Finansial

Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta untuk Kebutuhan Rumah

 TanggaKebutuhan keluarga yang terus bertambah terkadang sulit dipenuhi dengan gaji 2 juta yang tergolong minim. Terlebih, kalau kamu dan pasangan sudah memiliki anak. Namun, jika kamu mengetahui tips mengatur keuangan gaji 2 juta yang efektif maka permasalahan tersebut akan langsung teratasi. 

10 Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta 

Bukan berarti tidak bersyukur, tapi kenyataannya gaji 2 juta masih terasa kurang untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga yang tiada hentinya. Mau tidak mau, kamu harus berpikir untuk menemukan strategi jitu agar memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin. 

Berikut 10 tips yang dijamin bisa membantumu untuk menggunakan gaji 2 juta secara lebih bijak: 

  • Membuat Skala Prioritas

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Skala Priority

Hal utama yang harus dilakukan adalah membuat skala prioritas. Bagi yang belum tahu, skala prioritas merupakan suatu ukuran yang disusun berdasarkan tingkat kebutuhan. Urutannya dimulai dari kebutuhan yang paling penting sampai kebutuhan yang bisa ditunda. 

Dengan menyusun skala prioritas, kamu akan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan bersama sesuai kesanggupan finansial. Jenis kebutuhan yang masuk dalam top priority seperti bahan makanan harian, tagihan bulanan, cicilan dan belanja bulanan. 

Kebutuhan yang sifatnya jangka panjang juga bisa dimasukan dalam kategori top priority karena memang harus disiapkan sejak awal. Selain itu, kebutuhan yang kesempatannya hanya datang satu kali pun bisa kamu prioritaskan.  

Saat menyusun skala prioritas, selalu libatkan pasangan sehingga kamu bisa merundingkan bersama. Dengan begitu, gaji 2 juta yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai kesepakatan. 

(Baca Juga: Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?)

  • Mencatat Pengeluaran Harian 

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Mencatat Pengeluaran

Selanjutnya, tips mengatur keuangan gaji 2 juta yang bisa dicoba adalah mencatat semua pengeluaran harian, sekecil apapun jumlahnya. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan anggaran yang tepat dan merekam ke mana saja uang dibelanjakan. 

Sertakan juga jumlah pemasukan yang didapat. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah pemasukan seimbang dengan pengeluaran. Kalau terjadi pembengkakan, maka bisa dilacak jenis kebutuhan mana yang menjadi penyebab. 

Apabila kebutuhan tersebut ternyata tidak penting, maka dikurangi jumlahnya atau hilangkan. Namun, apabila kebutuhan tersebut termasuk penting, maka cari alternatif yang sejenis dengan harga yang lebih terjangkau. 

  • Membagi Gaji Sesuai Pos Pengeluaran 

 Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Membagi Gaji

Apakah pernah mendengar tentang pos pengeluaran? Sederhananya, kamu menyusun daftar kebutuhan kemudian membagi penghasilanmu berdasarkan kategori tersebut. 

Semakin penting suatu kebutuhan, maka persentase pengeluarannya akan lebih besar. Gambaran umumnya, kamu bisa mengambil 40% dari gaji 2 juta untuk biaya hidup, 30% untuk melunasi tagihan, 20% untuk tabungan serta investasi dan 10% untuk kebutuhan lain. 

Berikut beberapa pos pengeluaran yang bisa dialokasikan dengan gaji 2 juta: 

 

  • Pos cicilan utang bisa mengambil sekitar 20%
  • Pos kebutuhan harian bisa mengambil sekitar 40% sampai 60% 
  • Pos asuransi bisa mengambil sekitar 10% 
  • Pos pendidikan anak bisa mengambil sekitar 10% sampai 15% 
  • Pos liburan bisa mengambil sekitar 5% 
  • Pos investasi dan tabungan bisa mengambil sekitar 10% sampai 20% 

 

Menghindari Kredit yang Tidak Perlu 

 Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Kredit

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta agar kebutuhan keluarga tercukupi adalah dengan menghindari kredit barang yang tidak penting. Tawaran kredit memang menggiurkan karena kamu bisa mendapatkan barang saat itu juga. 

Namun, ada cicilan yang harus kamu tanggung selama kurun waktu tertentu dengan gaji yang hanya 2 juta. Lebih baik, hindari membeli barang secara kredit apabila memang tidak dibutuhkan. 

Hindari juga meminjam uang dengan sistem kredit karena berisiko mengalami macet saat pelunasan. Gunakan saja uang yang kamu punya untuk kebutuhan lain yang sifatnya lebih urgent atau untuk ditabung. 

Apabila ingin sekali membeli sesuatu, maka tahan dulu dan rutin menabung agar bisa mendapatkan barang tersebut secara tunai. Apabila terpaksa memerlukan pinjaman, maka ambillah yang bunganya paling minim dan jangka pengembalian yang panjang. 

Membiasakan Diri untuk Menabung

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Menabung

Menabung merupakan salah satu kunci untuk mengelola gaji 2 juta. Dengan menabung, kamu memiliki dana simpanan untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Uang tabungan juga bisa dipakai sewaktu-waktu apabila menghadapi kebutuhan yang urgent. 

Beberapa pola menabung yang cocok untuk penghasilan 2 juta yaitu: 

  • Menabung secara rutin setiap hari dengan nominal Rp10.000 atau Rp20.000
  • Menabung setiap kali menerima gaji dengan mengambil sebanyak Rp300.000 dari 2 juta rupiah
  • Menabung mingguan dengan nominal Rp50.000
  • Menabung uang receh dari kembalian setiap kali melakukan transaksi 

Saat akan menabung, tentukan terlebih dahulu tujuan dan jangka waktu. Sebagai contoh, tujuan kamu menabung adalah membeli sepeda baru seharga Rp3.000.000. Maka, sesuaikan jangka waktu dengan kemampuan finansialmu. 

Apabila sanggup memakai pola menabung setiap kali menerima gaji, maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 bulan untuk mengumpulkan sebanyak 3 juta rupiah. Semakin banyak nominal yang ditabung tentu waktunya semakin lama.  

Mencari Sumber Pemasukan Tambahan 

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Penghasilan Tambahan

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta bisa kamu lakukan dengan mencari sumber penghasilan tambahan. Mencari pendapatan tambahan merupakan tips mengatur keuangan gaji 2 juta yang cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Caranya dengan bekerja paruh waktu, membuat karya untuk dijual atau membuka usaha sendiri di rumah. 

Apapun pilihannya, pastikan pekerjaan sampingan tersebut tidak mengganggu jam kerja tetapmu. Usahakan memilih pekerjaan paruh waktu sesuai kemampuan dan waktunya fleksibel. 

Apabila membuka usaha sendiri, maka pilih yang sekiranya bisa bertahan lama. Misalnya usaha makanan ringan, jual pulsa, toko kelontong atau reseller suatu produk. 

Sebagai permulaan, pilihlah usaha yang minim modal namun keuntungan yang didapat bisa stabil. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengembangkan usaha tersebut apabila memang sanggup dan perlu.

Penghasilan dari usaha sampingan bisa kamu masukan untuk pos investasi, pos tabungan, pos pendidikan anak maupun pos dana darurat.  

Memulai Hidup Hemat

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Hemat

Agar sukses mengatur gaji 2 juta, maka mulailah belajar untuk hidup hemat. Kurangi perilaku konsumtif karena terlalu banyak menyedot uang untuk kebutuhan tidak penting. 

Setiap kali akan belanja, wajib membuat daftar barang yang akan dibeli terlebih dahulu. Selain lebih fokus berbelanja, kamu juga bisa menghindari pembengkakan budget karena tergiur membeli barang lain. 

Cara lain agar hidup hemat adalah dengan memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan. Uang lebihannya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lain atau disimpan sebagai dana darurat. 

(Baca Juga: Ini Dia 9 Tips Menabung di Rumah untuk Pemula)

Lebih Memilih Masak Dibanding Makan di Luar 

 Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Makan

Membiasakan diri untuk memasak merupakan tips mengatur keuangan gaji 2 juta yang mudah dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Dengan memasak sendiri, kamu bisa memilih bahan baku yang murah dan berkualitas dengan porsi yang cukup banyak. 

Apabila dibandingkan dengan membeli makanan di luar, pasti selisihnya cukup lumayan. Belum lagi kalau ada pengeluaran lain yang tidak direncanakan. 

Agar tidak bosan, selalu kreasikan jenis makanan yang kamu buat. Tawarkan juga apa yang disukai oleh anggota keluarga lain sehingga mereka lebih bersemangat untuk menyantapnya. 

Menghemat gaji 2 juta dengan memasak sendiri memang cukup efektif dan sangat gampang diterapkan. 

Mencoba Investasi Ringan

 Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Investasi ringan

Mungkinkah gaji 2 juta berinvestasi?Tips mengatur keuangan gaji 2 juta bisa saja karena ada beberapa produk investasi yang mensyaratkan modal minim. Jelas suatu solusi terbaik bagi yang berpenghasilan pas-pasan namun tetap ingin meraup keuntungan besar dari investasi. 

Jenis produk investasi yang cocok untuk penghasilan 2 juta yaitu:

  • Investasi reksadana dan deposito dengan modal sekitar Rp50.000
  • Investasi emas batangan dengan modal sekitar Rp6.000
  • Investasi saham dengan modal sekitar Rp500.000
  • Investasi P2P lending

Walaupun modal awalnya kecil, namun lama kelamaan keuntungan yang kamu dapatkan bisa mencapai jutaan hingga milyaran. Tapi ingat, ya, saat memutuskan berinvestasi kamu harus siap dengan resiko kerugian. 

Mengurangi Frekuensi Liburan 

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta - Liburan

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta bisa kamu lakukan dengan mengurangi jatah liburan. Kebutuhan akan kesenangan memang perlu tapi harus disesuaikan juga dengan kesanggupan finansialmu. 

Sebaiknya, putuskan untuk liburan apabila kondisi keuangan sedang aman. Tidak perlu yang jauh, cukup cari lokasi dekat yang menawarkan spot mengasyikan. 

Kalau mau liburan ke luar kota, maka jalan terbaik adalah dengan menabung agar kebutuhan lain tetap bisa terpenuhi. Sebab, pengeluaran liburan ke luar kota sangat banyak. Apabila tidak direncanakan dulu, maka kebutuhan lain yang pasti akan dikorbankan. 

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta demi terpenuhinya semua kebutuhan rumah tangga memang perlu kamu terapkan. Apabila masih hidup sendiri, angka 2 juta memang tergolong banyak. Berbeda halnya ketika sudah berkeluarga karena tanggungan jelas bertambah. 

Maka dari itu, kamu harus berkomitmen untuk melakukan pengelolaan keuangan yang bijak. Jangan lupa untuk melibatkan pasangan sehingga kalian berdua bisa berbagi peran. Saat memulai mungkin terasa sulit dan masih kaku, namun dengan tekad yang tinggi pasti lama-lama akan terbiasa.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial