InvestasiSaham

Berikut Aplikasi Saham Resmi yang Terdaftar di OJK

thumb aplikasi saham - https://images.unsplash.com/photo-1554260570-83dc2f46ef79?ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=1534&q=80

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini terdapat banyak masyarakat dari berbagai kalangan baik itu anak muda atau juga orang tua yang mencari aplikasi saham resmi. Hal tersebut terjadi karena semakin terbukanya pemikiran orang-orang akan perkembangan zaman.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini segala hal dapat dilakukan secara online melalui internet. Tidak heran mengapa saat ini dijuluki sebagai era serba digital karena memang segala hal termasuk uang juga sudah ada yang digital.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu faktor pendukung masyarakat menjadi ingin terjun atau melakukan investasi jenis apa saja. Namun, karena invest saham lebih mudah dan juga familiar maka jenis ini menjadi populer di tanah air.

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi saham resmi. Namun tentu dibalik itu juga terdapat tidak sedikit aplikasi tidak resmi atau illegal.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui aplikasi untuk melakukan investasi saham yang resmi dan juga terdaftar di OJK sehingga Anda bisa melakukan investasi dengan aman dan nyaman.

Baca Juga : 12 Tips Berinvestasi Dengan Aman yang Perlu Kamu Ketahui

Anda tidak perlu khawatir jika saat ini belum mengetahui aplikasi untuk berinvestasi saham resmi karena di dalam artikel ini akan terdapat pembahasan mengenai hal tersebut.

Apa Itu Aplikasi Saham Resmi?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa saat ini terdapat banyak sekali kejahatan yang beredar baik itu di dunia nyata atau juga di dunia maya (internet). Di dalam dunia saham juga ternyata terdapat banyak kejahatan.

Memang kejahatan tersebut tidak begitu terlihat karena sangat halus seperti baik-baik saja. Namun ternyata endingnya adalah penipuan, hoax, dan lain sebagainya.

Maka sangat penting untuk menemukan suatu web, situs, atau juga aplikasi yang resmi sehingga terjamin baik dan tidak akan melakukan kejahatan online. Dengan kata lain, aplikasi saham resmi adalah sebuah wadah yang aman bagi para investor untuk bermain saham.

Investor atau juga trader tentu akan dapat bermain dengan sangat aman dan nyaman di dalam aplikasi resmi mana saja. Berbeda halnya jika Anda membuka aplikasi tidak resmi yang mana tentu akan berbahaya bagi perangkat Anda.

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah suatu aplikasi itu resmi atau tidak sangat mudah. Aplikasi yang sudah terverifikasi oleh google play store tentu itu sudah termasuk resmi.

Namun berbeda dengan aplikasi saham resmi, meski sudah terverifikasi oleh playstore namun tetap aplikasi tersebut belum bisa dikatakan resmi sebelum memang terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jika aplikasi tersebut sudah terdaftar di OJK, maka sudah dapat dipastikan bahwa aplikasinya tersebut resmi dan tidak perlu diragukan Kembali meski di google playstore belum terverifikasi.

Mengenal OJK Lebih Dalam

Sebelum mengetahui beberapa aplikasi saham resmi, akan menjadi lebih baik jika Anda mengenal apa itu OJK terlebih dahulu sehingga Anda mengerti mengapa harus terverifikasi oleh OJK ini.

Karena memang saat ini hampir semua hal yang berhubungan dengan investasi atau juga trading pasti harus terverifikasi oleh OJK terlebih dahulu. Hal tersebut agar terciptanya keamanan serta kenyamanan Bersama ketika berinvestasi dalam jenis apa saja.

OJK atau singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga Negara yang terbentuk oleh UU No. 21 Tahun 2011. Lembaga ini memiliki fungsi sebagai sistem pengatur juga pengawas yang terintegrasi pada seluruh kegiatan didalam sektor atau bidang jasa keuangan.

Sektor atau bidang jasa keuangan tersebut seperti di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Dana Pensiun, Asuransi, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Atau lebih detailnya, OJK merupakan lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain yang memiliki fungsi, tugas, dan wewenang pengatur, pengawas, pemeriksa dan penyidik seperti yang dimaksud dalam UU No. 21 tersebut.

Tugas mengawas industri keuangan non-bank dan pasar modal secara resmi beralih dari Kementerian Keuangan dan Bapepam-LK ke OJK pada 31 Desember 2012.

Sedangkan pengawasan di sektor perbankan beralih ke OJK pada 31 Desember 2013 dan Lembaga Keuangan Mikro pada 2015.

Oleh karena itu, aplikasi saham resmi pasti sudah terdaftar di OJK. Jika Anda menemukan suatu aplikasi yang menawarkan investasi jenis apa saja namun belum terdaftar di OJK, maka jangan pernah ingin atau tertarik untuk bertransaksi disana.

Berikut Beberapa Aplikasi Saham Resmi

Tentu saat ini terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa membuat Anda berinvestasi kapan saja dan dimana saja, namun tidak banyak dari aplikasinya tersebut yang sudah terverifikasi OJk. Oleh karena itu penting untuk mengetahui kumpulan aplikasi saham resmi ini.

1. Stockbit

Dalam aplikasi ini Anda tentu dapat melakukan jual beli saham, namun selain itu terdapat banyak hal lain yang bisa Anda lakukan seperti berdiskusi Bersama investor lain mengenai investasi.

Lalu, keamanan dari aplikasi ini juga sangat terjamin karena sudah memakai fitur Touch ID. Bahkan aplikasi saham resmi ini juga ada fitur virtual trading serta simulasi trading saham yang sesuai dengan perubahan data real time dari bursa saham.

2. RTI Business

RTI Business merupakan aplikasi perdagangan saham yang sudah sangat populer di kalangan investor. Selain dapat melakukan jual beli, Anda juga tentu dapat melakukan hal lainnya seperti mendapatkan informasi mengenai pasar modal di tanah air.

Informasi tersebut biasanya berisi tentang price quotes, charts, Analisa, data finansial, berita pasar modal juga saham, dan lain sebagainya. Anda juga dapat melihat gambaran kinerja suatu perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun.

3. MOST

MOST atau singkatan dari Mandiri Online Securities Trading ini memiliki keunggulan dalam segi user interface yang friendly atau ramah sehingga banyak digunakan oleh para pemula.

MOST sendiri tentu saja dikembangkan oleh Mandiri Sekuritas atau salah satu perusahaan sekuritas juga broker saham terbesar di tanah air. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Anda harus menjadi nasabah dari mandiri sekuritas.

4. BCAS Best Mobile

Tidak kalah dari Mandiri Sekuritas, PT BCA Sekuritas juga memiliki aplikasi saham resmi sendiri yang tentu juga memiliki tampilan user friendly sehingga banyak digunakan oleh para investor pemula.

5. IPOT (Indo Premier)

Aplikasi ini merupakan aplikasi keuangan yang sudah terintegrasi dan juga memberikan kemudahan bagi para investor untuk melakukan investasi jenis saham, reksadana, serta ETF.

6. Ajaib

Jika Anda sering membuka social media atau sering membuka platform YouTube pasti Anda sudah sering juga melihat iklan aplikasi yang satu ini bukan? Ya, Ajaib merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk para investor pemula.

Anda tentu tidak akan merasa kebingungan meski pertama kali berinvestasi di aplikasi ini karena memang terdapat panduan serta rekomendasi produk yang sesuai juga sangat menguntungkan dengan kondisi finansial Anda.

Hal Penting Dalam Berinvestasi Saham

Dalam berinvestasi juga tentu terdapat banyak hal penting yang harus diperhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian ketika melakukannya. Sama halnya seperti usaha atau berbisnis, investasi juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti.

1. Jangan mengeluarkan semua uang bagi pemula

Jika Anda merupakan seorang pemula dan masih memiliki minim pengalaman, maka jangan pernah untuk mengeluarkan semua uang yang dimiliki untuk di investasikan. Namun, gunakan 10% dari jumlah total uangnya merupakan langkah yang bijak.

Sedikit demi sedikit dalam investasi merupakan langkah yang paling tepat karena konsistensi itu sangat penting.

2. Kendalikan emosi

Lalu, yang terpenting dalam melakukan investasi adalah bagaimana cara Anda mengendalikan atau mengontrol emosi.

Konteks pengendalian emosi disini tentu sangat luas, misalnya seperti berpikir tenang ketika melakukan Analisa, memanage keuangan, membaca pasar, dan lain sebagainya. Jika Anda dapat mengendalikan emosi maka hal itu menjadi nilai tambah bagi diri sendiri.

Karena banyak sekali investor yang tidak bisa mengendalikan emosi mereka dan akhirnya mereka berakhir dengan kebangkrutan. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, tetap bersabar dalam berinvestasi adalah langkah yang bijak.

3. Pahami konsep dasar dari investasi

Pastikan bahwa Anda juga telah memahami atau menguasai konsep dasar dari suatu investasi. Dengan begitu maka kedepannya niat Anda akan berjalan dengan baik.

Baca Juga : Cara Investasi Saham Untuk Pelajar Agar Memiliki Masa Depan yang Aman

Jika Anda sudah mengerti, memahami, dan menguasai semua hal penting dalam berinvestasi, maka selanjutnya Anda hanya perlu mempraktekannya pada aplikasi saham resmi yang bisa Anda temukan di Playstore atau App Store juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi