InvestasiSaham

Pelajari Apa Itu Investasi Saham secara Mendalam

Apa itu investasi saham? Rasanya di Indonesia ini literasi atau pemahaman mendalam mengenai apa itu investasi saham memang masih minimalis. Sangat sedikit bisa dibilang masyarakat Indonesia yang akrab atau bahkan menjadi pemeran aktif dalam jalur investasi menggiurkan satu ini.

Apa itu investasi saham? investasi saham sendiri menjadi kandidat dari investasi yang paling menguntungkan secara dinamikanya lho. Buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai hal yang berhubungan dengan investasi saham, bisa langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pelajari Apa Itu Investasi Saham secara Mendalam

1. Apa Itu Saham?

Membahas tentang saham tak bisa terlepas dari naungan resmi Undang-Undang Perseroan Terbatas atau Perseroan terkait dengan definisinya, utamanya yang tertuang dalam nomor 40. Dalam aturan tersebut jelas disebutkan karakteristik dari Perseroan sesungguhnya yang legal.

Disebutkan jika Perseroan merupakan sebuah badan hukum yang telah memenuhi seluruh persyaratan maupun peraturan pelaksanaan sebagaimana dicantumkan dalam undang-undangnya. Hal tersebut meliputi adanya perjanjian pendirian maupun persekutuan modal dalam bentuk pembagian saham.

Dari uraian di atas kemudian dipahami bahwasanya saham merupakan sertaan modal satu pihak dalam sebuah perusahaan Perseroan. Kepemilikan saham memberi pihak tertentu akses klaim atas pendapatan Perseroan, aset Perseroan maupun hak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

Tentu akan ada banyak sekali aturan resmi terkait dengan perguliran antara setoran modal maupun juga pembagian saham Perseroan. Sebagai contoh berikut ada daftar Perseroan dengan pembagian saham resmi yang populer seperti BCA, BRI, HM Sampoerna, PT Telkom, Unilever dan seterusnya.

(Baca Juga: 7 Cara Membeli Saham bagi para Investor Pemula)

2. Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham disebutkan sebagai salah satu cara meraih untung yang paling baik. Pada dasarnya harga dari saham itu sendiri selalu terkait dengan pergerakan Indeks Harga Saham. Artinya kenaikan harga saham bursa atau pasar dipengaruhi oleh naiknya Indeks Harga Saham terlebih dahulu.

Sebagai contoh menilik ke masa lampau. Penutupan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG untuk bursa efek ibukota maupun negara akhir tahun 1998 tercatat sebesar 398. Bandingkan dengan nilai bursa efek penutupan IHSG yang menjadi 6,142.50 tepat pada pertengahan November tahun 2019.

Menakjubkan sekali dalam kurun waktu 21 tahun, harga saham tersebut mengalami kelipatan kenaikan sebesar 14 kali ataupun 1, 443 %. Return tinggi membuat investasi saham menjadi superior. Semakin menjanjikan jika dijumlahkan dengan keuntungan dividen yang masuk dalam return saham tersebut.

Dari ulasan di atas, sedikit banyak pasti Anda sudah paham apa itu investasi saham, yaitu sebuah cara dimana Anda bisa mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

3. Aspek Penting Investasi Saham

Meski investasi saham tercatat amat menggiurkan nilai keuntungannya, pahami juga faktor risiko serta tantangannya. Ketahui jika harga saham selalu penuh dinamika yang fluktuatif. Jadi, tidak cukup dengan mengerti apa itu investasi saham, Anda juga harus memahami aspek penting dalam investasi saham.

Cermati daftar aspek dasar investasi saham berikut ini.

Saham

Apa itu investasi saham - Saham

Sederhananya saham masuk dalam kategori surat berharga lantaran digunakan sebagai bukti kepemilikan dalam sebuah Perseroan. Secara resmi tertuang dalam definisi di Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995, termasuk juga di dalamnya obligasi, tanda bukti utang dan seterusnya. Berikut jenis saham.

Saham Biasa. Pemegang saham ini memiliki kewajiban yang memiliki batasan. Namun investor memiliki akses untuk melakukan klaim seluruh aktiva maupun keuntungan dari Perseroan. Jika pun suatu saat terjadi risiko atau bahkan kebangkrutan, maka tanggungan kerugian maksimum yang diderita investor dihitung sesuai dengan nilai investasinya dalam Perseroan tersebut semata.

Saham Preferen. Jenis ini layaknya penggabungan antara jenis saham biasa seperti yang tertera pada jenis sebelumnya plus obligasi atau surat utang. Keuntungan yang didapatkan mirip dengan sistem bunga obligasi, di mana pemilik saham bisa mendapatkan jumlah pendapatan yang tetap.

Dividen

Apa itu investasi saham - Dividen

Bicara saham tentu ujungnya selalu mengarah ke pembagian dividen. Dividen merupakan sebuah proses pembagian keuntungan Perseroan terhadap keseluruhan pemegang saham di dalamnya. Berikut beberapa poin yang mempengaruhi besaran dividen pada tiap pemegang saham Perseroan.

Porsi pembagian laba. Besaran dividen pemegang saham bergantung pada kesepakatan jumlah persenan keuntungan Perseroan yang akan dibagikan. Pada kondisi tertentu Perseroan bisa saja merugi, atau bahkan terdapat laba Perseroan namun kesepakatannya tak akan langsung dibagikan keseluruhan totalnya. Melainkan hanya di angka persenan yang telah disepakati di awal.

Porsi kepemilikan saham. Besaran dividen pemegang saham secara otomatis dipengaruhi oleh besar kecilnya saham yang sedari awal mula memang dimiliki dalam Perseroan tersebut.

Sedangkan berikut beberapa indikator yang digunakan untuk menilai kualitas dari dividen Perseroan.

Dividend payout merupakan aturan kesepakatan atas besaran persenan laba yang akan dibagikan pada pemegang saham sebagai nilai dari deviden itu sendiri.

Dividend yield merupakan perhitungan deviden atas total tiap saham yang telah dimiliki untuk kemudian lanjut dibagi dengan harga saham tersebut.

Sumber Keuntungan

Apa itu investasi saham - Sumber Keuangan

Deviden. Keuntungan yang bisa didapat pemegang saham dari dividen memiliki nilai lebih kecil dari sumber lainnya. Namun keuntungan dari sumber ini, pemegang saham tak harus menjual aset sahamnya tersebut. Dengan demikian pemegang saham masih terus bisa menerima dividen Perseroan secara rutin selama saham tersebut masih atas namanya.

Apresiasi Harga Bursa. Sumber keuntungan yang satu ini langsung terkait dengan harga saham paling terkini. Biasanya harga saham terpengaruh oleh proses tawar menawar antara pemegang saham, produsen serta konsumen. Jika permintaan produk naik maka nilai saham ikut naik. Namun jika penawaran yang naik maka otomatis harga saham akan turun. Nilai keuntungan yang didapat pemegang saham sebanyak selisih dari harga jual dengan harga belinya. Harga jual tersebut bisa dibilang jauh lebih tinggi dari nilai keuntungan deviden. Namun sayang setelah terjual, segala keuntungan dari kepemilikan saham akan otomatis berpindah nama pada pembeli terbarunya.

Initial Public Offering atau IPO

Apa itu investasi saham - IPO

IPO dikenal juga dengan sebutan lain sebagai Penawaran Saham Perdana. Merupakan sebuah prosesi yang harus dilakukan sebelum transaksi penjualan saham dengan publik pada bursa.

Prosesi IPO dimulai dengan publikasi prospek saham pada media massa. Info tersebut berisi mulai dari informasi penting yang terkait dengan Perseroan, gambaran tentang bisnisnya, harga tawaran saham, jadwal pencatatan di Bursa Efek Indonesia setelah usai kesepakatan dan seterusnya.

Jika ada masyarakat tertarik membeli maka langsung diarahkan mengisi formulir sekaligus melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang dikalikan jumlah total yang ingin dibeli.

Prosesi berlanjut hingga masa tawaran selesai. Perseroan akan langsung melakukan penjatahan saham atas investor yang telah melakukan pemesanan. Refund akan dilakukan jika Perseroan menemukan jumlah penjatahan saham jauh lebih kecil daripada nilai uang yang telah diterima.

Prosesi berlanjut dengan penerimaan masyarakat atas saham sejumlah yang sebelumnya telah dibelinya pada rekening saham yang bisa di cek di masing-masing broker sahamnya.

Step terakhir tinggal menunggu jadwal pencatatan di Bursa Efek Indonesia yang telah disepakati sedari awal mula tadi. Kini investor bisa menjual kembali saham miliknya tersebut atau bisa juga jika ingin menambah ataupun membeli lagi dari pemegang saham yang lainnya.

(Baca Juga: 9 Tips and Trick Investasi Saham untuk Kamu yang Pemula)

Analisa Saham

Apa itu investasi saham - Analisis saham

Analisa saham sangat penting untuk mengetahui apa itu investasi saham. Analisa saham juga penting dilakukan untuk menghindari risiko yang tak diperlukan serta meningkatkan keuntungan yang bisa diraup. Hendak dalam berinvestasi saham jangan sampai dilakukan secara impulsif tanpa perhitungan matang. Berikut beberapa metode untuk melakukan analisa saham.

Analisa Fundamental. Sebuah metode analisa saham yang berpegang pada laporan keuangan dengan segala perhitungan rasio aspek keuangan, yang kemudian ditemukanlah harga saham wajarnya.

Analisa Teknikal. Merupakan metode analisa saham yang dalam menentukan harga tersebut dari trend nilainya di masa depan kelak, sesuai dengan pola pergerakan harga saham tersebut dari masa ke masa sejak dahulu kala.

Cara Jual Beli Saham

Apa itu investasi saham - Jual beli saham

Langkah pertama untuk mengetahui apa itu investasi saham kamu bisa membuka sebuah rekening saham, bisa di perusahaan sekuritas ataupun broker. Pastikan saja telah terdaftar sebagai anggota bursa BEI.

Selanjutnya buka Rekening Dana Nasabah di bank bersamaan dengan pembukaan rekening saham milikmu pada broker tadi.

Langsung setorkan saja dana ke RDN agar kamu bisa memulai transaksi perdagangan saham yang kamu inginkan.

Terakhir kamu bisa langsung tentukan untuk pilih lakukan order jual maupun beli pada aplikasi perdagangan saham yang disediakan oleh broker pilihanmu tempat membuka rekening saham pertama kali tadi.

Semoga ulasan perihal mempelajari apa itu investasi saham secara lebih mendalam di atas bisa bermanfaat. Tak salah jika dikatakan investasi saham seperti mengundang uang untuk datang sendiri ke dalam genggaman. Hal ini bisa dijadikan solusi keuangan utamanya di zaman canggih seperti sekarang.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Investasi