EmasInvestasi

8 Cara Berinvestasi Emas yang Tepat dan Aman Agar Untung

Cara Berinvestasi Emas

Cara Berinvestasi Emas yang Tepat dan Aman – Sejak dahulu, emas merupakan instrumen dalam berinvestasi yang paling tahan banting terhadap kondisi ekonomi. Bahkan, di tengah resesi ekonomi global, emas menjadi pilihan utama bagi investor besar dalam melindungi asetnya. Bagi para pemula, ada beberapa cara berinvestasi emas yang wajib untuk diketahui.

Meski emas termasuk ke dalam instrumen investasi paling aman dan sesuai dipilih oleh para pemula, bukan berarti kamu bisa sembarangan saat memulai investasi satu ini. Ada beberapa cara berinvestasi emas yang tetap harus kamu perhatikan agar tidak rugi saat menjalaninya. 

8 Cara Berinvestasi Emas yang Tepat dan Aman

 1. Jangan Investasi Berbentuk Perhiasan 

cara berinvestasi emas  - Jangan Investasi Berbentuk Perhiasan

Perhiasan emas ditujukan untuk digunakan bukan sebagai instrumen investasi. Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk menggunakan emas sebagai instrumen investasi, sebaiknya beli dalam bentuk logam mulia batangan 24 karat dan bukan yang berbentuk perhiasan. 

Emas perhiasan memiliki kerugian dari sisi harga karena kamu harus membayar biaya jasa pembuatan yang cukup besar. Umumnya, biaya jasa pembuatan perhiasan mencapai ratusan ribu Rupiah tergantung kepada tingkat kerumitan perhiasan tersebut. 

(Baca Juga:8 Keunggulan Investasi Emas untuk Masa Depan)

Sehingga, harga yang kamu bayarkan ke toko emas sesungguhnya adalah harga emas ditambah dengan biaya pembuatan perhiasan. Oleh karena itu emas perhiasan bukan cara berinvestasi emas yang tepat. Belilah emas perhiasan untuk digunakan dan bukan untuk investasi. 

2. Buat Perencanaan dan Tujuan Investasi

cara berinvestasi emas  - Buat Perencanaan Dan Tujuan Investasi

Sebaiknya, investasi emas dibuat dengan sebelumnya menentukan tujuan serta rencana dalam berinvestasi emas. Kamu harus menetapkan alasan mengapa kamu ingin berinvestasi emas. Beberapa orang berinvestasi emas untuk biaya membeli rumah, naik haji, biaya pendidikan anak, dan lainnya.

Menetapkan perencanaan serta tujuan investasi dapat membantu kamu menentukan berapa banyak jumlah emas batangan yang harus dibeli dan disimpan. Selain itu, dengan menetapkan tujuan yang jelas, maka kamu akan lebih bersemangat dalam menabung dan mengumpulkan emas.

3. Mulai dari yang Kecil

cara berinvestasi emas - Mulai Dari Yang Kecil

Cara berinvestasi emas yang tepat adalah dengan memulai dari yang kecil. Kamu tidak perlu menunggu hingga uangmu cukup untuk membeli emas batangan 100 gram baru berinvestasi emas. Cukup dengan beberapa ratus ribu saja dan kamu sudah bisa mulai berinvestasi emas.

Beberapa penerbit emas batangan resmi mengeluarkan produk emas batangan mulai dari ukuran 0,5 gram saja. Harga emas batangan 0,5 gram berkisar Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan. Sementara emas batangan berukuran 1 gram bisa diperoleh dengan harga berkisar Rp 900 ribuan.

Dengan uang ratusan ribu Rupiah saja, kamu sudah bisa mulai berinvestasi emas. Jangan tunggu sampai uang kamu terkumpul banyak karena harga emas kemungkinan besar sudah meningkat saat uang kamu terkumpul banyak.

4. Rajin Mengecek Harga Emas

cara berinvestasi emas - Rajin Mengecek Harga Emas

Ada beberapa tempat untuk mengecek harga emas secara online seperti butik emas Antam, Pegadaian, toko emas Semar dan lain sebagainya. Harga emas umumnya akan fluktuatif bergantung kepada kondisi politik suatu negara beserta kondisi politik dan ekonomi global. 

Dengan rutin mengecek harga emas, maka kamu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah saat harga emas turun sementara saat yang tepat menjual emas adalah saat harga emas meningkat.

5. Beli Langsung di Gerai Terpercaya

cara berinvestasi emas - Beli Langsung Di Gerai Terpercaya

Salah satu cara berinvestasi emas yang tepat dan tidak kalah penting adalah membeli langsung di tempat terpercaya. Sekarang memang ada banyak tempat yang menawarkan emas dengan harga yang miring. 

Namun, jangan sembarangan membeli emas di tempat-tempat yang tidak dapat dipercaya karena sangat rawan terjadi tindak penipuan terutama jika kamu tidak mengenali perbedaan emas palsu dan asli. Ada beberapa gerai dan penerbit emas terpercaya yang bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi emas.

Di Indonesia sendiri ada Butik Emas Antam, Pegadaian, emas UBS dan beberapa penerbit serta toko emas terpercaya yang bisa menjadi pilihanmu membeli emas. Dengan membeli langsung di gerai terpercaya, maka keaslian dan keamanan emas tersebut bisa lebih terjamin.

6. Pastikan Mendapat Sertifikat Emas

cara berinvestasi emas  - Pastikan mendapat Sertifikat Emas

Terlepas dari jenis emas yang kamu beli apakah emas batangan ataupun emas perhiasan, kamu akan memperoleh sertifikat yang menunjukkan kepemilikan kamu terhadap emas tersebut. Di dalam sertifikat akan tertera informasi spesifikasi emas seperti tingkat kemurnian emas, berat emas dan harga emas.

Selain itu, di dalam sertifikat emas juga tertera informasi toko yang menerbitkan emas. Jangan sampai sertifikat emas tersebut hilang sertifikat ini akan memudahkan kamu saat menjual kembali emas tersebut. Umumnya, toko emas akan lebih percaya dengan emas yang disertai sertifikat dibandingkan yang tidak.

7. Tentukan Cara Penyimpanan Emas

cara berinvestasi emas - Tentukan Cara Penyimpanan Emas

Ada beberapa cara penyimpanan emas baik itu mandiri ataupun disimpan di lembaga terpercaya. Jika jumlah emas yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka kamu bisa menyimpan sendiri di rumah di tempat yang aman.

Namun, jika jumlah emas yang dimiliki banyak, maka sebaiknya kamu menyewa safe deposit box di lembaga perbankan, Pegadaian ataupun gerai emas terpercaya. Gerai emas seperti Antam juga menawarkan brankas khusus untuk menyimpan emas dengan keamanan selama 24 jam.

Dengan adanya safe deposit box, maka kamu tidak perlu khawatir kehilangan emas akibat adanya pencurian dan perampokan. Kamu harus menyiapkan uang untuk menyewa safe deposit box khusus. Kamu akan mendapatkan sertifikat atau bukti penyimpanan di safe deposit box.

(Baca Juga: Ingin Investasi? Kenali Perbedaan Saham dengan Reksadana Disini Yuk!)

8. Pertimbangkan Kemampuan Finansial

Cara Berinvestasi Emas - Pertimbagkan Kemampuan Finansial

Pertimbangkan kemampuan finansial kamu saat akan memulai investasi emas. Disarankan untuk mengalokasikan sebanyak 10% sampai 20% pendapatan bulanan untuk berinvestasi emas. Jangan sampai investasi memberatkan kemampuan finansial hingga menyebabkan kamu harus berhutang.

Sebaiknya siapkan pula dana cadangan darurat untuk mengantisipasi adanya kondisi tertentu yang menyebabkan kamu harus mengeluarkan uang lebih dari uang yang biasa kamu keluarkan secara rutin.

Alasan Mengapa Harus Berinvestasi Emas

 1. Harga Emas Lebih Stabil

Harga emas lebih stabil dibandingkan mata uang sehingga emas bisa menjadi instrumen penjaga aset yang baik. Emas juga lebih tahan terhadap resesi ekonomi sehingga banyak investor lebih memilih berinvestasi emas saat terjadi resesi ekonomi global. 

Umumnya fluktuasi harga emas di waktu yang pendek tidak terlalu besar. Selain itu, sangat jarang harga emas turun drastis. Penurunan harga emas hanya terjadi dengan jumlah yang sedikit. 

2. Emas Lebih Aman

Dibandingkan instrumen investasi lain yang berisiko tinggi seperti saham, emas jauh lebih aman. Oleh karena itu, emas merupakan bentuk investasi yang paling cocok dipilih oleh pemula.

3. Emas Mudah Dicairkan

Kapan saja kamu membutuhkan dana segar, emas dapat kamu jual saat itu juga di gerai emas. Sifat emas yang liquid membuat emas cocok sebagai dana cadangan.

Jika kamu masih pemula di bidang investasi emas, cara berinvestasi emas di atas harus kamu pahami dengan seksama agar mendapat keuntungan yang lebih. Kamu juga disarankan untuk berinvestasi mulai dari sekarang meski dengan dana yang sedikit.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Emas