Investasi

Aplikasi Investasi Emas Terbaik: Keuntungan, Kerugian dan Rekomendasinya

thumbnail aplikasi invest emas - aplikasi investasi emas

Dewasa ini, masyarakat di era milenial mulai berpikir cerdas untuk melakukan investasi menguntungkan. Salah satunya investasi emas. Ada beberapa aplikasi investasi emas terbaik yang dapat digunakan masyarakat dan bisa berdampak baik agi jalannya perekonomian nasional.

Baca Juga : Kupas Tuntas Secara Lengkap Tentang Investasi Emas Batangan

Penggunaan aplikasi dalam berinvestasi sudah menjadi hal yang lumrah, sebab era digital semakin berkembang pesat. Sebelum Kamu memakai aplikasi online, sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan dahulu apa saja keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi logam mulia.

Keuntungan, Kerugian dan Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas Terbaik

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

1. Keuntungan

  • Berdasarkan ekonomi resesi (prinsip ketidakpastian) emas merupakan barang yang memiliki nilai lebih stabil dibandingkan jenis investasi lainnya.
  • Nilai investasi cenderung ramah dikantong karena bisa dimulai dari pembelian 5 ribu rupiah saja.
  • Trend harga emas lebih cenderung di atas kenaikan inflasi, sehingga perlindungan dan risiko nya lebih ringan.
  • Emas bisa menjadi barang jaminan untuk diterima pihak pegadaian sebagai aset.
  • Perubahan harga emas (kenaikan dan penurunan) tidak terlalu signifikan dalam jangka waktu pendek, sehingga risiko yang ditimbulnya relatif rendah.
  • Nilai investasi sangat mudah untuk dicairkan/ dijual.

2. Kerugian

  • Ongkos penyimpanan aset akan ditambahkan pihak penyedia jasa/platform terkait sebagai jaminan keamanan emas fisik.
  • Risiko hilangnya aset akibat penipuan, pemalsuan dan pencurian cenderung lebih besar.
  • Penurunan harga emas dalam jangka waktu pendek sangat mungkin terjadi dan bisa menimbulkan kerugian bagi nasabah.
  • Kenaikan return emas lebih rendah dibandingkan investasi saham dan lainnya.

Pilihan Aplikasi Investasi Emas Terbaik dan Terpercaya

1. Shopee

Siapa yang tidak kenal aplikasi Shopee? Sepertinya platform e-commerce ini telah menduduki puncak kejayaan. Sebab, banyak masyarakat yang suka menggunakan aplikasi berwarna oren ini untuk transaksi online.

Tidak hanya digunakan untuk berbelanja dan berjualan, Shopee juga menawarkan banyak layanan. Salah satunya yakni investasi emas batangan. Sistem penyimpanan investasinya tidak disimpan sendiri melainkan bekerja sama dengan pihak pegadaian.

Harga emas disesuaikan dengan harga emas harian berdasarkan harga di pegadaian. Pastikan akun Shopee Kamu sudah termasuk yang premium Agar lebih memudahkan saat bertransaksi. Nilai investasi yang bisa Kamu taruh mulai dari Rp 10.000,-

2. Tokopedia

Tokopedia juga tidak ingin kalah dengan eksistensi Shopee dalam menyediakan ragam fitur canggih, termasuk investasi emas. Marketplace berwarna hijau ini memiliki fitur Tokopedia Emas yang juga bermitra dengan Pegadaian.

Para pengguna Tokped Emas dapat memulai investasi dengan nilai yang sangat murah yakni Rp 5.000,-. Setelah investasi nasabah terkumpul, maka klaim atau back up investasi bisa diwujudkan dalam bentuk emas batangan maupun uang tunai.

3. Dana eMas

Dana merupakan aplikasi dompet digital yang didalamnya memuat banyak fitur, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan hingga investasi. Fitur investasi yang tersedia bernama Dana eMas. Fitur ini melayani pembelian emas minimal 0,01 gram atau <Rp 10.000,-.

Pemanfaatan fitur investasi emas di aplikasi Dana bisa Kamu rasakan jika sudah mengupgradenya ke versi premium. Maka, pengguna wajib memenuhi syarat dan ketentuannya seperti KTP dan foto diri.

Dana eMas sendiri tidak bekerja sendiri dalam pengelolaan dana investasi, pihak perusahaan telah menjalin mitra dengan Pluang yang dioperasikan oleh PT. PG Berjangka. Soal tingkat keamanan transaksi, Dana eMas telah diawasi oleh Bappebti dan dijamin KBI.

4. Pegadaian Digital

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tempat ini melayani berbagai keperluan mulai dari gadai barang hingga tabungan haji, bahkan saat ini sudah menyediakan layanan investasi logam mulia atau emas.

Pegadaian juga memanfaatkan dunia digitalisasi dengan membuat platform pegadaian digital. Adanya aplikasi digital diharapkan agar masyarakat lebih mudah menjangkau seluruh layanan dari pegadaian. Salah satu menu yang patut Kamu coba adalah investasi emas atau nabung emas.

Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi pegadaian online, Kamu cukup mengunduhnya di playstore maupun appstore secara gratis. Kemudian, daftarkan akun Kamu dengan memasukkan nomor telepon dan password.

Layanan nabung emas dijamin sangat meringankan masyarakat karena Kamu bisa memulainya hanya dengan 50 ribu rupiah saja. Selain nabung emas, Kamu bisa juga memilih menu ‘Cicil emas’ dengan kisaran harga yang berbeda-beda sesuai jenis emas yang akan dibeli.

Menariknya lagi, tabungan emas yang Kamu miliki bisa diambil dalam bentuk emas batangan maupun uang tunai. Nasabah hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuan berlaku sesuai kebijakan dari pegadaian.

5. Lakuemas

Aplikasi investasi emas terbaik yang juga menjadi pilihan masyarakat adalah Lakuemas. Pengguna bisa memakai aplikasi ini dengan mendownloadnya secara gratis melalui appstore dan playstore. Kamu tidak perlu khawatir soal keamanannya, sebab sudah diawasi oleh OJK.

Aplikasi ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat karena memiliki fitur sederhana, sehingga mudah digunakan. Beberapa fiturnya meliputi: beli/jual emas online, cetak fisik untuk emas batangan, transfer emas ke sesama pengguna lakuemas.

Kabar baiknya, pembelian di lakuemas bisa dimulai dari harga 50 ribu rupiah atau setara 0,1 gram. Pengguna juga tidak dibebankan biaya penyimpanan emas. Tetapi biaya tambahan diberlakukan jika sudah mencapai berat emas tertentu.

6. Indogold

Indogold merupakan salah satu aplikasi investasi emas yang juga bisa Kamu gunakan hanya melalui smartphone saja. Perusahaannya sendiri telah berdiri sejak 1978 silam dan sudah ber0engalaman dalam berinvestasi di bidang logam mulia.

Keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dari aplikasi ini salah satunya adalah besaran nominal investasi dimulai dari Rp 10.000,-. Investasi emas dapat pengguna cairkan dalam bentuk fisik (emas batangan murni) maupun tunai (buyback).

Jika dalam bentuk fisik, emas dapat diproduksi oleh UBS atau ANTAM. Sedangkan pencairan bentuk tunai akan langsung ditransfer ke rekening tabungan. Pembayaran investasi bisa  melalui beragam dompet digital (klikBCA, Shopeepay, Dana, Linkaja, Gopay dan Ovo).

7. Pluang

Kemudahan dalam berinvestasi emas via aplikasi tentu sangat membantu masyarakat milenial, khususnya di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Beragam aplikasi investasi bisa Kamu install di smartphone masing-masing. Salah satu yang terbaik adalah Pluang.

Pluang menjadi pilihan aplikasi investasi emas terbaik yang dapat dilakukan secara online dengan risiko rendah. Selain itu, Kamu juga bisa mengakses cryptocurrency atau investasi mata uang kripto yang sedang booming akhir-akhir ini

Pembayaran investasi dapat pengguna lakukan melalui transfer bank hingga beberapa e-commerce seperti Dana, Bukalapak hingga Gojek. Semua kegiatan transaksi investasi telah disetujui dan diawasi oleh OJK, sehingga dipastikan aman.

8. Tamasia

Investasi emas memang semakin marak dan mulai diperhitungkan oleh masyarakat luas. Kecenderungan ini sejalan dengan kemunculan berbagai macam aplikasi investasi yang bisa dijangkau masyarakat kelas bawah, menengah hingga atas.

Tamasia mungkin bisa menjadi pilihan aplikasi investasi emas di smartphone Kamu karena dapat diakses dengan mudah dan cepat. Hampir sama dengan aplikasi sejenisnya, Tamasia mematok nilai investasi minimal 10 ribu rupiah.

Semua investasi yang sudah Kamu setorkan dapat diklaim dan di-backup dalam bentuk emas fisik. Ada juga fitur transfer emas untuk sesama pengguna aplikasi. Nilai minimal transfer mulai 0,02 gram saja.

9. Buka Emas

Buka Emas menjadi slah satu aplikasi yang menyediakan layanan investasi emas. Aplikasi ini telah disediakan oleh e-commerce Bukalapak.  Fitur Buka Emas tersedia didalam aplikasi Bukalapak dan dapat diakses kapan saja sesuai kebutuhan.

Buka Emas cukup banyak diminati masyarakat, sebab nilai investasinya tergolong sangat kecil yakni 100 rupiah saja atau setara 0,0001 gram. Jadi, Investor dapat memulai investasi  dengan biaya ringan tetapi menguntungkan.

Buka emas tidak bekerja sendiri dala pengelolaan investasi. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan pihak Antam dan Indogold sebagai pencetak emas fisik secara resmi. Buka Emas juga akkan mengupdate harga emas terbaru setiap harinya.

10. E-Mas

Masyarakat saat ini mulai banyak yang berminat dalam bidang investasi khususnya emas. Hal ini membuat banyak perusahaan keuangan yang menyediakan layanan aplikasi investasi online. Satu di antaranya adalah E-mas. Slogan dari aplikasi ini yakni Invest With Gold, Pay With Gold.

Nominal investasi terkecil dimulai dari 10.000 rupiah saja. Sesama pengguna E-mas bisa melakukan transfer emas minimal 0,02 gram. Pengguna dapat memantau perubahan harga emas setiap hari sesuai keadaan pasar. Hal ini akan mempermudah investor untuk membeli atau menjual emas.

Baca Juga : Baru Mau Mulai Investasi? Ketahui Tips Investasi Saham Untuk Pemula Dulu Yuk!

Kemunculan aplikasi investasi emas terbaik yang cukup beragam belakangan ini disebabkan adanya respons baik dari masyarakat dalam memandang pentingnya investasi. Emas atau logam mulia dipilih sebagai barang investasi yang cukup menjanjikan karena nilainya akan terus meningkat.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi