Finansial

Yuk Simak Tips Memperbaiki Kondisi Finansial Ini Agar Kondisi Keuanganmu Kembali Stabil

thumb perbaiki kondisi - tips memperbaiki kondisi finansial

Tidak ada kata terlambat untuk berubah dalam urusan finansial. Seboros apapun kamu di masa lalu kamu masih bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. 15 tips memperbaiki kondisi finansial yang kami berikan nanti bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 13 Tanda Kamu Belum Matang Secara Finansial Ini Harus Segera dihilangkan!

Tips yang diberikan dapat diaplikasikan dengan mudah agar kondisi finansial kamu kembali stabil. Harapannya kamu dapat lebih bijaksana dalam mengatur keuangan sehingga tidak lagi terjerumus dalam gaya hidup konsumtif atau lilitan hutang.

Berikut Tips Memperbaiki Kondisi Finansial

1. Melakukan Evaluasi Mengenai Kebutuhan Prioritas

evaluasi prioritas - tips memperbaiki kondisi finansial

Memperbaiki kondisi finansial diawali dengan melakukan evaluasi mengenai kebutuhan prioritas kamu selama ini. Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu selama ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan prioritas seperti sewa kos dan makanan atau tidak.

Caranya dengan mencatat pengeluaran setiap bulan lalu menganalisa kebutuhan apa saja yang biayanya paling besar dan paling prioritas. Setelah itu silakan tentukan anggaran sesuai dengan kebutuhan prioritas. Pastikan kebutuhan prioritas memiliki anggaran pengeluaran yang cukup.

2. Terima Kondisi Finansial Kamu

terima kondisi keuangan - tips memperbaiki kondisi finansial

Jangan sampai kamu marah atau kesal dengan kondisi keuangan kamu. Menerima memang tidak mudah namun kamu harus lakukan sebagai upaya untuk membuat kondisi finansial menjadi lebih baik. Dengan menerima kondisi keuangan yang ada kamu bisa bijaksana mengelola keuangan.

Kamu bisa lebih menyesuaikan antara kebutuhan serta pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Walaupun begitu menerima bukan berarti harus pasrah terhadap keadaan. Kondisi finansial saat ini bisa dijadikan motivasi untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Ayo semangat!

3. Berjanji untuk Mengubah Prilaku dan Mental

janji ubah prilaku - tips memperbaiki kondisi finansial

Berjanji kepada diri sendiri untuk mengubah prilaku dan mental demi memperbaiki keadaan finansial. Buat semacam hukuman kepada diri sendiri jika tidak mampu memenuhi janji tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu konsisten dalam melakukan perubahan.

Untuk memotivasi agar mau berubah, kamu bisa membuat tulisan perjanjian mengenai perubahan yang ingin kamu lakukan dan letakan tulisan tersebut di dalam kamar. Tujuannya agar sewaktu-waktu kamu lupa mengenai janji tersebut, kamu bisa melihatnya kembali tulisan perjanjiannya.

4. Mencari Referensi Ilmu Mengenai Finansial

referensi finance - tips memperbaiki kondisi finansial

Setelah berjanji untuk berubah maka langkah selanjutnya adalah mempelajari ilmu mengenai finansial. Caranya bisa dengan membeli buku mengenai mengatur finansial, mencari artikel dan video di internet atau mengikuti seminar offline atau online mengenai tips mengatur finansial.

Tips ini  perlu dilakukan untuk mendapatkan ilmu baru seputar perencanaan keuangan. Kamu bisa lebih paham mengenai perencanaan keuangan, tips mengelola gaji, evaluasi keuangan dan lain sebagainya. Cari banyak ilmu dari berbagai sumber demi memperbaiki finansial kamu.

5. Membuat Perencanaan Keuangan

rancangan uang - tips memperbaiki kondisi finansial

Buat perencanaan keuangan yang dimulai dengan membuat catatan berisi penghasilan yang ada serta pengeluaran setiap bulan. Setelah itu lakukan penyesuaian agar biaya pengeluaran bisa sesuai dengan penghasilan gaji seperti misalnya mengurangi biaya konsumsi.

Mungkin sebelumnya kamu selalu membeli makanan dengan harga mahal setiap harinya. Sekarang kamu bisa mencari makanan yang lebih murah namun tetap sehat atau membuat bekal sendiri.

6. Memasang Target Keuangan

pasang target - tips memperbaiki kondisi finansial

Memasang target keuangan bisa membuat kamu bersemangat dalam mengatur finansial. Misalnya kamu ingin memasang target dapat mengumpulkan Rp 5 juta di akhir tahun, tujuannya untuk membeli sepeda. Maka kamu harus bisa mengatur uang kamu supaya target bisa tercapai.

Tipsnya kamu bisa dengan menyimpan uang untuk kebutuhan hobi dan hiburan. Nantinya jika uang yang terkumpul mencapai target maka kamu bisa membeli sepeda dan kembali menggunakan uang untuk kebutuhan hiburan.

7. Jangan Berbelanja Secara Implusif

beli barang impulsif - tips memperbaiki kondisi finansial

Terkadang perencanaan keuangan bisa hancur karena prilaku berbelanja secara implusif. Kamu mudah tergoda terhadap berbagai trik pemasaran sehingga bisa dengan mudah membeli sebuah produk yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Mohon tidak implusif demi kondisi keuangan kamu.

Tips agar kamu bisa terbebas dari prilaku tersebut adalah dengan mengurangi durasi waktu mengakses aplikasi belanja online. Tujuannya agar kamu tidak mudah tergoda dengan diskon yang ditawarkan di aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi aktivitas belanja kamu.

8. Mulai Menabung untuk Masa Pensiun

nabung masa pensiun - tips memperbaiki kondisi finansial

Tips memperbaiki kondisi finansial selanjutnya adalah mulai untuk menabung untuk kebutuhan di hari tua. Sisihkan sekitar 10% sampai 20% dari pendapatan kamu setiap bulan untuk ditabung. Nantinya tabungan tersebut bisa kamu pakai ketika sudah memasuki masa pensiun.

Kamu bisa menggunakan tabungan yang ada untuk membuka usaha atau menjadikannya uang untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya uang tabungan pensiun kamu bisa lebih tenang menghadapi hari tua dan tidak bergantung dengan uang dari anak.

9. Mulai Berinvestasi

mulai investasi - tips memperbaiki kondisi finansial

Kamu juga bisa memulai untuk mulai berinvestasi. Investasi sangat penting bagi kamu agar bisa meraih passive income dan bisa memiliki aset di masa depan. Ada banyak produk investasi yang bisa kamu miliki seperti saham, reksadana, properti, emas dan lain sebagainya.

Sebelum memulai investasi kamu bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai berbagai produk investasi yang tersedia. Mempelajari produk investasi sangat penting agar bisa berinvestasi sesuai dengan kondisi finansial kamu.

10. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

mulai hemat - tips memperbaiki kondisi finansial

Menerapkan gaya hidup hemat menjadi keharusan untuk memperbaiki kondisi keuangan. Jika selama ini kamu sering membeli baju baru setiap bulian atau menghabiskan uang untuk kumpul dengan teman-teman, mulai sekarang kamu harus mengubah itu semua.

Kamu harus mengubah kebiasaan seperti membeli baju setiap 4 bulan sekali dan berkumpul dengan teman-teman maksimal 2 kali sebulan. Hal ini perlu dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup hemat. Jika kamu konsisten hidup hemat pastinya mengatur keuangan menjadi lebih mudah.

11. Mencari Teman yang Memiliki Kesamaan Tujuan

teman tujuan - tips memperbaiki kondisi finansial

Apakah kamu butuh dukungan dari pihak luar dalam memperbaiki kondisi finansial? Jika iya maka solusinya adalah mencari teman yang telah lama menerapkan perencanaan keuangan. Untuk mencari teman yang seperti itu kamu menemukannya di media sosial atau lingkungan kerja.

Dengan mereka, kamu bisa belajar dan menceritakan kesulitan yang kamu hadapi dalam mengatur finansial. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan motivasi dari mereka dan menyaksikan sendiri contoh orang-orang yang telah sukses melakukan perencanaan finansial dengan baik.

12. Menyiapkan Dana Darurat

siap dana darurat - tips memperbaiki kondisi finansial

Dana darurat adalah dana yang dibutuhkan sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak dan mendesak seperti ketika kamu mengalami musibah sehingga perlu mengeluarkan biaya lebih. Menyiapkan dana darurat sebuah keharusan untuk memperbaiki kondisi finansial kamu.

Dana darurat bisa kamu kumpulkan sekitar 5% dari total gaji dan disimpan secara terpisah dari uang tabungan. Silakan sisihkan uang kamu secara rutin setiap bulannya agar dana darurat semakin banyak terkumpul. Dengan dana darurat kamu bisa lebih siap jika menghadapi bencana.

13. Mencari Penghasilan Tambahan

penghasilan tambahan - tips memperbaiki kondisi finansial

Tips lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi finansial adalah mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencari info lowongan pekerjaan yang ada di internet. Pastikan untuk mencari pekerjaan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kamu.

Selain bekerja paruh waktu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berwirausaha. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi belanja online untuk menawarkan berbagai produk sehingga bisa menambah pundi-pundi uang.

14. Mulai Membeli Produk Asuransi

produk asuransi - tips memperbaiki kondisi finansial

Melindungi diri dengan asuransi saat ini sudah menjadi keharusan. Pasalnya kamu tidak pernah tahu bagaimana kondisi kamu di masa depan, sehingga perlu adanya asuransi untuk melindungi diri jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti sakit, kecelakaan atau terkena PHK.

15. Mengejar Bonus Perusahaan

bonus perusahaan - tips memperbaiki kondisi finansial

Tips terakhir adalah mengejar bonus yang diberikan perusahaan. Biasanya perusahaan memberikan bonus jika perusahaan mengalami keuntungan atau kepada karyawan yang berprestasi. Demi memperbaiki kondisi finansial kamu bisa mengejar bonus-bonus tersebut.

Kamu harus bekerja dengan giat agar dapat mencapai target perusahaan. Lalu, uang bonus yang diberikan perusahaan bisa kamu gunakan untuk menambah uang tabungan atau menambah uang kebutuhan lainnya.

15 tips memperbaiki kondisi finansial tadi akan terasa manfaatnya jika diterapkan secara konsisten. Seperti menanam pohon prosesnya mungkin membutuhkan waktu yang lama, namun lambat laun kamu akan merasakan dampak dari hidup hemat dan disiplin secara finansial.

Baca Juga : Mengenal Prinsip Mengelola Keuangan Agar Finansial Baik dan Aman

Semua kebutuhan kamu secara perlahan akan terpenuhi dan kamu bisa terbebas dari jerat hutang atau tagihan yang banyak. Silakan mencoba 15 tips yang kami berikan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial