehingga digunakan dan didistribusikan secara elektronik. 

Bitcoin merupakan mata yang tidak diterbitkan atau didukung oleh lembaga keuangan mana pun sehingga tidak ada satu lembaga pun yang bisa mengontrolnya. 

Bitcoin termasuk ke dalam jenis cryptocurrency dimana saldonya disimpan dengan sebuah “kunci” publik dan pribadi serta kombinasi panjang angka dan huruf yang terhubung melalui enkripsi algoritma matematika yang digunakan dalam membuatnya. 

Kunci public yang digunakan sebanding dengan nomor rekening bank dan memiliki fungsi sebagai alamat yang terpublikasi agar orang lain bisa mengirim Bitcoin. 

(Baca Juga: Meski Harga Emas Naik Turun, Investasi Logam Diperlukan)

Kunci pribadi bisa didefinisikan sebagai pin ATM yang berfungsi sebagai kode rahasia yang menjaga keamanan saldo dan hanya digunakan untuk otorisasi transmisi Bitcoin.

Kelebihan Bitcoin

Sebelum kamu mulai berinvestasi dengan Bitcoin tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan mata uang digital ini dengan tepat. 

Meskipun harga Bitcoin sering mengalami perubahan, namun ternyata mata uang digital ini ternyata memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

Terhindar dari bank atau pemerintah

Harga Bitcoin - Bitcoin

Akibat terjadinya krisis keuangan serta resesi yang hebat, beberapa investor ingin merangkul mata uang alternatif yang terdesentralisasi dimana mata yang yang digunakan berada di luar kendali bank, pemerintah maupun pihak ketiga. 

Secara tidak langsung tidak akan ada pihak yang dapat mengendalikan nilai Bitcoin. Hal inilah yang membuat investor percaya dengan sistem investasi pada Bitcoin.

Memiliki potensi pertumbuhan yang besar

Harga Bitcoin - Bitcoin

Banyak investor yang merasa yakin terhadap nilai Bitcoin sehingga membelinya dalam jumlah banyak. Kepercayaan serta penggunaan Bitcoin yang semakin meningkat membuat nilai Bitcoin juga ikut tumbuh dan berkembang. 

Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar seiring perkembangan zaman.

Transaksi pribadi lebih aman dan biaya lebih kecil

Harga Bitcoin - Bitcoin

Ketika sudah memiliki Bitcoin, kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan. Melakukan transaksi dengan menggunakan Bitcoin mampu mengurangi waktu serta potensi biaya yang mungkin bisa timbul dari transaksi tersebut. 

Transaksi yang dilakukan tidak mengandung informasi pribadi sehingga dapat mengurangi risiko pencurian identitas seseorang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Kekurangan Bitcoin

Selain memiliki kelebihan, ternyata terdapat beberapa kekurangan jika kamu melakukan investasi dengan Bitcoin. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Tidak dilindungi SIPC

Bitcoin tidak dilindungi oleh SIPC sehingga jika pengguna mengalami kegagalan saat berinvestasi atau dana dicuri itu tidak menjadi tanggung jawab siapapun melainkan diri sendiri. 

SIPC (Securities Investor Protection Corporation) merupakan perusahaan yang melindungi investor sekuritas, biasanya akan memberikan perlindungan berupa asuransi investasi sehingga pialang bisa mendapatkan pergantian jika mengalami pencurian.

Harga tidak stabil

Bitcoin memiliki nilai yang tidak stabil, bahkan dalam beberapa waktu saja bisa berubah dengan drastis. 

Hal tersebut terjadi akibat permintaan akan Bitcoin yang kian berubah-ubah. Untuk itu kamu perlu memiliki strategi yang tepat untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Risiko peretasan sangat tinggi

Berada dalam ruang lingkup teknologi yang canggih, membuat investasi Bitcoin memiliki risiko peretasan yang sangat tinggi. Teknologi blockchain di balik Bitcoin ini memang dipercaya lebih aman dan cepat dibandingkan dengan transfer uang elektronik tradisional. 

Hal inilah yang membuat dompet Bitcoin sering dijadikan sebagai target oleh peretas. Apalagi nilai dari Bitcoin ini bisa dikatakan cukup tinggi dan bisa mencapai ratusan juta.

Penggunaan terbatas

Pembayaran menggunakan Bitcoin masih dikatakan cukup terbatas. Hanya beberapa perusahaan besar saja yang sudah menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. 

Di beberapa negara, Bitcoin juga belum secara resmi diperbolehkan sebagai alat pembayaran.

Apa Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Kenaikan dan penurunan harga aset kripto memang seringkali terjadi. Kondisi tersebut bisa dibilang cukup wajar. 

Dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi hal tersebut kamu bisa menganalisa bagaimana perkembangan selanjutnya guna menerapkan strategi investasi yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin.

Berita media tentang harga aset kripto

Berita tentang Bitcoin bisa sangat mempengaruhi harganya. Berita bisa saja dibuat dengan sengaja atau sesuai fakta. Berita apapun yang terkait dengan aset kripto bisa mempengaruhi harganya. 

Contohnya ketika ada berita tentang serangan hacker pada server crypto ataupun berita bagus seperti tentang infrastruktur yang melatarbelakangi teknologi kripto dan lain sebagainya.

Keseimbangan antara penawaran dan permintaan

Harga aset kripto bisa tergantung pada keseimbangan yang terjadi pada penawaran serta permintaan pasar akan Bitcoin. 

Ketika aset kripto kian populer dan mendapatkan banyak permintaan, harganya pun akan naik. Jika penawaran tinggi sedangkan permintaan rendah, maka harganya pun akan turun.

Minat investor

Minat investor pada Bitcoin akan menjadi hal yang dapat mempengaruhi nilainya. Ketertarikan minat tersebut harus dijaga agar tetap tinggi. Semakin tinggi minat yang ditunjukkan para investor tentu akan membuat nilai Bitcoin akan semakin meningkat. 

Bahkan penurunan nilai Bitcoin bisa saja terjadi karena adanya pengaruh postingan media sosial tentang yang disengaja. Hal-hal seperti itu bisa mempengaruhi perubahan nilai Bitcoin secara signifikan.

(Baca Juga: Tips Menghadapi Harga Saham Anjlok Bagi Investor)

Kuantitas dari aset kripto tersebut

Nilai Bitcoin bisa berubah drastis ketika pemegang aset kripto tersebut melakukan penjualan atau pembelian dalam jumlah yang besar. Hal tersebut terjadi karena volume Bitcoin yang ada bisa dibilang cukup terbatas dan penyebarannya tidak merata.

Modus penipuan

Modus penipuan yang melibatkan Bitcoin bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilainya. Potensi harga Bitcoin yang besar membuat banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya. 

Penipu akan membujuk para investor untuk mempercayakan Bitcoin miliknya dengan iming-iming hadiah peningkatan profit yang meningkat secara berkala. Pada akhirnya justru penipu tersebut akan membawa kabur semua uang investor termasuk Bitcoinnya. 

Ini merupakan salah satu modus penipuan yang sudah sering terjadi sehingga harus diwaspadai oleh para investor. Hal inilah yang membuat rasa percaya investor terhadap Bitcoin menjadi menurun sehingga dapat memicu perubahan nilai Bitcoin yang signifikan.

Bagaimana Prediksi Harga Bitcoin Selanjutnya

Meskipun harga Bitcoin saat ini masih tertekan terus, namun banyak investor yang merasa yakin bahwa suatu saat nilainya akan meningkat pesat. Hal tersebut terjadi karena Bitcoin merupakan satu-satunya aset di dunia yang memiliki jumlah limit yang terbatas dan pasti. 

Bitcoin hanya memiliki limit sebesar 21 juta di dunia. Hingga saat ini Bitcoin sudah beredar sebanyak 18,5 juta Bitcoin, artinya masih ada sekitar 2,5 juta lagi yang belum ditambang. 

Pada tahun 2020 lalu terjadi pembatasan pasokan suplai Bitcoin di tingkat penambangan yang dinamakan dengan Halving Day. Momen Halving Day hanya terjadi dalam kurun waktu 4 tahun sekali. 

Biasanya setahun setelah Halving Day, nilai Bitcoin akan bergerak meningkat, sama seperti momen sebelumnya. Dengan demikian bisa diperkirakan bahwa pada tahun 2021, satu tahun setelah Halving Day nilai Bitcoin akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. 

Apalagi saat ini permintaan Bitcoin semakin terus meningkat. Banyak perusahaan besar yang diam-diam memborong Bitcoin untuk investasi. 

Selain aksi borong Bitcoin dalam jumlah besar yang dilakukan oleh perusahaan besar, ada juga beberapa perusahaan keuangan seperti Paypal yang menyediakan fitur pembayaran dengan menggunakan aset kripto. 

Begitu juga dengan perusahaan keuangan serta perbankan yang ada di Amerika Serikat yang diperbolehkan untuk mengelola aset kripto termasuk Bitcoin. Hal inilah yang membuat para investor semakin yakin bahwa nilai Bitcoin akan segera meningkat.

Harga Bitcoin memang sering mengalami kenaikan dan penurunan sehingga cukup sulit diprediksi. Namun besarnya peranan Bitcoin membuat para investor menjadi yakin akan nilai jual mata uang digital ini. Tak heran jika banyak perusahaan besar yang mengincar investasi Bitcoin.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi