Finansial

Ini Dia 9 Tips Menabung di Rumah untuk Pemula

Tips Menabung di Rumah

Bank dan menabung adalah dua hal yang selalu dipasangkan, yang kemudian membuat sebagian orang beranggapan bahwa menabung haruslah di bank. Padahal menabung juga bisa di rumah kok. Jika belum tahu bagaimana cara memulainya, coba simak tips menabung di rumah berikut ini yuk.

Tips Menabung di Rumah

Hal paling sulit dari menabung sebenarnya bukan memikirkan berapa jumlah uang yang harus disisihkan, karena memang tidak aturan khusus tentang nominal tabungan. Bagian tersulitnya adalah menahan keinginan untuk tidak mengambil uang tabungan jika memang belum waktunya. 

Waktu yang dimaksud di sini adalah saat keadaan kamu terdesak, ada hal urgent yang terjadi, atau sampai jumlah tabungan cukup untuk membeli barang yang kamu impikan. 

Godaan paling berat adalah saat kamu sudah memiliki sejumlah uang di tabungan, tapi tiba-tiba ada barang ‘lucu’ yang menarik perhatian kamu dan ingin membawanya pulang, atau ajakan teman yang tiba-tiba ingin liburan ke suatu tempat yang kedengarannya sangat mengasikkan. 

Lebih sulit lagi, jika kamu menabung uang tersebut di dalam rumah kamu sendiri, yang sudah pasti bisa kamu ambil kapan saja. Tapi meskipun sangat sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan ya. Agar hal sulit ini menjadi lebih mudah, kamu bisa cek dan praktekkan sembilan tips menabung di rumah berikut ini:

  • Siapkan Tempat

Tips Menabung di Rumah - Piggy Bank

Tips menabung di rumah yang pertama adalah dengan menyiapkan tempat untuk menabung. Hal pertama dan paling penting saat kamu ada keinginan untuk menabung di rumah adalah tempat untuk menyimpan uang tersebut. Pikirkan dengan baik, kira-kira sudut mana yang paling aman di dalam rumah kamu untuk menyimpan uang, mungkin di dalam laci atau lemari kamar, atau justru di dalam kabinet dapur.

Dimanapun itu, sudut atau lokasi ini haruslah tidak bisa dijangkau oleh anak-anak dan / atau hewan peliharaan, tidak mudah terkena air terutama jika kamu menyimpan uang kertas, tidak dekat dengan api, serta tidak mudah diakses oleh orang luar rumah alias harus tempat yang private.

Pikirkan juga wadah dari uang tabungan tersebut, mungkin sebuah amplop, kotak kayu yang ada gemboknya, tas kecil, atau justru sebuah brankas. Opsi terakhir dijamin paling aman nih!

  • Pisahkan Uang

Tips Menabung di Rumah - Pisahkan Uang

Poin nomor dua ini sebenarnya sangat sederhana dan sangat klasik, tapi ternyata masih banyak orang yang menyepelekannya. Gunakan wadah dan lokasi yang sudah kamu pikirkan tadi hanya untuk menyimpan uang tabungan.

(Baca Juga: Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?)

Sedangkan uang untuk keperluan sehari-hari, uang untuk membayar tagihan bulanan, dan uang lainnya harus tetap berada di dalam dompet atau tempat lain yang intinya harus terpisah dari uang tabungan. 

Jika uang-uang ini kamu jadikan satu, dijamin kamu tidak akan pernah bisa menahan keinginan untuk menggunakan uang tabungan kamu, mungkin untuk membeli makan, membayar listrik, nongkrong di cafe, membeli baju saat ada diskon besar, ataupun yang lainnya.

  • Uang Tabungan = Uang Hilang

Tips Menabung di Rumah - Uang Tabungan

Bingung ya? Tenang, uang tabungan kamu tidak benar-benar hilang kok, karena kalimat di atas hanyalah mindset. Jadi setiap kali kamu memasukkan sejumlah uang ke dalam wadah tabungan kamu, anggaplah bahwa uang tersebut tidak ada atau hilang sesaat sampai kamu mengambil tabungan tersebut.

Setiap selesai memasukkan uang ke wadah, lupakan! Jangan terus mengingat-ingat bahwa kamu memiliki tabungan di dalam rumah, karena hal ini hanya akan membuat kamu tergoda untuk menggunakan uang tersebut. 

Menurut pengalaman sejumlah orang, cara ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding dua daftar sebelumnya, karena poin ini melibatkan mindset yang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi disinilah kunci sukses dalam menabung uang di rumah.

Kenapa sih harus menggunakan mindset ini? Kembali lagi ke “uang di rumah bisa dengan mudah diambil kapan saja”, berbeda dengan uang tabungan di rekening yang bisa kamu masukkan ke deposito atau tabungan berjangka yang tidak akan bisa diambil jika belum waktunya, meskipun kamu adalah pemiliknya.

Jika diibaratkan, wadah dan lokasi tempat kamu menabung adalah pintu dari tabungan kamu, sedangkan mindset ini adalah kuncinya. Percuma kan jika ada pintu tapi tidak ada kunci? Jika berhasil menerapkan cara ini, seberapa lama pun harus menabung tidak akan terasa berat untuk kamu.

  • Menabung di Awal Bulan

Tips Menabung di Rumah - Menabung Di Awal Bulan

Jika selama ini kamu berpikir bahwa uang tabungan adalah uang sisa gaji setelah semua kebutuhan terpenuhi, maka kamu salah. Justru sebaliknya, uang tabungan adalah uang yang sengaja disisihkan terlebih dulu sebelum digunakan untuk berbelanja kebutuhan atau membayar tagihan.

Jadi pada hari penerimaan gaji, langsung ambil sebagian uang gaji sesuai nominal yang sudah kamu tentukan untuk dimasukkan ke wadah tabungan. Biasakan hal ini dan hilangkan sifat menunda. Karena jika kamu telat menyisihkannya, bisa-bisa uang gaji sudah habis duluan padahal belum ada yang ditabung.

  • Catat Pengeluaran dalam Sebulan

Tips Menabung di Rumah - Catat Pengeluaran dalam Sebulan

Sebelum mulai menabung, kamu perlu mencatat apa saja kebutuhan kamu dalam satu bulan agar bisa menentukan jumlah uang yang harus ditabung. Jadi uang yang kamu ambil untuk ditabung nanti bukan sekedar dikira-kira tapi sudah diperhitungkan.

Karena jika hanya dikira-kira dan ternyata uang untuk kebutuhan satu bulan sudah habis, pada akhirnya kamu akan mengambil uang tabungan, kan? Cara ini benar-benar tidak efektif lho.

Jika bulan depan kamu ingin mulai menabung di rumah misal, maka mulai bulan ini catat semua hal yang kamu beli, mulai dari makanan, pulsa, camilan, sabun mandi, kebutuhan di dapur, dan sebagainya. Masukkan juga tagihan listrik, air, WiFi, atau cicilan dan tagihan lain apapun ke dalam catatan kamu.

Kemudian jumlahkan semuanya dan kurangi jumlah gaji dengan jumlah kebutuhan ini, lalu lihat berapa sisanya. Sisa itulah yang nantinya harus kamu ambil setiap awal bulan untuk dimasukkan ke wadah tabungan.

  • Catat Jumlah Tabungan

Meskipun pada poin nomor 3 tadi disebutkan bahwa uang tabungan = uang hilang, yang berarti setiap memasukkan uang ke wadah tabungan tidak perlu diingat-ingat, bukan berarti jumlah tabungan kamu tidak kamu ketahui ya.

Kamu tetap harus mencatat uang yang kamu masukkan ke wadah tabungan kamu setiap bulan, karena menabung di rumah tidak dilengkapi dengan teller seperti di bank yang akan membantu kamu menghitung jumlah uangnya, jadi kamu harus hitung sendiri.

Tips menabung di rumah yang satu ini juga sangat penting karena kamu harus tahu jumlah pemasukan dan pengeluaran kamu. Catatan ini juga sebagai antisipasi jika uang kamu ada yang hilang, kamu akan tahu. Selain itu, catatan ini bisa membantu menyemangati kamu untuk lebih giat menabung lho. Karena saat melihat jumlahnya terus bertambah, pastinya kamu akan bahagia kan? 

  • Terapkan Gaya Hidup Hemat

Tips menabung di rumah selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Hidup hemat bukan berarti kamu harus makan dengan lauk tempe setiap hari selama sebulan ya, juga bukan berarti kamu tidak pernah merasakan apa itu ngemil dan mandi hanya sekali dalam sehari untuk menghemat sabun.

Hidup hemat adalah berbelanja hanya sesuai kebutuhan. Jika kamu sudah kenyang dengan makan 3 kali sehari, yasudah, tidak perlu makan sampai 6 kali. 

Jika kamu bisa menonton film dari aplikasi gratis, maka tidak perlu berlangganan aplikasi premium, dan jika kamu sudah memiliki cukup banyak baju yang masih sangat layak pakai, maka tidak perlu belanja baju baru setiap bulan atau bahkan setiap minggu. 

(Baca Juga: Mengapa Sulit Menabung? Ketahui Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya)

Gaya hidup yang seperti ini akan membuat gaji yang susah payah kamu dapat bisa ‘lari’ ke hal yang memang dibutuhkan, bukan sekedar ‘dibuang’ untuk hal-hal yang sebenarnya tidak atau belum diperlukan. 

Semakin pandai kamu kamu menerapkan gaya hidup ini, semakin banyak uang yang bisa kamu tabung meskipun gaji kamu belum mencapai puluhan atau ratusan juta.

  • Pangkas Pengeluaran atau Tambah Pemasukan

Jika pengeluaran kamu sangat tinggi sehingga kamu tidak dapat menabung sebanyak yang kamu inginkan, mungkin inilah saatnya untuk mengurangi pengeluaran tersebut dengan cara menerapkan gaya hidup hemat seperti poin nomor 7.

Tapi jika hal ini terlalu sulit, maka kamu perlu menambah pemasukan agar tetap ada uang yang ditabung. Kamu bisa mencoba join bisnis dengan teman atau saudara yang sudah memiliki usaha, mencari pekerjaan online yang bisa dikerjakan dari rumah, atau yang lainnya. 

Apapun itu, carilah pekerjaan sampingan yang tidak terlalu menyita waktu, sehingga pekerjaan utama tetap bisa kamu jalankan.

  • Tabung Emas

Tips menabung di rumah yang satu ini sangat efektif karena harga emas tidak pernah turun. Jika setelah beberapa waktu kamu melihat bahwa jumlah tabungan kamu di rumah sudah lumayan banyak, kamu bisa coba membeli koin emas atau emas batangan. Benda ini akan menjadi tabungan yang lebih aman dibanding uang dan nilainya akan semakin bertambah setiap tahun, jadi kamu juga bisa untung.

Tips menabung di rumah yang terakhir adalah lakukan semua hal di atas secara konsisten. Jadi jangan hanya semangat di awal, tapi keinginan untuk terus melakukannya dalam jangka waktu yang lama juga harus ada. Selamat mencoba ya!

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial