InvestasiReksadana

Ingin Memulai Investasi dengan Reksadana? Kenali 9 Aplikasi untuk Investasi Reksadana

 

Baru-baru ini, kaum milenial sedang membicarakan tentang investasi yang bermanfaat untuk kehidupan masa depan maupun saat dibutuhkan. Banyak sekali instrumen investasi, salah satunya reksadana. Kini aplikasi untuk investasi reksadana telah banyak digunakan untuk memudahkan investasi. 

Dengan satu kali download, mendaftar secara online, serta pembuatan akun yang mudah menjadikan aplikasi untuk investasi reksadana ini semakin banyak dicari oleh berbagai kalangan. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Pengertian Reksadana

Sebelum melakukan investasi, alangkah baiknya kamu mengenal dan memahami apa sih reksadana itu. Reksadana adalah sebuah instrumen investasi yang merupakan gabungan dari berbagai dana masyarakat untuk ditempatkan pada portofolio efek yang dilakukan oleh manajer investasi. 

Manajer investasi dalam hal ini sangat berperan penting dalam mengelola dana untuk dihimpun dan menjadi perencana keuangan agar kamu dapat memperoleh keuntungan. Produk investasi ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang masih belum mengetahui tentang investasi. 

Sedangkan portofolio efek adalah surat berharga seperti obligasi, saham, surat berharga, deposito, dan lain sebagainya dapat diinvestasikan untuk memperoleh kekayaan. Portofolio yang terdapat pada reksadana ini dikelola oleh manajer investasi untuk memperoleh keuntungan. 

(Baca Juga: Pengertian Reksadana Saham Bisnis, dan Cara Mengevaluasi Reksadana Saham)

Aktivitas yang dilakukan manajer investasi pada portofolio efek pada reksadana tersebut merupakan wewenang secara penuh. Sehingga manajer investasi berhak menjual dan membeli portofolio yang terhimpun disana. Hal ini merupakan kesepakatan dan tanggung jawab seorang manajer investasi.

9 Rekomendasi Aplikasi Reksadana 

Sudah siap memulai investasi reksadana? Kini kamu sudah bisa melakukan investasi dalam satu kali klik dengan beberapa aplikasi yang sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Berikut 6 rekomendasi aplikasi reksadana yang wajib kamu ketahui.

Ajaib

Aplikasi untuk investasi reksadana - Ajaib

Ajaib tidak hanya merupakan aplikasi untuk investasi reksadana saja, melainkan juga investasi saham yang dapat diakses secara mudah dan cepat. Berbagai kalangan dapat menggunakan aplikasi ini karena tampilannya sangat mudah dan dapat dimengerti. 

Ajaib menyediakan top up secara instan, baik melalui transfer antar bank, aplikasi seperti Dana, OVO, GoPay, dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan untuk pembelian reksadana di dalamnya. 

Tidak perlu menyediakan modal yang besar, hanya dengan Rp. 10.000 saja kamu sudah bisa membeli reksadana lho. Tentunya lihat terlebih dahulu jenis pengelola investasi dan portofolio efek di dalamnya sebagai pertimbangan. 

Bibit

Aplikasi untuk investasi reksadana - Bibit

Aplikasi ini menggunakan pendekatan teori Modern Portofolio yang diperkenalkan oleh Harry Markowitz yang terpercaya untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan. Aplikasi untuk investasi reksadana ini memiliki portofolio khusus sesuai dengan kondisi kamu saat ini. 

Si Jago PNM

Aplikasi untuk investasi reksadana - Si jago PNM

Aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh PT permodalan Nasional Madani (Persero) ini menjadi salah satu aplikasi reksadana yang bisa menjadi alternatif. Berpengalaman selama 20 tahun sebagai manajer investasi, menjadikan aplikasi ini sangat terpercaya. 

Aplikasi ini menyediakan 7 jenis reksadana yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Diantaranya PNM Saham Agresif, PNM Ekuitas Syariah, PNM Syariah, PNM Amanah Syariah, dan PNM Dana Surat Berharga.  

Bareksa 

Aplikasi untuk investasi reksadana - Bareksa

Bareksa menjadi salah satu aplikasi untuk investasi reksadana online di Indonesia yang kini telah memiliki klien terbanyak serta berpengalaman di bidangnya. Kamu bisa memilih 30 manajer investasi untuk 179 jenis reksadana yang telah disediakan di dalamnya. 

Disini juga tersedia kategori konvensional dan Syariah yang dapat dipilih sesuai prinsip dan kebutuhan. Bareksa kini mengelola mulai dari 500 juta hingga di atas 10 Miliar. Sangat lengkap, bukan?

Kamu bisa memilih berbagai jenis reksadana yang terdiri dari pendapatan tetap, indeks, saham, pasar uang, penyebaran terbatas, DPLK, DIRE, dan ETF sesuai kondisi dan kebutuhan investasi yang kamu lakukan. 

Tanam Duit

Aplikasi untuk investasi reksadana - Tanam Duit

Meski tergolong aplikasi reksadana online baru, namun aplikasi ini sangat populer dilihat dari usernya yang sudah mencapai 2.050 di Indonesia. Aplikasi ini juga menyediakan produk seperti asuransi, investasi emas, dan Surat Berharga Negara (SBN).

Aplikasi untuk investasi reksadana ini menyediakan banyak fitur yang dapat kamu gunakan, seperti :

  • Metode pembayaran seperti Shopee, LinkAja, GoPay, Dana, dan transfer antar bank
  • Edukasi lengkap untuk investor pemula
  • Jaminan keamanan dari Agen Penjual Reksadana (APERD) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Elektronik portofolio yang memudahkan memonitor produk

Raiz Investment

Aplikasi untuk investasi reksadana - Raiz Investment

Aplikasi ini sangat unik, dengan slogannya yang siap membantu kebiasaan investasi yang menguntungkan bagi penggunanya. Kamu sudah bisa menjadi investor dengan modal Rp. 10.000 saja lho!

Tidak perlu bingung, proses pendaftaran di Raiz ini sangat mudah yaitu hanya dengan satu kali klik dalam aplikasi saja. Proses pendaftaran memang terbilang agak lama, yaitu sekitar 3 sampai 4 hari untuk konfirmasi dan instruksi. 

Namun tidak perlu khawatir karena aplikasi untuk investasi reksadana ini sudah memiliki lisensi dari OJK, APERD, dan ISO 27.001 untuk transaksi dan data keamanan. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar investasi di usia muda. 

(Baca Juga: Penjelasan Lengkap tentang Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap, Ikutin Yuk)

XDana

Aplikasi untuk investasi reksadana - XDana

Bagi kamu yang ingin melakukan investasi sambil dibimbing oleh orang yang telah berpengalaman di bidangnya, investasi di XDana aja. Disini menyediakan edukasi keuangan yang dapat membantu kamu dalam mengelola investasi. 

Aplikasi karya anak bangs aini menyediakan penjualan reksadana terlengkap dan terpercaya lho. Adapun 7 manajer investasi yang telah terpercaya ini diantaranya, MayBank, AXA,Mandiri,Danareksa, Ciptadana, CIMP Principal, dan Bahana. 

Disini kamu bisa memilih 30 produk investasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Fitur XDana juga sudah lengkap, diantaranya reksadana campuran, pasar uang, saham, index, dan pendapatan tetap yang masing-masing memiliki kriteria tertentu. 

IpotFund

Aplikasi untuk investasi reksadana - IpodFund

Aplikasi milik PT Indo Premier Sekuritas ini menawarkan 218 jenis reksadana yang menawarkan peluang keuntungan untuk kamu yang baru saja memulai investasi. Disini tersedia 82 manajer keuangan yang siap meminimalisir risiko atas transaksi yang dilakukan. 

Berbeda dengan aplikasi untuk investasi reksadana lainnya, IpotFund ini tidak menerima biaya atas transaksi pembelian dan penjualannya lho. Transaksi yang dilakukan secara gratis disini dapat memberi keuntungan yang lebih banyak. 

Invisee

Aplikasi untuk investasi reksadana - Invisee

Aplikasi untuk investasi reksadana ini memang terbilang baru, bukan? Namun aplikasi ini telah bekerja sama dengan T-Cash dan GoJek sebagai penunjang investasi yang kamu lakukan. Tentunya keduanya telah menjadi dua perusahaan yang terpercaya saat ini.

Update secara berkala menjadikan aplikasi ini memberikan kenyamanan dan fitur yang lengkap untuk penggunanya. Disini kamu akan dibantu oleh 4 manajer investasi, yaitu Insight, Trimegah, Mandiri, dan Danareksa. 

Bagaimana? Aplikasi untuk investasi reksadana di atas sangat menarik untuk dicoba, bukan? Pastikan untuk segera mencoba dan melakukan investasi. Dengan pendaftaran yang cepat dan modal yang ringan, kamu bisa memulai saat ini juga!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi