Investasi

7 Cara Membeli Saham bagi para Investor Pemula

Cara Membeli Saham

Investasi berbasis saham kini sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat, termasuk di kalangan anak muda. Karena membeli saham sekarang lebih mudah dan bisa dilakukan secara online. Bagi investor pemula, sebaiknya perhatikan cara membeli saham di bawah ini.
Kebanyakan orang membeli saham untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan melalui investasi. Selain itu, investasi saham dapat digunakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Cara Membeli Saham dengan Mudah

Meski menjanjikan keuntungan yang tinggi, namun berinvestasi saham juga memiliki risiko yang paling tinggi dibandingkan dengan investasi pasar modal lainnya.
Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk memilih saham yang akan dibeli dengan hati-hati. Ini karena banyak investor gagal karena tidak peduli bagaimana cara membeli saham yang tepat.
Tetapi bagi Anda yang ingin membeli saham jangan khawatir, kami sudah merangkum cara membeli saham bagi Anda yang masih pemula. Simak penjelasannya berikut ini :

Pilih Perusahaan Sekuritas Terpercaya

Cara Membeli Saham - Pilih Perusahaan Sekuritas Terpercaya

Hal pertama yang dilakukan pemula sebagai salah satu cara membeli saham secara online adalah memilih perusahaan sekuritas, yaitu perusahaan pialang saham / broker terpercaya. Ada banyak broker di Indonesia dan biasanya mereka menjadi anggota BEI Bursa Efek Indonesia.
Broker/Pialang yang terdaftar di BEI jelas memiliki reputasi keuangan yang baik karena harus menjalankan profesinya sesuai dengan ketentuan modal minimum OJK.

Contohnya termasuk sekuritas milik negara (BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas), sekuritas domestik swasta (Sinarmas Sekuritas, Panin Sekuritas, Henanputi Rai Sekuritas, Trimegah Sekuritas) dan sekuritas asing (Kim Eng Sekuritas, JP Morgan Sekuritas, JP Morganerriluritas Lynch Sekuritas).

(Baca Juga: 9 Tips and Trick Investasi Saham untuk Kamu yang Pemula)

Hanya karena ini adalah cara  membeli saham secara online, pilihlah broker yang menawarkan aplikasi perdagangan saham online terpercaya. Beberapa broker bahkan menawarkan penawaran palsu yang memungkinkan calon investor menilai kualitas aplikasi mereka. Jika sudah memilih broker, Anda bisa langsung mendownload dan menginstal aplikasi trading di ponsel Anda.

Buka Dulu Rekening Saham

Cara Membeli Saham - Buka Dulu Rekening Saham

Jika sudah memilih sekuritas, cara membeli saham selanjutnya adalah dengan membuka rekening saham. Langkah ini wajib karena Anda tidak dapat bertransaksi tanpa akun rekening saham.

Beberapa broker profesional biasanya memberikan kesempatan untuk membuka akun trading online. Jangan lupa untuk memberikan fotokopi KTP beserta detail alamat, detail usaha / pekerjaan, detail ahli waris, dan fotokopi buku tabungan Anda.

Biasanya diperlukan waktu 1-2 minggu untuk memproses akun rekening saham Anda. Investor akan menerima email konfirmasi yang berisi username, password, PIN, dan nomor rekening RDI (Investor Fund Account).

Buka RDN/RDI

Cara Membeli Saham - Buka RDN/RDI

Selain membuka rekening saham, calon investor juga perlu membuka RDN (rekening dana nasabah).
Jika rekening saham diperuntukan untuk proses jual beli saham, maka RDN adalah rekening khusus yang didirikan di bank untuk menampung dana hasil transaksi yang akan disimpan di rekening saham untuk keperluan transaksi.
Biasanya hasil penjualan saham masuk ke rekening saham, dan modalnya ke RDN/RDI.

Lakukan Setoran Modal

Cara Membeli Saham - Lakukan Setoran Modal

Jika Anda sudah membuka akun rekening saham dan RDN, hal berikutnya adalah melakukan setoran modal transaksi ke RDN. Setiap perusahaan sekuritas memiliki aturannya masing-masing mengenai setoran nominal ini.
Jumlah minimal Rp 5 juta biasanya ditetapkan untuk setoran modal awal, jadi pastikan dana Anda sudah siap. Investor pemula harus melakukan deposit terlebih dahulu untuk melakukan perdagangan saham.

Transaksi Pembelian dan Penjualan Saham

Cara Membeli Saham  - Transaksi Pembelian dan Penjualan Saham

Setelah dana setoran Anda dimasukkan ke dalam RDN, Anda dapat langsung membeli saham. Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu saham yang akan dibeli.
Kemudian, saat melakukan pemesanan, tentukan harga saham dan aplikasi akan menampilkan harga beli dan harga jual. Jika Anda ingin segera membeli secara efektif, pastikan untuk menetapkan harga beli sesuai dengan penawaran terendah.

Cara membeli saham yang lebih murah adalah menetapkan harga di bawah harga jual terendah, yang artinya Anda harus mengantri penjual lain untuk menurunkan harga jual ke harga beli yang telah ditentukan. Jika transaksi pembelian saham Anda berhasil, cukup cek di halaman Portofolio.

Tidak hanya membeli, aplikasi saham online juga memberikan fitur jual beli saham. Cara untuk melakukan transaksi ini adalah Anda harus terlebih dahulu memilih saham yang Anda miliki dan kemudian menentukan harga lembaran saham yang ingin Anda jual. Jika Anda ingin segera menjual saham, Anda pasang di penawar tertinggi di pasar.

Sementara itu, jika ingin hasil penjualan yang maksimal silahkan pasang dengan harga jual yang lebih tinggi. Anda dapat menjual saham yang Anda beli segera jika Anda mengetahui bahwa saham tersebut segera bergerak. Nantinya, uang hasil penjualan saham akan otomatis ditransfer ke rekening saham.

Pelajari Strategi Investasi Saham

Untuk mendapatkan cuan seperti yang diharapkan tentunya Anda perlu memiliki strategi. Bahkan belajar menggunakan aplikasi trading saham juga menjadi strategi.

Misalnya saat melakukan perdagangan, Anda ingin mengubah harga beli atau harga jual, cukup gunakan fitur aplikasi. Hal ini biasanya terjadi saat Anda akan segera membeli atau menjual saham, namun jika harga yang dipasang tidak menarik, Anda bisa berubahnya sesuai kondisi pasar. Strategi investasi ini juga mencakup jadwal perdagangan saham yang berjalan dari Senin hingga Jumat.

Selain itu, saat mempersiapkan strategi perdagangan saham Anda, Anda perlu mengetahui berapa dana target Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meninjau portofolio Anda secara berkala.

Persiapkan juga mental Anda untuk menghadapi pasar saham yang tidak selalu menguntungkan. Ada baiknya juga jika Anda memiliki beberapa target laba berturut-turut untuk menghindari menjadi mangsa keserakahan membeli saham.

Lakukan Analisa Fundamental Saham

Cara membeli saham yang terakhir adalah melakukan Analisa khusus mengenai fundamental saham. Kenapa? Untuk membantu Anda membuat keputusan tentang perdagangan saham, penting untuk memahami Analisis Fundamental.

Analisis fundamental sendiri merupakan teknik analisis yang memperhitungkan banyak faktor, mulai dari kinerja perusahaan, persaingan usaha, analisis industri, analisis ekonomi, dan pasar makro mikro.
Melalui analisa fundamental, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan yang Anda pilih memiliki keuangan yang sehat atau tidak.

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di saham jangka panjang, analisis fundamental jelas merupakan suatu keharusan. Beberapa hal yang biasanya dibutuhkan untuk melakukan analisis ini adalah mendapatkan sebanyak mungkin berita perusahaan dari berbagai media.

(Baca Juga: Yuk Kenali Lebih Dalam Apa itu Investasi Saham Syariah!)

Kemudian mendapatkan data ekonomi perusahaan dari publikasi BPS (Badan Pusat Statistik) dan BI (Bank Indonesia), serta data dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan setiap tiga bulan oleh emiten, yang juga dapat diperoleh di BEI.

Tentunya dengan mempelajari cara membeli saham diatas, Anda pasti akan menjadi investor saham yang meyakinkan. Bahkan jika Anda seorang pemula, Anda sudah memiliki pengetahuan Anda sendiri tentang bagaimana melakukan petualangan di lantai bursa saham.

Sekali lagi, pahami cara membeli saham yang baik dan perlu diingat saham merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang, sehingga Anda perlu bersabar dalam menjalankannya. Jangan khawatir, jika Anda selalu rajin belajar dan pantang menyerah, mendapatkan penghasilan dari sumber daya mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah bukanlah hal yang mustahil. Jadi ayo berinvestasi di saham sekarang!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi